BERMAIN DENGAN UBUR-UBUR JINAK DI DERAWAN

Kepulauan Derawan tidak hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga di mata dunia bahkan berdasarkan informasi dari webnya kaltimprov.go.id tahun 2005 dicalonkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO karena taman bawah lautnya yang sangat mempesona. Kepulauan ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Bandara Berau dan Tarakan menjadi titik awal untuk menuju kepulauan ini. Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau termasuk didalamnya yang sangat terkenal adalah Pulau Derawan (terkenal dengan penyu-penyu besarnya), Pulau Kakaban (terkenal dengan ubur-ubur jinak), Pulau Sangalaki (terkenal dengan Manta Ray) dan Pulau Maratua (terkenal dengan resort-resort bagus seperti di Maldives). Sangat beruntung saya dapat mengunjungi tempat ini pada Maret 2013 di musim yang sangat cerah.


salah satu spot di Kepulauan Derawan
photo taken by dokumentasi travel agent

Saya memutuskan menggunakan jasa travel mengingat biaya untuk sewa boat sangat mahal dan saya mengambil paket selama 4D3N. Saya menggunakan pesawat menuju Bandara Tarakan, dari Bandara Tarakan saya dijemput dan melanjutkan perjalanan menuju sebuah dermaga yang letaknya ±15 menitan dari bandara. Sudah tidak sabar ingin melihat si ubur-ubur jinak.

Sampai di dermaga ternyata sudah ada beberapa teman lain yang menggunakan jasa travel yang sama.  Singkat cerita kami sudah di speedboat dan mulai melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Derawan. Perjalanan akan ditempuh sekitar ±3-4 jam. Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan laut dan alam yang sangat indah. Setelah 3 jam perjalanan kami hampir sampai pada pulau kecil yang sudah mempesona kami sedari jauh dengan keindahan homestay-homestay yang berdiri rapi dimana hampir semuanya berdiri menjorok ke tengah laut.


beberapa homestay tempat wisatawan menginap

salah satu view di Kepulauan Derawan


sambil nunggu sunset iseng pada mainan air

Saat kami sampai di Pulau Derawan tepatnya di Pulau Maratua, kami langsung diantar ke tempat penginapan. Saya memilih paket menginap di rumah warga, saya paling suka bercengkrama dengan masyarakat lokal, menikmati makanan khas mereka atau mendengarkan cerita-cerita kehidupan daerah tersebut.


bersama anak-anak pemilik homestay

Saya menginap di sebuah rumah mungil yang penyangga belakang rumahnya langsung ke laut. Dari atas balkon kami bisa langsung menyaksikan penyu-penyu besar dan ikan-ikan laut dan juga dapat menyaksikan sunrise atau sunset dari belakang rumah.


sunset indah yang hampir kelewat

Apa saja yang dapat dinikmati di Pulau Derawan

  1. Sunset dan Sunrise
  2. Snorkling
  3. Diving bagi yang sudah memiliki sertifikat
  4. Bermain dengan penyu-penyu besar
  5. Menikmati pantai putih
  6. Melihat ubur-ubur jinak
  7. Melihat manta ray
  8. Melihat penyu bertelur
  9. Menikmati taman bawah laut melihat biota dan terumbu karang
  10. Menikmati barbeque seafood hasil olahan warga
  11. Menikmati suasana bermasyarakat lokal dan mendengarkan cerita-cerita sejarah kepulauan ini

Hari Ke-1

Karena kami tiba sore hari, hari pertama kami habiskan keliling Pulau Maratua dan mandi di laut belakang penginapan kami, bermain dengan penyu-penyu besar, dan menyaksikan sunrise sunset dari belakang penginapan.


penyu-penyu di belakang penginapan

Membeli barbeque seafood, berphoto di beberapa cottage yang unik seperti di Maldives, dan bermain di pinggir pantai dan beberapa jembatan yang instagramable.


salah satu spot pephotoan yang instagramable

salah satu jembatan favorite buat photoan

bisa main volley pantai juga guys sore-sore dekat penginapan, seru kan

Hari Ke-2

Hari kedua di Pulau Derawan kami mulai mengeksplor laut Maratua dan Derawan untuk snorkling. Menyaksikan biota taman bawah laut seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghost pipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes) serta terumbu karang yang indahnya susah diungkapkan dengan kata-kata.





beberapa biota laut yang ada di Kepulauan Derawan

Tidak lupa di Pulau Derawan ini kami juga mengunjungi sebuah pulau kosong yang berada di tengah lautan, namanya Gusung Sanggalau, pasir putih ini akan hilang saat malam datang atau jika air pasang.


