SAMPOERNA FEST: FESTIVAL PALING ASIK BUAT HEALING SEKALIGUS SAVING

Beberapa hari lalu saya menghadiri event press conference Sampoerna Fest 2024. Acara ini membahas tentang edukasi finansial. Suasananya agak sedikit berbeda, talk show finansial yang biasanya dikenal formal, justru ini sebaliknya. Acaranya justru dikemas dengan sangat fun, membuat acara terasa hangat. Engagement para pembicara dengan semua peserta yang hadir juga sangat positif.

sampoerna fest 2024


Apa Itu Sampoerna Fest?

Sampoerna Fest sendiri adalah festival tahunan PT Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna yang diadakan setiap tiga bulan sekali. Dengan tujuan memberikan edukasi tentang finansial kepada masyarakat dengan konsep yang energetic, humor, fun, cool

Maka tak tak heran festival ini dikemas dengan konsep festival yang asik untuk healing sekaligus juga belajar saving. Tentu saja hal ini membuat belajar saving tanpa pusing. Sasaran utamanya adalah para generasi milenial dan gen Z. Dimana keduanya sangat dekat dengan dunia teknologi yang mana semua transaksi keuangan saat ini dilakukan menggunakan kecanggihan teknologi.

Menjawab kondisi ini, Bank Sampoerna dengan cepat tanggap menyusun program untuk merangkul kedua generasi ini. Salah satunya adalah Sampoerna Fest. Untuk menggaungkan program literasi keuangan ini, Bank Sampoerna mengadakan press conference Sampoerna Fest 2024 yang diadakan di  Lucy Curated Compound Kemang, Jakarta Selatan.

Sampoerna Fest: Festival Paling Asik Buat Healing Sekaligus Saving

Pada 15 Maret 2024, Bank Sampoerna mengadakan press conference dengan berbagai media, termasuk para Blogger untuk mengenalkan Sampoerna Fest. Acara dihadiri oleh jajaran manajemen Bank Sampoerna. Salah satunya adalah Henky Suryaputra sebagai Direktur Finance & Business Planning. 


talkshow sampoerna festival


Hadir juga Landing, Fintech Product & Partnership Division Head, Oktavia Laksmi Wardani.  Jajaran manajemen lainnya yang hadir adalah Hafizh Abdul Rahman sebagai Event & Fintech Partnership Manager. Hafizh mengatakan bahwa event ini akan diadakan di beberapa kota dan akan menjaring para generasi muda agar ikut serta dalam acara ini. Tentunya secara tidak langsung generasi ini akan belajar edukasi finansial dengan cara yang fun.

Acara dibuka dengan flashback program tahun-tahun sebelumnya yaitu Sultan Dadakan. Selanjutnya, ketiga jajaran manajemen sharing mengenai program asik dan seru yang akan diadakan oleh Bank Sampoerna yaitu Sampoerna Fest.

Program ini dalam rangka memberikan edukasi finansial kepada masyarakat dengan cara yang asik dengan konsep edutainment & experience melalui festival tahunan Bank Sampoerna. Ketiganya membagikan informasi penting mengenai jadwal acara festival, lokasi, serta konsep event tahunan tersebut.

Program tersebut berupa roadshow ke beberapa kota. Dan tahun ini, roadshow Sampoerna Fest akan diadakan di beberapa kota berikut.

  • Surabaya pada 4 Mei 2024.
  • Pontianak pada 4 Juli 2024.
  • Semarang pada 4 Oktober 2024.
  • Sorong pada 4 Januari 2024.

Paling menarik dari festival ini, rangkaian acara akan bekerjasama dengan UMKM setempat sehingga membantu memberdayakan ekonomi masyarakat lokal. Dengan konsep seperti ini maka pastinya akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. Salah satunya adalah ekonomi masyarakat lokal akan terangkat. 

Karena pastinya festival besar ini akan terjadinya transaksi ekonomi di masyarakat lokal. Secara tidak langsung hal ini juga menjadi celah bagi Bank Sampoerna untuk melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat yang hadir.

Hal lain yang perlu di-highlight adalah karena edukasi keuangan ini mengusung konsep energetic, humor, fun, cool maka Bank Sampoerna dalam festivalnya menyusun acara dengan fresh dan fun. Salah satunya dengan mengadakan konser musik dan mengundang penyanyi populer seperti Maliq & D’essentials dan Coldiac. Tidak lupa juga akan ada audisi untuk para seniman lokal dan yang lolos akan tampil dalam festival di kotanya masing-masing.


roadshow sampoerna fest 2024

Hal ini tentu saja dilakukan untuk menarik minat para generasi milenial dan generasi Z untuk ikut serta dalam festival ini. Mengingat musik adalah hal yang paling dekat generasi ini.

Kehadiran generasi-generasi muda ini bertujuan untuk mencapai financial goals dengan menjadikannya sebagai Saving Agent. Wah apa itu Saving AgentSaving Agent adalah agen-agen sebagai perpanjangan tangan Bank Sampoerna untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya literasi keuangan.

