MENGENAL PERBEDAAN TEPUNG JAGUNG DAN MAIZENA

Tepung jagung adalah salah satu bahan dasar pembuatan beberapa makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan digunakan menjadi salah satu bahan makanan dalam program diet. 

Maka tak heran jika belakangan ini banyak sekali jenis makanan yang terbuat dari olahan tepung jagung. Olahan tepung jagung ini dapat beraneka macam, mulai dari kue sampai dengan olahan sayuran ataupun lauk-pauk.

tepung jagung


Apa Itu Tepung Jagung

Ada yang tahu dari apakah tepung jagung dibuat? Buat para momi yang biasa ke dapur tentunya sudah tahu ya. Karena dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yap, tepung jagung ini berasal dari jagung utuh kering yang digiling atau ditumbuk. 

Hasilnya berbentuk butiran halus seperti pasir. Memiliki tekstur yang agak kasar dan berwarna kuning. Warna kuning ini mirip dengan warna jagung utuh. Tepung jagung kaya akan karbohidrat, protein, kalsium, pati, serat, vitamin, dan mineral. 

Tepung jagung adalah bahan makanan yang sangat familiar di masyarakat. Karena sering digunakan untuk pengental sup dan juga saus. Sering juga digunakan untuk membuat sirup jagung dan juga pemanis lainnya.

Jenis Tepung Jagung

Tepung jagung memiliki beberapa jenis yaitu warna kuning, putih dan biru. Jenis warna kuning adalah jenis tepung jagung yang paling sering kita temui. Karena varietas warna kuning ini memang yang paling umum digunakan termasuk Indonesia. 

Jenis tepung jagung warna kuning ini mampu bertahan sampai 12 bulan dan dipercaya memiliki kandungan gizi lebih tinggi dibandingkan dengan warna putih.

Sementara tepung jagung biru agak jarang ditemui di pasaran. Jenis tepung jagung biru memiliki kandungan protein lebih tinggi cocok digunakan untuk campuran roti jagung, muffin, dan juga pancake.

jenis tepung jagung


Manfaat Tepung Jagung

Berbicara soal manfaat, tepung jagung ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun untuk olahan makanan.

Manfaat tepung jagung untuk kesehatan tubuh

  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan tulang
  • Mencegah penyakit divertikular.
  • Membantu meningkatkan imunitas tubuh.
  • Mampu mengendalikan hipoglekimia yaitu kondisi dimana dimana kadar gula di dalam darah berada di abwah normal.
  • Membantu menghilangkan noda hitam di wajah, menghaluskan tekstur kulit, meratakan warna kulit, mencegah penuaan, melembabkan, serta mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari tepung jagung ini bagi kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan bagian dalam tubuh tetapi juga untuk kesehatan bagian luar tubuh seperti wajah.

Manfaat tepung jagung untuk olahan makanan

Berbicara soal tepung jagung, para ibu rumah tangga di Indonesia sepertinya lebih mengenal tepung jagung ini sebagai bahan untuk bahan tambahan pembuatan makanan atau bahkan menjadi bahan utama pembuatan makanan. Lalu apa saja manfaat dari tepung jagung untuk masakan.

Ada banyak manfaat salah satunya adalah karena tepung jagung memiliki tekstur dan rasa yang sangat cocok jika digunakan untuk bahan bubur, biskuit, puding, dan camilan lainnya yang rasa jagung. Maka dari itu sering digunakan sebagai pengganti terigu.

Selain itu tepung jagung juga sering dijadikan sebagai campuran adonan roti, pelapis gorengan, pengental saus, dan lainnya. Maka tak heran jika banyak sekali jenis makanan rumahan yang bisa ditambahkan tepung jagung ini. 

Karena akan membuat makanan semakin lezat dan aroma khas jagungnya dapat menggugah selera. Penasaran apa saja panganan atau makanan yang terbuat atau dapat dicampur dengan tepung jagung?

