CARA DAFTAR KURSUS ONLINE SKILL ACADEMY BY RUANGGURU

Tahun 2020 menjadi tahun bersejarah untuk dunia teknologi. Dimana semua orang di dunia melakukan migrasi besar-besaran ke dunia teknologi. Sekolah, kuliah, kerja semua dilakukan dengan online, termasuk semua kegiatan seminar. Hal ini mendorong terciptanya digital platform secara huge, termasuk untuk proses pelatihan kerja yang diciptakan oleh Skill Academy yang dikembangkan oleh Ruangguru.

skill academy meimoodaema

Apa Itu Skill Academy by Ruangguru?

Skill Academy adalah digital platform yang berfokus pada pemberian pelayanan jasa dalam bidang pendidikan dan pelatihan berbasis online. Pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan softskill mulai dari bisnis hingga hobi. 

platform digital skill academy


Harga yang ditawarkan juga sangat affordable Paling penting, para instruktur ahli di bidangnya masing-masing. Kelas pelatihan dapat diikuti oleh mahasiswa, para pekerja, dan juga umum.

Digital platform  yang dikembangkan oleh Ruangguru ini, sudah mempunyai pengguna sebanyak 4 juta pada tahun 2020. Dengan mudah kita bisa mengunduh aplikasi Skill Academy. Kehebatannya bisa dilihat dengan pencapaian rating 5 dari para penggunanya. Pencapaian nilai tersebut membawanya mendapatkan penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Play Store.

Pilihan Kelas di Skill Academy

1. Kelas Mentoring

Kelas mentoring dikhususkan buat kamu yang ingin memasuki dunia profesional atau bimbingan karir. Seperti mentoring bagaimana mendapatkan pekerjaan, teknik lolos interview, membuat curiculum vitae (CV) yang menarik, dan membuat cover letter yang menjual.

Menjelang Imlek seperti saat ini, sedang ada Flash Sale Imlek dari Rp. 150.000-, menjadi Rp. 99.000-,.

2. Kelas Bisnis dan Keuangan

Kelas ini fokus pada pengembangan diri dalam dunia bisnis dan keuangan. Seperti kelas make up, kelas membuat produk untuk dijual, kelas perencanaan keuangan, strategi pemasaran, reksa dana, pelatihan dan pengembangan UMKM, merancang produk, investasi, dan masih banyak lainnya.

Seperti kelas lainnya, kelas Bisnis dan Keuangan juga banyak diskonnya. So, temukan kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Sehingga skill kamu makin terasah.

3. Kelas Pemasaran

Kelas ini akan membawa kamu meningkatkan keahlianmu dalam marketing. Bagaimana kamu berjualan di dunia E-commerce, strateginya seperti apa, bagaimana menjalankan promosi dan campaign.

kelas pemasaran di skill academy


Selain e-commerce, di kelas ini kamu juga bisa mempelajari bagaimana membuat konten marketing, atau bagaimana strategi bisnis online shop di media sosial, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pemasaran. 

4. Kelas Pengembangan Diri

Nah, ini pilihan pelatihan yang paling saya minati. Di kelas ini kamu bisa banyak belajar bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, bagaimana berbicara di depan umum atau public speaking, melatih skill membuat bahan promosi semisal dengan Canva, belajar korespondensi, atau melatih kemampuanmu menjadi seorang Master of Ceremony (MC). 

5. Kelas Teknologi dan Software

Dari nama kelasnya saja sudah jelas ya, kamu akan belajar banyak tentang dunia teknologi dan aplikasi. Di kelas ini peserta dapat memilih kelas pemrograman, meningkatkan skill dalam membuat presentasi, belajar tentang aplikasi, dan lainnya yang berkaitan dengan teknologi dan software.

6. Kelas Persiapan Tes

Kelas ini sangat bermanfaat buat kamu yang mau masuk dunia kerja atau melamar kerja sebagai PNS atau persiapan lanjut sekolah ke luar negeri. Pilihannya tentang TOEFL, IELTS, meningkatkan skill bahasa Inggris lainnya, atau persiapan try out CPNS.

