11 JENIS MESIN HIDROLIK, FUNGSI DAN REKOMENDASINYA

Sewaktu saya dulu bekerja di perusahaan energi, sering kali melihat alat berat berupa derek, bulldozer, crane, loader, forklift dan lainnya digunakan untuk mengangkat atau memindahkan alat berat dengan begitu mudah. Kemudahan ini membuat proses kerja di bagian alat berat sangat efisien.

Karena saya bukan lulusan teknik, saya pun merasa penasaran. Sampai akhirnya saya banyak membaca, berdiskusi dengan tim divisi alat berat, akhirnya saya paham, ternyata mesin-mesin ini menggunakan sistem hidrolik.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai apa itu sistem hidrolik, fungsi mesin hidrolik, dan juga jenis-jenis mesin hidrolik.

mesin hidrolik


Apa itu Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik atau sering disebut juga mesin hidrolik adalah salah satu sistem atau mesin yang media penggeraknya menggunakan fluida cair untuk mentransmisikan tenaga dari satu titik ke titik lain dalam mesin atau perangkat.

Fluida sendiri memiliki prinsip dasar sebagai fluida statis dan fluida dinamis. Fluida statis adalah fluida yang seimbang dan fluida dinamis adalah fluida yang bergerak. Sistem hidrolik sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu macam yaitu jenis hidrolik terbuka (open loop hydraulic system) dan jenis hidrolik tertutup (closed loop hydraulic system).

Prinsip kerja dari sistem hidrolik didasarkan pada hukum pascal dimana tekanan yang diterapkan pada suatu cairan dalam sebuah wadah tertutup akan merambat secara merata ke berbagai arah dengan besar tekanan yang sama.

hydraulic tools


Sistem hidrolik memiliki banyak manfaat sehingga banyak digunakan oleh industri yang bergerak dalam bidang konstruksi, otomotif, transportasi, perminyakan, sistem pengangkat atau penekan yang membutuhkan daya besar dengan kontrol yang presisi dan stabil, dan industri lainnya.

Sistem ini banyak digunakan karena peralatan yang menggunakan tenaga hidrolik menawarkan kekuatan dan ketahanan untuk menghadapi beban berat. Sistem ini mampu menghasilkan tenaga besar walaupun dengan ukuran mesin yang lebih kecil, sehingga sangat efisien dan mudah dioperasikan. Namun tetap menghasilkan gerakan yang presisi dan stabil.

Dalam sistem hidrolik ini terdapat beberapa komponen utama yang bekerja untuk dapat menghasilkan tenaga kerja serta mengalirkannya ke bagai arah. Ada pun komponen utamanya adalah pompa hidrolik, silinder hidrolik, pipa dan selang hidrolik, filter hidrolik, reservoir, katup hidrolik, dan juga tangki akumulator.

Fungsi Sistem Hidrolik

Berbicara soal fungsi, sistem hidrolik memiliki fungsi atau manfaat yang sangat besar bagi dunia industri atau teknik. Ada pun fungsi dari sistem hidrolik ini adalah:

1. Pengangkat beban berat

Fungsi pertama adalah kemampuannya dalam menghasilkan tenaga besar dengan ukuran mesin yang cukup kecil dan ringan. sehingga lebih efisien dan mudah diatur.

Fluida yang tidak dapat diubah membuat tekanan secara konsisten diteruskan ke seluruh bagian sistem mesin, termasuk ke silinder hidrolik yang memiliki fungsi sebagai penghantar atau pemindah tenaga. Sehingga menghasilkan tenaga besar.

2. Penggerak kendaraan

Disamping itu sistem hidrolik juga memiliki daya atau kemampuan untuk bekerja pada tekanan tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan banyak jenis peralatan yang membutuhkan tenaga besar. Proses ini salah satunya memindahkan barang di gudang. Contohnya pada mesin derek forklift yang dapat mengangkat atau memindahkan beban berat. Proses pemindahan juga lebih aman dan akurat. 

Sistem hidrolik ini memberikan tenaga pada sistem rem, power steering, dan juga transmisi. Power steering ini membantu menggerakkan lingkar kemudi dengan lebih mudah. Sementara transmisi berfungsi untuk menggeser gigi transmisi yang membuat mesin bergerak maju atau mundur tanpa menggunakan tenaga pengemudi dengan besar. Pada rem, hidrolik ini mempunyai fungsi meneruskan dari pedal rem ke seluruh piston rem di setiap roda mesin, sehingga berhenti.