Contoh Makanan Hasil Olahan Tepung Jagung

Berikut adalah beberapa makanan atau olahan makanan yang mengandung tepung jagung yang dapat anda temui di beberapa resto makanan. Atau justru para momi membuat olahan makanan ini di rumah.

1. Es Krim

Bagi penyuka es krim, dapat mencampur es krim dengan tepung jagung untuk menciptakan es krim yang memiliki tekstur lebih kental. Kombinasi dari tepung jagung dan es krim ini akan terasa lezat. Pastinya akan menggugah selera makan karena tekstur es krimnya menjadi lebih kental dan di lidah jadi lebih enak.

2. Sup

Pernah mencoba mencampur tepung jagung dengan sup ayam di rumah? Seperti yang biasa dilakukan di beberapa resto. Kalau belum, kamu wajib coba. Sup yang dicampur dengan tepung jagung ini akan menghasilkan sup yang kental dengan aroma khas jagung. 

Citarasa sup dengan campuran tepung jagung ini, tentunya akan membuat aroma sup semakin wangi dan menggugah rasa lapar.

olahan tepung jagung


3. Bubur ketan

Karena saya pecinta bubur ketan, biasanya untuk membuat rasa bubur semakin nikmat dengan aroma yang begitu menggoda, biasanya saya akan menambahkan campuran tepung jagung. Campurkan tepung jagung sampai bubur mengental. Aromanya benar-benar menggoda selera makan.

4. Puding

Makanan lain yang sering dicampurkan dengan tepung ini adalah puding. Puding yang berbahan tepung jagung dengan sajian krim manis di atasnya pastinya akan membuat aromanya sangat khas dan rasanya juga sangat nikmat.

Selain dari makanan di atas, kamu juga dapat menggunakan tepung ini di olahan makanan lainnya. Tentunya akan membuat makanan menjadi lebih sehat, enak, dan nikmat.

Ngomongin soal tepung, selain tepung jagung kita juga mengenal beberapa tepung lain sebagai bahan pembuatan makanan lainnya. Salah satunya adalah tepung maizena yang sering disandingkan dengan tepung jagung ini. Lalu apa perbedaan tepung jagung dan tepung maizena ? Let's check it out.

Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Selain tepung jagung kita juga mengenal tepung Maizena sebagai salah satu bahan pembuatan makanan. Bagi yang jarang masak, mungkin keduanya dianggap sama, termasuk saya ketika jarang masak, menganggap kedua tepung ini sama saja. 

Setelah membaca dari berbagai sumber, akhirnya saya tahu mengetahui perbedaan tepung jagung dan tepung maizena. Secara fisik juga sangat terlihat jelas perbedaannya. Lalu apa perbedaan antara tepung jagung dan tepung maizena?

1. Kandungan gizi

Tepung jagung terbuat dari biji utuh sehingga kandungan gizinya sama dengan kandungan biji jagung utuhnya. Sedangkan tepung maizena adalah tepung yang dibuat dari endosperma biji jagung yang kemudian digiling sampai berwarna putih dan berbentuk pati.

2. Rasa

Perbedaan tepung jagung dengan tepung maizena berikutnya adalah soal rasa. Tepung jagung memiliki rasa yang manis seperti jagung pada umumnya sehingga dapat dikonsumsi secara langsung. Sementara tepung maizena tidak memiliki rasa tawar.

3. Tekstur

Perbedaan lain dilihat dari sisi tekstur, tepung jagung lebih kasar, sementara tepung maizena sangat halus baik dilihat maupun ketika disentuh.

4. Warna

Tepung jagung memiliki warna yang sesuai dengan bahan dasarnya apakah jagung kuning, putih, atau biru. Jika warna kuning maka akan kekuningan mirip dengan bahan dasarnya. Sementara tepung maizena memiliki warna putih bersih dan berwarna terang, karena bahan dasarnya berasal dari endosperma saja.

