20 ETIKA NAIK PESAWAT YANG WAJIB DIKETAHUI TRAVELER (PART 2)

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai 10 etika naik pesawat yang wajib diketahui oleh para traveler lainnya. Dan berikut adalah lanjutannya mengenai etika lainnya yang wajib traveler ketahui ketika naik pesawat. Agar aman, nyaman, dan pastinya tidak mengganggu orang lain juga. Dan ini dia 20 etika naik pesawat yang wajib diketahui traveler part 2.

etika naik pesawat bagi traveler


20 Etika Naik Pesawat Yang Wajib Diketahui Traveler (Part 2)

11. Jangan mengobrol dengan suara nyaring

ketika anda berangkat liburan dengan orang-orang terdekat anda, biasanya akan duduk berdekatan. Hindari untuk mengobrol terlalu kencang yang dapat mengganggu penumpang lain. Saya pernah melihat penumpang yang teriak-teriak ke temannya dengan posisi duduk terhalang beberapa baris. Sangat mengganggu.

12. Jangan ajak penumpang lain mengobrol

Jika anda melihat penumpang di sebelah anda sudah menggunakan headset atau membaca buku atau sudah memejamkan matanya, artinya mereka tidak ingin diganggu. Jadi hindari untuk terus mengajaknya ngobrol. Saya pernah juga mengalami hal ini, karena saya sudah lelah lumayan membuat saya terganggu. Padahal saya sudah beritahu saya akan tidur.

13. Hindari menggunakan obat-obatan oles yang menyengat

Waktu itu ada seorang ibu yang mungkin sakit, lalu menggunakan minyak oles yang sangat menyengat. Beberapa penumpang lain merasa terganggu karena aromanya. Jadi sebisa mungkin untuk menghindari menggunakan minyak oles yang menyengat. Namun jika terpaksa, anda bisa meminta izin terlebih dahulu kepada penumpang sebelah anda.

14. Hindari menaikan kaki ke atas kursi

Ini basic sopan santun yang kadang orang tidak tahu. Merasa di tempat umum terus bebas angkat kaki ke atas kursi. Jika kakinya wangi mungkin tidak masalah, jika sebaliknya, itu sangat mengganggu.

Saya beberapa kali menaikan kaki saya ke atas kursi, waktu itu saya kedinginan dan tidak membawa kaos kaki. Namun sebelumnya saya meminta izin kepada penumpang di sebelah saya dan pastikan bahwa kaki anda aromanya normal. Perhatikan juga posisi duduk, harus tetap sopan.

15. Hindari membaca buku di pesawat ketika malam hari

Meskipun setiap penumpang memiliki lampu baca masing-masing, tapi buat saya menyalakan lampu baca cukup mengganggu penumpang lain. Karena sinarnya tetap menyebar dan memantul ke sekitarnya. Kecuali jika anda duduk di kelas bisnis dengan posisi duduk berjauhan dan tentu saja memiliki ruangan masing-masing.

16. Duduk sesuai dengan nomor kursi

Beberapa kejadian, ada penumpang yang asal duduk dan tidak mau pindah. Solusinya saya panggil pramugari daripada debat kusir, ketika mendapat penumpang yang ngotot seperti ini. Kecuali penumpang tersebut minta baik-baik atau minta tukar, akan saya perhatikan. Jadi silakan perhatikan nomor duduk anda.

17. Perhatikan posisi tidur

Ketika merasa lelah, banyak penumpang menghabiskan masa perjalanan dengan tidur. Selama tidur ini anda wajib memperhatikan posisi tidur anda agar tidak mengganggu orang lain di sebelah anda. Bawalah bantal tidur yang akan membantu menahan kepala agar tidak menyandar ke penumpang lain.

18. Jangan pesan atau membawa makanan yang berbau

Pesawat domestik masih mengizinkan kita membawa makanan meskipun harus dikemas dengan baik. Agar tidak tumpah dan mengganggu orang lain. Saat di pesawat pun masih bisa menikmati makanan yang dibawa. Namun perhatikan, jangan membawa makanan yang menyengat sehingga mengganggu penumpang lain. Hal ini juga berlaku ketika anda memesan makanan di pesawat.

jangan pesan makanan menyengat di pesawat
Source: Canva



19. Jangan mengambil foto atau merekam sembarangan

Belakangan ini banyak sekali video yang beredar di mana orang mengambil foto atau merekam orang sesukanya dan menguploadnya di media sosial. Tentu saja hal ini melanggar privasi orang lain. Hindari melakukan hal ini, semisal merekam atau mengambil foto penumpang lain ketika sedang tidur atau sedang makan. Hindari hal ini meskipun di area umum. Jadilah traveler yang cerdas dan menjadi manusia yang beretika.

20. Tidak usah turun terburu-buru

Ketika pesawat hendak mendarat, anda tidak usah terburu-buru berdiri untuk segera turun. Terapkan etika turun dari pesawat. Tetaplah duduk dengan tenang sampai pesawat mendarat dengan sempurna, lampu keamanan dimatikan, dan sudah ada informasi dari awak kabin untuk melepas sabuk pengaman. 

Karena anda turun tetap saja akan sesuai dengan urutan. Apalagi sampai terburu-buru mengambil barang di atas kursi duduk. Dapat membahayakan penumpang lainnya.

Itu dia beberapa etika naik pesawat yang wajib diketahui oleh traveler (part 2). Untuk mengetahui lengkapnya, kamu bisa melihat part 1 di sini.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.