MEIMOODAEMA.COM, IT'S MY IDENTITY

Blog aku dengan nama domain Meimoodaema, fokus pada niche traveling. Baru lahir empat tahun lalu. Sebenarnya aku sudah mengenal dunia blog dari tahun 2007. Tapi hanya sebatas membaca tulisan orang-orang. Padahal waktu itu sudah rajin pergi traveling. Namun belum tergugah untuk membuat dan mengisinya dengan cerita-cerita perjalananku yang penuh dengan kegalauan hehe. Apalagi keahlianku menuangkan cerita dalam bentuk storytelling masih jauh dengan kata sempurna.


meimoodaema my identity
Traveling, part of my life


Terperangkap dalam dunia blog

Tahun 2012 mulai ada keinginan untuk menuangkan semua perjalananku dalam platform digital. Akhirnya setelah membaca beberapa referensi, aku menjatuhkan pilihan pada Blogspot. Sayangnya karena kesibukan kerja, blog itu kosong sampai aku lupa nama domainnya, parah banget ya. Alamat email untuk mendaftar pun sudah aku hapus.

Sempat sedih sih, kalau aku ingat sekarang, soalnya kan jadi history juga buat blog aku. Kalau aku udah punya blog dari 2013 loh. Butuh pengakuan banget deh, hahaha. Manusiawi.

Oktober 2016 aku melakukan perjalanan berkeliling dari Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak tempat yang disinggahi. Desember 2016 aku juga melakukan perjalanan ke Himalaya, aku hampir sebulan tinggal di sana. Banyak teman yang japri. Mereka bertanya soal itenary, biaya, akses, dan lainnya. Akhirnya daripada jawab satu-satu kenapa enggak aku tulis aja di blog, pikirku.

Tanpa pikir panjang, November 2016 aku langsung membuat blog gratisan. Sempat galau tuh mau ngasih nama domainnya. Akhirnya domain Meimoodaema jadi pilihan. Aku usahakan unggah tulisan setiap minggunya. Lumayan 2 bulan di tahun 2016 terisi sesuai jadwal. 

Tahun 2017 aku melanjutkan studi. Kesibukan kuliah yang super padat, bahkan bisa ngga tidur sampai 2 hari itu sudah biasa, membuat lupa pada rumah online baru yang baru aku buat. Semua tugas kuliah dalam bentuk paper, dan hampir setiap hari. Jadi hampir setiap malam aku akan menulis artikel ilmiah. Jadwal kuliah juga full, Senin - Jumat dari pagi sampai sore. Weekend pergi ke lapangan untuk mengumpulkan data. Akhirnya sampai tahun 2019, blognya hanya terisi beberapa artikel saja.

Awal tahun 2019 aku mencari info komunitas menulis di Jogjakarta melalui Facebook. Akhirnya aku menemukan komunitas blogger di Jogja dan bergabung dengan group WA milik mereka. Aku mendapatkan banyak sharing dari blogger-blogger kece di komunitas ini. Perlahan, keinginan untuk menulis semua perjalananku di blog, mulai kembali bangkit.

Terbiasa menulis tugas kuliah dalam bentuk paper, membaca perjalanan para travel blogger dan bergabung dengan komunitas blogger, inilah titik awal aku terperangkap dalam dunia blogYa, meskipun keahlianku dalam storytelling masih zero. But life is about learning. The more you learn, the more you earn. Kalau kata Om Warren Buffett.

 

Jatuh cinta dengan blog

Bergabung dengan komunitas blogger, membuat kesempatan aku mengenal dunia blog makin terbuka lebar. Aku mulai sering mengikuti event-event yang diadakan oleh beberapa blogger Jogja yang bekerjasama dengan beberapa brand, komunitas, perusahaan lainnya. Jadi tidak hanya menulis artikel di blog, aku juga sering ikut event beberapa produk, yang review-nya hanya di akun media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.


blog meimoodaema membuat aku aktif
Blogging membuat aku tetap produktif

Review produk membuat aku makin banyak belajar menulis dalam bentuk microblogging. Ternyata storytelling produk itu bukan hal yang mudah. Termasuk juga menulis untuk blog. Membuat aku harus terus belajar dan improve my skill dalam dunia menulis. Salah satunya dengan sering berkunjung ke blog orang lain. Membaca blog teman-teman membuat aku menemukan jati diri dalam menulis. Mengambil ilmu dari mereka bagaimana membuat tulisan yang menarik.

