15 APLIKASI TRAVELING YANG WAJIB ADA DI SMARTPHONE TRAVELER

Selain mempersiapkan fisik dan mental, salah satu persiapan untuk liburan adalah aplikasi traveling. Ada berbagai aplikasi traveling yang dapat kamu unduh secara gratis. Mulai dari aplikasi mengatur budget, menyusun itinerary, memesan hotel, dan tiket wisata.

Tidak hanya itu kamu juga dapat memesan transportasi umum seperti kereta, pesawat dan bahkan untuk kapal laut, sampai dengan aplikasi mengontrol pengeluaran selama traveling. Aplikasi traveling ini pastinya mempermudah rencana liburan kamu.

aplikasi traveling


15 Aplikasi Traveling Yang Wajib Ada Di Smartphone Traveler

Berikut adalah aplikasi traveling yang wajib traveler ketahui untuk membantu mempermudah rencana liburan kamu.

1. App In The Air - Jadwal Penerbangan

Aplikasi traveling pertama yang wajib kamu ketahui sebagai traveler adalah App In The Air. Aplikasi ini akan membantu kamu mengingatkan jadwal keberangkatan pesawat yang akan kamu tumpangi. Aplikasi ini akan memberikan jadwal penerbangan secara real time.

Selain itu aplikasi pengingat jadwal penerbangan ini, akan memberikan informasi mengenai terminal dan di gate berapa pesawat yang akan kamu tumpangi akan berangkat. 

Aplikasi App In The Air akan mengarahkan kamu menemukan posisi gate dan terminal seperti layaknya peta. Pokoknya aplikasi ini wajib dimiliki buat traveler yang pelupa dan suka disorientasi arah seperti saya.

Buat kamu yang pertama kali naik pesawat, jangan lupa juga untuk membca tips bagaimana naik pesawat bagi pemula.

2. Accuweather - Cuaca

Aplikasi traveling ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai cuaca di sekitar destinasi wisata yang kamu kunjungi. Caranya sangat mudah, cukup masukan lokasi liburan di aplikasi Accuweather, maka aplikasi ini akan menampilkan cuaca sampai dengan suhu di tempat tersebut.

Kehadiran aplikasi ini sangat membantu sehingga kamu dapat mempersiapkan banyak hal. Mulai dari jam berangkat ke lokasi wisata sampai dengan pakaian apa yang harus dipakai di lokasi wisata tersebut. Hal ini akan membantu jenis pakaian apa yang wajib kamu bawa. Jika suhunya dingin tentu saja kamu wajib membawa pakaian hangat, dan sebaliknya.

3. Circa - Zona Waktu

Salah satu aplikasi traveling yang wajib saya miliki adalah Circa. Secara pribadi ini membantu banget buat saya mengetahui waktu secara real time. Mengingat zona waktu di setiap negara berbeda-beda, aplikasi Circa membantu memberikan informasi zona waktu setempat secara akurat dan real time.

Jadi kalau kamu pergi liburan namun masih ada janji bertemu secara online dengan orang kantor atau keluarga atau teman, dapat melihat waktu di Indonesia dan di negara tujuan kita secara akurat dengan menggunakan aplikasi Circa ini. Jadi tidak ada lagi miskomunikasi soal waktu.

4. Easy Currency - Kurs Mata Uang Asing

Buat saya ini adalah aplikasi yang cukup penting. Aplikasi traveling ini membantu mengetahui kurs mata uang di negara tujuan. Terutama di negara-negara yang jarang kita kunjungi dan tidak umum menggunakan US Dollar. 

Aplikasi ini mampu merubah kurs ke dalam 180 mata uang negara di dunia. Selain Easy Currency ada juga aplikasi mata uang lainnya yang dapat anda pilih seperti XE Currency atau Currency Converter.

5. Klook - Diskon

Jika kamu seorang traveler, aplikasi traveling yang bertabur dengan berbagai diskon ini wajib ada di HP kamu. Banyak promo tiket pesawat, restoran, event, dan lainnya dalam aplikasi yang sekarang mulai ramai di Indonesia ini. 

Bahkan kita dapat menjadi konten kreator dalam aplikasi Klook ini. Kita juga bisa mengajukan traveling kita dan mereka akan menawarkan kerjasama melalui aplikasi ini. 