Hari Ke-3

Hari ketiga di Pulau Derawan kami lanjutkan ke Pulau Sangalaki untuk menyaksikan beberapa Manta Ray, menunggu dengan sabar mereka keluar. Sekalinya muncul berbanyak, saking happy lupa ga ambil foto si manta ray ini. Sayangnya di pulau ini belum bisa bercengkrama dengan si ubur-ubur jinak.







Spot berikutnya adalah Pulau Kakaban yeay finally mau ketemu sama si ubur-ubur jinak yang cuman ada di sini di Indonesia. Pulau yang terkenal dengan ubur-ubur jinaknya yang hanya ada di beberapa tempat di dunia, salah satunya di Indonesia tepatnya di Pulau Kakaban.



salah satu ubur-ubur jinak yang katanya hanya ada 2 di dunia dan salah satunya di Indonesia di Kakaban ini

Sebelum pulang ke penginapan kami juga melakukan yang masuk dalam bonus trip kami, deg-degannya luar biasa karena kita akan dijatuhkan di tengah laut, kebayang dong ya hehehehe.


kebayangkan banana boat di tengah lautan, deg-degannya udah kayak ketemu gebetan hehehe


Hari Ke-4

Kami diantar ke dermaga dan bandara untuk menuju rumah masing-masing, see you again Derawan.

Lokasi

Kepulauan DerawanKecamatan DerawanKabupaten BerauKalimantan Timur.

Biaya Menuju Derawan

Tiket pesawat Jakarta – Tarakan – Jakarta ± Rp. 1.600.000-, pp

Travel Agent tahun 4H3N adalah 1.900.000

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Lakukan pada musim kemarau seperti April – April, jangan pada saat musim hujan, dengan alasan keamanan, karena gelombang akan naik saat musim hujan.

Fasilitas di Kepulauan Derawan

  1. Penginapan/Cottage
  2. Jaringan internet
  3. Warung makan
  4. Keamanan
  5. Tempat barbeque
  6. Boat

Disclaimer:

Beberapa gambar diambil oleh pribadi dan beberapa dari tour travel sebagai salah satu fasilitas paket tour sehingga gambar menjadi hak peserta travel. Jika ada yang ingin ditanya, feel free to comment ya guys atau boleh kirim by email. 

Setelah baca ini pasti kan pengen ke sana, lets pack and go guys.....

114 Comment

  1. Pesona kalimantan khususnya berau mmg keren abis... Pulaunya yg masih virgin mmg gak diragukan lagi deh. Cucok utk berlibur bersama pasangan atau keluarga tercinta. Pengalaman wkt ke derawan seneng banget ketia naik banana boat, kita di antar menju pasir putih yg ditengah2 laut (gusung sanggalau), harga naik banana boat juga terjangkau kok (apalagi patungan sama teman2, hahahahaaaa), cuma klo mau kederawan siapin memang budget utk home stay dan makanan disana lumayan lah. Yang jelas kalau dah nginjek derawan pasti hepy deh, dijamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh sebentar lagi deket sama Ibukota, semoga tetap terjaga ya

      Delete
  2. Mbak, akhirnya Mbak menginap di rumah warga ya? Kalau mereka masak ikan, ikannya dibumbui apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak barbeque gitu atau ada juga yang hanya ditaburin garam aja

      Delete
    2. Berarti memang selera sana bakar-bakaran gitu ya. Apakah mereka pernah punya ide buat kasih taste lain, misalnya saos asam manis atau saos tiram gitu?