Pada prinsipnya menulis sama dengan membaca. karena sebelum menulis kita harus banyak membaca agar tulisan kita berkualitas. Jadi paling penting buat aku, dengan menulis kita tidak berhenti belajar dan ilmu kita makin bertambah. Karena prinsip aku, hidup adalah belajar, jadi salah satu cara aku untuk terus belajar adalah dengan menulis.

Hal ini yang mendasari kenapa aku makin jatuh cinta dengan dunia menulis, khususnya menulis blog. Selain itu kita juga membangun relasi dengan berbagai pihak, yang akan membuat hidup kita lebih produktif.

 

Welcome to Meimoodaema, as My Identity

Waktu itu aku putuskan memilih platform blogspot, karena menurut aku lebih mudah untuk blogger newbe seperti aku. Terus kan enaknya bisa connect ke gmail juga. Setelah menentukan platform, terus aku galau dengan alamat domain. Sempat nyari-nyari nama dan diskusi sama teman buat nentuin nama. Ga mau salah pilih karena bakal jadi identitas aku kedepannya. Sampai akhirnya memilih Meimoodaema as my identity.


meimoodaema as my identity
Meimoodaema, My Identity


"Kenapa namanya Meimoodaema?"

Pernah seorang teman bertanya. Alasannya ya karena Mei dan Moo adalah my nick name and Daema is my surname and I am so proud to have been one of them. Selain menunjukan identitas pemiliknya, nama domainku rasanya cukup unik karena belum ada di google. Sesimpel itu sih jawabannya. Tapi sebelum memilih nama ini memang  sempat galau lama. Lebih galau saat pisah sama dia, eh ups. Kan katanya nama itu jadi doa ya. Karena aku berharap, nama domainku ini membawa manfaat untuk aku dan banyak orang. Aamiin.

 

Mendulang Kepercayaan Dengan Top Level Domain (TLD)

Kegalauan memilih nama domain masih berlanjut ketika mau bermigrasi dari blog gratisan ke Top Level Domain (TLD). Yap, masih berkutat dengan nama domain. Saking galaunya aku membeli 2 alamat domain dengan nama Meimoodaema dan Meijourney. Tapi dipikir-pikir sepertinya Meijourney sudah umum dan aku lihat ada beberapa media sosial dengan nama akun itu. Akhirnya kurelakan hangus setelah 1 tahun.

"Terus alasan kamu apa Mei, pindah dari gratisan ke TLD?".

Banyak jawabannya. Mulai dari ikut-ikutan seperti orang lain hahaha, dinasehatin sama teman yang orang IT, masalah keamanan tulisan-tulisan, biar ga malu-maluin juga karena pakai gratisan padahal kan udah ada brand yang minta di-review, sampai pada alasan biar terlihat profesional. Alasan terakhir menguatkan aku untuk pindah ke TLD. 


meimoodaema top level domain
Top Level Domain memberikan blogger banyak kesempatan

Dengan pindah ke TLD, jadi investasi juga kedepannya kan?. Orang-orang akan lebih trust saat berkunjung ke blog kita. Termasuk perusahaan atau brand yang ingin bekerjasama. Alhamdulillah semenjak bergabung dengan beberapa komunitas blogger dan pindah ke TLD, ada beberapa brand atau perusahaan yang mengajak kerjasama. Fee yang saya terima cukup untuk membayar biaya tahunan domain. Meskipun belum banyak, tak apalah. 

 

Traveling is a half my life

Bahas soal niche, blog aku berkaitan dengan dunia traveling. Isinya tentang perjalananku mengunjungi tempat wisata di Indonesia dan juga luar, terutama gunung. Selain gunung, aku juga suka mengunjungi pantai, membahas adat istiadat atau budaya, city tour, tempat wisata buatan, event, culinary, akomodasi, transportasi atau tips-tips yang berkaitan dengan traveling.

