10 TIPS KESELAMATAN PENERBANGAN YANG WAJIB TRAVELER KETAHUI

Anda wajib memperhatikan tips keselamatan penerbangan wajib diperhatikan. Terutama buat anda yang sering traveling, yang harusnya sudah familiar dengan aturan-aturan terkait penerbangan. Pentingnya keselamatan penerbangan ini tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga akan berimpek kepada orang lain. 

Karena jika kita lalai terhadap aturan yang ada, bisa berpotensi membahayakan orang lain. Namun buat anda traveler baru atau pertama kali naik pesawat, mungkin ada yang belum tahu. Maka dari itu wajib banget mengenai tips keselamatan penerbangan. Apa saja hal-hal yang wajib anda ketahui mengenai keselamatan penerbangan?


aturan keselamatan penerbangan
Source: Canva
Recreated by Writer


Tips Keselamatan Penerbangan yang Wajib Traveler Pemula Ketahui

1. Matikan mobile phone ketika memasuki pesawat

Hal pertama yang wajib anda ketahui ketika naik pesawat terbang adalah matikan seluler, sesuai dengan prosedur keselamatan penerbangan, dilarang menghidupkan seluler selama penerbangan. Bisa dimulai saat akan memasuki pesawat terbang. Ingat jika melanggar anda akan dikenakan sanski denda sampai dengan hukuman penjara.

Sayangnya, masih banyak penumpang yang masih menggunakan telepon untuk menelopon atau sekedar chating ketika di pesawat. Bahkan ketika pesawat sedang proses landing saja, sudah banyak penumpang yang terburu-buru untuk menyalakan telepon selurernya.

Bahkan saya pernah mengalami pesawat sudah proses take off ke sebuah negara masih ada penumpang yang masih menggunakan HP untuk menelepon. Sudah ditegur berkali-kali oleh pramugari masih saja tidak dimatikan.

2. Gunakan sabuk pengaman selama penerbangan

Peraturan keselamatan penerbangan sipil lainnya yang wajib traveler ketahui adalah penggunaan sabuk keamanan. Gunakan sabuk pengaman dimulai anda duduk, selama penerbangan, sampai dengan selesai landing. 

Penggunaan sabuk pengaman ini untuk menjaga keselamatan anda, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hanya dilepas ketika anda hendak ke kamar kecil. Jadi jangan buru-buru melepas sabuk keamanan ketika proses mendarat belum selesai dengan sempurna. Ingat keselamatan nomor satu.

3. Perhatikan arahan cabin crew

Ketika semua penumpang sudah masuk dan duduk dengan sempurna, dan menjelang take off, para awak kabin akan memberikan arahan dan memperagakan alat keselamatan. Perhatikan dengan baik, hal ini akan sangat bermanfaat jika terjadi hal darurat. Apalagi jika anda pertama kali naik pesawat dan juga ketika membawa anak kecil.

4. Baca kartu petunjuk keselamatan

Baca petunjuk keselamatan pada kartu yang terletak di depan kursi anda. Kartu keselamatan berisi prosedur yang harus dilakukan ketika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Apalagi jika anda belum jelas dengan arahan awak kabin ketika memperagakan alat keselamatan.

kartu keselamatan penerbangan
Source: Canva


5. Peraturan membuka pintu darurat pesawat

Selama penerbangan semua penumpang dilarang membuka pintu darurat kecuali dalam keadaan darurat. Karena jika terbuka maka anda akan tersedot keluar dan pastinya akan membahayakan diri anda dan juga yang lainnya.

Selain itu membuka pintu darurat dalam kondisi pesawat sedang terbang merupakan bentuk pelanggaran. Ketika anda kuliah dengan jurusan keselamatan penerbangan, anda akan banyak belajar banyak tentang aturan penerbangan. 

Salah satunya adalah aturan UU Penerbangan Pasal 54 yang membahas tentang aturan pintu darurat ini. Dimana hukumannya bagi yang melanggar dapat berupa denda, sampai dengan ancaman hukuman penjara.

6. Dilarang membawa barang atau benda berbahaya

Keamanan dan keselamatan penerbangan lainya yang wajib traveler ketahui adalah larangan membawa barang atau benda berbahaya. Hal ini dapat mengganggu keselamatan bersama. Seperti obatan-obatan terlarang, barang mudah terbakar, senjata tajam, barang mudah meledak, dan lainnya.

7. Perhatikan aturan jika membawa obat-oabatan pribadi

Perhatikan ketika anda harus membawa obat-obatan pribadi. Bawa obat masih dalam kemasan asli yang masih ada mereknya. Jika anda mengalami sakit yang serius kemudian mengharuskan anda membawa obat-obatan dari dokter saat melakukan penerbangan, pastikan anda membawa surat keterangan dari dokter yang menangani anda. Perhatikan ini apalagi jika anda melakukan penerbangan keluar negeri.

8. Terbang ketika hamil

Untuk perempuan perhatikan jika anda ingin melakukan penerbangan ketika sedang hamil. Beritahukan kepada petugas jika ada sedang mengandung. Jangan lupa membawa surat keterangan dari dokter yang menyatakan anda sedang hamil. Hal ini menjadi salah satu dokumen  wajib yang harus dipenuhi.

Perhatikan usia kehamilan, jangan sampai terbang ketika masa hamil yang dilarang karena rentan. Pastinya juga akan membahayakan ibu dan juga calon bayi. 

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, usia kehamilan yang aman untuk melakukan penerbangan adalah 16-24 minggu. Pada masa ini risiko kelahiran mendadak atau kelahiran prematur sangat minim.

9. Perhatikan aturan menutup jendela pesawat

Aturan keselamatan penerbangan lainnya adalah jangan menutup jendela pesawat ketika hendak lepas landas atau mendarat. Hal ini untuk keselamatan semua penumpang. Dengan melihat ke luar, semua awak pesawat dan penumpang dapat melihat pesawat dalam keadaan baik. 

Misalnya tidak ada asap atau api dalam sayap pesawat. Dan ketika terjadi darurat, penumpang dapat melihat dan melaporkannya. Sehingga mempermudah proses evakuasi oleh awak kabin.

10. Ikuti arahan awak kabin ketika terjadi hal darurat

Sangat penting untuk memperhatikan arahan awak kabin ketika menjelaskan prosedur keselamatan di awal penerbangan, juga membaca kartu keselamatan. Hal ini akan berguna ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan panik, ikuti saja arahan awak kabin dan jangan lupa berdoa.

Itu dia beberapa tips keselamatan penerbangan yang wajib traveler ketahui. Untuk memperkaya wawasan anda soal ini, silakan untuk membaca artikel keselamatan penerbangan atau materi keselamatan penerbangan yang ada di internet ataupun peraturan pemerintah. Atau anda mempunyai tips lainnya, boleh sharing di kolom komentar ya.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.