3. Sebagai penggerak pesawat terbang

Fungsi sistem hidrolik lainnya adalah sebagai penggerak pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, sistem hidrolik berfungsi mengoperasikan berbagai sistem berupa kaki pendaratan, spoiler, flap sayap. SIstem ini membantu menggerakan semua komponen pesawat seperti manuver, lepas landas, dan mendarat dengan aman.

4. Membantu manuver dan melabuhkan kapal dengan aman

Sementara pada kapal, sistem hidrolik ini digunakan untuk membantu mengoperasikan kaki pendaratan, menaikan jangkar, menurunkan jangkar. Selain itu juga mengatur proses peralihan atau mekanisme pada dermaga pada saat berangkat dan bersandar. Sehingga dapat dipastikan dengan menggunakan sistem hidrolik ini manuver dan berlabuh kapal akan aman.

5. Membantu proses industri manufakturing

Industri manufakturing sepertinya paling banyak menggunakan sistem hidrolik pada mesin-mesin produksi yang digunakan. Misalnya dalam proses pembuatan produk. Pemindahan barang di manufakturing dan di gudang. Atau bahkan ketika ada masalah di mesin lainnya, mesin hidrolik ini membantu menggerakkannya. Penggunaan sistem hidrolik ini membantu produk akhir lebih berkualitas.

fungsi mesin hidrolik


Namun di beberapa industri manufakturing juga masih banyak menggunakan sistem pneumatic atau mesin pneumatic pada proses kerjanya. Dimana mesin pneumatic cukup berbeda dari mesin hidrolik.

Mesin pneumatic digerakan dengan memanfaatkan udara terkompresi dan masih digunakan pada mesin-mesin industri dengan kekuatan mekanik rendah. Seperti halnya di kantor saya dulu ada yang menggunakan mesin pneumatik, ada juga yang menggunakan sistem hidrolik. Tergantung dari jenis mesinnya.

6. Membantu proses konstruksi

Pada perusahaan atau industri energi, sistem hidrolik digunakan untuk alat berat seperti excavator, loader, crane, dan juga bulldozer. Sehingga membantu memindahkan dan mengangkat alat berat dengan mudah serta memiliki presisi tinggi. Teknologi canggih ini membuat pekerjaan pada bidang konstruksi dan sejenisnya menjadi lebih mudah dan efisien.

7. Membantu proses kerja medis

Tidak hanya industri alat berat, perusahaan medis pun menggunakan kecanggihan teknologi sistem hidrolik ini. Yaitu untuk membantu para tenaga medis dalam memberikan pelayanan dan perawatan yang lebih baik bagi pasien rumah sakit.

Penggunaannya adalah untuk mengangkat berbagai perlengkapan seperti tempat tidur rumah sakit yang dapat diatur posisinya. Roda yang dapat diangkat dan ditekuk, sampai dengan dapat memindahkan pasien.

Itu dia beberapa alat berat yang banyak digunakan di berbagai bidang yang membuat semua proses kerjanya semakin efisien.

Jenis-jenis Mesin Yang Menggunakan Sistem Hidrolik

Berkat kemajuan teknologi, kehadiran sistem hidrolik membantu menyelesaikan banyak pekerjaan dalam bidang teknik dan industri. Kemajuan teknologi ini memiliki peranan yang sangat penting, karena sudah banyak membantu pekerjaan dalam berbagai bidang seperti industri, alat berat, transportasi, konstruksi, otomotif, perminyakan, dan lainnya.

Setelah mengetahui apa itu sistem hidrolik, serta untuk apa saja fungsinya, maka sekarang kita akan membahas jenis-jenis mesin hidrolik atau lebih tepatnya alat berat atau mesin yang menggunakan sistem hidrolik. Dikarena komponen sistem hidrolik menyatu dengan mesin-mesin alat berat maka kita menyebutnya sebagai mesin hidrolik.

1. Backhouse

Mesin alat berat yang berbentuk cangkul pada bagian belakang ini, dilengkapi dengan sistem hidrolik yang akan membantu proses pekerjaan semakin efisien dan efektif. Backhouse sendiri berfungsi untuk menggali parit, mengangkat material, membongkar, serta memindahkan material.

