KESERUAN KELAS BLOGGER SHORT COURSE FOR CREATIVE WRITING BERSAMA ISB DAN TBI KELAPA GADING

Sebagai seorang Traveler sekaligus Blogger, banyak sekali investasi leher ke atas yang wajib dilakukan. Tujuannya adalah agar kita mampu beradaptasi dengan tuntutan profesi. Salah satu skill yang wajib dikuasai adalah Bahasa Inggris. Bagaimana tidak, saat kita melakukan traveling ke luar negeri, bahasa yang paling banyak digunakan adalah Bahasa Inggris. Sehingga tak heran, menguasai Bahasa Inggris adalah sebuah keharusan.

Salah satu pengalaman seru saya ketika traveling ke Nepal selama satu bulan, sekaligus melakukan voluntourism dengan beberapa traveler dari beberapa negara. Niat awalnya hanya traveling ke Nepal, kemudian saya diajak ke India, Bhutan, Bangladesh. Seru? Pakai banget. Tentu saja hal ini tak jauh dari kemampuan komunikasi kita sehingga mampu mingle dengan banyak orang dari berbagai negara.


creative writing blogger dengan TBI Kelapa Gading
Traveling dan voluntourism sebulan di Nepal bersama traveler dari berbagai benua dan satu-satunya dari Indonesia


Begitu pula sebagai blogger, terkadang saya mendapatkan klien dari luar negeri yang mana artikelnya berbahasa Inggris. Maka dari itu saya pribadi harus paham mengenai cara menulis artikel yang baik dan menarik dalam bahasa Inggris.

Beruntungnya, beberapa waktu lalu, Komunitas ISB bekerjasama dengan TBI Kelapa Gading yaitu salah satu tempat kursus Bahasa Inggris terbaik di Jakarta, mengadakan kelas Bahasa Inggris dengan tema Blogger Short Course for Creative Writing secara online dan gratis untuk semua member ISB. Tentunya kursus ini akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para Blogger. Mulai dari speaking sampai dengan writing.

Selayang Pandang Tentang ISB

ISB atau kepanjangan dari Indonesian Social Blogpreneur adalah komunitas blogger non profit di Indonesia yang fokus pada pembangunan konten yang berkualitas sesuai dengan kategori atau niche dan minat para Blogger sehingga memberikan benefit secara moral dan material.

Komunitas Blogger yang didirikan oleh Teh Ani Berta ini memiliki Visi dan Misi yang sangat membangun yaitu "Mengedukasi Blogger melalui artikel event online dan event offline dan diharapkan Blogger menjadi Agent of Change bagi lingkungan sekitarnya". 

Dengan visi dan misi tersebut pastinya komunitas ISB sudah berkontribusi terhadap banyak terhadap kelangsungan aktivitas banyak Blogger. Termasuk saya pribadi sudah merasakan banyak benefit bergabung dengan komunitas Blogger ini. Termasuk saya yang sudah banyak mengikuti kegiatan online dan offline yang diadakan ISB. Sangat merasakan manfaatnya.

Saat ini ISB memiliki kurang lebih yang memiliki 1.888 member ini yang tergabung dalam grup Fan Page Facebook dan terdiri dari Blogger aktif. Adapun beberapa program ISB yang selama ini berjalan adalah Pelatihan, Menggali Peluang dan Networking ini.

Buat kamu yang berminat untuk bergabung dengan komunitas ISB yang banyak memberikan peluang pengembangan diri ini termasuk pelatihan bisa berkunjung ke websitenya di https://www.komunitasisb.com/ atau ke laman Instagramnya di https://www.instagram.com/komunitasisb/. 

Dijamin bakal dapat pengalaman banyak untuk mengembangkan diri. Salah satunya adalah pelatihan kelas Bahasa Inggris yang bekerjasama dengan TBI Kelapa Gading dengan tema Blogger Short Course for Creative Writing.

