TIPS LIBURAN AMAN SAAT PANDEMI

Hampir setahun saya stay at home, perjalanan terakhir saya lakukan Maret 2020 dari Yogyakarta menuju Jakarta. Saat itu kondisi masih sedikit aman namun prosedur penerapan protokol kesehatan sudah mulai dijalankan. Saat itu saya mulai berpikir tips liburan aman saat pandemi menjadi hal yang sangat penting.

Sekitar bulan Oktober tahun 2020 saya mulai melakukan perjalanan. Perasaan khawatir memang mengganggu. Karena banyak prosedur yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Februari 2020 saya kembali melakukan perjalanan jauh, masih dalam kondisi yang sama. Saya harus kembali ke Kalimantan karena urusan pekerjaan. Beberapa prosedur harus dilakukan.

tips liburan aman saat pandemi


Nah berdasarkan pengalaman tersebut, aku punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar traveling kamu aman di kala pandemi.

1. Cek kesehatan kamu sebelum berangkat

Nah, selain peduli ke diri sendiri, harus peduli juga ke orang sekitar. Kalau sudah tahu kita sehat boleh deh pergi buat liburan. So, cek kesehatanmu sebelum melakukan liburan ya.

2. Siapkan dokumen kesehatan sebelum berangkat

Beberapa tempat wisata memberlakukan beberapa prosedur dan protokol kesehatan. Cari tahu persyaratan tempat wisata yang mau kamu kunjungi, dan penuhi ya persyaratannya. Jangan sampai jauh-jauh ke sana, kamu ga boleh masuk hanya karena tidak mengikuti aturan yang diberlakukan saat pandemi seperti ini.

3. Cari tempat wisata outdoor dan pastikan tempat tujuan wisata menerapkan protokol kesehatan

Cari tempat wisata yang di luar ruangan, selain sirkulasi udaranya terjamin baik, kamu juga lebih mudah untuk menjaga jarak dengan pengunjung lain. Dan paling penting adalah destinasi wisata yang kamu tuju menerapkan protokol kesehatan bagi semua pengunjung dan petugas.

tips liburan aman saat pandemi meimoodaema


4. Lakukan pemesanan tiket secara daring

Lakukan pemesanan tiket untuk traveling melalui daring. Hal ini selain praktis, kamu juga sudah menghindari kontak langsung dengan petugas di tempat yang akan kita kunjungi. Termasuk transportasi, akomodasi, dan tiket lainnya. Pastinya ini lebih aman buat semuanya.

5. Gunakan pembayaran non tunai

Salah satu cara aman traveling saat pandemi adalah menghindari pembayaran cash. Sebisa mungkin lakukan pembayaran non tunai. Hal ini dapat menghindari atau mengurangi penyebaran virus juga loh. Karena kita tidak bersentuhan langsung dengan petugas atau alat di tempat wisata.

6. Cari destinasi wisata yang tidak terlalu ramai

Sebenarnya ini sudah sering aku lakukan. Karena kurang suka dengan tempat wisata yang terlalu ramai. Apalagi di saat seperti ini, akan membuat kamu lebih aman dan nyaman. Sehingga mengurangi dan menghindari kerumunan.

7. Selalu jaga jarak dengan pengunjung lain

Kalau lagi traveling begini, kan kita biasanya suka berkerumun ya, nah mulai sekarang yuk hindari kerumunan di tempat wisata. Jaga jarak agar kita tidak terhindar dari hal-hal yang kurang diinginkan.

8. Berkunjung di hari biasa

Salah satu cara kamu aman dalam traveling di masa pandemi seperti ini adalah berkunjung ke destinasi wisata di hari biasa. Biasanya hari biasa akan lebih sepi karena orang lebih banyak bekerja atau bersekolah. Nah, lebih aman kan?.

9. Gunakan masker

Salah satu protokol yang harus dilakukan saat pandemi agar aman adalah dengan selalu gunakan masker dimanapun dan kapanpun ketika kamu keluar dari rumah. 

