TIPS MENYIMPAN UANG SAAT TRAVELING AGAR AMAN

Tips menyimpan uang saat traveling aman aman wajib diketahui oleh para traveler. Agar tidak mengalami kejadian kehilangan uang. Mungkin beberapa dari teman pernah mendengar berita atau bahkan mungkin ada yang pernah mengalaminya. Oleh sebab itu kita wajib waspada agar tidak mengalami atau terulang lagi bagi yang pernah mengalami.

tips menyimpan uang saat traveling


Tips Menyimpan Uang Saat Traveling

Lalu apa saja tips menyimpan uang saat traveling agar aman? Ini dia tipsnya.

1. Hindari membawa uang cash terlalu banyak

Pada saat traveling hindari membawa uang cash yang terlalu banyak. Selain akan memenuhi dompet, membawa uang cash terlalu banyak juga berpotensi untuk dicuri. Atau bahkan bisa saja jatuh selama perjalanan. Jadi agar uang anda tidak berpotensi dicuri, jangan pernah membawa uang cash terlalu banyak. Bawa secukupnya saja.

2. Gunakan cashless

Zaman teknologi seperti saat ini penggunaan cashless sudah mulai berlaku dimana-mana, sehingga anda tidak perlu membawa uang cash lagi saat bepergian kemana-mana. Kecuali ke beberapa lokasi yang memang belum tersentuh oleh teknologi.

Jadi lakukan pembayaran apapun menggunakan cashless jika memungkinkan. Misalnya membeli tiket pesawat, hotel, transportasi, serta ke tempat makan. Penggunaan cashless ini akan menurunkan resiko kehilangan uang saat traveling.

3. Gunakan ATM atau Kartu Kredit

Tips menyimpan yang saat traveling agar aman berikutnya adalah gunakan ATM atau kartu kredit untuk pembayaran apapun selama memungkinkan. Tentu saja hal ini lebih aman ketimbang membawa uang cash.

4. Gunakan tas anti curian

Belakangan ini banyak dijual tas dengan berbagai model dan ukuran untuk mengamankan uang atau bahkan barang-barang berharga anda ketika bepergian. Dapat berbentuk tas pinggang atau selempang yang menempel rapat ke badan. 

Pilih model dan desainnya yang sesuai dan mudah saat digunakan. Sehingga pencuri akan berpikir dua kali saat akan melakukan pencurian.

5. Bagi uang dalam beberapa bagian

Salah satu tips menyimpan uang saat traveling agar aman adalah jika anda membawa uang cash, maka bagi uang ke dalam beberapa bagian. Misalnya sebagian di dompet, di tas bagian belakang, di tas bagian depan, di tas bagian tengah, di sepatu, atau di bagian lainnya. Anda dapat mengaturnya dan perkirakan tempat yang aman yang mana saja.

6. Jangan mengambil uang di tempat terbuka

Jika berkunjung ke tempat baru atau bahkan anda tidak mengenal sama sekali lingkungannya seperti apa, hindari mengambil uang di tempat yang terbuka. Sehingga siapa saja bisa melihat kita mengambil uang.

Ambil uang di ATM yang tertutup dan aman. Karena kita tidak tahu siapa saja dan apa saja niatnya orang di sebelah kita saat mengambil uang.

7. HIndari memperlihatkan uang

Misalnya anda belanja atau membeli sesuatu di tempat anda traveling, hindari memperlihatkan uang yang ada di dompet anda. Hal ini bisa saja memancing pencuri jika melihat dompet anda berisi dengan uang yang lumayan banyak.

8. Tukar uang di tempat resmi

Jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri, dan anda kehabisan uang, maka jika anda ingin menukar uang ke kurs mata uang setempat, carilah informasi terlebih dahulu mengenai money changer yang aman. Jangan menukar uang di sembarang tempat.

Jika tidak resmi bisa jadi sistem penukarannya bermasalah, atau orang-orang sekitarnya sudah bekerjasama untuk melakukan tindakan kejahatan. Bukan berburuk sangka tetapi waspada.

9. Simpan uang di sepatu

Mungkin sedikit terdengar konyol tapi ini adalah salah satu cara aman menyimpan uang agar tidak hilang atau dicuri. Pada kenyataannya sudah menjadi rahasia umum banyak traveler yang melakukan ini di beberapa lokasi wisata yang rentan pencuri.

Anda dapat memasukkannya di bawah kaki anda atau memasukkannya ke dalam kaos kaki. Atau menyimpannya di pangkal sepatu atau kaos kaki.

10. Gunakan uang pecahan kecil untuk membayar

Tips menyimpan uang saat traveling agar aman berikutnya adalah jangan pernah menggunakan uang dengan nilai besar saat melakukan pembayaran saat traveling. 

Terutama berlaku jika anda belanja di tempat umum bukan di swalayan atau sejenisnya, apalagi di tempat belanja yang terbuka. Bisa saja menjadi incaran beberapa pencuri yang berkeliaran di sekitar anda.

Itu dia beberapa tips menyimpan uang saat traveling agar aman dari pencuri. Tips di atas sudah saya lakukan semuanya sehingga sejauhnya aman dan semoga seterusnya aman. Atau anda mempunyai tips menyimpan uang saat traveling agar aman lainnya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

13 Comment

  1. Noted bangett kakaaa
    karena emang serba tricky klo bicara soal perduitan pas lagi traveling. tips ini amat ngebantu bangetttt

    ReplyDelete
  2. Wahh ide bagus tu, naruh uang di dalam kaos kaki.