2. Bulldozer

Bulldozer adalah alat yang bagian depannya dilengkapi dengan logam lebar yang tajam pada bagian ujungnya. Pelat logam tajam ini dapat dinaikan dan diturunkan karena menggunakan piston hidrolik. 

Bulldozer yang dilengkapi dengan sistem hidrolik ini memiliki banyak fungsi untuk menarik beban, meratakan, menimbun, dan juga menggali tanah. Pastinya bulldozer ini dilengkapi dengan hydraulic tools yang berkualitas, sehingga menghasilkan mesin torque atau daya dorong yang maksimal juga.

3. Bore Pile

Mesin hidrolik berikutnya adalah bore pile. Alat konstruksi ini adalah mesin untuk membuat pondasi pada proyek konstruksi bangunan. Biasanya digunakan untuk lahan yang kurang mampu menahan beban bangunan. Mesin alat berat ini digunakan untuk membuat lubang tanah dengan kedalaman tertentu untuk menancapkan tulangan baja yang dicampuri dengan beton agar lebih kokoh.

4. Compactor (Roller)

Mesin yang menggunakan sistem hidrolik berikutnya adalah compactor atau roller. Alat berat ini biasa digunakan untuk memadatkan tanah atau material dengan menggunakan getaran dan tekanan yang dihasilkan dari drum pada mesin. Dengan compactor, pemadatan akan lebih cepat dan efisien karena kualitas pemadatan menjadi lebih baik yang akan membuat konstruksi lebih kokoh dan tahan lama. 

5. Dump Truck

Dump truck adalah salah satu jenis mesin yang dilengkapi dengan sistem hidrolik sehingga membuat proses pergerakan mesin ini sangat efektif. Fungsi dump truck biasanya digunakan untuk memindahkan atau membawa material dari satu area ke area lainnya. Seperti pasir, tanah, kerikil, batu, nikel, biji besi, bahkan sampai sampah berat.

6. Dragline Excavator

Jenis mesin hidrolik ini adalah alat yang digunakan untuk menggali tanah dan membuat alat angkut seperti truk. Biasanya dragline excavator digunakan untuk penggalian atau pengerukan di area luas seperti pertambangan, pengembangan pelabuhan, atau pembangunan luas.

Kemudian hasil pengerukan tersebut dipindahkan ke alat pengangkut misalnya truk dan dihantarkan ke lokasi penimbunan. Bisa juga digunakan pada penggalian lebih dalam misalnya penggalian bawah air.

7. Excavator

Excavator adalah contoh alat berat yang paling sempurna yang menggunakan sistem hidrolik dalam proses kerjanya. Excavator dengan sistem hidrolik, mempunyai fungsi sebagai pengangkat, pemindah, pengeruk, pembongkaran, bahkan penggali melakukan tugasnya dengan sangat efisien dan efektif serta melakukan pekerjaannya dengan presisi. 

Selain itu mesin alat berat dengan sistem hidrolik ini membuat operator excavator memiliki kontrol yang lebih baik terhadap semua aktivitas atau gerakan mesin yang dilakukan.

Semua excavator ini dilengkapi dengan berbagai hydraulic tools yang berkualitas, mulai dari pompa hidrolik, silinder hidrolik, pipa dan selang hidrolik, filter hidrolik, reservoir, katup hidrolik, dan juga tangki akumulator.

mesin pneumatic


8. Graders

Alat berat grader adalah mesin hidrolik yang digunakan untuk meratakan permukaan tanah sebelum melakukan pemasangan aspal. Di luar negeri mesin hidrolik grader digunakan untuk meratakan salju atau kotoran di jalanan. Alat berat grader ini biasanya juga digunakan di area pertambangan untuk meratakan jalan atau justru meratakan batu, kerikil atau bahan tambang yang jatuh.

9. Paver

Mesin hidrolik Paver atau dikenal juga dengan nama road paver finisher atau road paving machine adalah alat berat yang digunakan untuk proses pembangunan pengerasan jalan dengan menggunakan aspal atau beton.

Alat berat paver akan menyiapkan permukaan jalan atau tanah dan kemudian meletakan lapisan aspal atau beton. Kemudian paver akan  mendistribusikan aspal secara merata dengan melakukan pemadatan. Penggunaan paver ini akan membuat proses pengecoran semakin efisien.