      Delete
  3. Duhh derawan salah satuuu wishlist aku nii. Semoga bs ksana jugaa

    ReplyDelete
  4. Wuahh indahnyaa. Beautiful wonderful Indonesia... BTW udah lama pingin ke Derawan. Hehehe...

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata ke Derawan ini biayajya cukup murah ya? Kirain bakalan habis berpuluh juta. Ini sih masih dalam harga wajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba kalau pakai paket tour malah lebih murah

      Delete
  6. selalu saja bikin aku pengen nyusul ke sana.

    ReplyDelete
  7. Cantik banget ya Derawan. Udah ngehits sejak lama. Tapi saya belum berkesempatan ke sini.

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ke Derawan karena kebetulan ikut adikku yang sedang dinas. Awalnya lihat teman yang kesana kok cakep banget, dulu tuh masih jarang orang kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul Mba karena biaya lumayan mahal dan jaraknya juga lumayan jauh

      Delete
  9. Masya allah indah sekali pulau Derawan ini nih, instagramable banget nih. Kapan ya bisa kesini.

    ReplyDelete
  10. Mbakkkj Meiiii, ini tuh salah satu bucketlistku jugaaa huhuuu semoga aku bisa kesana tahun 2020 ini. Happy new year ya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. one day you will be there Mba, happy new year too Mba

      Delete
  11. Keren mb...indah banget panoramanya. Bisa langsung hilang segala kepenatan ya..pengen duduk2 di pasir putih di tengah laut itu..hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb mei ini sudah pantas punya usaha travel ini..pengalamannya buanyak...

      Delete
  12. Ya Ampun, emang cantik banget pulau Derawan tuh. Kalau liburan kesana bareng keluarga sepertinya bakal menyenangkan. Tapi,ya emang kudu nabung dulu sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seru juga buat liburan keluarga mba

      Delete
    2. Kalau ada rezeki, aku punya cita2 pengen ngajak mereka kesini atau ke tempat lainnya yg asyik. Ya siapa tahu twrwujud sebagai hadiah utk mereka. Doakan ya Mba :)

      Delete
  13. waaa ini pemandanganya cantik banget yaa pulau derawan ini, keren banget, mau dimasukin wish list aaah semoga suatu saat bisa pergi ke sana juga nih

    ReplyDelete
  14. pantai tuh kalau foto2 selalu ada spot yang cantiknya luar biasa ya :) saya sebenernya suka ke pantai mbak, tapi ga suka panasnya yang menyengat hahahhaa soalnya kulitku sensitif mudah perih walau sudah pakai sunblock

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama sih mba aku juga tapi lama-lama biasa, gosong ampe berbulan-bulan ehhehe

      Delete
    2. Biota bawah lautnya indah sekali ya mbak, worthed lah ya walau gosong juga hahaa 🤣 tp akku ga bisa berenang apalagi menyelam jadi aku menikmati dari foto mbak mei aja deh

      Delete
  15. Kebayang berlibur ke Derawan nih, menyenangkan pastinya ya mbak Mei, Wish list next liburan aaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin Mba Tian, one day you will be there soon

      Delete
  16. Indah banget ya pemandangan bawah lautnya. Kalau ga snorkeling, rugi ya ga bisa melihat keindahan bawah lautnya.

    ReplyDelete
  17. jarang-jarang nih liat kakak di pantai XD BTW seru banget ternyata di pulau Derawan, aku cuma pernah dengar namanya ajaa, ternyata beneran indah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya indah banget Mba, ayo ke sana heheh

      Delete
    2. Iya ah, aku bookmark dulu artikelnya ya kak wkwk.. lumayan buat referensi liburan, siapa tau ntar ke sanaa hihii ^^

      Delete
  18. MasyaAllah melihat fotonya saja sudah kepingin kesana, aslinya pasti sangat indah pantainya, pingiiinnn liburan

    ReplyDelete
  19. Selama ini hanya bisa melihat Pulau Derawan nan cantik via postcard aja. Terus bisa lihat foto-foto cantiknya di sini jadi seneng banget. Duuuh kapan ya bisa nyusul piknik ke Derawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba ke sana bagus bangte sebelum jaid ibukota pasti ramai banget ya

      Delete
  20. Cantiikkk~
    Langsung masuk bucket list liburan.
    Padahal awalnya pengin banget ke Labuan Bajo, hehehe...sekarang Pulau Derawan dulu deh...