"Kenapa pilih niche traveling?"

Sejak SD aku suka dengan membaca. Masih kuingat jelas, setiap jam istirahat aku akan berlari menuju perpustakaan sekolah. Mencari-cari buku tentang tempat-tempat indah di dunia, di rak sekolah yang tingginya dua kali lipat dari tinggi tubuhku. Dengan menggunakan bangku yang disediakan perpustakaan, aku memilih buku-buku yang sudah hampir usang. Lalu aku akan duduk asyik membaca buku-buku itu di pojok perpustakaan sekolah yang catnya sudah hampir mengelupas.

Sejak Sekolah Dasar (SD), aku juga aktif dalam kegiatan sekolah yang berkaitan dengan alam, seperti kemping, menyusuri sungai, dan trekking. Hal ini membuat aku makin suka dengan kegiatan traveling yang berbau alam. Semenjak lulus kuliah, satu persatu mimpiku sewaktu SD untuk mengunjungi tempat-tempat indah mulai tercapai. 

meimoodaema my identity blog
Menulis pengalaman traveling ke gunung adalah favorit aku


Berawal dari membaca dan kecintaanku terhadap traveling inilah, aku memutuskan menulis blog dengan niche traveling. Aku benar-benar menikmatinya saat menuangkan perjalananku dalam bentuk tulisan di blog. Namun sayangnya tulisanku masih kaku, keahlian aku menceritakan perjalanan dalam bentuk storytelling masih harus terus diasah. Aku menilai saat aku menulis, rasa (let's say panca indra) tulisannya belum ada. Meskipun begitu, aku menikmati proses dalam menulis.

Alasan lain kenapa memilih niche traveling? Yang pasti bukan karena ikut-ikutan. Karena aku traveling sejak tahun 2000. Aku banyak mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia dan baru beberapa negara. Namun aku tidak pernah menuliskannya dalam platform online. Padahal mungkin banyak orang yang membutuhkan informasi itu. Kenapa ga menulis aja kan?

Alasan kedua karena aku lanjut sekolah di bidang tourism. Yap, master degree aku Tourism Studies. Aku banyak membaca artikel-artikel ilmiah tentang dunia pariwisata, membaca kondisi pariwisata di berbagai belahan dunia. Sharing dengan pemerhati pariwisata. Pokoknya aku belajar banyak tentang tourism.

Makin cinta deh sama traveling. Hope someday I will around the world, visit all beautiful places in the world. Aamiin. Jadi secara knowledge sedikit banyak aku paham tentang dunia pariwisataAlasan ini lah yang memperkuat aku untuk tetap bertahan di niche traveling.

Alasan lain, aku mau tulisanku tidak hanya sekedar menulis pengalaman perjalananku tapi juga mengenalkan ke orang-orang destinasi wisata yang ada di dunia. Paling penting, memberikan edukasi bahwa melakukan wisata itu harus dilakukan dengan bijak, cerdas, dan bertanggungjawab. Serta memberikan manfaat untuk tempat wisata yang kita kunjungi. Semisal melakukan voluntourism, seperti yang biasa aku lakukan. Jadi, selain kita bersenang-senang, kita juga memberikan manfaat untuk destinasi wisata yang kita kunjungi.

 

My Meimoodaema, My Hope

Setiap kali memutuskan sesuatu, kita pastinya mempunyai harapan besar terhadap keputusan itu kan? Sama dengan aku, saat memutuskan memilih domain Meimoodaema dengan niche traveling, mempunyai banyak harapan dan doa.


meimoodaema my identity voluntourism
Traveling sambil mengedukasi dan berbagi


Apa doanya dengan blog yang kamu buat Mei. Banyak hehehe

1. Menulis konten blog yang berkualitas.

Suka kalau bacain blog temen-temen traveling yang enak banget kalau dibaca, nagih untuk balik lagi ke blognya. Karena penggunaan bahasa yang simple, mudah dipahami, santai, detail. Aku kayak masuk dalam cerita mereka.