10. Solo traveling

Buat aku yang nyaman banget traveling sendirian. Ini sangat menyenangkan, selain lebih bebas mau kemana aja selama yang kita suka, juga ini lebih aman guys. Karena tidak ada interaksi dengan orang lain.

tips liburan aman ala meimoodaema


11. Membawa hygiene kit

Nah ini salah satu hal yang wajib kamu lakukan ketika traveling aman saat pandemi. Yap, membawa perlengkapan hygiene kit. Meskipun beberapa destinasi wisata mungkin sudah menyediakan ini tapi akan lebih aman kamu menggunakan punya kamu sendiri. Seperti tisu basah atau kering, hand sanitizer, pembersih kloset duduk, dan perlengkapan pribadi lainnya.

12. Jaga kesehatan sebelum dan selama liburan

Perhatikan protokol kesehatan selama kita liburan. Jaga pola makan juga, jangan makan sembarangan selama kita di tempat liburan. Jika ingin membeli pastikan makanan yang kita beli aman dari bakteri atau virus.  

13. Bawa makanan dan perlengkapan makan sendiri

Ini sangat penting ya, selama pandemi seperti saat ini, hindari untuk makan di restoran. Selain menjaga jarak, juga menghindari kontak langsung dengan peralatan yang digunakan oleh pengunjung lain. Jadi bawa makanan dari rumah ya.

tips liburan aman saat pandemi ala meimoodaema


14. Bawa peralatan ibadah sendiri

Buat kamu yang sering traveling di saat pandemi begini, biar aman, bawa perlengkapan ibadah sendiri ya. Jangan meminjamkan juga perlengkapan kita ke orang lain. Bukannya pelit tapi demi kebaikan semua.

15. Pergi berlibur dengan keluarga saja

Salah satu cara menghindari penyebaran virus adalah dengan pergi traveling bersama keluarga saja. Pastinya lebih aman karena meminimalisir interaksi dengan orang di luar rumah kita. Dimana kita tidak paham mereka sudah berinteraksi dengan siapa saja.


Baca juga: Tips Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Di Saat Pandemi


16. Gunakan kendaraan pribadi

Sebisa mungkin kalau kamu travelingnya di daerah yang dekat atau dijangkau dari rumah, selalu gunakan kendaraan pribadi. Hal ini selain meminimalisir interaksi dengan orang lain juga dapat mengurangi terkontaminasi dari virus yang menyebar di sarana umum.

17. Lakukan isolasi mandiri

Saat kamu pulang dari kegiatan traveling kamu, wajib lakukan isolasi mandiri selama minimal 14 hari, untuk menghindari kamu sebagai carrier. Sebagai bentuk peduli kamu juga loh sama orang sekitar kamu.

Jadi, sebelum melakukan traveling saat pandemi agar lebih aman, bisa lakukan tips-tips di atas ya kawans. Sebagai bentuk peduli kita ke diri sendiri dan juga orang lain.

Kalau kamu punya tips lainnya, yuk share di kolom komentar. Pastinya akan sangat bermanfaat buat kamu dan orang lain.

83 Comment

  1. sayang kak, selama pandemi saya belum dan tidak pernah kemana2.. pertama soal keamanan dan kedua faktor budget jga.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tunggu aman aza ka Zae, jangan kemana-mana dulu

      Delete
  2. Mpo juga sudah melakukan jalan jalan di saat pendemi ini. Benar beli tiket secara online dan bawa masker banyak.

    ReplyDelete
  3. Aku juga selama pandemi lebih milih pergi ke tempat yang outdoor. Rasanya lebih aman aja gitu. Dan harus selalu ingat prokes dong ya. Semoga kita sehat2 selalu :)

    ReplyDelete
  4. Aku belum pergi ke luar kota, masih jalan2 ke taman kota, seneng cari yang outdoor, sambil jalan-jalan cantik. Tapi tetep jalani protokol kesehatan. Semoga tetap sehat semuanya

    ReplyDelete
  5. udah kangeeeen banget mau traveling, cuma kok yah ragu. Aku nunggu vaksin dulu aja deh Kak.

