TIPS MEMILIH ASURANSI PERJALANAN YANG AMAN

Ketika kamu akan melakukan traveling, agar aman dan nyaman banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah asuransi perjalanan. terutama jika kamu melakukan traveling ke luar negeri atau ke tempat-tempat ekstrim yang berisiko tinggi. Misalnya traveling untuk melakukan pendakian baik di dalam ataupun di luar negeri. 

Atau traveling dengan tujuan wisata berupa special interest tourism atau pariwisata minat khusus misalnya diving, paralayang, dan sejenisnya. Menurut saya pribadi hal ini sangat penting untuk membeli tiket asuransi. Atau traveling ke luar negeri yang lokasinya ada di pedalaman misalnya mengunjungi hutan Amazon, atau mengunjungi kebun binatang di Afrika, dan sejenisnya. Wajib untuk membeli asuransi perjalanan.

tiips memilih asuransi perjalanan


Tips Memilih Asuransi Perjalanan Yang Aman

Berikut adalah beberapa tips memilih asuransi perjalanan yang wajib kamu perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

1. Lakukan riset dan komparasi

Melakukan riset untuk mengetahui perusahaan yang menerbitkan asuransi perjalanan adalah hal yang sangat penting. Kemudian produk apa saja yang tersedia untuk perjalanan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan referensi perusahaan-perusahaan yang menerbitkan asuransi perjalanan, kelebihan dan kekurangannya, produk apa saja yang tersedia, dan apa saja yang dicover. Kemudian kita juga akan mengetahui besaran biayanya, dan lainnya.

2. Ketahui dengan detail manfaat masing-masing produk

Setelah melakukan riset, penting sekali untuk memahami mengenai manfaat masing-masing produk. Perlindungan yang didapat juga seperti apa. Tanyakan kepada pihak penyedia asuransi atau cari tahu informasinya secara detail melalui situs perusahaan asuransi tersebut atau dari testimoni yang sudah menggunakan asuransi tersebut.

Misalnya ada asuransi yang hanya mengcover sebagian kasus, atau juga yang mengcover semua risiko. Hal ini perlu sekali diketahui, dan pilih asuransi yang satu pembelian dapat mengcover semua layanan. Pastikan juga asuransi yang kamu akan beli, sesuai yang kamu butuhkan.

3. Cek latar belakang penyedia asuransi

Hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan produk yang bakal kamu beli. Pastikan perusahaan yang akan kamu beli layanan produk asuransi perjalanannya adalah perusahaan yang kredibel dan sudah dikenal oleh banyak orang. Lebih dari itu pastikan juga perusahaan tersebut memberikan kemudahan jika terjadi klaim. Prosesnya juga cepat dan transparan.

4. Cek jangka waktu asuransi

Saat membeli asuransi perjalanan pastikan tanggal asuransi perjalanan sesuai dengan perjalanan kamu, jika membelinya hanya untuk satu kali perjalanan. Sehingga layanan yang didapat mulai dari kamu berangkat sampai kamu pulang lagi. Jika kamu memperpanjang masa perjalanan kamu, maka biasanya asuransi tersebut sudah tidak berlaku lagi. Jadi benar-benar sesuai dengan tanggal perjalanan yang kamu beli pertama kali.

5. Beli asuransi jauh-jauh hari

Berdasarkan pengalaman, alangkah lebih baik membeli asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Adakalanya kita disibukkan dengan hal lainnya sehingga kadang sudah mendekati hari H perjalanan, pembelian asuransi perjalanan ini baru diingat atau lebih fatalnya sampai hari keberangkatan kelupaan untuk membeli asuransi perjalanan.

6. Konsultasikan dengan orang yang mengerti

Tips memilih asuransi perjalanan lainnya adalah dengan melakukan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman. Misalnya dengan pihak asuransinya sendiri, atau teman yang pernah menggunakan jasa asuransi perjalanan, atau mencari di internet. Dari berbagai informasi yang didapat ini, tentunya sedikit banyak akan membantu kamu mengetahui asuransi perjalanan mana yang perlu kamu beli.

7. Beli asuransi secara mandiri atau menggunakan jasa

Namun jika kamu sudah paham, kamu dapat membelinya sendiri. Jadi pahami betul poin-poin di atas, sehingga kamu paham dan bisa membeli asuransi sendiri tanpa menggunakan jasa. Jika kamu masih bingung juga, kamu dapat membeli asuransi menggunakan jasa pihak ketiga seperti agen asuransi atau sejenisnya.

Itu dia tips memilih asuransi perjalanan yang aman dan wajib kamu tahu agar tidak keliru membeli asuransi perjalanan. Niatnya mau liburan tetapi gara-gara urusan pembelian asuransi yang keliru malah sebaliknya. Jadi wajib perhatikan betul tips-tips di atas. 