Nah, salah satu keinginanku dengan nama domain ini, aku bisa menulis konten yang berkualitas, belajar menulis dengan gaya storytelling yang bakal membuat pembaca terhipnotis dengan tulisanku dan bakal balik lagi bahkan menunggu tulisanku. Sehingga bermanfaat untuk semua pembacanya.

2. Menjadi platform edukasi tentang traveling

Melalui domain traveling yang aku miliki, aku bisa membantu mengedukasi masyarakat tentang berwisata yang bertanggung jawab, aman, bijak, dan cerdas. Contoh, saat berkunjung ke destinasi wisata kita tetap menjaga lingkungan destinasi wisata agar tetap bersih dan tidak merusaknya. Selalu mempersiapkan diri sebelum melakukan pendakian, atau berkaitan dengan safety lainnya. Berbagi untuk semua does dan don'ts di beberapa destinasi wisata.

3. Berbagi pengalaman perjalanan

Aku juga berharap domain aku dapat menjadi referensi saat orang lain akan melakukan perjalanan. Mulai dari persiapan, saat berada di destinasi wisata, dan sampai saat pulang lagi. Sehingga jika ada pengalaman yang kurang menyenangkan yang aku alami dapat menjadi pelajaran buat orang lain dan juga bisa melakukan antisipasi.

4. Bisa melakukan kerjasama dengan banyak pihak

Maksud bekerjasama di sini tidak melulu soal uang, tapi bisa jadi kerjasama yang sifatnya edukasi. Kerjasama dalam melakukan kegiatan bermanfaat seperti volunteering, atau melakukan kerjasama tentang dunia pendidikan, membantu promosi pariwisata, dan lainnya. Selama itu hal positif dan bermanfaat.


Kisah traveling semakin menarik dengan storytelling

Kamis produktif nan manis, semalam aku mengikuti kelas menulis yang diadakan oleh Kelas Growthing Blogger (KGB). Dengan mengambil tema "Menetapkan Storytelling Pada Postingan Blog" yang dibawakan oleh Mas Bambang Irwanto Ripto. Materinya sangat bagus dan membuat aku makin lebih detail dalam menyampaikan informasi.

meimoodaema tips bercerita dengan storytelling
Tips storytelling


Karena setelah mendapatkan materinya, aku merenung, sepertinya tulisanku selama ini memang belum mengandung konsep storytelling. Feel-nya belum dapat. Aku jarang mengekspresikan perjalananku dengan panca indra. Sehingga orang tidak dengan mudah meresapi dan masuk ke dalam cerita perjalanan yang aku tulis.

karena pada dasarnya, perjalanan itu tentang rasa. Agar pembaca bisa membayangkan dan merasakan keadaan destinasi wisata yang kita kunjungi. Jadi dengan menggunakan teknik storytelling, pembaca benar-benar dapat menikmati perjalanan kita seperti yang kita alami. Nice share Mas Bambang, terima kasih untuk ilmunya.



96 Comment

  1. Mbak Mei ini tulisannya selalu bagus bagus tentang travelling.. yang saya heran, kok nggak pernah ada yang menyebutkan latar belakang pendidikan formalnya.. kan mungkin ada yang pingin tahu bahkan bertanya tentang hal yang berkaitan dengan pendidikan formalnya (seperti saya misalnya... hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Kak, S1 saya IT, S2 saya Tourism Studies

      Delete
  2. Wah keren, jadi makin mantap ya menulis di niche traveling dengan gaya story telling. Pasti banyak yang suka. Memang sayang sih kalau gak disimpan dalam bentuk tulisan pengalaman travelingnya. Meski berasa sih nyicil nulisnya ya karena udah terlanjur banyak perjalanannya hehehe.