    ReplyDelete
  6. Aku selama pandemi, di rumah aja eh. Belum berani keluar ke mana-mana. Udah gitu juga takutnya malah sakit pas di tengah jalan. Kan kita nggak tau kan ya virus itu hinggapnya di mana aja. Nggak kelihatan.

    ReplyDelete
  7. Aku liburannya ke Bandung waktu itu, itupun kebanyakan tiduran aja di apartemen sama go food makanan Bandung ahahaha

    ReplyDelete
  8. Di masa pandemi smeua harus lebih ekstra ya hahaha. Aku sampai saat ini bekum pergi berlibur masih di dalam kota atau yang kota tetangga aja. Bener cari tempat outdoor biar ga perlu bingung mikir sirkulasi udaranya bagus apa engga heheheh. Thank u tipsnya

    ReplyDelete
  9. Tips yang sangat berguna karena pasti akan saya aplikasikan mbak. Namun ya itu tidak semua orang aware ya mbak. Kita nya udah aware tapi orang lain tidak. Saya sepertinya sering banget nenteng2 hand sanitizer, hehehe

    ReplyDelete
  10. Nah, gak cuma cek kesehatan ya Mbak Mei kl mau pergi liburan, tetapi dokumen kesehatan jangan sampai ketinggalan ya dibawa serta, menghindari tidak bisa masuk ke daerah tempat berlibur kan jadi gagal deh rencananya

    ReplyDelete
  11. udah kangen liburan aku tu mba, tapi masih ngeri jadi selama pandemi tuh bener2 ga kemana2 :(

    ReplyDelete
  12. Ya ampun tahun 2020 cuma mudik kilat sekali ke Madiun&Kediri ga kemana-mana..masih ngeri pergi karena kedua anak remajaku pengidap asma. Kalau emaknya sendiri sih penginnya kabur ajaaa
    tips Liburan aman saat pandemi yang super lengkap ini!

    ReplyDelete
  13. Aku belum berani liburan jauh-jauh nih selama pandemi. Paling banter dalam kota dan staycation aja sih. Tapi kucatat juga tipsnya, soalnya ada sepupu yang lagi hamil tua dan tinggalnya di luar kota. Kemungkinan kalau udah lahiran, mau main juga ke rumahnya. Semoga sih pandemi udah agak mereda saat itu tiba.

    ReplyDelete
  14. Tahun 2020 sempat staycation sih Kak dan mensyukuri kalau tempatnya nggak terlalu ramai. Selain itu sepakat soal bawa makanan minuman sendiri. Lebih aman saja rasanya. Pun naik kendaraan pribadi. Setelahnya ya kami usahakan untuk isolasi mandiri.

    ReplyDelete
  15. aku ttp belum berani kemana2 walaupun sudah dilengkapi peralatan perang sekalipun, perjalanan terjauh aku yaitu ke rumah sakit, sekitar 5 kiloan, buat vaksin bayi, ya udah selebihnya dirumah aja :D

    ReplyDelete
  16. Cukup berlapis ya kewaspadaan kita ketika bepergian di masa pandemi gini. Demi kebaikan semua orang, memang mau tak mau harus kita lakukan.

    Udah kangen jalan-jalan nih Mei, semoga aja pandemi segera berakhir ya.

    ReplyDelete
  17. bener banget sih, poin2 di atas mesti diperhatikan sebelum traveling dan bepergian.. trs nih, yang nggak kalah penting harus mencari tempat traveling yang outdoor, trs jangan lupa untuk selalu mematuhi prokes.

    ReplyDelete
  18. Saat kita memutuskan liburan saat pandemi, kita harus siap dengan segala risikonya, termasuk risiko terpapar covid dan diisolasi mandiri oleh pihak bandara misalnya, pihak pemerintah kota tujuan misalnya. Pokoknya harus siap dengan segala kondisinya. Liburan saat pandemi itu harus yakin. Kalo ragu mah saran saya pending dulu liburannya.

