FITUR BARU RUANGBELAJAR BY RUANGGURU

Istilah belajar daring atau luring makin tak asing lagi bagi masyarakat di dunia, terlebih di era pandemi seperti saat ini. Hal ini juga sebagai bentuk dari perkembangan teknologi yang kian meningkat. Hal ini pula yang menyebabkan bermunculan kursus-kursus online yang sangat membantu siswa-siswi untuk memahami mata pelajaran disekolahnya secara online. Ruangbelajar by Ruangguru adalah salah satunya.

ruangbelajar by ruangguru meimoodaema

Keberadaan Ruangbelajar by Ruangguru sebagai tempat kursus online ini, tidak hanya membantu anak-anak, tapi juga orangtua terlebih saat PJJ seperti sekarang. Denger-denger katanya harganya sangat terjangkau loh, terus kualitas guru-gurunya juga nomor wahid, terus banyak promonya kata teman yang sudah daftarin anaknya. Duhh jadi penasaran ya, yuk kita kenalan dulu.

Yuk Kenalan dengan Ruangbelajar by Ruangguru

Sebelum lebih lanjut bahas Ruangbelajar, kita kenalan dulu dengan Ruanggurunya yuk. Ruangguru merupakan salah satu platform online berfokus pada pendidikan. Didirikan oleh Delva Devara dan Iman Usman pada tahun 2014. Keduanya pengusaha sukses dengan umur di bawah 30 tahun dan masuk dalam majalah Forbes 30 Under 30. Tahun 2019, mereka juga mendapatkan penghargaan dari Ernst & Young sebagai Emerging Entrepreuner. Wih keren kan?

Ruang guru saat ini memiliki lebih dari 22 juta pengguna dengan 300 ribu guru yang berkompeten dibidangnya. Selain itu lebih dari 100 bidang pelajaran ditawarkan bagi siswa-siswi yang membutuhkan. Kerennya lagi sudah bermitra dengan 32 provinsi di Indonesia loh.

Sederet penghargaan pun sudah diraih oleh start up terbaik di Indonesia di bidang pendidikan ini. Seperti Solver of MIT, Google Launchpad Accelerator, Atlassian Prize, ITU Global Industry Award, dan juga UNICEF Innovation to Watch. Makin penasaran kan buat ikutan kursus onlinenya?

Lalu bagaimana dengan Ruangbelajar by Ruangguru?

Nah, Ruangbelajar sendiri merupakan salah satu produk populer yang diciptakan oleh Ruangguru. Keberadaanya sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam belajar. 

Puluhan ribu video belajar dengan animasi yang menarik menjadi salah satu kunci keberhasilan produk ini. Selain itu juga banyak diskon yang ditawarkan di Ruangbelajar, yang bisa menghemat kantong ibu-ibu. Lalu kenapa kamu harus memilih Ruangbelajar by Ruangguru?

Pertama nilai kepuasan pengguna mencapai 9.3/10, artinya memang benar-benar satisfied  ya.
Kedua, 98% pengguna menyatakan jika Ruangbelajar sangat membantu persiapan ujian.
Ketiga, 96% siswa-siswi menganggap fitur belajar di Ruangbelajar lebih menarik ketimbang harus belajar di sekolah.
Keempat, 98% menganggap ruangbelajar sangat membantu mereka dalam memahami konsep.
Kelima, 98% siswa-siswi menyatakan setelah berlangganan Ruangbelajar selama 3 bulan, nilai mereka menjadi meningkat.

ruangbelajar by ruangguru

Wah keren kan, ini sih mimpi semua siswa dan para ibu ya. Sempat mengobrol juga dengan salah satu teman yang mendaftarkan anaknya di sini. Mereka benar-benar terbantu dengan adanya Ruangbelajar ini. Yuk buruan daftar dan install aplikasinya. Dan lihat-lihat fitur apa saja yang ada dan bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak belajar di rumah.

Apa saja Fitur Ruangbelajar by Ruangguru?

Hasil survei yang dilakukan oleh Ruangbelajar, 96% pengguna menganggap keberadaan Ruangbelajar lebih menarik dibanding belajar di sekolah. Hal ini dikarenakan memang fitur-fitur pada aplikasi daring ini semua pembelajaran dibuat semenarik mungkin. Supaya ga bosenin. Lalu fitur apa saja yang ada di Ruangbelajar by Ruangguru?

Ruangguru PET

Ada 3 karakter binatang yang tersedia untuk menemani belajar para siswa agar lebih menarik. Yaitu Komodo, Singa, dan si burung cantik Cendrawasih. Para siswa bisa memilih salah satunya agar belajarnya lebih menyenangkan. 