    ReplyDelete
  3. oooh pantesan...
    aku baru tau asal namanya
    kupikir bahasa latin sih, haha

    ReplyDelete
  4. Oh ternyata itu toh, asal usul nama Meimoodaema. Saya sempat penasaran sebenarnya. Hahaha. Mudah-mudahan tercapai impiannya. Ngeblog memang butuh passion ya. Kalau enggak suka menulis, bakal tersendat-sendat. Tapi dasarnya Mbak Mei suka nulis (dan jalan-jalan), ya COCOKLAH BIKIN BLOG INI. :D Selamat belajar sambil bersenang-senang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat lah pokoknya nulis, banyak ilmu juga dari mba Nieke niy

      Delete
  5. auka banget kalo udah mampir ke blog nya mbak mei, ulasannya lengkap banget soal travelling, fotonya juga cantik cantik hihi

    ReplyDelete
  6. oh jadi itu cerita filosofi dari nama meimoo daema ya.. tapi ini branding yang bagus sih sekaligus kuat sebagai identity

    ReplyDelete
  7. Betul sekali mba, buat blog buat keamanan tulisan ya. Di sosmed rawan copy paste. Dulu aku pernah waktu tugas keluar kota dan share di blog rasanya menyenangkan banget. Mungkin kalau aku sering jalan aku bisa buat blog travel juga. Semangat, mba mei :)

    ReplyDelete
  8. Blognya mba Mei makin cakep deh. Aku kagum sama blog dengan niche travelling. Nulis banyak ttg tempat dan cerita. Dan sempat bertanya-tanya juga latar belakangnya apa mba Mei bikin blog, akhirnya terjawab sudah.

    ReplyDelete
  9. Ciee terjebak dalam dunia blog.. hahaha. Seru dan sulit move on lagi ya kak? Lanjutkan yaa, menulis dan berbagi hal² bermanfaat via blog 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, klo ikut kelas growth itu gimana daftarnya? Sepertinya menarik banget materinya

      Delete
    2. siap melanjutkan kak nulisnya

      Delete
    3. kelas blognya daftar terus dipilih deh kak

      Delete
  10. Wah... perjalanannya asyik... Sempat penasaran dengan nama yang dipakai, terus disimak mungkin ada di belakang tulisan, ternyata brnar ada di belakang. Btw, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya kak, tentang story tellingnya.

    ReplyDelete
  11. Mbak Mei kalau nulis perjalanan wisata bikin aku seolah ikut ke tempat itu hehe. Penasaran ku soal nama terjawab sudah 😂

    ReplyDelete
  12. Sudah berapa bulan kita kenal di komunitas Indonesia Saling Follow , tapi saya juga baru tahu arti blog Teh Mei. Lupa tanya mengapa Meimoodaema, padahal unik. Sama seperti Mei Pororo.

    Soal rasa dalam tulisan, insyaAllah pasti bisa seiring waktu. Saya juga menghabiskan waktu untuk menulis rutin sangat lama dari sejak remaja ABG, jadi bisa berproses sampai sekarang.

    Yang terpenting soal rasa adalah tuangkan spontanitas dalam kalimat berima agar ada gema. Rimanya itu bisa dibuat mengalun lembut atau murung atau riang.

    Lanjutkanlah, Teh Mei. Hidup harus ada jejak, hanya tulisan yang mudah dijejakkan dan betoleh banyak ruang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga senang niy bisa ketemu teteh, admin paling sabar dan baik hati

      Delete
  13. Jadi tahu sejarah nama blog-nya, aku pun sempat galau sebelum memutuskan nama "Kacamata Hani" untuk domain blog-ku, haha. Senangnya bisa menuangkan setiap cerita perjalanan di Blog, apalagi dilengkapi gaya story telling dan foto-foto pendukung yang keren-keren, bikin betah ikuti setiap keseruannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih galau ketimbang putus sama pacar ya mba heheh

      Delete
  14. kelas yang menarik mbak, sayangnya aku nggak ikutan
    awal awal aku main ke blog mba mei, juga nggak ngerti maksud dari nama domain ada moo nya
    kalau mei aku mengira waktu itu pasti namanya, daema aku sendiri juga nggak tahu.
    ternyata begini toh sejarahnya

    ReplyDelete
  15. Kebayang serunya klo baca cerita traveling Kak Mei yg awal2 dan penuh kegalauan itu...hihihi...meni kepo gini 😁😁😁 Aku dulu awal punya blog isinya curhat, puisi, foto selfie dan foto karya. Bikin di blogspot yg disetting private. Sayang lupa password dan sekarang hilang blognya, mungkin aku disuruh move on. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sayang ya sampe lupa padahal itu sejarah hehe

      Delete
  16. Wah ternyata nama blog mba itu namanya dan nama keluarga ya saya juga penasaran sebenernya hehe, bagi saya blognya mba mei ini cukup identik dengan niche travelingnya, nilai plus bagi seorang blogger :)

    ReplyDelete
  17. Baca nama Bambang Irwanto saya jadi ingat penulis cerita anak. Apakah orang yang sama? Soalnya saya pernah juga ikut training yang dimentori oleh beliau, training cernak.

