KAWAH PUTIH CIWIDEY, WISATA MURAH DI KOTA BANDUNG

Pariwisata Bandung memang tidak ada habisnya. Hampir semua destinasi wisata di Bandung menjadi populer. Salah satunya adalah Kawah Putih Ciwidey. Lokasinya menuju arah selatan kota Bandung setelah kebun teh Rancabali. Tepatnya di Jalan Soreang - Ciwidey. Berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung.

kawah putih ciwidey bandung


Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Pada abad ke-10, terjadi letusan maha dahsyat yang terjadi karena olth Gunung Patuha. Ledakan kembali terjadi pada abad ke-12. Setelah terjadi ledakan itu, tidak ada masyarakat yang berani pergi ke sana karena dianggap angker. Kenapa? karena setiap binatang yang melintas di kawasan ledakan tersebut, selalu mati.

Sampai akhirnya datang seorang ahli botani dari Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn dan melakukan penelitian di tempat ini. Saat ahli botani ini naik ke arah puncak gunung di kawasan bersuhu dingin ini, dia melihat sebuah danau yang sangat indah.


kawah putih ciwidey bandung


Sehingga akhirnya masyarakat mengetahui bahwa ledakan Gunung Patuha membentuk sebuah danau yang mengeluarkan gas belerang yang kalau terhirup dalam waktu yang panjang bisa mengganggu pernapasan. 

Namun ledakan Gunung Patuha tersebut menghasilkan pemandangan yang sangat indah. Sebuah danau cantik dengan batuan di sekitar kawahnya berwarna putih, serta airnya berwarna putih kehijauan menambah eksotisme danau ini.


kawah putih ciwidey bandung kota


Karena keindahannya ini, tahun 1987 pemerintah melalui PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat dan Banten meresmikan tempat indah yang berada di kaki Gunung Patuha ini sebagai kawasan wisata dengan danaunya yang bisa berubah warna sesuai dengan cuaca. 

Eksotisme Kawah Putih Ciwidey

Keindahan destinasi wisata yang awalnya dikenal dengan nama Kawah Gunung Patuha ini sudah tidak diragukan lagi. Kenapa namanya menjadi Kawah Putih? Karena air di kawah ini berwarna putih. Sehingga perlahan orang mengenalnya sebagai Kawah Putih.


kawah putih gunung patuha


Setiap harinya, wisatawan selalu ramai. Pemandangan danau yang warnanya putih kehijauan itu menjadi atraksi utamanya. Dicampur dengan asap belerang menambah tempat wisata ini makin cantik dan eksotik. Bahkan saat ini sudah dibangun beberapa fasilitas dan spot foto yang membuat kawasan ini makin kece.

kawah putih ciwidey spot foto


Sewaktu saya ke sana, belum begitu banyak spot fotonya. Sehingga benar-benar menikmati keindahan alamnya tanpa harus diganggu dengan spot foto yang menarik banyak orang untuk berfoto. Benar-benar masih alami saat itu, meskipun sudah ada beberapa renovasi den perapian area wisata.

kawah putih ciwidey bandung


Sayangnya pas saya ke sana, cuaca kurang bersahabat, mendung. Jadi selama kurang lebih 1 jam di sana, semuanya berkabut dan sangat dingin. Hanya bisa melihat danau berwarna putih kehijauan itu diselimuti dengan kabut dan tidak bisa menikmati pemandangan lain di sekitar kawasan wisata yang berada di ketinggian 2194 mdpl ini.

Selain danaunya, kita juga bisa menikmati beberapa spot foto yang masih alami. Yaitu hutan di sekitar kawah yang luasnya 3 ha ini. Kita bisa berfoto di pinggir kawah dan diantara pohon-pohon tersebut. Sangat indah meskipun harus kedinginan.

spot foto di kawah putih


Akses menuju Kawah Putih Ciwidey

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, sekarang sudah ada tol dari Jakarta langsung menuju tol Soreang, sehingga jaraknya lebih dekat. Jadi rutenya dari arah Jakarta masuk ke tol Cipularang, dan keluar dari tol Soreang. Jadi jaraknya lebih mudah dan cepat.