Ruangguru Adventure

Untuk membuat belajar lebih menyenangkan, Ruangbelajar sengaja menciptakan fitur adventure atau gamification. Nah pastinya ini ga bakal bikin belajar anak-anak bosan. Malahan lebih seru ya alias bikin penasaran buat mereka.

Jadwal Belajar

Serunya di aplikasi Ruangbelajar semua siswa bisa mengatur kapan belajar dan mengulang pelajarannya loh. Wah asik banget ya. Fitur ini juga dilengkapi dengan mata pelajaran, serta waktunya. Jadi berasa kayak punya asisten pribadi deh. Yang pastinya ini akan sangat membantu para siswa dalam belajarnya.

Asah Otak

Sudah bisa dibayangkan ya, fitur ini bakal bikin para siswa santai dengan menebak permainan yang ada di fitur ini. Tapi pastinya akan membuat mereka tetap belajar. Bermain sambil belajar intinya. Cocok untuk mendorong minat belajar siswa.

Bank Soal

Fitur ini akan membuat siswa-siswi banyak latihan soal-soal agar makin pintar. Para siswa dapat mendowloadnya dan bisa dipelajari kapan saja dimana saja. Seru kan? Jadi kalau pas koneksi internet hilang, don't worry mereka masih tetap bisa belajar ibu-ibu.

Laporan Belajar

Wuih, ada menu laporan belajarnya juga ternyata ya. Ini penting banget buat para momi untuk bisa mengontrol perkembangan atau hasil belajar anak-anaknya selama mengikuti kelas online ini. 

Adapto

Fitur ini baru saja rilis di awal Juli 2021 ini. Fitur ini membuat anak-anak belajar lebih interaktif dan sesuai dengan kemampuannya. 

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Sama dengan Adapto, fitur ini rilis awal Juli 2021. Fitur ini akan membantu siswa-siswi dalam mengontrol jadwal belajar menggunakan video agar tidak mengulang dari awal jika belajarnya terjeda.

Subtile Video

Fitur ini akan membantu siswa untuk merekam video pembelajaran yang telah mereka dapat sebanyak mungkin dengan menuliskan kata demi katanya.

Fitur Pencarian

Wah kalau ini sih memang sangat penting ya, untuk memudahkan siswa dalam mencari pembelajaran yang dibutuhkan dengan cepat.

Pet Mission

Fitur baru ini terdapat di halaman evolusi hewan peliharaan. Isinya berupa daftar misi harian. Kamu akan mendapatkan 1 batu evolusi hewan peliharaan kalau kamu dapat menyelesaikan 4 misi dalam seminggu. Wah makin seru ya belajarnya kalau ada gamesnya kayak begini.

pet mission ruangbelajar by ruangguru

Tes Minat Bakat

Fitur ini juga baru saja dirilis awal Juli 2021, yang berisi tentang tes minat pastinya ini adalah tes psikologi dengan bentuk tesnya RIASEC. Tes ini membantu para siswa dalam memilih karir yang tepat dengan kepribadian mereka. Tes ini juga akan mengukur kemampuan mereka dalam hal deduktif, aritmatika, spasial, induktif, termasuk reasoning. Dan pastinya hasil tes akan menunjukan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Kesimpulan

Ruangbelajar by Ruangguru merupakan platform digital terbaik di Indonesia di bidang pendidikan. Jadi sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk menunjang keberhasilan anak-anak dalam belajar. Mulai dari sistem belajar yang sangat baik, kualitas pengajar yang memang kompeten dibidangnya masing-masing, sampai dengan harga yang terjangkau. Hal ini terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraihnya.

Selain itu fitur yang ditawarkan juga sangat banyak, dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Jadi tunggu apalagi, yuk daftarkan anak-anak anda sekarang di Ruangbelajar by Ruangguru untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal belajar dan mendorong prestasinya. Punya pengalaman seputar Ruangbelajar?, yuk share di kolom komentar.

47 Comment

  1. aduuuh seru pisan yaa mba ini platformnya. Ada Ruang Guru adventure dan pet mission ya .. jadi anak - anak juga ngga jenih niiih

    ReplyDelete
  2. Ruang guru fiturnya bagus banget nih, apalagi di masa daring seperti ini. Membantu orang tua yang kesulitan waktu untuk mengajar anak-anak.

    ReplyDelete
  3. seru dan inovatif juga ini fiturnya jadinya anak gak bosen juga ya mbak, bisa nih disaranin sama muridku juga pake platform ini

    ReplyDelete
  4. RuangGuru makin inovatif. Sehingga tidak membosankan juga sangat membantu siswa dalam proses belajar selama masa pandemi ini

    ReplyDelete
  5. selama ini lihat iklan Ruangguru itu penasaran banget, pengen coba tapi gak ada untuk usia TK hihih, naah sekarang Si Kakak udah masuk SD, mau pakai Ruangguru juga ah buat menemani dia belajar apalagi sekarang masih PJJ nih.

