APA ITU ASAM URAT DAN BERAPA KADAR ASAM URAT NORMAL

Ketahui kadar asam urat normal dan jangan pernah abaikan ketika sudah melewati batas normal. Asam usam dapat diobati baik dengan mengkonsumsi makanan sehat sampai dengan mengkonsumsi obat. Sehingga sangat penting bagi anda mengetahui ciri-ciri asam urat. Sebelum membahasnya mari kita ketahui dahulu mengenai apa itu asam urat dan apa penyebabnya.

kadar asam urat normal


Apa itu Asam Urat dan Berapa Kadar Asam Urat Normal

Apa itu asam urat, berapa kadar asam urat normal, apa saja ciri ciri asam urat? Pastinya pertanyaan ini yang anda ajukan ketika mendengar istilah penyakit asam urat.

Asam urat atau gout arthritis adalah penyakit radang sendi akibat tingginya kadar asam urat yang terdapat di dalam darah (hiperurisemia). Kadar asam urat yang berlebihan ini akan membentuk kristal berupa monosodium urate yang mengendap atau menumpuk pada sendi.

Lalu berapa kadar asam urat normal? Untuk mengetahui kadar asam urat pastinya harus dilakukan pemeriksaan secara spesifik seperti di laboratorium. Tes asam urat ini dikenal dengan nama tes asam urat serum, untuk mengetahui berapa jumlah kadar asam urat yang terdapat pada darah kita.

Batas kadar asam urat bervariasi tergantung dari jenis kelamin. Tergantung pada setiap laboratorium atau metode pengukuran yang dilakukan. Melansir dari laman Rumah Sakit Olahraga nasional batas kadar asam urat normal bagi laki-laki dewasa adalah 3,4 sampai 7,0 mg/dl (milligram per deciliter). Untuk perempuan kadar asam urat normal perempuan dewasa adalah 2,4 sampai 6,0 mg/dl.

Berbeda dengan laman Halodoc, memberikan batasan kadar asam urat normal laki-laki antara 4,0 - 8,5 mg/dl. Sementara untuk kadar asam urat normal perempuan adalah 2,5 - 7,5 mg/dl.

Perbedaan ini seperti yang sudah dijelaskan tergantung laboratorium dan metode pengukuran yang diambil. Selain itu kondisi badan orang juga berbeda-beda. Maka untuk memastikan kadar asam urat normal dalam tubuh kita harus dilakukan pemeriksaan secara spesifik dan dokter akan menentukan apakah kadar asam urat normal kita seperti apa.

cek kadar asam urat normal


Kadar asam urat normal atau tidak normal akan mengindikasikan penyakit lainnya, misalnya untuk asam urat yang terlalu tinggi dapat menjadi tanda kalau ginjal tidak bekerja dengan baik untuk menyaring asam urat dalam tubuh. Selain itu juga dapat menunjukan bahwa ada penyakit lain seperti diabetes, gangguan sumsum tulang, atau kanker sel plasma pada sumsum tulang.

Jadi sekali lagi untuk mengetahui kadar asam urat normal atau tidaknya dalam tubuh anda wajib melakukan pemeriksaan secara spesifik ke ahlinya. Jangan hanya berpatokan pada alat ukur yang dijual bebas di lapangan. Karena bisa jadi juga alat ukur tersebut tidak akurat, dimana harus dilakukan validasi alat. 

Penyakit asam urat dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Namun biasanya sering terjadi pada bagian sendi seperti jari tangan, jempol kaki, lutut, jari kaki, bahkan pada pergelangan kaki.

Penyakit ini biasanya lebih mudah menyerang laki-laki terutama bagi yang usianya di atas 30 tahun. Sementara bagi perempuan biasanya terjadi saat setelah terkena menopause. Rasa sakit karena asam urat ini biasanya berlangsung antara 3 - 10 hari, dan biasanya perkembangannya sangat cepat dalam beberapa jam pertama.