7. Kelas Persiapan Prakerja

Kelas terakhir adalah kelas prakerja skill academy dikhususkan untuk kamu yang lolos mendapatkan Kartu Prakerja yang diadakan oleh pemerintah alias dana untuk pelatihan ditanggung oleh negara. Karena pemerintah sebagai penyedia Kartu Prakerja menunjuk kurang lebih 8 mitra swasta untuk bekerja sama dalam melakukan pelatihan kepada masyarakat yang lolos mendapat Kartu Prakerja. Salah satunya adalah Skill Academy by Ruangguru ini.

kelas prakerja skill academy meimoodaema


Mitra Lembaga Pendidikan Skill Academy

Untuk meningkatkan kualitas pelatihan, Skill Academy bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan swasta di Indonesia. Saat ini terdaftar sebanyak 47 mitra lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan aplikasi berating 5 ini. Seperti EF, English Today, Universitas Pelita Harapan, Papindo Education Center, Daily Meaning, Summit Healthcare, Lingkaran, dan lainnya. 

Sistem Pembayaran yang Mudah

Metode pembayaran di Skill Academy sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan e-wallet seperti OVO dan Gopay, bank transfer, virtual bank, dan juga kartu kredit. Atau membayar di merchant yang sudah kerjasama dengan Skill Academy seperti di minimarket seperti Indomaret, alfamart. Serta melalui e-commerce seperti Tokopedia.

Pengguna Jasa Skill Academy

Beberapa perusahaan besar di Indonesia baik swasta, BUMN, atau pun pemerintah sudah menggunakan jasa digital platform milik Adamas Belva Syah Devara ini. Seperti Kementerian PUPR, Telkom University, PGN, Tripatra, Pertamina, Tokopedia, Nestle, dan masih perusahaan besar lainnya. Artinya secara kualitas sudah tidak diragukan lagi.

Cara Daftar Skill Academy

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke web Skill Academy, pilih Daftar/Masuk, isi semua form isian dengan lengkap. Pastikan data isian sudah benar.

cara daftar akun skill academy


form isian akun skill academy


Selain mengisi isian form, kamu juga bisa membuat akun di Skill Academy dengan menggunakan login Facebook atau akun Google

Welcome to The Class

Setelah kamu terdaftar, kamu akan mendapatkan email notifikasi dari admin platform berbasis pendidikan dan pelatihan ini. Setelah mendapat email ini, kamu sudah mulai bisa membeli paket pelatihan yang kamu butuhkan.

Saatnya kamu mulai berselancar mencari pelatihan yang kamu minati dan kamu butuhkan.

Manfaatkan Promo atau Voucher

Setelah menemukan pelatihan yang cocok, lakukan pembayaran. Siapa yang suka promo atau voucher? Nah jika kamu salah satunya, kamu bisa memanfaatkannya. 

promo di skill academy


Karena banyak promo dan voucher yang bisa kamu gunakan. Sehingga kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Potongan harga yang didapat lumayan bisa digunakan untuk kelas lainnya. Be smart ya.

Kesimpulan

Buat kamu yang ingin upgrade kemampuan softskill kamu, digital platform Skill Academy sangat tepat untuk jadi pilihan kamu. Selain harganya sangat terjangkau dan ekonomis, instruktur yang membantu kamu juga mahir di bidangnya masing-masing. 

Apalagi buat kamu yang lolos prakerja dari pemerintah, kelas Prakerja Skill Academy sangat cocok buat kamu. Selain itu, kamu akan mendapatkan sertifikat gratis setelah kamu selesai mengikuti pelatihan. Nah tertarik kan setelah membaca review aku untuk mendaftar kursus online di Skill Academy.

