GEMBIRA LOKA ZOO JOGJAKARTA, TEMPAT WISATA KELUARGA

Selama tinggal di Jogja, sebenarnya ga kepikiran berkunjung ke Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Tiba-tiba saja teman saya, Vita ajak saya ke tempat ini. Sebenarnya tempat ini lebih cocok untuk liburan keluarga dan anak-anak. Tapi gapapa lah ya seusiaan aku liburan ke kebun binatang. Ternyata pas udah ke sana seru juga, bisa bertemu dan mengenal binatang-binatang.

Hari itu sepulang dari makan rujak es terkenal di Prawirotaman, tersirat aja pergi ke kebun binatang Gembira Loka ini. Di tengah hari siang bolong saat matahari sedang tinggi-tingginya, aku di bonceng Vita pergi ke kebun binatang ini. Setibanya di sana, cukup sepi, karena pas weekdays. Setelah memarkir motor, kami langsung menuju tempat tiket. Tanpa antrian panjang kami sudah mendapatkan tiket itu.


gembiraloka zoo yogyakarta
Foto taken by Vita


Kami kemudian menuju pintu masuk, beberapa penjaga tersenyum ramah menyambut kedatangan kami. Dan meminta tiket kami untuk disobek sebagai tanda kalau kami sudah dicek dan bisa masuk ke area yang lebih banyak pengunjungnya anak-anak ini. Eh ga anak-anak aja sih, banyak orangtua juga yang mengunjungi kebun binatang satu-satunya di Yogyakarta ini.


pintu masuk gembira loka yogya


Baca juga: Traveling Ke Perbatasan Entikong, Indonesia Malaysia

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1933 atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Awalnya diberi nama Kebun Rojo. Tujuannya adalah untuk menciptakan tempat hiburan untuk warga Yogyakarta. Kemudian pembangunan kebun binatang ini dilanjutkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang desainnya dibantu oleh salah satu arsitek ternama dari Belanda, yaitu Ir. Karsten.

gembiraloka sarana hiburan warga jogja


Cerita panjang perjalanan pembangunan kebun binatang ini berakhir pada tahun 1978, di bawah pimpinan Tirtowinoto, Gembira Loka menjadi tempat hiburan bagi masyarakat Jogja yang mempunyai koleksi binatang lengkap.

Apa saja yang bisa kita nikmati

Spot Foto

Nah salah satu atraksi wisata yang dapat dinikmati di kebun binatang ini adalah beberapa spot foto yang kece berlatar belakang alam, pohon-pohon, dan juga binatang. Bisa juga berlatar belakang sungai atau danau.

gembira loka yogyakarta
Foto taken by Vita


Bersua dengan binatang

Nah ini adalah atraksi utama dari destinasi wisata ini yaitu binatang. Kita bisa berinteraksi dengan mereka secara langsung dan ditemani oleh para ahli yang sudah terlatih, sehingga aman jika bapak/ibu ingin anak-anaknya berinteraksi dengan binatang-binatang di tempat ini.  Seperti Onta Tunggang, Petting Zoo, Gajah Tunggang, Kolam Sentuh, Kolam tangkap, dan Terapi Ikan. 


tunggang gajah di gembira loka Yogya


Selain itu, Gembira Loka menyediakan atraksi interaksi, dimana kita bisa melihat binatang pada saat feeding time, bird show, interaksi reptile. Ada juga loh untuk menambah wawasan kita dan anak-anak, ada atraksi presentasi dan edukasi satwa. Nah ini bagus banget jangan sampai dilewatkan. Jangan lupa cari jadwalnya ya.

bird watching gembira loka yogya
Foto taken by Vita


Permainan

Ada juga atraksi yang melatih fisik anak seperti Skuter Air, Perahu Kayuh, Ninebot, ATV, Bumper Boot, dan lainnya. Pokoknya bakalan seru deh menghabiskan waktu di sini bersama anak-anak. 


penyewaan atv gembira loka yogyakarta
Tempat penyewaan ATV


Apalagi di tempat ini juga ada konservasi. Bagus sekali untuk belajar bagi kita dan anak-anak.

Museum Satwa

Selain area konservasi, kawasan wisata ini juga menyediakan museum satwa. Pengunjung dapat melihat beberapa binatang yang sudah diawetkan dan juga foto. Bisa menambah wawasan kita juga loh ini, untuk mengenal binatang.

museum satwa gembira loka yogya


Gerai Souvenir

Di kebun binatang yang libur tiap hari Jumat ini, kita juga dapat menemukan beberapa souvenir khas buatan warga Yogyakarta. Seperti payung, boneka, kaos, topi, kemeja polo, miniatur candi, dan manik-manik, dan lainnya. Harganya masih cukup terjangkau menurut saya. Dengan membeli souvenir di sini, kita sudah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogya.

geai souvenir gembira loka yogya


Pemandangan alam

Salah satu atraksi wisata paling menarik buat saya adalah, kita bisa menikmati pemandangan luas yang hijau. Di kebun binatang ini, masih banyak pohon-pohon besar yang hijau. Membuat tempat wisata ini sangat adem dan asri. Kita bisa duduk cantik di bawah pohon-pohon tersebut.

view alam gembira loka yogya


Beberapa tempat sudah disediakan kursi. Bisa sambil makan cemilan juga, menghirup udara segar. Senangnya.