    ReplyDelete
  6. Dengan adanya fitur ruang guru kayak gini bakal membantu banget ya buat anak2 yg lg PJJ online begini.

    ReplyDelete
  7. ruang belajar ini sungguh membantu orang tua yang mengawasi anaknya untuk belajar online setiap hari. BTW tes minat bakatnya penting banget buat dicobain, biasanya kan mahal nih

    ReplyDelete
  8. Wah makin inovasi aja nih ruang guru.. salah satu hal yang penting itu bank soal sih ya.. soalnya dari situ kita bisa banyak belajar soal-soal yang pernah atau diprediksi keluar.

    ReplyDelete
  9. Wah tingkat kepuasan pemakai jasa RuangGuru tinggi ya jadi wajar bnyk ortu yg menitipkan anaknya untuk belajar di Ruang Guru.

    ReplyDelete
  10. ruangbelajar ini bagus, mba. adek sepupuku pakai sejak tahun 2019 sampai dia lulus sma dan dapat kampus favoritnya. jujur kami sangat terbantu sama aplikasi online kayak gini.. kontennya oke, lebih hemat juga :D

    ReplyDelete
  11. Ruangguru memang sangat membantu dalam pembelajaran jarak jauh seperti saat ini.
    Karena semua serba online, maka pemahaman anak-anak dengan media belajar yang disediakan ini oke banget.
    Aku juga pakai ruangbelajar dari ruangguru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi belajar online terbaik saat ini memang ruangguru yaa..
      Fiturnya semakin banyak dan menyenangkan. Serasa tau banget yang anak-anak suka itu apa..

      Delete
  12. Runang guru sih ga perlu dipertnyakan lg ya, kayaknya sih ini emg the best klo mau blajar daring, tingkat kepuasaan nya aja tinggi bgt kn tuh

    ReplyDelete
  13. Waah baru tau nih aku, makin keren aja nih Ruang Guru fitur-fiturnya semakin lengkap dan belajar jadi lebih seru yaa

    ReplyDelete
  14. Waah jadi pengen daftarin adikku nih, dia setahun lagi lulus sekolahnya. Ruangguru bisa bikin dia jadi fokus belajar nantinya, apalagi buat menghadapi ujian.

    ReplyDelete
  15. Teknologi tuh bener-bener keren yah.. jamanku sma belum ada ruang guru, pas kuliah tiba2 mereka booming bangeet! Kerenn

    ReplyDelete
  16. Kok jadi aku yang semangat pengen belajar ya mba haha. Apalagi liat petnya lucu bangettt. Siapa yang ngga betah belajar coba, jadi inget mainan tamagochiku zaman SD haha

    ReplyDelete
  17. Menggunakan layanan ruangguru ini sangat berguna banget di masa pandemi ini. Sejak awal pandemi, aku merasa bersyukur Indonesia sudah mulai ada ruangguru, sekarang makin banyak jenis layanannya.

    ReplyDelete
  18. Aku senang dari Ruanguru ini selalu ada inovasi. Termasuk mengembangkan ruangbelajar. Ada banyak keuntungan pastinya yang diperoleh ya

    ReplyDelete
  19. Pas banget nih anakku tahun ini bakalan lulus sekolah, bisa belajar dengan ruangguru ini ya. Perlu loh latihan soal dan mendapat bimbingan yang lebih intensif.

    ReplyDelete
  20. seru banget ini, belajar serasa bermain rasanya. Semoga dengan ini membuat para siswa tetap semangat belajar ya meski di rumah saja.

    ReplyDelete
  21. Ruangguru ini fiturnya cukup menarik ya. Selain bisa belajar online ada game yg menarik.

    ReplyDelete
  22. Menurut daku belajar bareng ruangguru asiknya itu bisa kapan aja. Terus juga soal² latihan bisa dikerjakan dan diunduh sehingga banyak referensi soal

    ReplyDelete
  23. Wah lebih seru dan informatif ya kak saat ini. Belajar bisa kapan aja, proses belajarnya juga sesantai itu ya k.

    ReplyDelete
  24. iri sama anak jaman sekarang, belajar jadi lebih mudah dengan kehadiran inovasi pendidikan dengan teknologi seperti aplikasi belajar dari ruangguru ini

    ReplyDelete
  25. Nggak rugi langganan Ruangguru
    selalu update fitur fiturnya
    termasuk fitur Ruangbelajar ini ya mbak
    lengkap dan variatif

    ReplyDelete
  26. Ruang Guru udh bnyk dipercaya oleh wali murid. Layanan belajar online yg profesional. Jd pngen deh masukin anak di Ruang Guru.

    ReplyDelete
  27. Asiknya belajar di Ruangbelajar by Ruangguru.