Ada yang mempunyai pengalaman membeli asuransi perjalanan, boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

24 Comment

  1. waaah butuh banget nih tips ini biar liburan tetap aman, makasih banyak ka tipsnya

    ReplyDelete
  2. Makasih loh tipsnya , kepake banget buat next liburan sekolah anak2

    ReplyDelete
  3. Nice tips kak. Kadang ragu dan agak sulit kalau mau pilih asuransi, termasuk asuransi perjalanan ini.

    ReplyDelete
  4. Emang surka bingung bgt kalo hafus pilih asuransi, untungnya nemu artikel ini jadi kebantu banget buat pilah pilih asuransi yg sesuai. Thanks kak

    ReplyDelete
  5. Terima kasih info nya kak, karena memang kalau melakukan perjalanan kita jarang banget menggunakan asuransi. Tapi memang sangat dibutuhkan ya.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya jadi tambahan ilmu banget Mbak. Apalagi sekarang traveling tidak hanya dilakukan seorang diri, tapi bersama keluarga. Jadi sebelum bepergian perlu ada persiapan yang lebih matang lagi.

    ReplyDelete
  7. Beli jauh² hari sih emang jarang kepikiran. Biasanya mau mepet kan eh udah sibuk ini itu. Terima kasih tipsnya Mbak, jadi bisa lebih aware kitanya.

    ReplyDelete
  8. Nah, penting banget baca cermat isi perjanjian di akad asuransi itu. karena terkadang ada celah yang kalau kita nggak jeli hasilnya rugi

    ReplyDelete
  9. Asuransi liburan ternyata juga perlu ya. Pas banget nih, aku juga ngeplan mau liburan. Kakak ada rekomendasi penyedia asuransi yang oke gak ya? Boleh nih spill spill hehehe.

    ReplyDelete
  10. Asuransi perjalanan itu penting banget soalnya kita nggak tahu kapan kita nggak tahu kapan tiba-tiba kita sakit

    ReplyDelete
  11. Kalau ada asuransi perjalanan kita jadi lebih tenang ya mbak dalam melakukan travelling. Apalagi kita ga tahu gimana kondisi di perjalanan

    ReplyDelete
  12. Setuju banget kak Mei, kalau misalkan mau pergi-pergian emang paling penting beli asuransi perjalanan juga, dengan mempertimbangkan jangka waktunya dan juga penyedia layanannya biar aman

    ReplyDelete
  13. Jujur aku belum pernah beli asuransi perjalanan sendiri. Biasanya kalau masih dekat-dekat aku gak pernah beli asuransi perjalanan. Terakhir liburan agak jauh dibeliin sodaraku.

    ReplyDelete
  14. wah bermanfaat banget sih tips-nya, makaci banget loh kak..
    kebetulan lagi pengen travelling, jadi emang lagi nyari" asuransi yang tepat hihi

    ReplyDelete
  15. ini nieh yang sering terlewatkan...kadang gak begitu memperhatikan detail asuransi ini tpi ternyata sangat penting untuk menjaga kita selama liburan

    ReplyDelete
  16. Setuju banget, sebelum memilih asuransi harus dipastikan lebih dulu secara detail apa saja yang bisa di cover. Banyak kejadian teman2 ku sudah bayar cukup tinggi ternyata tidak mengcover semua

    ReplyDelete
  17. Suka traveling wajib banget ya Mba Mei punya asuransi perjalanan. Tentunya harus pintar memilih asuransi perjalanan yang tepat.

    ReplyDelete
  18. Kalau asuransi memang harus teliti juga ya untuk klausal yang diberikan apa aja biar jelas secara detail

    ReplyDelete
  19. Aku sendiri juga memiliki asuransi bersamaan dengan bpjs karena kalau untuk memotong birokrasi aku bisa lebih cepat tertangani. bukan berarti bpjs tidak tapi beberapa rumah sakit lebih mengutamakan asuransi yang banyak dipotong birokrasinya.

    ReplyDelete
  20. Sip mbak, thanks tipsnya. Saya jaang melakukan travelling. tapi nanti kalau punya uang dan ingin melakukan perjalanan, sudah tahu nihtips memilih asuransi yang baik.

    ReplyDelete
  21. aku baru kepikiran nih mba 🙈 selama ini jalan2 aja ya udah gt aja ampunnn 🙈🙈

    ReplyDelete
  22. Asuransi buat perjalanan tuh salah 1 yg penting, makanya kita harus ada & wajib tau detailnya dulu sebelum milih

    ReplyDelete
  23. Aku dulu punya asuransi khusus travel. Di mana memungkin kan untuk kejadian tidak diinginkan, seperti meninggal dan pengiriman jenazah. Tapi sekarang udah aku tutup karena jarang traveling

    ReplyDelete
  24. pilih asuransi ini kadang jodoh-jodohan yaa kak. Perlu banget pertimbangan untuk dari berbagai macam aspek. Jangan sampai salah pilih deh yaa, bisa berabe kedepanya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.