    ReplyDelete
  21. Derawan udah jadi wishlistku sejak tahun 2013. Apa dayaa takdir berkata lain wkwk tapi aku gak putus impian kok, masih kepengen banget snorkelingan di Derawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Bunda ke sana sebelum mahal jadi ibukota

      Delete
  22. Pulau Derawan ini bener-bener cakepppp banget ya, Mbak. Aduhhh, makin nambah nihhhh bucketlist akuuuu. Pengen segera dicontrengin satu per satu destinasinya.

    ReplyDelete
  23. salah satu tempat impian aku di Indonesia ini:(

    cuma transportnya mahal banget, luar negeri kalah huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. menabung dulu ya Mba, gpp dulu aku juga menabung dulu ko, semangat

      Delete
  24. Wow pemandangannya cakep abis. Ga kalH sama Bali 😍, cuma akses ke sananya yg lumayan menantang ya.

    ReplyDelete
  25. Derawan jadi salah satu destinasi wisata yang wajib banget dikunjungi semasa hidup. Indah bangeeettt..

    ReplyDelete
  26. beningnya... saya yg gak bs renang bakal nekad snorkeling nih. boleh kan ya, asal ada yg dampingi. bersih pula di sana padahal jg banyak penduduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mba bisa dipinggirannya juga udah cantik banget

      Delete
  27. ya ampun aku suka banget sama view laut dan pantainya mba, kapan ya bisa kesana, jaditermotivasi untuk melakukan trip jauh deh gara2 postingan ini. keren.

    ReplyDelete
  28. Mba aku salfok ternyata bisa milih untuk nginep di rumah warga, duh ini unik bnaget deh baru tahu aku bisa begini hehhe makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa nginap di rumah warga tapi tetep bayar mba, tapi menurutku lebih seru

      Delete
  29. Asli nyenengin banget ke pulau gitu. Eksplore pantai jelajah laut. Sayangnya jauh banget yak di kalimantan. Next trip ah ngumpulin pundi pundi dompet dlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lumayan perjalanannya juga mba belom lagi masih harus nyebrang kapal 3 jam

      Delete
  30. Take me there! It’s one of the most beautiful spots on earth.. dan aku pengen diving di sanaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. come with me MBa , kita bisa diving bareng mba

      Delete
  31. duh selalu lemah kalo udah liat pemandangan laut dan keindahan di bawah lautnya, pengen banget ke laut jadinya deh, udah lama nggak main ke pantai, pengen bisa diving juga, tapi masih ngumpulin keberanian nih mbak hihi

    ReplyDelete
  32. Wiwin | pratiwanggini.net17 January, 2020 21:24

    Asyik banget sih, Meiiii... biar anak-anakku aja suatu hari nanti yang menikmati Pulau Derawan :)

    ReplyDelete
  33. Kak, itu harga tiket PP kok murah ya. Uhhh jadi ingin. Pulau Borneo emang satu yang harus wajib dikunjungi. Aku mau belajar berenang dulu biar bisa pelukan sama kura-kura

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat promo Mba heheheh sekarang entah berapa ya

      Delete
  34. Foto nya bagus2 mbak. Kirim ke majalah yuks. Yakin nih bakal terbit. Dermawan msh menjadi impian. Nunggu anak2 gede

    ReplyDelete
  35. Hwaaaa, selalu mupeng dengan petualangannya Mei nih. Berkah tersendiri ini ya Mei, bisa jalan-jalan menikmati alam yang begitu indah, tentunya dirimu juga dapet seabrek pengalaman fantastis! Suksessss Mei!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba, doakan saya bisa mengenlilingi dunia dan seisinya bisa sharing ke temen-temen juga

      Delete
  36. Keren Mbak semua foto-fotonya cakep-cakep..kapan ya bisa main-main ke sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soon mba you will be there aamiin

      Delete
    2. Halo mbak Mei, aku ke sini lagi dan terpukau sama foto-fotonya indah sekali.