    Kalo orang2 biasanya naruh uang di dalam baju. Kan ada kaos dalam yg punya kantong+resleting. Biasanya dijual di toko peralatan haji.

    ReplyDelete
  3. Aku kalo traveling biasanya pake monyebelt yang dijelaskan di poin no.4 itu. Paspor, uang disimpan di situ. Selain harus juga nyelipin uang cadangan di tempat lain (ransel/backpack). Soal jangan buka dompet di depan orang juga aku selalu terapkan. Sebelum mau pake uangnya, disisihkan dulu. Dipisah yang sekiranya cukup untuk bayar ongkos.

    ReplyDelete
  4. terima kasih kak bermanfaat sekali ini tips nya terutama kalo kita travelling ke negeri orang yakkk...
    saat sekaranng sptnya memang tdk perlu bawa uang cash banyak2 karena semakin banyak tempat yang melayani pembayaran cashless atau cc jd sptnya itu lebih aman dibanding membawa cash terlalu banyak :)

    ReplyDelete
  5. yes aku setuju sama point-pointnya, cuman menyimpan uang dalam sepatu yang nggak pernah aku coba
    biasanya aku bagi ke dua dompet, untuk dompet yang sering aku keluarkan hanya menyimpan beberapa nominal aja. Duit gedenya ditaruh di dompet terpisah, begitu juga dengan kartu-kartu.
    Dulu sempet kepikiran beli money belt mbak, tapi ga jadi-jadi

    ReplyDelete
  6. Jadi keinget, pertama solo travelling aku pake trik naro uang cash di sepatu. Jumlah nya emang lumayan, karena saat itu bank yang aku gunakan jarang tersedia, kalau narik di ATM bank lain sayang kena biaya admin..hehhee medit yakk. Tapi emang sangat ampuh banget, beneran aman, cuma rada ribet kalau tetiba mau jajan 😆.
    Hatusnya kala itu pake tas atau dompet anti curi. Makasih ya tips mendetail nya sangat manfaat nih buat traveling.

    ReplyDelete
  7. Bener banget ini
    Saat travelling, menyimpan uang harus hati-hati. Harus disebar ke berbagai tempat penyimpanan
    Salah satunya ya sepatu

    ReplyDelete
  8. Baru2 ini temenku , orang Malaysia, cerita pas dia ke Italia, pake travel, salah satu peserta ada yg dicopet. Rm10K melayang. Dan percuma, Italia itu banyaaak bgt copet nya, sama kayak prancis.jd Hrg yg udh hilang ga akan mungkin ditemukan. Lah pas lapor ke polisi, mereka aja bilang percayamu lapor. Krn terlalu banyak kejadian begitu 🤣🤣

    Bawa uang cash memang bahaya, apalagi kalo ga dipecah2.

    Aku sendiri masih penganut bawa cash kalo traveling ke LN mba. Krn aku kapok pake kartu, pernah dihack pas di US, pernah gagal trx di beberapa negara juga. Makanya aku selalu bawa cash besar.

    Tapiiiii aku simpen terpecah2, dan banyak di money belt yg nempel ke badan. Kartu aku bawa, tapi hanya dipakai utk emergency banget. Selagi bisa cash, aku Kana KSH cash. Cuma di Indonesia aku cashless. Tp LN ga. Intinya, kita yg hrs hati2 simpen uang kalo bawa cash . Dan kalo menginap jgn di penginapan ga jelas deh. Aku prefer hotel dari dulu, dan hotel yg bagus. Lebih Krn safety nya.

    ReplyDelete
  9. Aku langsung googling, ka Mei.. tas anti curian.
    Dan aku baru tau bentukannya jadi super simple dan ada kuncinya gitu yaa..
    Travelling ini kudu disiasati terutama dalam membawa uang. Tips ka Mei sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  10. Wah tips yang bermanfaat banget. Soalnya temenku pada banyak cerita tentang pengalaman yang gak mengenakkan selama mereka traveling yang berhubungan dengan uang. Ada tipsnya ya biar traveling tetap nyaman. Kudu dicatat baik2 ini.

    ReplyDelete
  11. Beneran lho pas kita travelling itu kita harus bisa pintar-pintar menyimpan uang supaya aman dijalan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan amit-amit kalau misalnya terjadi apa-apa sama uang kita pastinya akan sangat berpengaruh

    ReplyDelete
  12. Betul ini...plus, aku juga memisahkan kartu2. Antara ATM, Credit Card dan Identitas (KTP, Passport, dll) pasti aku pisah, dan punya softcopynya juga (difoto trus kirim ke email sendiri), untuk jaga2 juga sih.

    ReplyDelete
  13. dulu pas jalan2 ke luar negeri, pake belt, uangnya sama paspor disimpan di situ, dibawa tidur, dibawa kemana2. Ada uang tunai yang diletakkan di kantong celana, kantong baju, di tas. Sebar semua tempat deh. Sejak dua kali kecopetan di kota sendiri, kapok bawa dompet. Kezel banget. Jd paling lihat2 tempat juga sih. Kalau masih yang deket2, lebih suka cashless.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.