Apa Saja Ciri-ciri Asam Urat

Sebelum merasakan sakit yang luar biasa, biasanya penyakit asam urat ini akan menimbulkan beberapa gejala yang dapat dilihat. Berikut adalah gejala asam urat yang dapat anda rasakan.

1. Nyeri sendi terus menerus

Ciri-ciri asam urat pertama adalah merasakan sakit pada bagian sendi tertentu secara terus menerus. Biasanya rasa sakit paling parah akan dirasakan pada 4 hingga 12 jam pertama.

Penyebabnya juga dari berbagai faktor, mulai dari makanan, penyakit bawaan, datau justru metabolisme tubuh yang tidak seimbang. Oleh sebab itu lebih baik lakukan pengecekan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, sehingga penanganannya juga lebih tepat.

2. Peradangan dan kemerahan

Ciri-ciri asam urat kedua adalah sendi yang terkena akan terasa lunak, hangat, membengkak, dan tampak kemerahan. Tentu saja kondisi ini membuat sendi terasa sangat sakit.

ciri-ciri asam urat


3. Gerakan badan menjadi terbatas

Selain terjadi pembengkakan pada bagian sendi, ciri-ciri asam urat lainnya adalah anda akan mengalami keterbatasan dalam menggerakan persendian. Tentunya tidak dapat menggerakan tubuh secara normal seperti biasanya. Jika digerakan akan terasa sakit dan nyeri.

4. Sakit pada malam hari

Penyakit asam urat juga akan memberi gejala sakit pada malam hari. Hal ini bisa jadi karena faktor suhu lebih rendah pada malam hari. Atau karena faktor karbon dioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur sehingga mendorong tingkat keasaman darah yang dapat memicu asam urat. 

Ketiga bisa jadi karena faktor sleep apnea. Penderita penyakit ini memiliki potensi 1,86 kali untuk terkena asam urat. Namun, banyak faktor lain yang harus dicek juga. Jadi ketika anda mengalami ciri-ciri asam urat ini jangan pernah abaikan.

5. Mengalami demam dan menggigil

Penderita asam urat juga dapat mengalami demam dan menggigil seperti terkena flu, karena kristal asam urat yang menumpuk ini akan melepaskan protein sitokin. 

Sitokin ini harusnya menjaga kekebalan tubuh, dan jika terlepas maka imun tubuh menurun yang diikuti dengan radang sendi. Kondisi demam ini sebenarnya untuk melawan infeksi dan menaikan suhu pada tubuh.

6. Benjolan yang membengkak

Ciri-ciri asam urat berikutnya adalah timbulnya benjolan atau yang disebut dengan istilah tophi. Benjolan ini timbul pada area yang terkena penumpukan kristal asam urat. 

Hal ini akibat kristal asam urat tidak segera ditangani. Benjolan ini akan hilang jika penanganan atau pengobatan asam uratnya tepat. Dengan terjadinya ciri asam urat ini bisa diasumsikan bahwa kadar asam urat normal dalam darah anda tidak terpenuhi.

7. Nyeri datang dan hilang tiba-tiba

Gejala lain asam urat adalah munculnya nyeri yang datang dan hilang juga secara tiba-tiba. Hal ini bisa mengganggu istirahat anda pada malam hari. Jadi jika mengalami gejala ini lebih baik segera periksakan ke dokter, meskipun rasa sakit itu munculnya lagi dalam jangka waktu lama.

8. Komplikasi batu ginjal

Ciri-ciri asam urat lainnya adalah terjadinya komplikasi pada batu ginjal, dimana komplikasi ini terjadi akibat dari penumpukkan kristal yang terlalu banyak pada saluran kemih, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Itu dia beberapa gejala asam urat yang wajib anda tahu. Periksakan ke dokter segera jika anda mengalami tanda-tanda di atas. Jangan abaikan karena jika didiamkan akan semakin parah.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Makanan Sehat dan Obat

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit asam urat dalam darah agar kadar asam urat normal kembali. Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya. 

Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan asam urat, bahkan membantu meredakan nyeri ketika asam urat naik. Berikut adalah beberapa cara mengobati asam urat dengan makanan sehat dan obat.

1. Jaga konsumsi makanan dan minuman

  • Perbanyak minum air mineral.

  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.

  • Konsumsi makanan yang rendah purin seperti buah yang banyak mengandung vitamin C, gandum, pasta, dan lainnya.

  • Minum minuman yang rendah purin seperti jus buah yang banyak mengandung vitamin C, yogurth, dan juga susu tanpa lemak.

  • Hindari makanan yang mengandung purin tinggi penyebab asam urat seperti jeroan, daging merah, seafood seperti teri, sarden, kerang-kerangan, tuna, dan lainnya agar kadar asam urat normal kembali.

  • Periksakan diri ke dokter untuk memastikan gejala yang dialami apakah asam urat atau bukan.

2. Istirahat dan lakukan penanganan kecil di rumah

Cara mengobat asam urat lainnya adalah dengan melakukan penanganan ringan di rumah misalnya dengan cara Istirahat dengan posisi kaki diangkat dan disangga dengan menggunakan bantal atau kompress sendi yang terkena asam urat dengan menggunakan es.

3. Periksakan diri ke dokter

Melakukan pemeriksaan ke dokter adalah cara yang tepat untuk memastikan kondisi tubuh kita. Jika benar asam urat, dokter akan memberikan penanganan yang tepat agar asam uratnya segera turun.

4. Konsumsi minuman suplemen herbal

Mengkonsumsi suplemen herbal juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi asam urat. Namun pastikan memilih minuman herbal yang sudah terjamin kualitas dan keamanan produknya. Salah satu minuman suplemen herbal yang direkomendasikan adalah Sido Muncul Ricasid dari Sidomuncul.

Sido Muncul Ricasid Bantu Kadar Asam Urat Normal Kembali 

Suplemen herbal Sido Muncul Ricasid diracik khusus dengan komposisi yang efektif untuk membantu meredakan nyeri sendi dan pegal linu. Dan dapat digunakan oleh penderita asam urat.

Konsumsi Sido Muncul Ricasid dengan teratur yaitu tiga kali dua kapsul dalam sehari sesuai anjuran dokter. tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi pada tubuh anda.

sido muncul ricasid

Suplemen herbal Sido Muncul Ricasid mengandung ekstrak Phaleria Macrocarpa atau dikenal dengan Mahkota Dewa, memiliki fungsi sebagai anti inflamasi, sehingga sangat baik untuk membantu mengurangi inflamasi persendian.

Selain itu juga mengandung Alii Sativi atau Bawang Putih yang sangat kaya anti oksidan dan antiradang, tentunya akan mengurangi inflamasi dan membantu mengelola kadar asam urat yang terdapat dalam darah di tubuh kita.

Sementara kandungan bahan Sambiloto atau Andrographidis dan Kunyit atau Curcuma Domestica juga memiliki fungsi yang sama sebagai anti inflamasi dan pereda nyeri. Jadi buat anda yang menghadapi ciri-ciri asam urat segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen herbal dari Sido Muncul Ricasid. 

Produk yang sudah BPOM ini berisi 30 kapsul dengan komposisi Ekstrak Phaleria macrocarpa Fructus 200 mg, Alii sativi Bulbus 100 mg, Andrographidis Herba 100 mg, Curcuma domesticae Rhizoma 100 mg.

Jadi tunggu apalagi yuk redakan nyeri sendi karena asam urat dengan produk herbal dari Sido Muncul Ricasid. Atau anda pernah menggunakan produk herbal ini? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

Referensi:

https://www.alodokter.com/7-cara-menyembuhkan-asam-urat-tanpa-obat-yang-penting-untuk-diketahui

https://www.halodoc.com/artikel/ini-tanda-asam-urat-normal

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/ciri-ciri-asam-urat

https://www.sidomunculstore.com/blog/post/7-ciri-ciri-asam-urat-dan-langkah-efektif-mengatasinya.html

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.