Sekilas Tentang TBI

The British Institute atau dikenal dengan TBI adalah salah satu institusi yang berfokus pada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI didirikan pada 18 Februari 1984, jadi usianya sudah hampir 40 tahun, sehingga secara kualitas pastinya sudah tidak diragukan lagi. 

the british institute atau TBI


Mengingat juga bahwa TBI mendapatkan dukungan penuh dari UTC (UniSadhuGuna Testing Centre). UTC sendiri adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Metode pembelajaran yang digunakan oleh TBI adalah metode pengajaran eklektik (eclectic approach), yang mana konsep ini menitikberatkan pelajaran di kelas yang sesuai dengan kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.  Menurut saya pribadi ini metode ini merupakan salah satu keunggulan kenapa TBI menjadi tempat kursus yang cocok untuk belajar bahasa Inggris. Karena metode ini akan lebih tepat sasaran bagi siswa sesuai dengan kebutuhannya.

Keunggulan lain dari TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang memiliki jam terbang atau pengalaman yang mumpuni bahkan sudah berstandar kualifikasi internasional.

TBI memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, dan Malang. Buat kamu yang di Jabodetabek dapat memilihnya sesuai dengan lokasi terdekat kamu. Dan ini dia beberapa cabang TBI di wilayah Jabodetabek:

  • TBI Kelapa Gading
  • TBI Pondok Indah
  • TBI Cibubur
  • TBI Kota Wisata
  • TBI Depok

TBI Kelapa Gading, Tempat Kursus Bahasa Inggris Berkualitas

TBI memiliki banyak program yang akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Termasuk untuk cabang TBI Kelapa Gading. Semua program dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Dan ini dia beberapa program TBI Kelapa Gading yang akan membantu meningkatkan skill bahasa Inggris kamu.

Core Program

    • Young Learner English
    • Pre - Teenager English
    • Teenager English
    • Global English
    • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
    • Professional English
    • Corporate Training

Customized Programmes

    • Workshop for Professionals
    • Private Classes
    • International Exam Prediction Test
    • Short Course

Powered by UTC

    • ICAS
    • Teacher Training
    • CELTA
    • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
    • Digital Learning

Itu dia beberapa program dari TBI yang akan membantu kamu mengeksplor kemampuan bahasa Inggris kamu dengan mudah dan cepat. Maka dari itu mengambil kursus bahasa Inggris di TBI sangat tepat. Pastikan kamu memilih program sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Buat kamu yang belum pernah mengambil kursus bahasa Inggris di TBI, kamu wajib tahu kenapa harus mengambil kursus bahasa Inggris di TBI. Dan ini dia beberapa keunggulan TBI yang wajib kamu tahu.

1. Kualitas yang sudah tidak diragukan

Saat memilih kursus, kulitas adalah pertimbangn pertama yang wajib diperhitungkan. Dan TBI Kelapa Gading secara kualitas sudah tidak diragukan lagi. MUlai dari metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pengajar, kurikulum, serta modul atau panduan yang digunakan.

2. Sistem pembelajaran beragam

Sistem pembelajaran yang digunakan adalah Online Learning dan Offline Learning. Kedua sistem ini dapat diambil sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang mengambil sistem online, kamu dapat belajar dari mana saja dan kapan saja. KaTBI memberikan akses materi kepada semua siswanya secara daring dan aplikatif.

3. Memiliki lokasi yang strategis

TBI Kelapa Gading berada di lokasi yang strategis dekat dengan fasilitas umum. Mulai dari sarana transportasi umum yaitu dekat dengan Lintas Raya Terpadu (LRT), pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. Hal ini memudahkan akses untuk menuju TBI Kelapa Gading.

4. Jadwal kelas yang bervariasi

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris namun sibuk dengan bekerja, tenang TBI Kelapa Gading mempunyai jadwal kelas yang variatif. Hal ini memungkinkan pemilihan jadwal lebih fleksibel dapat dipilih sesuai dengan jadwal free kamu. Peserta dapat memilih sesuai kebutuhan mulai dari Senin sampai Sabtu mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.30 WIB.