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget nih tipsnya kak.
    Sebenernya sebelum pandemi pun saya dan keluarga sudah melakukan beberapa poin seperti yang disebutkan di atas.
    Seperti memilih liburan di hari biasa. Mencari destinasi yang tidak terlalu padat pengunjung, membawa perlengkapan pribadi, dan beberapa poin di atas
    Karena kalo liburan ditempat yang tidak ramai enaknya seperti memilih private fasility

    ReplyDelete
  20. 17 tipsnya sangat membantu sekali. Setidaknya bisa jadi proteksi dini untuk diri sendiri

    ReplyDelete
  21. Tempat ourdoor seperti waterboom gitu apa aman ya, zaman pandemi? Sy mah masih ngeri.. better pantai sekalian kali ya

    ReplyDelete
  22. Setuju sekali, poin-poin diatas memang penting sekali kita terapkan jika kita ingin berlibur saat pandemi yaa Duh aku jadi kangen liburan deh hehe

    ReplyDelete
  23. Akhir tahun lalu saya mau gak mau melakukan perjalanan jauh buat nyusul suami, rasa kawatir pasti ada tapi pasrah sajalah yang penting tetap menjalankan prokes dengan ketat juga dalam kondisi yang sehat waktu bepergian

    ReplyDelete
  24. Selama pandemi, memang sebaiknya berlibur pun masih menerapkan protokol kesehatan ya kan kak.
    Kalo saya sih, ke mana-mana bakalan bawa hand sanitizer plus desinfektan spray yang aman buat anak.

    ReplyDelete
  25. Melihat teman-teman yang liburan saat pandemi, mereka memilih alam sebagai tempat liburan. Tentu yang sepi ya. Booking dan pembayaran juga cashless jadi minim interaksi

    ReplyDelete
  26. Wihh lengkap nihh kak. Aku jg selama setahun belakangan ini belum pergi kemana2, keluar kota buat liburan jg enggaa

    ReplyDelete
  27. Setuju mbak. Saya juga lebih nyaman pilih destinasi yang sepi pengunjung. terutama pantai, rasanya bisa buat melepas beban & capek gitu. Thank mbak tipsnya, sangat bermanfaat 👍

    ReplyDelete
  28. aku juga sempat liburan dengan keluarga saat pandemi ini mba dan memang harus extra disiplin ya, soalnya you never know

    ReplyDelete
  29. Makasih ya Mei untuk tipsnya, biar ku simpan dulu siapa tau dalam waktu dekat akan bepergian keluar kota. Karena selama ini belum liburan, hehehehee...

    ReplyDelete
  30. Sudah jamannya ya mbak memang, kalau liburan harus ekstra dobel pengeluaran untuk prokes. Sayangnya arti liburan bagi saya itu libur jaga toko hehe. Nggak ada libur jalan jalan

    ReplyDelete
  31. saya kalo liburan juga lebih pilih tempat yang private, lbh oke lagi kalo ada private poolnya, untuk menghindari penyebaran covid juga sih

    ReplyDelete
  32. Tipsnya bagus nih tapi kalau saya sendiri niatnya emang belum pengen liburan selama pandemi berlangsung hehehe takut aja gitu

    ReplyDelete
  33. Tips yg cari tempat outdoor itu bener banget yaa Mbak Mei, soalnya kl pergi berlibur ketemu tempat indoor, berAC jugam rasanya gak lepas n lega gitu ya, liburan ke gunung atau pantai, nahh br deh sah liburannya, hehe

    ReplyDelete
  34. Woaaa.... mbak Mei berani sih ya solo travelling. aku dong, apa2 kudu ada temennya, piknik sekalipun. Tapi klo sendiri tu healing dari travelingnya tuh lebih dapet ya, karena bebas mengatur kondisi sesuai keinginan

    ReplyDelete
  35. Kangen jalan jalan banget kak! Selama pandemi aku cuma pernah jalan ke puncak itupun di vila pribadi dan ga kemana-mana.