    ReplyDelete
  18. aku jadi tahu sejarah nama Meimoodaema berkat postingan ini :) sebelumnya udah nebak itu nama sih bukan sekedar domain biasa tapi ga tau kalau itu nama keluarga juga heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe sekarang duah bsia tidur nyenyak kan?

      Delete
  19. Aku juga terjebak dalam dunia blog saking jatuh hati dan nggak bisa lepas. Gak terasa uda 8 taun jd blogger dgn pasang surut yg ada. Sempet ragu mau TLD dan self hosting krn takut ga bs konsisten tp harus bayar maintenance tiap bulan.

    Utnungnya pilihan saya tepat dan tidak menyesalinya krn sungguh upgrade ke TLD dan self hosting itu malah makin banyak bawa keuntungan buat saya. Yuk, sama2 tetap semangat nulis blog kak mei!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat, keyakinan selalu membawa keberkahan kan ya mba Mels

      Delete
  20. Wahh, ternyata ini toh asal muasal Meimoodaema.. akuu suka banget baca blog mu.. Penjelasannya lengkap dan bikin pengen nyoba ikutan berpetualang juga.. �� Semangat terus ngeblog nya ya, mbak!

    ReplyDelete
  21. Mantab mbak Mei. Tak hanya menyajikan cerita travelling, namun juga edukasi travelling sehingga banyak orang makin tahu tentang rambu2 saat bepergian di suatu tempat. Ditunggu update terbarunya :D

    ReplyDelete
  22. Selamat ya Mbak. Dapet kelasnya barokallah. Jadi langsung diterapkan ilmunya. Aku jadi ngerti juga nih alasan blognya bernama meimoodaema.

    ReplyDelete
  23. Uda dapet banget siih...brandingnya kak Mei.
    Kalau denger nama kak Mei, pasti ingetnya travelling. Semoga semakin sukses yaa, kak Mei...untuk ke depannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Mei, maaf...
      Kalau bileh tau, kak Mei asli manakah? Karena nama keluarganya Daema.
      Seperti marga.

      Delete
    2. aamiin teteh, sukses juga buat teh lendy ya

      Delete
    3. +62 +81 teteh Lendy hehehe

      Delete
  24. Dulu aku masih ragu tiap nulis blog mu di google search, antara Mei, mai ato may bagian awalnya :p. Tapi sekarang udah inget kok. Nama itu , walopun hanya nama blog memang penting yaaa. Supaya org gampang inget. Aku sendiri agak nyesel ksh nama Dcatqueen, Krn ga berkaitan blass Ama traveling . Dulu pake itu, Krn itu nama userku stiap kali chatting hahahahah.

    Aku termasuk telat sih bikin blog traveling. Sbnrnya dr 2003 udh punya, tapi dulu gado2, LBH banyak curhat, bikinnya di blog yg bawaan Friendster. Trus pindah ke multiply. Msh blm suka juga traveling. Tapi 2010 aku diajakin suami keliling 4 negara Eropa, baru deh jatuh cinta. Tapi setahun sesudah perjalanan baru kepikiran pindahin ke blog. Jd foto2nya msh kacau banget hahahah. Blur lah, bagian atas bangunan kepotong, miring dll :p. Lama kelamaan baru mulai serius di blog, tapi ttp hanya utk having fun. Aku ga tertarik cari duit dr blog. Dari pintu yg lain aja kalo itu :D.