5. Biaya kursus affordable

Harga menjadi salah satu pertimbangan ketika akan mengambil kursus bahasa Inggris. Dan TBI Kelapa Gading menawarkan harga yang affordable alias sangat terjangkau. Apalagi mengingat banyak promo yang bisa kamu ambil, sehingga biaya kursus menjadi lebih murah. Khusus untuk bulan Ramadhan ada diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.

promo ramadhan TBI kelapa gading
Sumber Dok: IG TBI Kelapa Gading


6. Program kursus disesuaikan dengan tingkat kemampuan & kebutuhan

TBI Kelapa Gading menyediakan berbagai kursus sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari untuk anak-anak, remaja, dan juga dewasa. Bahkan TBI Kelapa Gading menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk perusahaan atau institusi yang membutuhkan dalam rangka meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris karyawannya.

Program untuk institusi atau perusahaan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan atau institusi. Tentu saja difasilitasi dengan pengajar yang sudah bersertifikasi internasional, sehingga secara kualitas sudah tidak diragukan lagi. Dan akan membantu karyawan institusi atau perusahaan tersebut dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Termasuk kelas Blogger Short Course for Creative Writing yang merupakan kelas bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan industri blogger.

Pengalaman Seru Ikut Kelas Blogger Short Course for Creative Writing Bersama TBI Kelapa Gading

Lalu bagaimana pengalaman saya mengikuti Blogger Short Course for Creative Writing bahasa Inggris dengan TBI Kelapa Gading? Blogger Short Course for Creative Writing adalah kelas bahasa Inggris yang diadakan oleh TBI Kelapa Gading yang bekerjasama dengan ISB untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi para Blogger.

keseruan kelas creative writing


Kelas ini hanya diadakan selama tiga hari. Pastinya kelasnya seru banget. Kami memulai kelas pada hari Senin sampai dengan Rabu sekitar pukul 10.00 - 12.00 WIB. Satu kelas hanya ada sepuluh orang dengan satu tutor, sehingga membuat kelas menjadi lebih efektif dan interaktif.

Selama tiga hari, kami dipandu tutor yang sangat menyenangkan yaitu James H. Silaban atau akrab dipanggil Mr. Jamie yang dulunya seorang Jurnalis. Jadi cocok banget pas bahas mengenai dunia blogging, nyambung banget.

Kami juga ditemani Mas Satya sebagai perwakilan dari TBI Gading dan juga Mas Gufron sebagai Marcom TBI Kelapa gading. Tak lupa juga di hari pertama ada opening speech dari Mba Diah Pratiwi Soehendro sebagai Marketing Manager TBI Kelapa Gading dan kami juga ditemani oleh Teh Ani Berta sebagai founder ISB.

Hari pertama dan kedua Mr. Jamie berbagi pengalamannya bagaimana menulis artikel yang menarik, karena dulunya seorang Jurnalis jadi kami mendapatkan banyak tips membuat sebuah artikel yang menarik dari berbagai sudut pandang. Hari pertama memang masih proses adaptasi, jadi saya tidak begitu banyak berbicara tapi tentunya menyimak dengan sangat baik setiap materi.

creative writing tips


Hari ketiga kami mendapatkan sharing bagaimana cara mereview sesuatu, misalnya rumah makan, agar menarik dan detail. Salah satu tipsnya adalah dengan memilih strong word baik itu positif maupun negatif. Kami pun diminta untuk interaktif menjelaskan apa yang sudah kami tulis. Ada juga nanti breakroom, untuk melatih kami berdiskusi dalam bahasa Inggris dengan membahas satu tema sesuai materi.