    ReplyDelete
  36. Aku sering banget merasa iri kak Mei, sama orang-orang yang bisa dengan mudah pulkam ke rumah orangtua dan sanak saudaranya.
    Aku juga pengen, tapi inget-inget lagi kalau orangtuaku sama mertua uda sepuh.

    Kalau mudik, kita biasanya sekalian travelling tipis-tipis gitu, kak Mei.
    Kak Mei sehat selalu yaah..

    ReplyDelete
  37. Kalo aku belum berani liburan. Dan sekali pun "aman" tetep jatuhnya ribet karena persiapannya jadi lebih banyak

    ReplyDelete
  38. makasih tipsnya mbak, banyak ya sekarang yang musti disiapkan kalau mau traveling di masa pandemi begini. Apalagi kalau bawa anak-anak musti dijaga bener prokesnya

    ReplyDelete
  39. Tadinya aku pingin main ke tempat wisata alam dekat rumah, tapi ternyata banyak pedagang kaki lima yang nggak pakai masker katanya. Di sini masyarakatnya memang kurang disiplin huhuhu

    ReplyDelete
  40. Wahh makasih mba tipsnya, aku sendiri juga kemana-mana bawa sterilizer <3 berusaha sebisa mungkin agar lebih nyaman

    ReplyDelete
  41. Persiapan lebih banyak ya di masa sprti sekarang ini.. dan emang naik mobil pribadi sprtinya lebih amann dibanding kendaraan umum

    ReplyDelete
  42. Selama pandemi aku belum pernah liburan huhu, aku juga belum pakai tiket freepass sekeluarga nih ke tempat hiburan soale masih memikirkan banyak hal juga sih. Oh yaa,, harus banget ya yang mau liburan melaksanakan tips ini biar tetap aman.

    ReplyDelete
  43. Aku belum traveling ke manapun selama ada pandemi kak. Masih takut sih, soalnya masih banyak yang nggak pake masker dan cuek. Semoga pandemi lekas musnah biar nggak ketar ketir lagi kalo mau main. Makasih tipsnya ya Kak Mei

    ReplyDelete
  44. aku masih belum berani jalan terlalu jauh, selama pandemi ini
    :)

    ReplyDelete
  45. Semoga sehat selalu, Mbak
    Pastikan kalau bepergia protokol kesehata siap selalu

    ReplyDelete
  46. Makasih tipsnya nih,jalan ke wisata alam kali ya jadi lebih udara terbuka,belum dapet ajakan dari paksu nih,hehe.

    ReplyDelete
  47. Pengen banget Travelling sekarang. Tapi kayaknya memang harus ekstra dua kali lipat ya persiapannya. Makasih tipsnya Kak

    ReplyDelete
  48. Aku selama pandemi kayanya belum pernah ke lokasi wisata wkwk tapi tips itu aku pakai untuk keluar rumah sih. Meski sejak sebelum pandemi memang paling suka sama lokasi outdoor & yang sepi sepi ;)

    ReplyDelete
  49. Wuih mantap nih tipsnya. Trims sudah diingatkan kakak

    ReplyDelete
  50. Selama pandemi belum kemana-mana nih kak, tapi ada rencana mau ke luar pulan bulan depan. Bisa nih tipsnya aku pakai nanti hehe

    ReplyDelete
  51. Salut aku bagi yang bisa solo traveling, aku kudu ada temannya kemana-mana minimal satu aja, jadi Kalu nyasar gitu ada teman bingung haha

    ReplyDelete
  52. Yang dilis mba Mei bener banget semuanya, aku juga pilih hari biasa tapi sekarang nggak pernah ke mana-mana. Pembyaran non tunai emang mending sih daripada harus bersentuhan memnimalisir penting

    ReplyDelete
  53. Terima kasih tipsnya kak..aku pengen banget liburan sama anak. Namun rada was juga kalau anak harus antigen atau pcr takut dia ga nyaman.