“Kami ingin agar setiap individu memiliki kesejahteraan finansial dan mencapai tujuan yang diimpikan. Dengan menggandeng milenial dan Gen Z yang familiar dengan literasi keuangan, terutama melalui layanan keuangan digital, kami berharap masyarakat dapat memiliki perencanaan keuangan yang bijak untuk setiap kebutuhan sekaligus menikmati hiburan yang disajikan,” ujar Henky.

Diharapkan untuk semua pengunjung yang hadir pada festival tersebut setelahnya menjadi lebih paham lagi soal keuangan. Setelahnya masyarakat ini mulai memiliki financial planning atau financial goal.

Selain menghadirkan artis papan atas, kerjasama dengan para UMKM lokal, cara lain untuk menarik minat para generasi muda ini, pihak Sampoerna Fest juga akan ada pesta jajanan atau kuliner makanan khas setempat. Akan ada beragam makanan dan minuman yang akan membuat acara semakin meriah. Sampai dengan beberapa games di booth Sampoerna Mobile Banking.

Untuk dapat menikmati Sampoerna Fest, setiap pengunjung yang hadir akan dikenakan biaya tiket masuk. Namun kabar baiknya semua pengunjung yang datang akan mendapatkan proteksi keselamatan dari CHUBB LIFE. Tentu saja selama anda menikmati acara Sampoerna Fest keselamatan dan keamanan anda sangat terjamin. Jadi tidak perlu khawatir lagi.

Sampoerna Mobile Banking, Layanan Digital Untuk Financial Goals

Salah satu produk perbankan yang akan membantu digitalisasi transaksi adalah Sampoerna Mobile Banking. Produk digital ini akan membantu perencanaan keuangan yang lebih bijak. Produk tabungan ini memiliki keunggulan yaitu adanya undian hadiah sepanjang tahun dengan total hadiah milyaran rupiah. Dan hadiah Grand Prize-nya berupa satu unit Toyota Innova Zenix.

Proses membuka tabungan di Bank Sampoerna juga sangat mudah. Bahkan cukup dengan Rp50.000,00 saja, anda bisa membuka tabungan di bank ini. Tidak lupa pada Sampoerna Fest 2024 ini, akan tersedia booth Sampoerna Mobile Banking, sehingga bagi siapa saja calon nasabah dapat membuka tabungan di booth tersebut secara langsung.

aplikasi sampoerna mobile banking


Seperti halnya yang disampaikan oleh Hafizh “Dengan terselenggaranya Sampoerna Fest, kami ingin menarik minat pengunjung untuk lebih mengenal produk dan layanan dari Sampoerna Mobile Banking, sekaligus memberikan hiburan dan apresiasi kepada seluruh pengunjung, nasabah Bank Sampoerna, dan masyarakat secara luas,” katanya.

Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung literasi keuangan, layanan digital Bank Sahabat Sampoerna, yaitu PDaja.com turut serta meramaikan acara Sampoerna Fest. PDaja.com adalah  platform pinjaman digital yang memiliki visi dan misi untuk menjadi solusi pendanaan bagi banyak masyarakat, terutama UMKM. Platform ini membantu menyediakan akses permodalan dengan persyaratan yang fleksibel serta mendapatkan fasilitas Plafon Rekening Koran (PRK). 

28 Comment

  1. Ada di semarang juga ternyata ya. Asyik nih bisa sekalian nambah wawasan finansial

    ReplyDelete
  2. Event Sampoerna Fest memang selalu menarik perhatian. Apalagi melibatkan UMKM, jadi makin terasa perannya di masyarakat. Pastinya bikin acara makin meriah juga. Keren terobosannya, paling keren sampai roadshow ke Sorong, daerah yang memang ga pernah dilirik institusi lain selama ini

    ReplyDelete
  3. Sampoerna keren diversifikasi bisnisnya, dari rokok, ke pendidikan, sekarang ke finance. Apalagi ada aplikasinya, memudahkan konsumennya. Yah....di Bandung engga kebagian Sampoerna Fest

    ReplyDelete
  4. Saya sudah membayangkan keseruan acaranya nih. Sambil nonton musik, bisa meningkatkat literasi keuangan juga. Apalagi ada pengundian hadiah juga.

    ReplyDelete
  5. cihuyyy Pontianak masuk kedalam list untuk dilakukan Sampoerna Fest. Jadi ngga sabar dengan keseruannya dan semoga bisa ikutan nanti acaranya. Sudah pasti seru abis nih

    ReplyDelete
  6. Event bagus nih, biar buat menjaga loyalitas nasabah juga, Event kayak gini banyak manfaatnya sih emang.. Semoga konsisten di tahun berikutnya

    ReplyDelete
  7. Konsepnya unik ya, acara edukasi finansial, tapi dibalut sama festival musik juga. Pastinya bakalan seru sih. Apalagi generasi muda juga bakalan tertarik sih. BTW, Mba Mei ikutan juga ya, saya nggak ngeuh loh.