Setiap harinya kami diminta untuk aktif di kelas agar kemampuan speaking dalam bahasa Inggris kami terus meningkat. Tentu saja juga mendorong keberanian kami untuk berani berbicara. Selain itu juga kami mendapatkan tugas menulis setiap harinya agar kemampuan kami dalam hal writing juga meningkat.

creative writing task


Senang banget bisa belajar bahasa Inggris bareng TBI Kelapa Gading meskipun hanya tiga hari. Pastinya tiga hari tersebut banyak sekali membantu meng-improve bahasa Inggris saya yang sudah lama tidak dipraktekan.

Overall, I exactly felt happy and excited when the class started. Even after only three days, that moment gave me the best opportunity to improve my English speaking and writing skills. More than that, we learn about how to write as a blogger.

Jadi kesan pengalaman belajar bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading sangat menyenangkan. Mendapatkan teman sekelas yang sangat antusias. Tutornya Mr. Jamie Silaban juga sangat sabar menjelaskan setiap materi. Semangat Mr. Jamie dan teman-teman sekelas membuat saya semangat menunggu kelas esok harinya lagi.

Tugas-tugas yang diberikan juga membantu banget dalam meningkatkan kemampuan writing dan speaking saya. Persiapan sebelum meeting juga sangat bagus, sehingga pada saat sudah di kelas semuanya sudah ready. Jadi ketika kelas dibuka, kami sudah siap belajar dengan materi yang sangat menarik.

My thought

Jadi bagaimana pengalaman saya mengikuti Blogger Short Course for Creative Writing di TBI Kelapa Gading selama tiga hari? Personally, TBI Kelapa Gading recomended banget untuk dijadikan tempat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Selain kelas yang konsepnya serius tapi fun, metode yang diterapkan juga seperti pemberian materi, tugas, interaksi di kelas, sangat efektif membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya. Didukung juga dengan tim TBI Kelapa Gading yang aktif terus menerus membantu persiapan kelas, membuat kelas ini berjalan dengan lancar.

Ditambah dengan tutor yang berpengalaman seperti Mr. Jamie dan sudah bersertifikasi internasional, pastinya bakal membantu banget meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Pastinya juga sangat mudah dipahami.

Jadi buat siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, baik itu speaking, writing, listening, dan reading khususnya para Blogger, bisa banget untuk mengambil kelas bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading. Apalagi bulan Ramadhan ini ada promos spesial yaitu diskon 20% untuk semua program. Yuk tunggu apalagi ambil kelas bahasa Inggris kamu di TBI Kelapa Gading.

Saya mendapatkan sebuah quote yang sangat menginspirasi ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Saya dapatkan dari Mba Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI.

“Biasakan diri dengan konten berbahasa Inggris untuk mengasah keterampilan pasif dan aktif baik berupa opini, ekspresi, maupun artikel deskripsi. Lakukan dengan seru dan tidak membosankan karena segala proses itu berperan penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.”

Sepakat dengan yang Mba Indah ucapkan, jadi yuk mulai sekarang menulis apapun dengan menggunakan bahasa Inggris. Jangan takut salah, karena hidup itu sebuah proses belajar. Tetap semangat belajar bahasa Inggris setiap hari dan lakukan dengan fun.

Terima kasih ISB, terima kasih Teteh Ani Berta, dan TBI Kelapa Gading sudah conduct kelas yang sangat bermanfaat ini. Sukses selalu untuk ISB dan TBI Kelapa Gading.

Info lebih lanjut yang ingin belajar bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading, dapat menghubungi contact dibawah ini.

    • P:  +62 858-8242-5835
    • E:  infokg@tbi.co.id
    • Website : www.tbi.co.id
    • YouTube : The British Institute
    • Instagram : @tbikelapagading
    • Facebook : TBI Kelapa Gading

33 Comment

  1. pede berbahasa inggris di Indonesia tuh syuliitt, selalu banyak komentar negatif dari org Indonesia sendiri. Justru kalau bicara bahasa Inggris dengan warga asing, meskipun salah2 mereka tetap paham dan menghargai. Itulah kenapa masih gak pede untuk ngomong bahasa inggris hhuhuhu...