    ReplyDelete
  54. Terima kasih tipsnya mbak. Meski masih pandemi, liburan tetep perlu biar pikiran jadi lebih fresh. Tapi tetep harus patuh protokol kesehatan

    ReplyDelete
  55. Pengen banget solo traveling meskipun udh ada 2 anak. Kyk me time gt. Semoga pandemi lekas selesai ya... kangen kemana2 ini

    ReplyDelete
  56. aku pun belum traveling nih, baru pulkam aja kmrn. dan kerasa sih, paling nyaman itu emang solo traveling, jadi ga begitu rikuh bawa barang bnayk ya

    ReplyDelete
  57. Sama nihh mbaa. Aku juga udah setahun lebih di rumah ajaaaa. Huhu. Kadang pengen bepergian, tapi masih was was juga. Tapi beberapa bulan lagi sepertinya bakal ada perjalanan jauh, catetin tips2nya dari sini ah

    ReplyDelete
  58. tipsnya manfaat banget kak. poin 3 dan 12.khsuusnya 12 gak hanya liburan skerag cuma mau ketemu teman bentar aja pasti dibawa .

    semoga jadi ikhtiar kita ya menjaga diri dan orang lain

    ReplyDelete
  59. Udah lama nih saya jalan-jalan ke tempat wisata di luar bekasi, semoga pandemi segera berakhir dan bisa pergi berwisata dengan normal lagi :)

    ReplyDelete
  60. Dulu sih bisa solo traveling kalo sekarang banyak rombongan wkwkwk

    ReplyDelete
  61. ngeri banget libura saat pandemi, aku milih yang sepi22 aja pokoknya, bahkan kelilin kota doang pun udah ngerasa cukup skrg, males kalau udah banyak org bejubel di tempat wisata ittu

    ReplyDelete
  62. Iya kalau liburan bagusnya bawa peralatan ibadah sendiri. Kan kita gak tau kalau mukenah yang ada di tempat umum itu dipakai sama yang positif covid.

    ReplyDelete
  63. Saya pernah mudik ke kampung jauh sebelum lebaran. Alhamdulillah aman saja, karena selalu menerapkan prokes dan jaga kesehatan tubuh, that is the most important things to do!! Tapiiii, saya nggak pake isoman. Kelamaan isomannya 14 hari, lah wong liburannya aja cuma 3 hari hahahahaha...

    But, anyway, makasih banyak atas tips liburan aman saat pandemi, recommended sekali bagi yang terpaksa harus bepergian saat pandemi. Thank you Mba...

    ReplyDelete
  64. Kunjungan di hari biasa, hahaha aku banget, dari dulu emang paling males klo disuruh umpel2an wisata, yang ada g nikmatin keindahan alam, tp nonton wisatawan yg berjubel

    ReplyDelete
  65. iya, memang agak ribet ya klo mau liburan pas pandemi gini
    tapi emang harus dilakukan biar lebih aman dan sehat

    ReplyDelete
  66. Iya loh kak mei, aku juga kangen banget traveling. Rasanya udah lama gak pernah ke mana-mana lagi. Makasih tipsnya kak. Aku pun lebih suka ke tempat yang sepi dan bukan di hari libur panjang. Ngalamin banget sebelum pandemi itu ruamenya kayak apa, eh sekarang makin mawas aja untuk sebisa mungkin menghindari keramaian.

    ReplyDelete
  67. setuju banget nih dengan poin-poinnya, apalagi yang no.3 juga no.6, duuh kalau kita selama ini udah berusaha selalu terapin prokes dengan baik, giliran destinasi tujuan kita orangnya disana padaa santuy duuhh rasanya garing banget deh.