Mayang Tirta

Salah satu atraksi menarik di gembira loka yang unik tersedia Mayang Tirta, yaitu sebuah restoran di atas danau buatan berbentuk kapal. Fungsi utamanya adalah restoran tempat makan namun bisa juga digunakan untuk rapat, wahana bermain, panggung, dan hall.


mayang tirta gembira loka yogya


Mayang tirta mampu menampung 200 orang dan mempunyai desain tema nautikal dengan gaya post-modern.


Baca juga: Garden of Dream, Taman Oase Di Tengah Kota Kathmandu, Nepal


Harga tiket

Senin - Kamis  Rp. 60.000-,
Sabtu, Minggu, Libur Nasional Rp. 75.000-,

Jam buka tutup

Senin - Kamis pukul 09.00 - 15.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional pukul 08.30 - 16.00 WIB
Jumat libur

Fasilitas

  1. Area parkir
  2. Pintu masuk
  3. Keamanan
  4. Loket tiket
  5. Toilet
  6. Sarana ibadah
  7. Foodcourt/kuliner
  8. Akses internet
  9. Gelang anak
  10. Wifi
  11. Tempat souvenir
  12. Stroller bayi
  13. Kursi roda
  14. Tourist information
  15. Mayang tirta

Alamat Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Jalan Kebun Raya No.2 Yogyakarta 55171

Dari kota Yogyakarta dengan menggunakan motor membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit saja. Sangat mudah dijangkau karena berada di area jalan raya besar.

So?

Tempat wisata Gembira Loka Zoo yang terletak di Yogyakarta ini sangat bagus untuk mengenalkan ke anak-anak tentang dunia binatang dan tumbuhan. Apalagi didalamnya ada atraksi edukasi, bakal menambah wawasan orangtua dan anak-anak.

32 Comment

  1. Menarik ulasannya. Di era pandemi ini, Jam operasional kebun binatang kembali normal, tentunya dengan prokes. Melihat fasilitasnya sampai ada WiFi, fasilitas untuk anak kecil, dan lainnya, kebun binatang ini telah berbenah agar terlihat kekinian

    ReplyDelete
  2. Wah, berubah banyak ya. Saya pernah ke sana pas jaman kuliah. Sekarang segitu kerennya. Duh kapan bisa ke sana lagi?

    ReplyDelete
  3. Jogya ada saja yang baru dan belum saya kunjungi. Seperti tempat ini baru tahu dari membaca blog ini. Sangat menarik. Lain kali ke Jogya bisa betkunjung ke Gembira Loka Zoo. Dari photo photonya lokasi ini nyaman juga buat anak anak.

    ReplyDelete
  4. Sayang banget pas ke Yogya aku gak ke kebun binatang itu mbak. Mudahan next time bisa main ke gembira Loka. Ammiin

    ReplyDelete
  5. Pas ke Jogya belum sempat datangi destinasi yang satu ini. Semoga kalau ada kesempatan kesana lagi bisa mengunjunhi wahananya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wah seger banget area nya banyak pohon.. fasilitas juga banyak nih ide bagus buat jalan² santai sama keluarga juga ada edukasi binatang buat anak-anak

    ReplyDelete
  8. Wah di Yogya ternyata ada tempat yang begini... nice info kak. Masukin list liburan 🤭

    ReplyDelete
  9. Lengkap fasilitas kebun binatangnya, Kak. Di Garut juga ada kebun binatang, tetapi tidak selengkap itu. Anak-anak saya pasti enggak mau pulang-pulang kalau diajak ke sana 😅

    ReplyDelete
  10. Destinasinya sik juga ya kak, banyak pilihan, sepertinya seru seru untuk keluarga. Apalagi di Jogja perkembangan dunia wisata sangat cepat, banyak destinasi baru lainnya juga.

    ReplyDelete
  11. Gembira Loka... terakhir ke sana pas masih masa kuliah di Jogja. Ya ampun udah lebih dari 10 tahun lalu. Omong-omong rujak es krim Prawirotamannya sebelah manakah? Saya taunya rujak es krim yang di Pakualaman 🥰😆

    ReplyDelete
  12. Saya selalu penasaran dengan kebun bintang ini karena kerap masuk dalam tulisan yang pernah dibaca kala anak-anak dan remaja.

    Tidak tahu bentuknya bagaimana tapi populer di masa lalu juga.