34 Comment

  1. sepakat banget mbak Mei, kl kelas online di Skill Academy ini buanyak pilihan. dari semua bidang ada.... aku pun suka banget dengan kelas2 online Skill Academy, selain harganya yg worth it, mentornya juga ahli di bidangnya. pun materinya bisa kita akses lagi :D

    ReplyDelete
  2. Sering banget lihat iklannya Skill Academy by Ruang Guru ini seliweran di ads laptop saya. Pasti populer banget. Saya lihat kelasnya banyak banget yang mendukung pelaku UMKM baru, khususnya kelas bisnis keuangan dan pemasaran.

    ReplyDelete
  3. Gampang ya mbak ternyata daftar di Skill Academy. Btw, aku pingin banget bisa ikutan kelas pengembangan diri yang public speaking deh. Secara masih kurang banget ilmunya, dan belum pede untuk ngomong di depan banyak org. hehehe

    ReplyDelete
  4. Selama pandemi ini jadi mudah ya ngikut kursus-kursus gitu. Nggak perlu ke tempat guru. Langsung beli aja kursus online. Sangat memudahkan eh. Apalagi kan harga-harganya nggak begitu mahal jika dibandingkan dengan hasil yang kita peroleh nantinya. Skill kan perlu banget di masa serba sulit seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  5. Betul Mbak, saya makin tertarik ikut pelatihan pengembangan diri nya. Iya pandemi entah sampai kapan tapi kita ga mungkin diam saja kan ya. Terus upgrade diri, mungkin bisa jadi lebih manfaat buat kita...
    Semoga pandemi segera berakhir ya

    ReplyDelete
  6. Skill Academy ini memang recommended banget. Aku pernah ikut kelas copy writing di SA ini. Narsumnya berkelas, materinya ndaging dan lengkap banget. Webnya juga user friendly. Nyaman banget. Jadi kangen belajar online di SA lagi.

    ReplyDelete
  7. Semakin seru dan semakin mudah untuk meningkatkan kapasitas diri, sekarang tinggal via online saja

    ReplyDelete
  8. Banyak pilihan kelas yang bisa diambil di Skill Academy rupanya. Apalagi Skill Academy ini keluaran dari Ruangguru juga. Terpercaya ya.

    ReplyDelete
  9. Kelas online di Skill Academy banyak pilihannya ya, harganya juga terjangkau dan daftarnya juga mudah, jadi tertarik buat ikutan salah satu kelasnya siapa tau bermanfaat untuk pekerjaan saya nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku inget pertama kali aku daftar Skill Academy tahun lalu, awal-awal pandemi. Gara-gara kebacut obrolan teman-teman di klub developer website, mereka nyebarin link kelas yang baru dibuka oleh Skill Academy.

      Kelas yang kuambil kebanyakan berupa kelas-kelas pemasaran. Harga-harga yang kuambil kebanyakan harga promo. Skill Academy ini lucu, tiap kali aku habis menyelesaikan sebuah kelas, aku ditawari promo berupa diskon untuk ikut kelas lainnya. Lama-lama aku jadi paham standar biaya kelas online itu berapa, hahaha..

      Delete
  10. kemarin sempat dapat prakerja dan ikut di skill academy, emang enak banget :) beda dari yang lain deh hehe..

    ReplyDelete
  11. Wohh bisa masuk prakerja juga ini yaah. Bisa nih aku forward ke temenku yang dapat prakerja dan bingung mau kursus apa yang mau diambil

    ReplyDelete
  12. Menarik dengan banyaknya pilihan kelas di Skill Academy. Saya pun pernah ikut daftar kelas online nya beberapa kali. Cara-caranya mudah dan pastinya bisa dicoba oleh banyak orang juga ya kan.

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ini tuk nambah² skill y.. btw periode daftar bisa anytime atau ada waktu² tertentu?

    ReplyDelete
  14. Memang paling asyik memanfaatkan voucher dan diskon nih kak untuk beli kelas di Skill Academy. Harga kelasnya beneran murah banget nih kena potongan.