    Kalo masalah bikin tld, itu gara2 aku ditolak masuk ke komunitas traveling hanya Krn dianggab blogku ga sesuai kriteria mereka. Padahal isinya traveling semua. Lgs terpacu utk bikin TLD :D. Tapi stlh banyak traffic, aku jd emoh gabung kesana. Komunitas sok ekslusif hahahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah terjawab ya mba Fann hehehe, ya memang bikin galau bikin nama blog itu. wah 2003 lama banget mba fan, keren

      Delete
  25. Setiap orang aku rasa memiliki rasa sendiri dalam menulis. Dan aku termasuk orang yang suka membaca postingan blog yang bentuknya storytelling, jadi seperti diajak bicara gituh. Menurutku gaya menulis mba Mei sudah bagus koq, aku suka apalagi kalo sudah menggambarkan tentang travelling dan gunung. Bikin mupeng hehehe.

    ReplyDelete
  26. Seru ya kalau membahas BTS blog itu.

    Aku sendiri awalnya pakai nama rosannasimanjuntak (dot) com, rasanya keren gitu blog sama dengan nama di KTP.

    Selain itu, it's a tribute to my dad as well since he passed away already. I got Simanjuntak'Clans from him.

    Nah, pas perpanjangan, aku agak telat, keburu un-available. Hiiks.

    Lalu aku mikir mau branding pakai nama apa lagi ya?

    Dan ingat waktu kuliah, di kampus ada beberapa nama Anna, jadi kalau mau merujuk ke aku mereka ngomongnya gini, " itu lho, Anna Rosanna."

    Jadi, cepat-cepatlah aku klaim domainnya.
    Alhamdullillah masih tersedia.

    Kalau lengkapnya mampir ke "About Me" aku di blog ya.
    Modus mode ON.
    Hihihi.

    ReplyDelete
  27. Ikut hepi dengan pencapaian mba Mei, bertahap dan bertahap bismillah semoga semakin semangat ngeblognya dan on fire ya Kak. Meski ga ikutan tapi kecipratan keseruannya.

    ReplyDelete
  28. Wah, traveller emang harus banget mengabadikan pengalamannya. Di Indonesia agak kurang tentang tradisi literasi ini, padahal banyak traveler handalnya. Beda sama amerika yang apa-apa diabadikan, dijadikan tulisan, dan *dijual*. Bahkan cara-cara nyalain korek aja ada pedomannya!

    ReplyDelete
  29. haha .. aku juga mba, pas buat blog itu tahun 2012 pertama kali.
    baru dua tulisan curhat abal-abal, trus gak dipegang lagi.
    sampe lupa juga id dan passwordnya..
    waktu itu pake wp, sekarang pake blogspot.

    ReplyDelete
  30. Halo mbak salam kenal ya. Menarik sekali cerita mula ngeblognya. Suka traveling dan ceritanya menarik sekali. Btw sudah pernah ke Padang? kalo belum jangan lupa main ke Padang

    ReplyDelete
  31. Kak Mei.. seru sekali cerita tentang traveling ya.. sebenarnya aku pun suka travel kak. Masalahnya setelah menikah dan mengurus anak, keinginan traveling akan lebih banyak dipendam karena anak masih kecil-kecil. Hehehe
    Nanti kalo udah agak gedean akan diajak traveling biar seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bakal lebih seru travelingnya sama si kecil ya

      Delete
  32. Teh Mei beruntung bisa kukurilingan jauh keliling dunia dan Nusantara karena pada akhirnya jadi bahan tulisan untuk dibagikan dalam blog ini.

    Ya, blog dengan niche traveling itu punya daya tarik tersendiri karena minat bertualang manusia adalah hal yang cenderung dimiliki. Petualangan bukan hanya soal menjelajah tempat, ada rasa yang didapat dari pengalaman demikian.