    Ternyata sekarang lebih menarik dan lengkap. Bikin penasaran saja sebab fasilitas yang ada di dalamnya memang kebutuhan keluarga.

    Anak-anak akan sangat antusias. Bermain seru sambil mempelajari sesuatu itu adalah kenangan yang menyenangkan bagi setiap keluarga.


    Bermain di Kebun Binatang Gembiraloka
    Referensi bagus untuk dikunjungi juga jika suatu saat nanti bisa keliling Yogyakarta.

    ReplyDelete
  13. Kebun binatangnya lumayan lama berdiri ya, proses pembangunannya juga lumayan lama tapi syukurlah masih terawat dengan baik, kalau dibandingkan dengan kebun binatang propinsi lainnya

    ReplyDelete
  14. Kebun Binatang Gembira Loka Jogjakarta gede banget ya. Wisata edukatif ini memang perlu dilestarikan agar bisa jadi penambah wawasan dari generasi ke generasi. Di Mayang Tirta kayaknya perlu di review buat kulineran-nya mbak

    ReplyDelete
  15. wah lumayan gede ya Kebun Binatang Gembira Loka ini mba, anakku cuma pernah 1x ke kebun binatang dan 1x ke taman safari hahaa kasian ya

    ReplyDelete
  16. selama berkunjung ke Yogya aku belum pernah mengunjungi gembira loka zoo di yogyakarta ini

    ReplyDelete
  17. menarik tempatnya bisa buat ajak keluarga bisa refreshing pikiran sejenak dan juga mengenalkan anak sama hewan nih

    ReplyDelete
  18. udh lama banget ga ksana, trakhir ksana kayanya ga ky gni bentuknya, udah bagus ya skrn

    ReplyDelete
  19. Padahal nih kalau ke Yogyakarta aku selalu penasaran banget pengen bawa anakku kesini tapi gak pernah kesampaian. Semoga nanti pas balik lagi ke Yogyakarta bisa mampir sini.

    ReplyDelete
  20. Baru sekali ke yogya dan belum sempat mampir ke tempat ini. Tp aku plg senang sama daerah malioboro dan alun2nya

    ReplyDelete
  21. Wah asik banget nihhh sepertinya selain bisa melihat berbagai macam satwa, liat suasananya kayanya adem dan enak banget ya untuk refreshing kak... ^^

    ReplyDelete
  22. Suasananya kayak adem gitu ya banyak tanaman hijau. Boleh nih kalo ke Jogja mampir ke sini hehe.

    ReplyDelete
  23. aku agak nyesal sih karena dulu 2 tahunan di jogja belum pernah ke gembira loka. suamiku gamau nih aku ajak ke sanaa haha.. maunya mantaiii muluuu ke daerah gunung kidul

    ReplyDelete
  24. Ternyataa bagus juga yaa kebun binatang Gumbira Loka, kalau ajak anak-anak kesana pasti suka deh

    ReplyDelete
  25. Waah aku baru tau ada Gembira Loka Zoo ini di Yogyakarta, kapan-kapan kalo ke Yogya mau juga ah mampir kesini hihi

    ReplyDelete
  26. Ngelihat Gembira Loka begini aku jadi inget janji ke anak-anak untuk main ke Kebun Binatang. Tapinya keburu pandemi. Huhu enggak tahu kapan deh bisa ke sana. Masih khawatir nih di sini. Ramen aja Kebun Binatangnya

    ReplyDelete
  27. Gembira Loka kalau buat wisatawan luaf Yogya keknya kurang populer. Tapi buat emak2 kek aku yg bawa anak2 ini kyknya bakal jd tujuan favorit. Moga nanti bisa ke sana saat bisa ke Yogya lagi.Udah lama sekali ya berdirinya kebun binatang ini.

    ReplyDelete
  28. Aku salfok dengan pemandangannya, bagus banget! Malah kesana mungkin aku foto2 di area tanamannya ketimbang sama hewan ahaah

    ReplyDelete
  29. Kapan ya terakhir kali aku ke gembira loka ini, dan ternyata udah banyak banget perubahannya, jadi pengen kesana lagi ajak anak

    ReplyDelete
  30. Terakhir aku ke zoo kayaknya 2018 deh, sejak pademi aku ga mau ke zoo lagi.. kesian binatangnya :(

    ReplyDelete
  31. duluuuu banget ke sini, sekitar 2011-an. harga tiket masih sangat terjangkau, 11-12 dg HTM Kebun Binatang Surabaya. Sekarang jadi lumayan juga ya, soalnya di Sby masih 20rb-an. Tapi emang area yg di Gembira loka ini luas banget sih..

    ReplyDelete
  32. Udah lama ga main ke zoo. Gembira Loka ini termasuk yang masih ramai, harganya terjangkau yah soalnya. Baru tau kalo zo juga ada hari liburnya hehehe.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.