10. Loader

Loader adalah mesin konstruksi atau alat berat yang berfungsi untuk memindahkan material berupa galian tanah, kerikil, pasir, limbah, atau bahan lainnya. Mesin loader yang dilengkapi dengan sistem hidrolik ini membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

11. Wheel Tractor Scraper

Mesin yang dilengkapi sistem hidrolik ini adalah mesin yang biasanya digunakan untuk memuat, memindahkan, dan menyebarkan, dan membuang material untuk pemeliharaan jalan.

Biasanya mesin hidrolik wheel tractor scraper digunakan untuk memotong atau meratakan lereng, tanggul, atau bendungan. Sering juga digunakan untuk menggali tanah di antara bangunan beton, serta meratakan jalan raya atau lapangan terbang.

Itu dia fungsi sistem hidrolik dan jenis-jenis mesin yang menggunakan sistem hidrolik didalamnya. Serta beberapa rekomendasi hydraulic tools yang dapat anda beli di secara online di situs Kawan Lama.

Referensi:

https://heicoin.com/blog/what-is-the-principle-of-hydraulic-machine/

https://www.kawanlama.com/blog/berita/cara-kerja-sistem-hidrolik

https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pengertian-hidrolik/

https://www.kawanlama.com/blog/berita/apa-itu-sistem-hidrolik

https://www.kawanlama.com/blog/ulasan/jenis-silinder-hidrolik

https://sapphirehydraulics.com/hydraulic-machines-construction/

https://science.howstuffworks.com/transport/engines-equipment/hydraulic2.htm

13 Comment

  1. Ternyata banyak juga ya Mbak mesin-mesin alat berat yang menggunakan sistem hidrolik ini dalam pengoperasiannya, dengan sistem hidrolik mesin jadi mudah dioperasikan ya.

    ReplyDelete
  2. jenis mesin hidrolik ini ternyata aneka rupa ya mbak , kalau yg aku tahu cuma hidrolik yang buat angkat mobil pas ganti ban mobil hehehe, bagus nih infonya jadi tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  3. Wah jadi tambah pengetahuan nih, tentang jenis mesin hidrolik, soalnya setahu aku hidrolik tuh yang ada di dongkrak hidrolik biasa dipakai angkat mobil kalau lagi ganti ban heheh ,,nice info mbak

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak ya alat berat yang menggunakan sistem hidrolik ini. Jadi ingat pas sekolah belajar tentang fluida dan sekarang baru tahu penerapannya

    ReplyDelete
  5. Saya jadi tahu mbak kalau alat berat itu semua menggunakan sistem hidrolik. Saya gak pernah kepikiran, yang saya lihat mesin alat berat itu begitu kuat.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau mesin hidrolik juga dimanfaatkan di dunia medis. Artikelnya edukatif nih 👍👍

    ReplyDelete
  7. Ternayataaaa banyaak banget yaa nama nama mesin hidrolik, aku pas kuliah teknik kemarin juga gak banyak mengenal mesin mesinyaaa. Beda nama beda fungsi ternayat

    ReplyDelete
  8. Kalau pakai alat ini pekerjaan berat jadi lebih mudah ya...perusahaan yang ada kegiatan angkut barang-barang harus beli nih biar pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien

    ReplyDelete
  9. Aku dulu kenal mesin2 begini pas kerja di perush container , trua di ajak keliling lapangan jadi bisa kenal mesin2 ini

    ReplyDelete
  10. Kalau aku sering tanya soal cara kerja alat-alat berat ke driver kalau lagi dinas luar. Apalagi salah satu customer bergerak di bidang alat berat dan memang alat berat pakai hidrolik.

    ReplyDelete
  11. Wah dulu ikut ngurus penjualan mesin-mesin alat berat juga, termasuk sparepart buat sistem hidrolik ini

    ReplyDelete
  12. Sistem hidrolik ini kepake banget di berbagai macam industri ya. Tentunya penting bagi perusahaan yang membutuhkan

    ReplyDelete
  13. Artikel yang bagus mbak Mei. Ternyata banyak sekali manfaat sistem hidrolik di sekitar kita. Semua membantu mempermudah pekerjaan manusia bahkan sampai di dunia medis.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.