6. Packpoint - List Barang

Pertama kali traveling terus masih bingung barang apa saja yang harus dibawa? Tenang kini hadir aplikasi traveling Packpoint yang akan membantu kamu dalam memilih barang apa saja yang harus dibawa saat berkunjung ke destinasi wisata.

Aplikasikan ini akan menyarankan beberapa barang yang harus dibawa sesuai dengan durasi perjalanan, kondisi cuaca, dan jenis wisata apa yang akan kamu lakukan di sana. Dijamin ga ada lagi yang namanya barang ketinggalan.

7. Maps - Peta Online 

Aplikasi traveling berikutnya adalah Google Maps. Aplikasi ini sudah sangat familiar di berbagai negara sebagai petunjuk jalan. Aplikasi peta online ini akan membantu mengarahkan kamu ke tempat tujuan termasuk ke tempat wisata atau tempat kuliner, hotel, dan lainnya. Bagusnya lagi Google Maps dapat digunakan dalam kondisi tanpa internet dengan cara mengunduh peta tempat yang akan kamu kunjungi.

Selain aplikasi ini, masih banyak aplikasi penunjuk arah lainnya yang dapat kamu gunakan ketika traveling. Seperti Waze, Polaris GPS, ada juga MAPS.ME. Semua aplikasi peta online ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk mengetahui jalan tikus, itu adalah keahlian Waze. Sementara untuk daerah terpencil Polari GPS dan MAPS.ME pemenangnya.

8. Save Travel - Aplikasi Keamanan

Aplikasi traveling ini adalah aplikasi khusus bagi warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri sebagai salah satu bentuk upaya perlindungan bagi warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Tidak hanya untuk traveling, aplikasi ini juga dapat digunakan bagi yang studi di luar negeri, bekerja di luar negeri dan juga bagi yang melaksanakan ibadah haji atau umroh bagi yang muslim.

9. Trabee Pocker - Pengeluaran Traveling

Buat kamu yang gak bisa ngontrol pengeluaran, aplikasi traveling Trabee Pocker ini sangat bermanfaat. Aplikasi ini akan membantu mengontrol pengeluaran kamu selama traveling. Trabee Pocker dapat digunakan dalam berbagai mata uang.

Aplikasi keuangan ini akan memberikan informasi secara detail dalam bentuk grafik yang informatif mengenai berbagai pengeluaran kamu selama traveling. Mulai dari pengeluaran akomodasi, transportasi, makan, dan lainnya.

10. TripAdvisor - Rating dan Review

Aplikasi traveling ini useful banget buat saya. Beberapa kali keluar negeri, saya mencari review hotel dengan menggunakan TripAdvisor. So far, ini adalah aplikasi bermanfaat dan dapat dipercaya untuk memberikan review hotel-hotel di dunia.

Selain itu aplikasi yang memiliki komunitas dalam aplikasinya ini, juga dapat memberikan informasi mengenai review dan rating tempat makan juga.

11. Trover - Sharing Foto

Trover adalah aplikasi traveling khusus bagi traveler untuk berbagi foto liburan. Bentuknya sama seperti instagram atau media sosial lainnya, hanya saja dikhususkan untuk para traveler saja. Kamu dapat melihat berbagai review tempat wisata, cocok sekali bagi yang hobinya traveling dan juga fotografi. Ada juga review tempat-tempat kuliner yang rekomended dalam aplikasi Trover ini.

12. Wego, Skyscanner - Tiket Murah Berbagai Maskapai

Wego dan Skyscanner adalah salah satu aplikasi traveling yang memberikan informasi mengenai tiket pesawat dari yang paling murah sampai dengan yang mahal. Aplikasi ini membantu kamu mencari harga termurah dari berbagai maskapai tiket pesawat. Khusus Wego, tersedia juga pilihan mengenai hotel murah.

13. Winnie - Aplikasi Traveling Anak

Aplikasi traveling ini adalah aplikasi yang sangat cocok digunakan ketika membawa traveling anak-anak. Aplikasi ini memberikan informasi berbagai informasi tempat wisata, hotel, restoran, dan aktivitas yang seru diperuntukan anak-anak.