    ReplyDelete
  2. Belajar bahasa itu hal yang seru. Tapi, tanpa praktik kemampuan bahasa bisa hilang. Serunya kalo belajar bareng-bareng dan apalagi satu passion dan kerjaan, skill bisa terus diasah dan ada wadah untuk menyalurkan kemampuan itu. Sehingga, skill berbahas inggris bisa terjaga dan terus lancar. Seru banget deh program course dari TBI ini, pengen ikutan juga. Semoga ada batch lanjutan. ~hehe

    ReplyDelete
  3. Menarik nih, ada tempat dan wadah bagi blogger enthusiast. Sayangnya terbatas lokasinya..

    ReplyDelete
  4. Wah.. keren banget, TBI juga duku ada di abndung, tapi belakangan tiap akj lewat gedungnya sekrg dah ga ada.
    Apa pindah yaa
    Aku pengen deh bisa was wis wus bahasa inggris trus pengen juga creative writing classnya
    Semoga next kepilih haha

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata lebih dari sehari pelatihannya. Daging banget sih pasti materinya. Saya juga pengen deh punya blog berbahasa Inggris. Apalagi pariwisata kayaknya bakal menarik banget. Cuma belum juga saya laksanakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dituntut aktif bicara gak ya selama kursus? Saya suka mendadak grogi kalau harus ngomong pakai bahasa inggris. Padahal sebetulnya pengen bisa ikut. Kangen juga ikut kursus begini.

      Delete
  6. seru banget pasti ya Mbak short coursenya ini karena kita bisa praktik langsung menulis dengan baik sekaligus aktif bercakap dalam bahasa Inggris ya.

    ReplyDelete
  7. Menarik acaranya mengasah kemampuan berbahasa inggris dan menulis. Makasih sharing-nya, boleh dong info join komunitas nya gimana ?..

    ReplyDelete
  8. Wuih keren banget ini, ada short course. Kepengen deh bisa ikutan. Untuk stimulasi English aku yang udah payah. Huhu jarang dipapek, jadinya kemampuan speaking jadi payah. Jauh tertinggal bahkan sama anak-anak aku. Distimulasi dengan ikut short course ini kayaknya bisa ya. Semoga nanti bisa ikutan juga.

    ReplyDelete
  9. Kemampuan berbahasa Inggris memang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Karena merupakan bahasa internasional yang selalu digunakan untuk berkomunikasi dengan bangsa lain. Asyik juga ya, bisa belajar difasilitasi komunitas ISB.

    ReplyDelete
  10. Seru banget yah Mbak bisa ikut kelas Blogger offline begini.. bisa ketemu teman-teman Blogger langsung, apalagi kalau materinya asik begini, jadi bisa praktik bareng-bareng.

    ReplyDelete
  11. Seru banget yah Mbak bisa ikut kelas Blogger offline begini.. bisa ketemu teman-teman Blogger langsung, apalagi kalau materinya asik begini, jadi bisa praktik bareng-bareng.

    ReplyDelete
  12. Asik banget ya kak, bisa kumpul sama yang satu hobi, terlebih lagi blogger, yang komunitas nya makin kecil ajah di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Wah seru yaaa belajar sama TBI. Denger2 sekarang juga ada online class-nya. Aku lagi kepikiran buat ikutan kelas conversationnya biar bisa semakin percaya diri saat mau berbicara Bahasa inggris.

    ReplyDelete
  14. Seruunyaa. Pengin ikutan karena namanya kemampuan bahasa itu tidak ada metode khusus selain learning by doing. Kalau kelamaan ga dipake, mau dulunya TOEFL 9999999+ pun tetep langsung kelabakan dan lupa

    ReplyDelete
  15. Ulasannya sangat seru, seseru komunitasnya. Salam literasi.

    ReplyDelete
  16. Seru banget ini bisa ikutan kursus online bareng teman2 blogger bersama ISB dan TBI, yang membaca pengalamannya jadi ikutan semangat belajar, ternyata kuncinya terus berlatih dan gak perlu takut salah karena semua proses belajar. Siip.