    Kalau gak bikin blog, kita tak akan ketemu di dunia maya, hi hi. Semangat, ya. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun teteh, semangat juga buat teteh ya

      Delete
  33. Keren kisah perjalanannya kak Mei jadi tambah semangat ya buat ngeblognya

    ReplyDelete
  34. Hihi kreatif bangett namanya jadi meimoodaemaa. Mudah-mudahan sukses terus mbaa blognyaa. Semangattt

    ReplyDelete
  35. ya ampun lama banget dari 2013 mbakk, keren nihhh. baru tahu alasan kenapa pakai namanya Meimoodaemaa, hihi
    aku pun dulu sempat galau dan bingung mau ngasih nama doamin apam hihi
    yuk ah semangat ngeblogg, semangat mbak Mei berasa nular nihhh

    ReplyDelete
  36. Setuju deh melakukan wisata itu harus dilakukan dengan bijak, cerdas dan bertanggung jawab. Btw kalau suka gunung, sudah mendaki mana aja? Kalau ada event naik, ajak kami dong. Saya suami dan anak saya suka naik gunung juga. Sebelum pandemi, kami berhasil menaklukkan Kerinci. Tinggal gunung yang lebih rendah lainnya lagi nih di tanah air. Yuk gabung mendaki bareng

    ReplyDelete
  37. Pas dibaca sedikit ribet namanya, tapi begitu displit menjadi tiga, eh ternyata gampang diingat. Hehehe. Hebat mba, pernah traveling ke Himalaya.Pastinya butuh persiapan banget itu. Keren mba. Semoga eksis terus ya di dunia per-blog-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ka Mut, antara iya dan enggak ribet hehhe

      Delete
  38. Wah sudah lama sekali ternyata ngeblognya ya kak. Niche traveling ini masa depannya cerah deh kak karena banyak orang yang pasti akan mencarinya kan

    ReplyDelete
  39. Masya Allah. Keren ni Mbak kisah membangun blognya. Apalagi sampai menentukan blog harus TLD. Aku aja masih ragu eh buat pasang TLD

    ReplyDelete
  40. Benar, Kak Mei. Kalau suka bertualang, gemar memotret dan mampu bercerita, itu kombinasi hobi yang rasanya rugi kalau tidak diabadikan dalam bentuk blog. Setidaknya dengan membaca, kita akan dapat membayangkan suasana walaupun tidak memijakkan kaki bersama di sana. Selalu dinanti catatan pengalaman Kak Mei di berbagai tempat lainnya. :)

    ReplyDelete
  41. Saya memang suka membaca tulian Mbak Mei ini, selalu banyak materinya, banyakl yang bisa dilihat dan tidak pernah menggurui serta sering berbicara fakta. Suatu yang sangat baik utnk sebuah blog travelling.. Apalagi sekarang kualitas gambarnya bertambah bagus.. teruslah menulis Mbak Mei..agar banayk yang terhibur dari membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kak, terima kasih ya, semoga bertahan dan tetap semangat buat kita ngeblog

      Delete
  42. Saat bergabung bersama komunitas pastinya membuka peluang lebih lebar dan lebih termotivasi ngeblognya ya mbak. Saya pun awalnya begitu hingga sudah memiliki identitas tersendiri dalam ngeblog.

    ReplyDelete
  43. abis baca tulisan mbak mei jadi pengen berkunjung ke postingan lain hihi awalnya sy juga sudah menentukan niche tapi ttp aja kurang konsisten. gmn ya mbak biar terus konsisten sm niche sendiri? apalagi jika ada tawaran job

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya memang hobbynya traveling kak, saya coba konsisten, terus kalau ada yang di luar traveling saya biasanya akan kaitkan tetap dengan traveling, tapi kalau udah jauh banget saya berani nolak, mungkin karena sampai saat ini blog baru sekedar hobby kak buat saya

      Delete
  44. Penjelas Travelling mbak kok selalu bagus dipandang ya. Teruus jungkir balik yang beli TLD sama kayak saya, awalnya ikut ikutan eh sekarang baru ngerasain manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya banyak manfaatnya kan kalau kita udah TLD ya mba

      Delete
  45. sekedar saran, untuk tampilan lebih baik di rubah dan tinggal itu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kak, kemarin lagi coba beberapa template

      Delete
  46. Waaah, seru ya kalo bahas BTS ngeblog tuh, tiap orang pasti punya cerita perjuangan sama blognya, hehe.. semoga konsisten teruuus, semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak, aamiin, semangat juga buat kakak

      Delete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.