      Delete
  37. Keren bangeeet. Indonesia memang indaahhh.

    ReplyDelete
  38. oemji indah banget ya ini pulau Derawan, selalu pengen bisa main ke sini tapi kesempatan lewat mulu haha

    ReplyDelete
  39. Bawa sunblock itu pentingggg bangettt demi kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah pakai sunblock badan kayaknya, muka aja sering lupa-lupa hehehe

      Delete
  40. Seneng banget lihat foto-fotonya, Mei. Bagus baguuuuss... duuuhh hawa pantai begitu mengundang ya, apalagi kalau pantainya secantik yang ada di Derawan dan pulau-pulau lain di sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba, bikin betah dan pengen balik lagi

      Delete
  41. Mei, aku suka banget sama tulisannya, suka foto2nya, ketjeee.. Mewakili mamak manjah ini utk smpi Derawan.. Terus kemana2 ya, mewakili mataku mensyukuri ciptaanNya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, makasih mba blogger panutan akuhhhh

      Delete
  42. Kangen liburan jadinya hahaha, fotomu kak ya ampun apik-apik banget
    tempatnya sekece itu dan perfect untuk jadi tujuan wisata. Nggak kuat dengan keindahan bawah lautnya, karang-karangnya cantik banget.

    ReplyDelete
  43. siappp mba I will arround the world

    ReplyDelete
  44. Padahal Derawan jadi list travel aku di 2020 ini.
    Apa daya gara-gara Corona, semua batal.
    Mudah-mudahan wabah Corona segera berakhir.
    Aku sudah ganti tiket sih jadi ke 2021

    ReplyDelete
  45. Saya langsung mupeng pengin ke Derawan, Mbak Mei. dari foto-fotonya saja sudah sangat memikat, apalagi dinikmati langsung ya. Dan menurut saya 1,9 juta 4H3N itu pas di hati dan kantong sekali. Apalagi makin seru karena bareng-bareng.
    Dan memang Mbak, saya lebih suka wisata sekalian panas terik, daripada hujan hahaha. Semoga saya segera bisa ke sana. Aamin.

    ReplyDelete
  46. Masyaallah indah banget! Laura dan pasirnya masih bersih dan bening. Bikin aku kangen jalan-jalan mba. Semoga wabah korona ini segera berakhir ya biar bisa liburan lagi

    ReplyDelete
  47. Cantik bangeeeet lautannya, luar biasa aku kagum banget. Semoga bisa kesampaian ke Derawan juga

    ReplyDelete
  48. Setuju banget emang pulau Derawan mendunia. Sebab, nggak cuma sekali aku liat selebgram dunia banyak yang posting di sini foto mereka. 👍🏻😊

    ReplyDelete
  49. Derawan memang salah satu tempat yang keren banget kak, banyak spot spot menarik. Apalagi habis baca cerita ini, jadi makin mupeng pengen ke sana. Mana sepupuku pernah lagi ke sana, aku malah belum. Padahal masih sepulau sama kampung halamanku

    ReplyDelete
  50. Sering banget dengar Pulau Derawan, ternyata sebegitu indahnya ya. Pertama lihat homestay warna-warni itu aku langsung membayangkan Venezia. Jembatan kayunya bener, mirip seperti Maldives.

    Indonesia sebenarnya gak kalah-kalah banget wisatanya dengan negara lain. Biota lautnya cakep lho, panteslah jadi warisan dunia

    ReplyDelete
  51. Bagus banget pemandangannya , semoga aja para pelancong bisa menjaga kebersihan. Itinerarynya izin save ya kali aja ntr bisa ke derawan juga

    ReplyDelete
  52. Wow keren bangets. Pantesan banyak orang ingin ke Derawan. Wow deh kehabisan kata-kata saya juga. Yang jelas jadi pengen ke sana juga nih

    ReplyDelete
  53. Pemandangan bawah lautnya luar biasanya banget! Belum pernah nyelam. Pengin deh ke sana liat langsung.