    ReplyDelete
  17. Bahasa inggris penting banget sih, aku juga dari dulu minimal bisa bahasa asing yaitu bahasa inggris ini. Karena setiap kali kita berkunjung pasti bahasa ini yang utama banget untuk bisa dikuasai.

    ReplyDelete
  18. Wah keren banget ada kursus di Depok juga ya. belajar digital marketing & bahasa Inggris memang perlu di zaman sekarang. apalagi bisa dapat uang dollar dari project luar negeri, kalau sering bikin artikel bahasa Inggris di blog. mantap

    ReplyDelete
  19. Kok jadi mupeng pengen ikutan kelasnya ya? Jadi membangkitkan gairah lagi untuk belajar banyak! Seru banget!

    ReplyDelete
  20. habis belajar lalu dipraktekkan jadi makin mengena deh ilmu bahasa Inggrisnya nih Mbak Mei.
    apalagi tempat kursusnya gak hanya buat orang dewasa aja ya, yang anak-anak pun bisa buat menunjang pendidikannya

    ReplyDelete
  21. Ya kemampuan berbahasa Inggris memang sangat dibutuhkan bila bers

    ReplyDelete
  22. Baik TBI dan juga ISB, keduanya memberikan lingkungan yang tepat untuk siapapun yang terus menerus meng-upgrade personal skillnya.

    ReplyDelete
  23. Aq beberapa kali dapet job nulis pake bahasa inggris dan aq mengandalkan Google translate. Kayaknya aq perlu ini kursus bahasa Inggris

    ReplyDelete
  24. aku pernah ikutan kelas TBI x ISB. seru banget kelasnyaaa.

    ReplyDelete
  25. Bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang paling dibutuhkan di abad ini, menjadi bahasa universal baik dalam speaking ataupun writing dan reading. Dan kakaknya pasti happy ya bisa dapet kesempatan shourt course belajar bahasa inggris kelasnya juga cukup interaktif

    ReplyDelete
  26. I envy you... sebulan di Nepal. Aku tuh ingin paragliding di sana.
    Benar mbak, bahasa Inggris jadi modal buat menjalin relasi selama traveling dan sebagai blogger juga bisa menulis cerita dengan bahasa inggris. Reach-nya ga hanya pembaca di Indonesia aja, kan.
    Aku juga udah dong ikut kursus TBI, dapat banyak insight yang membantuku makin PD membuat konten berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
  27. TBI sebagai tempat course Bahasa Inggris mah emang gak usah diragukan lagi. Senang ya kolaborasinya bareng ISB, berikan banyak manfaat untuk blogger. Apalagi satu kelas nya hanya 10 orang, sangat efektif untuk pembelajaran.

    ReplyDelete
  28. Bahasa Inggris emang diperlukan untuk sekolah dan pekerjaan apalagi kita udah masuk persaingan global. TBI ada juga nih di Depok.

    ReplyDelete
  29. Seneng banget bisa belajar di TBI Kelapa Gading.
    Karena selain menambah pengetahuan, merefresh kembali apa yang uda pernah dipelajari dulu pas di sekolah dan menambah kepercayaan diri untuk maybe someday bisa nulis artikel full english. Pasti jangkauannya bisa lebih luas.

    ReplyDelete
  30. Kesempatan langka nih kak. Aku juga senang dengan program ini. Alhamdulillah sudah dapat bulan Januari lalu

    ReplyDelete
  31. Waahhh keren banget Kak bisa ikut creative writing short course untuk blogger. Asik bangetlah pastinya. Ternyata TBI punya banyak pilihan program yaa..

    ReplyDelete
  32. Wiiihhh seru banget ini kelasnya, bisa belajar cara menulis yang baik dan menarik dalam bahasa Inggris. Memang TBI ini programnya bagus-bagus yaa..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.