    ReplyDelete
  8. Ini sih kreatif banget ngemas acaranya. Pengenalan literasi finansial yang dibalut acara festival, ada banyak hiburan lainnya pula. Pasti banyak yang suka nih dengan Sampoerna Fest 2024 ini

    ReplyDelete
  9. Keren banget Bank Sampoerna bikin acara edukasi finansial dengan sasaran Gen Z, acaranya menarik banget dan sangat tepat sasaran. Tantangan bagi Gen Z sendiri ya sekarang yang serba teknologi termasuk dalam hal keuangan. Jadi harus lebih cermat agar bisa manage keuangan dengan baik.

    ReplyDelete
  10. jadi makin semangat dan yakin deh bahwa generasi muda bisa kok capai financial goals yang ciamik.
    apalagi ini sebagai manfaat kedepannya yang bisa dikatakan jangka panjang.

    ReplyDelete
  11. Event2 spt ini hrs banyak digelar di Indonesia ya kak. Biar kita smkn paham ttg investasi dan produk keuangan lainnya.

    Ah ternyata masih lama ya eventnya digelar. Ntar abis Lebaran, aku mau dtg ke Sampoerna Fest ini ah di Surabaya sekalian healing abis Lebaran hehe.

    ReplyDelete
  12. Keren banget nih Sampoerna Fest punya program literasi keuangan yang cocok banget buat milenial dan gen Z. pasti konsepnya juga lebih fun karena mereka emang dekat dengan kecanggihan teknologi.semoga masyarakat makin melek edukasi keuangan melalui acara ini.

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya acara Sampoerna Fest. Ada lagi bank digital yang mempermudah transaksi perbankan. Saatnya beralih ke bank digital.

    ReplyDelete
  14. Bener. Kalau ada acara yang ngomongin soal finansial biasanya memang digelar secara formal. Jarang ada yang bikin acara secara fun kayak Sampoerna Fest begini. Asyik banget.

    ReplyDelete
  15. Sosialisasi dan program yang dikemas melalui festival saya rasa emang bakalan lebih cepat sampai pesan nya ke masyarakat. Jadi masyarakat kita kan emang lebih dulu suka sama hiburan dan kuliner gitu. Nah saat itu informasi dan sosialisasi bisa sekaligus disampaikan ya...

    ReplyDelete
  16. Bakal seru banget ini. Fun-nya dapet, edukasi keuangannya juga dapet. Semoga makin banyak anggota masyarakat, terutama anak muda, yang melek keuangan.

    ReplyDelete
  17. Sampoerna Fest ini acara yang bagus, ya. Selain bisa nambah wawasan tentang literasi finansial juga bisa menikmati sajian musik yang menghibur. Ada pesta jajanan juga, komplit, deh!

    ReplyDelete
  18. waaa keren bangettt! ini misal ada di Malang rame bangett sih, aku selalu iri sama pameran pendidikannya Sampoerna, apalagi sekolahnya yang ngalah ngaalahin sekolah internasional

    ReplyDelete
  19. Bank Sampoerna makin ke sini makin memudahkan bagi siapa saja yang ingin menabung. Buka awal tabungannya aja mudah, hanya 50 ribu rupiah udah bisa nabung nih.

    ReplyDelete
  20. Asyik banget bisa ikutan seru²an bareng Sampoerna yg keknya makin keren ya. Apalagi saldo awal daftarnya cuma 50rb ajah. Selain itu, kudu rajin nabung deh, biar ada kesempatan menangin hadiah.

    ReplyDelete
  21. Wah acaranya seru sekali ya.. semoga makin banyak gen z yang paham tentang saving ya, sesuai dengan taret bank sampoerna sendiri!

    ReplyDelete
  22. Jadi ga sabar nih buat ikutan Sampoerna fest di Semarang. Penantian yg masih lama euy...

    ReplyDelete
  23. Jadi Sampoerna Fest ini tuh festival tahunan yang diadakannya tiga bulan sekali. Wuuuaaa ... bisa jadi pilihan event rutin buat disambangi sebagai ajang healing sekaligus belajar soal finansial dong ya kalau begini.

    ReplyDelete
  24. Wow, ternyata seru ya Sampoerna Fest tahun ini, hiburannya dapat dan ilmunya juga dapat.
    Btw itu roadshow di beberapa kota, apa memang selalu dilakukan di tgl 4 ya?

    ReplyDelete
  25. wah, jadi penasaran acaraya nih, di jkt gak ada ya? hehe

    ReplyDelete
  26. Waah pengen ikutan acara yang di Surabaya, pasti seru. Yang tahun kemarin seru banget sih..

    ReplyDelete
  27. kayaknya di Sulawesi gak ada ya Mbak? Atau sudah kali ya? Kan ini eventnya 3 bulan sekali kan ya?
    dengan Sampoerna Fest gini semua bisa jadi belajar literasi keuangan ada bonusnya pula ya, double happy sih harusnya :)

    ReplyDelete
  28. Sampoerna ini bener-bener mantap ya perluasan bisnisnya, kayaknya di semua bidang ada deh, dan sekarang nambah banking juga. Penasaran sih pengen coba aplikasinya, katanya banyak fitur yang bagus-bagusnya tu

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.