    ReplyDelete
  54. Ya Allah... amazing banget ya.. btw aku suka loh nonton vlog jalan jalan gitu... kalau jalan-jalan lagi bikin vlognya dong.. aku akan nonton.. :D

    ReplyDelete
  55. keren nih... saya suka gambar-gambarnya menyegarkan mata. mengobati kangen akan laut. pergi sendiri belum berani..hehehe yanga ngajakpun belum ada hahah

    ReplyDelete
  56. Cantik banget pantai dan laut di Pulau Derawan. Bisa snorkling dengan view sejelas itu pasti menyenangkan sekali ya. Semoga pandemi segera berakhir biar bisa jalan-jalan ke Pulau Derawan.

    ReplyDelete
  57. Ubur ubur dan pari manta itu biasanya beracun ya, tapi kalau namanya ubur ubur jinak mestinya nggak ya..btw foto bawah lautnya baguss, ambil sendiri ya?

    ReplyDelete
  58. Semoga bisa kesana suatu saat nanti ya dan masih jernih pemandangan alam dan hewan penyu

    ReplyDelete
  59. Masya Allah keren banget view-nya. Semua foto bagus. Kisahnya bikin mupeng diikuti. Tapi sekarang harga tiketnya naik pesat kali yah.

    ReplyDelete
  60. Masyaallah bagus bangeeettt. Aku pecinta wisata laut berharap semoga suatu saat ada kesempatan liburan kesana. Asli sih ini keren parah.

    ReplyDelete
  61. Duhai kak mei, dirimu selalu bikin hati ini berontak parah ingin traveling.. Helep

    ReplyDelete
  62. Ish ish ish... postingan ini berbahaya! menyebabkan keinginan untuk segera pergi kesana. Lihat foto2nya bagus bangetttttt

    ReplyDelete
  63. Wah kak itu liat ubur-ubur diceburin ke tengah laut gitu ya, bukan seperti danau sendiri
    yang ada ubur-uburnya gitu bole dipegang ga ubur-uburnya, katanya sie kalua mau melihat ubur-ubur ga bole pakai sunblock gitu ya. seru juga ya bermain dengan ubur-ubur jinak di derawan, apa daya aku tak bisa renang ihhh.

    ReplyDelete
  64. Halo bossku kami dari bandar CWKEY288
    Proses depo dan wd tercepat
    dan tidak banyak aturan.
    Kami mau promosikan website permainan online
    seperti:
    ➤SLOT,CASINO LIVE,BOLA
    ➤SABUNG AYAM,TOGEL SGP
    ➤TEMBAK IKAN,POKER ONLINE.
    Kami Juga Menyediakan Bonus Promo Di Awal bergabung
    Seperti:
    ➤NEW MEMBER 100% Max Bonus 500 RB
    ➤NEW MEMBER 50% MAX Bonus 300 RB
    ➤NEW MEMBER 20% MAX Bonus 200 RB
    Ada Juga Promo Lainnya:
    ➤DEPO VIA PULSA TELKOMSEL TANPA POTONGAN.
    Minimal Depo : 25 RB
    Bonus Mingguan:
    ➤ROLLINGAN MINGGUAN
    ➤CASHBACK SABUNG AYAM
    Kami Bandar Game Online Terakreditasi
    Dan Sudah terpercaya para member melakukan
    betting taruhan game slot online
    mari bergabung bossku...!
    coba keberuntungan anda bersama kami.
    Proses cepat akan membuat member lebih nyaman.

    Hub Via wa alt:
    082132037811

    Atau Bisa Ke link di bawah ini:
    cwkey288.xyz

    ReplyDelete
  65. Kerennyaaa Kak Meii nihh.
    Jadi pengin ikutan berburu ubur2 akuu hahaha

    ReplyDelete
  66. tempatnya keren abis, spot fotonya banyak sekali yang menggoda

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.