    ReplyDelete
  15. Nah kebetulan ponakan baru lulus bingng mau ngapain nanti saya minta course aja di Skill Academy Ruangguru sambil tambah keahlian mantaplah infonya

    ReplyDelete
  16. makin banyak kelasnya makin bingung, berasa semuanya pengen dibeli wkwkwk tp nunggu diskon haha lumayan banget sih sertifikatnya juga. apalagi untuk bloger, kelas SEO itu sepertinya perlu dipelajari ya hehe

    ReplyDelete
  17. saya pertama kali belajar di Skill Academy tahun lalu, seneng banget bisa belajar langsung dari praktisinya, dan cara daftarnya juga mudah ya Mbak Mei, tfs Mbasay...

    ReplyDelete
  18. Car mendaftar ternyata tidak sulit ya mba.
    Dan yang oalpal menyenangkan adalah walaupun selama WFH kita bisa mengikuti kursus yang pengajarnya keren-keren banget

    ReplyDelete
  19. lengkap sekali penjabaran tentang skill academy, kursus online berupa aplikasi yang memudahkan untuk mengupgrade skill yang dimiliki ataupun baru

    ReplyDelete
  20. kalau dilihat dari pilihan kelas belajarnya ada banyak bidang yang bisa diikutin ya. ternyata ada kelas makeup juga dan cara daftar cukup mudah dengan biaya yang terjangkau pula.

    ReplyDelete
  21. Dengan memanfaatkan promo, Skill Academy menjadi lebih terjangkau yaa..
    Yang ditawarkan juga banyak, memungkinkan untuk mengikuti banyak kelas dan bersiap mengaplikasikan ilmunya di dunia nyata.

    ReplyDelete
  22. menarik nih bisa nambah ilmu apalagi kalo ada promonya gini jadi makin untung juga nih ilmu dapat dengan pembayaran yang mudah pula

    ReplyDelete
  23. recomended bgt untuk pelatihan si Skill Academy ini karena semua materinya bisa diakses selamanya dan jadwalnya juga secara online, bisa dilakukan di malam hari

    ReplyDelete
  24. jadi walaupun pandemi, tetep bisa eksis dan menambah ilmu secara online ya mbak :)

    ReplyDelete
  25. Pengen juga sih ikut2 kursus kayak gini. Tp waktu masih belum memungkinkan, mungkin kalo anak2 aku udah bisa mandiri aku bs lebih leluasa ikut kelas online seperti ini.

    ReplyDelete
  26. Keren banget ya Mbak Mei program Skill Academy ini. Banyak pilihan kelasnya, banyak manfaatnya yang bisa didapat peserta.

    ReplyDelete
  27. Wahh menarik bgd kirain ruang guru cm buat anak anak sekolah aja skrn ada kls kls program skill academy ky gni. Bagus bgd

    ReplyDelete
  28. Baru tau ruang guru ada skill academiynya... wah beberapa tahun lagi nih aku juga hars cari2 info buat tambahan anak skolah online yg masih bikin sedihhh

    ReplyDelete
  29. ruang guru ternyata lanjutannya skill academy ya mba masih satu naungan. Benar-benar concern ke pendidikan dan banyak yang terbantukan Alhamdulillah pengen coba semua kelasnya

    ReplyDelete
  30. Dimasa pandemi ini yang aku syukuri adalah teknologi seperti sudah bersiap untuk itu jadi semua hal bisa tetap dilakukan tidak semua sih tapi paling engga ga vakum-vakum banget.

    ReplyDelete
  31. kaget juga pas buka buka skill academy ternyata harganya terjangkau semua. mau belajar apapun kayak desain atau ilmu pengembangan diri ada, sukaaa

    ReplyDelete
  32. Menimba ilmu saat pandemi gak perlu keluar rumah lagi ya. Bisa via skill academy ini apalagi buat yang punya kartu prakerja. Senangnya.

    ReplyDelete
  33. Salah satu aplikasi bermanfaat selama masa pandemi nih kak, soal2 latihannya juga relate😊😊😊

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.