Tapi kalau kamu menggunakan kendaraan umum, dari terminal Leuwi Panjang naik kendaraan ke arah terminal Ciwidey, lanjut lagi menuju terminal Situ Patenggang. Nah, teman-teman bisa turun langsung depan gerbang Kawah Putih Ciwidey. Setelah itu lanjutkan naik ontang anting menuju kawahnya.

ontang anting di kawah putih


Jam Buka

Senin - Minggu pukul 07.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk (HTM)

Wisatawan Domestik : Rp. 25.000-,
Wisatawan Mancanegara : Rp. 75.000-,
Kendaraan mobil parkir sampai dekat kawah Rp. 150.000-,

Harga Parkir

Parkir motor                  Rp. 10.000-,
Parkir mobil                  Rp. 15.000-,
Parkir bus/mini bus    Rp. 25.000-,

Fasilitas

  1. Tempat ibadah
  2. Resto atau tempat makan
  3. Area parkir
  4. Toilet
  5. Toko Souvenir
  6. Pusat informasi
  7. Kendaraan untuk naik ke kawah putih

Tips wisata ke Kawah Putih Ciwidey

  1. Suhunya sangat dingin, maka jangan lupa memakai pakaian hangat
  2. Berkunjung di weekdays akan lebih baik karena tidak begitu ramai
  3. Bawalah masker karena lokasi wisata ini mengandung belerang, dan jangan terlalu lama tinggal di area kawah ini, karena dapat mengganggu pernapasan.
  4. Minum air yang banyak karena kawasan ini dingin jangan sampai membuat kamu dehidrasi.
  5. JIka kamu pergi ke sana hanya beberapa orang, maka naiklah transportasi ontang anting karena harganya lebih murah dan parkir kendaraan di bawah. Daripada kamu parkir di atas karena harus membayar Rp. 150.000-,
  6. Gunakan pelindung alias sunblock untuk melindungi kulitmu, karena suhu dingin bisa membuat kulitmu kering.
  7. Gunakan sarung tangan, kupluk buat kamu yang tidak tahan dengan suhu dingin.
  8. Jangan lupa berikan kameramu pelindung, agar tidak rusak karena suhu dingin.



24 Comment

  1. wah rekomendasi wisata alam yang cocok juga ya untuk keluarga selain bisa menikmati keindahan alam juga bisa membuat kita bersyukur sambil ngajarin ke anaks sedari dini

    ReplyDelete
  2. terakhir ke Ciwidey tahun 2013 hahaha ampuunn udah lama pisan ya.. abis itu cukup jarang ke sana apalagi ke kawah putihnya, rindu deh

    ReplyDelete
  3. kangen ke kawah putih, ciwidey, tangkuban perahu, lembang dll hahaha duh kapan corona udahan sih yaaa

    ReplyDelete
  4. ya ampun aku blm pernah ke kawah putih Ciwidey mbak. pengen banget ih, eksotis banget ya. tp aku juga prefer foto2 di sopt2 alami daripada foto2 di spot selfie yang ala2 itu. hhh

    ReplyDelete
  5. Ya ampun kangen banget main ke Kawah Putih, lama banget kayaknya gak kesana. Aku lupa terakhir kesana tuh jaman masih awal-awal kerja dulu.

    ReplyDelete
  6. Jadi teringat 3x mencoba ke sana berujung kegagalan. Akhirnya belom pernah sampe ke kawah putih. Habis nikah, eh malah orangtua dan adik saya yang berhasil nyampe ke sana hahaha (soalnya pergi pas low season)

    ReplyDelete
  7. Huhu bikin kangen main ke Kawah Putin deh ih. Tapi sekarang lumayan rame nih tempat-tempat di Ciwidey itu. Padahal dari rumahku gak jauh. Setengah jam udah nyampe.

    ReplyDelete
  8. Kak Meeii...kapan pengen main ke Ciwidey.
    Aku belum pernah loo...hiiks~
    Katanya, akses menuju ke sana agak menantang yaa...

    Tapi keindahannya yaa..sampai jadi MV beberapa penyanyi Indonesia dan tempat syuting film juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belerangnya memang berbahaya yaa..
      Tapi beberapa orang memang malah mendekat dan berfoto di dekatnya.
      Indah sekali pemandangan Ciwidey yaa, kak Mei.