Aplikasi ini dapat terhubung dengan traveler lainnya untuk saling bertukar informasi selama perjalanan. Sehingga semua traveler dapat saling bertukar informasi mengenai pengalaman perjalanan.

14. Aplikasi Hotel dan Pesawat

Aplikasi traveling lainnya yang wajib kamu install di smartphone kamu adalah aplikasi pesan hotel dan pesawat. Kamu dapat memilih aplikasi milik Indonesia seperti Traveloka, Tiket.com, Reddoorz, dan lainnya. Atau menggunakan aplikasi yang lebih luas seperti Agoda, AirBnB, dan lainnya. 

Aplikasi tersebut ada yang hanya dapat memesan hotel saja, tiket transportasi saja, bahkan ada yang menyediakan semua layanan. 

15. Aplikasi Transportasi

Jika travelingnya masih sebatas Indonesia, kamu dapat mengunduh Gojek, Grab, atau Maxim untuk transportasi menuju hotel atau tempat wisata. Atau menggunakan transportasi modern di Jakarta yang sudah memiliki aplikasi untuk pembelian tiketnya.

Sementara jika kamu travelingnya ke luar negeri Uber adalah transportasi online yang wajib kamu install. Aplikasi Uber dapat digunakan di banyak negara yang pastinya akan membuat traveling kamu semakin lancar dan mudah.

Itu dia 12 rekomendasi aplikasi traveling yang wajib ada di smartphone kamu ketika akan traveling. Semua aplikasi traveling di atas pastinya akan sangat membantu perjalanan kamu mulai berangkat dari rumah sampai kembali ke rumah.

8 Comment

  1. Aku tertarik install packpoint deh. Selama ini kalo packing ya pake kertas yg dicentang atau tulis di notes hp. Enak juga kalo ada aplikasi khususnya.

    Beberapa aplikasi lain aku ada yg udah punya, tp ada juga yg pake cara manual.

    Safe travel itu tapi udh eror atau gimana sih? Kemarin itu pas ke Azerbaijan, Belarus dan Georgia aku mau masukin data2ku aja boro2 kebuka aplikasinya. Loading Mulu. Akhirnya aku uninstall mba.

    ReplyDelete
  2. wahhh ternyata banayk sekali aplikasi traveller yang ternyata baru aku tahu juga hehehe,,,secara selama ini kalo travelling ke luar suami yang ngurus itinerary yaaa jadinya aku tinggal ngikut aja hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku tahunya cuma Klook ama Tripadvisor. Iyaa ternyata kalau traveling apalagi ke luar negeri butuh banyak bantuan aplikasi yaa, mulai dari yg ngebantu ngitung currency ama perbedaan waktu.

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada banyak sekali aplikasi yang bisa diinstal, supaya travelling makin lancar dan membahagiakan ya mba. Jujurly aku baru familiar sama Tripadvisor, save travel, maps dan beberapa aplikasi pembelian tiket transportasi serta penginapan saja. Berkat baca artikel ini, jadi makin tahu ternayata ada 12 aplikasi penunjang supaya traveller lancar perjalanannya. Thank you, mba 🥰

    ReplyDelete
  5. beberapa sudah terinstall di smartphone dan beneran ngebantu banget sih, beberapa belum dan sepertinya bakalan dicobain juga biar makin mudah perjalanan dan tentunya smartphone makin berguna dan bisa diandalkan

    ReplyDelete
  6. Ternyata tidak semua aplikasi yang ditulis di dalam blog ini saya sudah punya. Hanya beberapa saja yang sudah saya install di dalam handphone saya. karena amat membantu ya Ternyata aplikasi-aplikasi ini untuk kita yang suka travelling

    ReplyDelete
  7. Hanya dua dari aplikasi2 itu yg saya instal di hpku, mungkin karena saya jarang traveling dan sekalinya pergi jalannya ramai-ramai jadi mengandalkan orang lain saja. Padahal ini penting juga sebenarnya agar tifak mengekor saja.

    ReplyDelete
  8. Padahal Uber di Indonesia uda gak ada yaa..
    Tapi di luar negeri masih sangat bermanfaat sekali untuk membantu mobilisasi ketika gak paham naik transportasi massal.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.