GEMBIRA LOKA ZOO JOGJAKARTA, TEMPAT WISATA KELUARGA

Selama tinggal di Jogja, sebenarnya ga kepikiran berkunjung ke Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Tiba-tiba saja teman saya, Vita ajak saya ke tempat ini. Sebenarnya tempat ini lebih cocok untuk liburan keluarga dan anak-anak. Tapi gapapa lah ya seusiaan aku liburan ke kebun binatang. Ternyata pas udah ke sana seru juga, bisa bertemu dan mengenal binatang-binatang.

Hari itu sepulang dari makan rujak es terkenal di Prawirotaman, tersirat aja pergi ke kebun binatang Gembira Loka ini. Di tengah hari siang bolong saat matahari sedang tinggi-tingginya, aku di bonceng Vita pergi ke kebun binatang ini. Setibanya di sana, cukup sepi, karena pas weekdays. Setelah memarkir motor, kami langsung menuju tempat tiket. Tanpa antrian panjang kami sudah mendapatkan tiket itu.


gembiraloka zoo yogyakarta
Foto taken by Vita


Kami kemudian menuju pintu masuk, beberapa penjaga tersenyum ramah menyambut kedatangan kami. Dan meminta tiket kami untuk disobek sebagai tanda kalau kami sudah dicek dan bisa masuk ke area yang lebih banyak pengunjungnya anak-anak ini. Eh ga anak-anak aja sih, banyak orangtua juga yang mengunjungi kebun binatang satu-satunya di Yogyakarta ini.


pintu masuk gembira loka yogya


Baca juga: Traveling Ke Perbatasan Entikong, Indonesia Malaysia

Sejarah Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1933 atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Awalnya diberi nama Kebun Rojo. Tujuannya adalah untuk menciptakan tempat hiburan untuk warga Yogyakarta. Kemudian pembangunan kebun binatang ini dilanjutkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang desainnya dibantu oleh salah satu arsitek ternama dari Belanda, yaitu Ir. Karsten.

gembiraloka sarana hiburan warga jogja


Cerita panjang perjalanan pembangunan kebun binatang ini berakhir pada tahun 1978, di bawah pimpinan Tirtowinoto, Gembira Loka menjadi tempat hiburan bagi masyarakat Jogja yang mempunyai koleksi binatang lengkap.

Apa saja yang bisa kita nikmati

Spot Foto

Nah salah satu atraksi wisata yang dapat dinikmati di kebun binatang ini adalah beberapa spot foto yang kece berlatar belakang alam, pohon-pohon, dan juga binatang. Bisa juga berlatar belakang sungai atau danau.

gembira loka yogyakarta
Foto taken by Vita


Bersua dengan binatang

Nah ini adalah atraksi utama dari destinasi wisata ini yaitu binatang. Kita bisa berinteraksi dengan mereka secara langsung dan ditemani oleh para ahli yang sudah terlatih, sehingga aman jika bapak/ibu ingin anak-anaknya berinteraksi dengan binatang-binatang di tempat ini.  Seperti Onta Tunggang, Petting Zoo, Gajah Tunggang, Kolam Sentuh, Kolam tangkap, dan Terapi Ikan. 


tunggang gajah di gembira loka Yogya


Selain itu, Gembira Loka menyediakan atraksi interaksi, dimana kita bisa melihat binatang pada saat feeding time, bird show, interaksi reptile. Ada juga loh untuk menambah wawasan kita dan anak-anak, ada atraksi presentasi dan edukasi satwa. Nah ini bagus banget jangan sampai dilewatkan. Jangan lupa cari jadwalnya ya.

bird watching gembira loka yogya
Foto taken by Vita


Permainan

Ada juga atraksi yang melatih fisik anak seperti Skuter Air, Perahu Kayuh, Ninebot, ATV, Bumper Boot, dan lainnya. Pokoknya bakalan seru deh menghabiskan waktu di sini bersama anak-anak. 


penyewaan atv gembira loka yogyakarta
Tempat penyewaan ATV


Apalagi di tempat ini juga ada konservasi. Bagus sekali untuk belajar bagi kita dan anak-anak.

Museum Satwa

Selain area konservasi, kawasan wisata ini juga menyediakan museum satwa. Pengunjung dapat melihat beberapa binatang yang sudah diawetkan dan juga foto. Bisa menambah wawasan kita juga loh ini, untuk mengenal binatang.

museum satwa gembira loka yogya


Gerai Souvenir

Di kebun binatang yang libur tiap hari Jumat ini, kita juga dapat menemukan beberapa souvenir khas buatan warga Yogyakarta. Seperti payung, boneka, kaos, topi, kemeja polo, miniatur candi, dan manik-manik, dan lainnya. Harganya masih cukup terjangkau menurut saya. Dengan membeli souvenir di sini, kita sudah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogya.

geai souvenir gembira loka yogya


Pemandangan alam

Salah satu atraksi wisata paling menarik buat saya adalah, kita bisa menikmati pemandangan luas yang hijau. Di kebun binatang ini, masih banyak pohon-pohon besar yang hijau. Membuat tempat wisata ini sangat adem dan asri. Kita bisa duduk cantik di bawah pohon-pohon tersebut.

view alam gembira loka yogya


Beberapa tempat sudah disediakan kursi. Bisa sambil makan cemilan juga, menghirup udara segar. Senangnya.

Mayang Tirta

Salah satu atraksi menarik di gembira loka yang unik tersedia Mayang Tirta, yaitu sebuah restoran di atas danau buatan berbentuk kapal. Fungsi utamanya adalah restoran tempat makan namun bisa juga digunakan untuk rapat, wahana bermain, panggung, dan hall.


mayang tirta gembira loka yogya


Mayang tirta mampu menampung 200 orang dan mempunyai desain tema nautikal dengan gaya post-modern.


Baca juga: Garden of Dream, Taman Oase Di Tengah Kota Kathmandu, Nepal


Harga tiket

Senin - Kamis  Rp. 60.000-,
Sabtu, Minggu, Libur Nasional Rp. 75.000-,

Jam buka tutup

Senin - Kamis pukul 09.00 - 15.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional pukul 08.30 - 16.00 WIB
Jumat libur

Fasilitas

  1. Area parkir
  2. Pintu masuk
  3. Keamanan
  4. Loket tiket
  5. Toilet
  6. Sarana ibadah
  7. Foodcourt/kuliner
  8. Akses internet
  9. Gelang anak
  10. Wifi
  11. Tempat souvenir
  12. Stroller bayi
  13. Kursi roda
  14. Tourist information
  15. Mayang tirta

Alamat Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Jalan Kebun Raya No.2 Yogyakarta 55171

Dari kota Yogyakarta dengan menggunakan motor membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit saja. Sangat mudah dijangkau karena berada di area jalan raya besar.

So?

Tempat wisata Gembira Loka Zoo yang terletak di Yogyakarta ini sangat bagus untuk mengenalkan ke anak-anak tentang dunia binatang dan tumbuhan. Apalagi didalamnya ada atraksi edukasi, bakal menambah wawasan orangtua dan anak-anak.

0 Comment

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.