    ReplyDelete
  68. Gaya aku banget nih, biasanya kalau rencana liburan biasa kami ambil bukan pada hari libur biar lebih menikmati tempat yg dikunjungi dan transportasi juga tidak macet, ini bahkan kami lakukan jauh sebelum pandemi ada

    ReplyDelete
  69. Komplit banget dan semua tipsnya sudah sesuai dengan protokol kesehatan tentunya. Asal kita bisa jaga kesehatan, semoga semua aman ya kak. Namun kalo kita masih punya keluarga dengan anak kecil dan lansia, lebih baik hindari dulu deh ke tempat yang banyak orang berkerumun.

    ReplyDelete
  70. waduh saya sangat kanget banget untuk liburan, tapi kondisi keuangan dan pandemi menjadi halangan ini tidak bisa kemana"

    ReplyDelete
  71. Di jaman sekarang memang lebih baik melakukan solo travelling. Atau minimal bareng keluargalah. Selain itu, alih-alih menggunakan angkutan umum mending pake mobil pribadi saja. Kalau nggak punya ya rental kepada perusahaan yang patuh protokol kesehatan deh. Maka travelling akan menjadi menyenangkan.

    ReplyDelete
  72. Iya juga ya, bukan hanya kitanya aja yang menerapkan prokes, tempat wisatanya pun juga. Sehingga sama-sama saling menjaga dan liburan bisa lebih nyaman dilakukan

    ReplyDelete
  73. Pesan tiket online dan transaksi dg nontunai ini membantu banget buat menjaga kesehatan berlibur di masa pandemi ya Mbak,, kita gak perlu antre dan berinteraksi seperti transaksi cash ya

    ReplyDelete
  74. Pandemi memang sekarang lebih ribet ya bawa bawanya tapi aku hepi jadi lebih merasa menjaga diri lebih baik Kak Mei. Tipsnya semuanya mantul dan sering aku praktekin

    ReplyDelete
  75. Awal pandemi di tahun 2020 lalu saya sempat kemah keluarga sama suami dan anak2, hanya berempat saja dan nyari lokasi yg bener2 gak populer jadi gak banyak yg datang. Lumayan menghibur dan menyegarkan suasana hati, meskipun persiapannya aduhai ribetnya.. Selama 2021 malah belum ke mana-mana. Sekarang malah semakin melejit begini angka korbannya, jadi ndekem di rumah lagi deh. Cari aman dulu sampai akhir tahun nanti.

    ReplyDelete
  76. Kangen traveling deh, semoga para traveler tetap jaga prokes sehingga perjalanan tidak membahayakan

    ReplyDelete
  77. Terima kasih tipsnya, Mbak. Saya belum pernah traveling selama pandemi ini. Jujur aja masih ada rasa takut dan trauma karena pernah sekali wisata ke sebuah tempat nggak jauh dari kota eh pulang dari situ ibu saya kena Covid. Tapi tipsnya bermanfaat nih, siapa tahu setelah kasus mereda tiba-tiba pengen traveling bisa praktikkan tips ini.

    ReplyDelete
  78. aku punya cerita soal liburan saat pandemi ini, tepatnya beberapa minggu yang lalu saat liburan ke salah satu destinasi. Perlengkapan sudah komplit, hanya salah saja aku pake celana pendek selutut. Kemudian diperjalanan ngelewatin tumpahan oli yang ditutupin pasir, dan jreng terjatuhlah.

    Jadi pesanku biar makin aman, selalu gunakan pakaian yang safety

    ReplyDelete
  79. Saya termasuk yang nyaman banget dengan Solo Traveling kak, enakan saja nggak perlu minta pendapat kepada orang lain tentang dimana harus nginap, makan ataupun rute wisatanya

    ReplyDelete
  80. Habis baca artikel ini, jadi makin mantap nih mau pergi liburan aman saat pandemi. Asalkan persiapannya dilakukan dengan benar, jalan-jalan juga tetap bisa aman dan menyenangkannya ya.

    ReplyDelete
  81. Isolasi mandiri dan cek antigen/swap sesudah bepergian terutama keluar kota ini sangat penting ya. Biar diri terjaga. Kalau mau mengunjungi saudara di kota lain juga tetap prokes. Jangan mentang2 sodara terus jadi santuy dan abai

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.