    Aku tadi baru aja kepoin Adapto. Asik banget karena gaya belajar tiap peserta belajar juga bisa dipelajari. Apa ia tipe SKS apa belajar dari jauh hari. Jadi siswa bisa memilih gaya belajar sesuai apa yang dia suka dan nyaman. Asik banget.

    Tadi nih baru banget nonton infonya yang juga memunculkan Prilly sebagai brand ambassador-nya.

    ReplyDelete
  28. Wah fiturnya keren keren ya, apalagi ada ruang guru adventure, cocok nih buat anak saya
    Edisi lagi nyari bimbel online soalnya tahun depan ujian, gabung ruang guru kayaknya asyik nih bikin anak ga bosen belajar

    ReplyDelete
  29. Ruang guru ini luar biasa banyak pilihan kelasnya ya Kak. Jadi bisa milih sesuai yang mana

    ReplyDelete
  30. Wah banyak dan lengkap sekali fitur ruang guru. Pad mission itu menarik banget nih buat anak. Jadi kaya sejenis game yang bikin anak-anak tertantang untuk menyelesaikan. Padahal aslinya belajar.

    ReplyDelete
  31. teryata fiturnya selama ini sebanyak itu ya, karena biasanya cuma denger dan tau dari acara acara di tv aja.

    ReplyDelete
  32. seru banget ternyata, jadi kayak main sambil belajar gitu yaa.. kebetulan adik aku baru naik kelas 12, bisa coba belajar buat masuk univ dari ruangguru ini yaa ^^

    ReplyDelete
  33. Ruangguru makin berinovasi untuk memudahkan anak-anak belajar apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  34. Paling keren Pet Mission deh kayaknya.

    ReplyDelete
  35. Setujuuu, untuk saat ini ruangguru itu yg terbaik sih dlm hal bimbingan online. Aku pernah sekali download, dan mencoba fitur2 nya. Tapi memang aku blm berfikir buat langganan Krn ngerasa pelajaran anakku yg skr msh bisa aku handle Mei. Cm nanti kalo udh semakin susah, apalagi matematika tuh :p, aku bakal pake ruang guru aja sih. Drpd cari2 bimbel yg ga jelas. Soalnya ruang guru ini termasuk yg user friendly bangetttt

    ReplyDelete
  36. Akupun berlangganan inih mumpung lagi diskon 60% alhamdulillah sikecil ketagihan jawb soal kuis dll karena stickernya sll notif jd semangat trs

    ReplyDelete
  37. Pengen cari info lebih banyak lagi deh tentang Ruang Belajar, pengen langganan buat anak kedua ku agak keteteran nih math nya di sekolah

    ReplyDelete
  38. Semakin kesini sini, ruangguru makin berinovasi dengan berbagai macam fitur-fitur menarik agar yang belajar juga semakin menyenangkan. Coba di jamanku ada seperti ini, pasti akupun ikutan daftar.

    ReplyDelete
  39. Keren banget nih ruang guru, fiturnya nambah terus dan selalu berinovasi untuk kemudahan belajar online bagi anak2 di masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  40. Senangnya di zaman didital sekarang.
    Ada banyak terobosan di dunia pendidikan.

    Bisa nih jadi referensi ke beberapa sahabat Mom yang mengalami kesulitan membantu buah hati menyelesaikan tugas belajar.

    Ayo dicatat ya, fitur ruangbelajar dari ruangguru!

    ReplyDelete
  41. Keren mmg, komplit banget fitur ruangbelajar. Ada tes potensi bakat dan minat juga

    ReplyDelete
  42. Ruanguru emang standarnya kece banget sih, pas itu aku juga pernah belajar diruanguru dan fiturnya lengkap banget, dan sekarang tambah makin banyak fitur yang membantu belajar online

    ReplyDelete
  43. Luar biasa memang ini ruang guru ini yaah.
    Hampir setiap bulan ada promo besar-besarannya di hampir semua stasiun televisi. Selain promonya, memang sih ini aplikasi belajar yang paling lengkap.

    ReplyDelete
  44. sekarang serba dimudahkan yaa...kalo dulu mau les kudu datang ke guru lesnya, sekarnag tinggal buka aplikasi udah deh gampang,,generasi 80an can't relate..hehe

    ReplyDelete
  45. Fitur Ruangguru makin banyak dan mendukung kualitas belajar anak ya kak. Ada pet mission juga yang imut imut.

    ReplyDelete
  46. Menarim sekali nih aplikasinya. Banyak fitur menarik di ruangbelajar by ruangguru ini ya yang tentu bisa bikin anak makin betah belajarnya. Apalagi ditemani dengan teman belajar, si pet yang bisa berevolusi setiap berhasil menyelesaikan misi. Pokoknya keren banget lah, ortu juga pastinya nggak bakal nyesel mendaftarkan anaknya di ruangbelajar

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.