TIPS MEMILIH ASURANSI PERJALANAN YANG AMAN

Ketika kamu akan melakukan traveling, agar aman dan nyaman banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah asuransi perjalanan. terutama jika kamu melakukan traveling ke luar negeri atau ke tempat-tempat ekstrim yang berisiko tinggi. Misalnya traveling untuk melakukan pendakian baik di dalam ataupun di luar negeri. 

Atau traveling dengan tujuan wisata berupa special interest tourism atau pariwisata minat khusus misalnya diving, paralayang, dan sejenisnya. Menurut saya pribadi hal ini sangat penting untuk membeli tiket asuransi. Atau traveling ke luar negeri yang lokasinya ada di pedalaman misalnya mengunjungi hutan Amazon, atau mengunjungi kebun binatang di Afrika, dan sejenisnya. Wajib untuk membeli asuransi perjalanan.

tiips memilih asuransi perjalanan


Tips Memilih Asuransi Perjalanan Yang Aman

Berikut adalah beberapa tips memilih asuransi perjalanan yang wajib kamu perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

1. Lakukan riset dan komparasi

Melakukan riset untuk mengetahui perusahaan yang menerbitkan asuransi perjalanan adalah hal yang sangat penting. Kemudian produk apa saja yang tersedia untuk perjalanan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan referensi perusahaan-perusahaan yang menerbitkan asuransi perjalanan, kelebihan dan kekurangannya, produk apa saja yang tersedia, dan apa saja yang dicover. Kemudian kita juga akan mengetahui besaran biayanya, dan lainnya.

2. Ketahui dengan detail manfaat masing-masing produk

Setelah melakukan riset, penting sekali untuk memahami mengenai manfaat masing-masing produk. Perlindungan yang didapat juga seperti apa. Tanyakan kepada pihak penyedia asuransi atau cari tahu informasinya secara detail melalui situs perusahaan asuransi tersebut atau dari testimoni yang sudah menggunakan asuransi tersebut.

Misalnya ada asuransi yang hanya mengcover sebagian kasus, atau juga yang mengcover semua risiko. Hal ini perlu sekali diketahui, dan pilih asuransi yang satu pembelian dapat mengcover semua layanan. Pastikan juga asuransi yang kamu akan beli, sesuai yang kamu butuhkan.

3. Cek latar belakang penyedia asuransi

Hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan produk yang bakal kamu beli. Pastikan perusahaan yang akan kamu beli layanan produk asuransi perjalanannya adalah perusahaan yang kredibel dan sudah dikenal oleh banyak orang. Lebih dari itu pastikan juga perusahaan tersebut memberikan kemudahan jika terjadi klaim. Prosesnya juga cepat dan transparan.

4. Cek jangka waktu asuransi

Saat membeli asuransi perjalanan pastikan tanggal asuransi perjalanan sesuai dengan perjalanan kamu, jika membelinya hanya untuk satu kali perjalanan. Sehingga layanan yang didapat mulai dari kamu berangkat sampai kamu pulang lagi. Jika kamu memperpanjang masa perjalanan kamu, maka biasanya asuransi tersebut sudah tidak berlaku lagi. Jadi benar-benar sesuai dengan tanggal perjalanan yang kamu beli pertama kali.

5. Beli asuransi jauh-jauh hari

Berdasarkan pengalaman, alangkah lebih baik membeli asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Adakalanya kita disibukkan dengan hal lainnya sehingga kadang sudah mendekati hari H perjalanan, pembelian asuransi perjalanan ini baru diingat atau lebih fatalnya sampai hari keberangkatan kelupaan untuk membeli asuransi perjalanan.

6. Konsultasikan dengan orang yang mengerti

Tips memilih asuransi perjalanan lainnya adalah dengan melakukan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman. Misalnya dengan pihak asuransinya sendiri, atau teman yang pernah menggunakan jasa asuransi perjalanan, atau mencari di internet. Dari berbagai informasi yang didapat ini, tentunya sedikit banyak akan membantu kamu mengetahui asuransi perjalanan mana yang perlu kamu beli.

7. Beli asuransi secara mandiri atau menggunakan jasa

Namun jika kamu sudah paham, kamu dapat membelinya sendiri. Jadi pahami betul poin-poin di atas, sehingga kamu paham dan bisa membeli asuransi sendiri tanpa menggunakan jasa. Jika kamu masih bingung juga, kamu dapat membeli asuransi menggunakan jasa pihak ketiga seperti agen asuransi atau sejenisnya.

Itu dia tips memilih asuransi perjalanan yang aman dan wajib kamu tahu agar tidak keliru membeli asuransi perjalanan. Niatnya mau liburan tetapi gara-gara urusan pembelian asuransi yang keliru malah sebaliknya. Jadi wajib perhatikan betul tips-tips di atas. 

Ada yang mempunyai pengalaman membeli asuransi perjalanan, boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.