      Delete
  9. oemjiii udah lama banget nggak main ke kawah putih ciwidey iniii, rasanya udah 5 tahun lalu deh aku ke sini hihihi, udaranya dngin banget di sanaaa hihi

    ReplyDelete
  10. Kangen banget ke ciwidey udah lama gak ke bandung terakhir tahun 2015 kalau gak salah

    ReplyDelete
  11. Jadi inget film my heart, Ciwidey memang menjadi pesona yg luar biasa indah! Aku suka suasananya seperti di alam lain

    ReplyDelete
  12. Saya ke Kawah Putih awal tahun 2017 lalu, waktu itu ruameee banget. Pas juga lagi berkabut. Jadinya gak bisa benar2 menikmati keindahannya, hiks.

    ReplyDelete
  13. Informasi Kawah Putih yang lengkap. Foto fotonya bagus bagus. Jadi pengin ke sana lagi. Saya pernah sepedahan ke Kawah Putih dan naik dari Jalak Harupat dan finish di Jalak Harupat lagi.

    ReplyDelete
  14. kita kalau dari Jakarta masuknya wisatawan mancanegara ya.. hahahah... itu murah ya cuma 25rb. Enak nih dah dikasih tau rutenya kesana sama Mba Mei, kapan-kapan kalau dah reda pandemiknya jalan kesana. disimpen dulu aah

    ReplyDelete
  15. Udah lama banget gak ke kawah putih. Terakhir pas tahun 2015-an kali ya.. banyak kenangan indah di sana..

    ReplyDelete
  16. Aku trakhir ke sini sebelum nikah, dan tiketnya aja blm ada wktu itu hahahahah. Cuma seikhlasnya mba. Trus pas mau kesana lagi dan denger2 hrs bayar 150rb baik mobil, lgs ga jadi hahahaha.

    Tapi berarti mobil bayar segitu kalo parkir di atas yaaaa..

    Sbnrnya pengen sih kesana LG. Tp ntr deh, tunggu aman Mei :D. Anak2ku yg blm kesana.

    Udh makin cakep ya skr. Pas aku dulu blm ada spot foto dan ga terlalu terawat begini. Makanya jujur, aku ga mau DTG lagi, Krn buatku biasa. Tp ternyata udah dipercantik :)

    ReplyDelete
  17. cakep banget sih ini kawah putih, aku pengen banget ke bandung si tpi blom kesampaian aja. tar kalau jadi ke bandung salah satunya pasti wajib ke sini bagus banget.

    ReplyDelete
  18. Masyallah cantik banget kawahnya ya mbak. Mistis juga keliatannya 😍 eh bukan dalam artian seram tapi magical gitu. Waktu ke Bandung gak sempat ke sana

    ReplyDelete
  19. Kak Mei bisa ke sini tuh impian aku banget dari jaman SMA tapi belum keturutan
    pas 2019 lalu ke Bandung, belum sempet karena buru-buru hiks. Moga kalo apndemi udah usai bisa dolan ke sini

    ReplyDelete
  20. Bagus banget mang Kawah Putih di Ciwidey itu. Tapi sayangnya sama seperti mbak Mei, sewaktu aku kesana kabut tebal juga menutipi pemandangan kasah putih, alhasil cuman melihat sedikit dari keseluruhan kawah 🙈 Pengen banget untuk kembali kesana lagi biar bisa melihat kawahnya Ketika cuacanya bagus hehe

    ReplyDelete
  21. Ulala ini destinasi keinginanku udah lamaaaa, belum pernah ke sini huhu. Terjangkau pulak ya tiket masuknya, ini tuh rame banget grgr film Heart legend itu yaa wkwkkw

    ReplyDelete
  22. Ak belum pernah ke kawah putih ciwidey~ Padahal pernah mau ke sana, udah sampai pertigaan pasar di bawah kawah putih ciwidey, tapi malah hujan... akhirnya malah mampir aja ke rumah temen yang lokasinya cuma di belakang ruko-ruko pasar, dan makan kue balok tradisional di pasar sana

    ReplyDelete
  23. wish list pengen kesini dan tau tempat ini pertama kali dari film Hearts kalau ga salah
    langsung deh rasanya waktu itu banyak banget yang memberitakan soal kawah ini

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.