5. Cara penggunaannya

Tepung jagung sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu atau campuran bahan makanan. Sementara tepung maizena digunakan sebagai bahan pengental atau campuran penambah renyah gorengan.

Itu dia perbedaan tepung jagung dan tepung maizena. Sekarang kamu sudah dapat membedakannya bukan? Kalau kamu suka masak-masak di rumah dengan menggunakan tepung maizena, ada Maizenaku dari Egafood yang bakal bikin renyah gorengan kamu.

Maizenaku dari Egafood

Buat yang suka masak-masak di rumah dan sering menggunakan tepung maizena, kamu dapat menggunakan tepung Maizenaku dari Egafood. Terbuat dari jagung berkualitas nomor satu. Dijamin resep olahan tepung jagung kamu di rumah bakal lebih enak dan nikmat.

perbedaan tepung jagung dan tepung maizena


Tepung Maizenaku adalah satu-satunya tepung maizena yang ada di Indonesia yang sudah memiliki izin BPOM dan sudah bersertifikat halal dari MUI, sehingga aman untuk dijadikan teman memasak di rumah. Selain itu Maizenaku juga sudah mendapatkan sertifikasi Top Brand.

Maizenaku tersedia dalam kemasan kotak dan plastik. Kemasan kotak terdiri dari berbagai ukuran sehingga dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Seperti ukuran 100 gr, 150 gr, 300 grm, dan 750 gr. Sementara ukuran plastik terdiri dari 100 gr, 250 gr, 500 gr, 1 kg, dan 10 kg.

Overall, produk ini memiliki proses yang baik, memiliki rasa yang enak, tekstur yang bagus, kualitas, dan warna yang bagus. Secara fisik memiliki warna putih yang bersih, tidak berbau, dan terasa halus saat disentuh.

Sebagai pelapis makanan, tepung Maizenaku membuat makanan lebih crispy, permukaannya lebih halus, warna makanan menjadi lebih cerah, dan lebih kental. 

Selain itu tepung jagung Maizenaku mempunyai kekuatan mengentalkan lebih kuat 2x dari merek-merek lainnya, warna suace lain dan non GMO (Genetically Modified Organism). GMO sendiri adalah istilah untuk organisme yang gen-gennya sudah diubah sehingga memungkinkan dapat bermutasi dan berdampak negatif bagi tubuh dan lingkungan.

Nah mulai sekarang yuk gunakan tepung Maizenaku untuk teman masak kamu di rumah. Terbuat dari bahan berkualitas yang akan membuat masakan di rumah lebih enak dan crunchy. Apalagi tepung Maizenaku mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan.

21 Comment

  1. wah aku baru tau perbedaannya, terimakasih atas informasinya ya kak :D

    ReplyDelete
  2. Walau sama-sama terbuat dari jagung tapi ternyata tepung maizena berbeda dari tepung jagung. Terima kasih infonya kak.

    ReplyDelete
  3. Walahhh, aku baru tau kalau ternyata tepung jagung dan maizena itu beda ya. Padahal asalnya sama-sama dari jagung. Dulu kalau untuk mengentalkan makanan pasti selalu sedia tepung jagung kak hehe

    ReplyDelete
  4. Wooo ternyata beda ya tepung jagung sama tepung maizena. Tapi emang kalau dari teksturnya keliatan lebih kasar tepung jagung sih. Kalau maizena halus banget. Aku biasanya juga pake Maizenaku kalau lagi rajin di dapur. Bikin hasilnya lebih enak kalau masak capjay juga.

    ReplyDelete
  5. Nggak nyangka, bukan cuma buat masak-masak, ternyata tepung jagung juga punya banyak manfaat buat kesehatan ya, MbaMei. Pilihnya juga dari merek terpercaya dari Maizenaku dong ya.

    ReplyDelete
  6. Sebelum membaca artikel ini, aku selalu berpikir bahwa tepung maizena adalah tepung jagung. Tak ada beda dari keduanya kecuali perbedaan brand saja. Ternyata oh ternyata. Aku keliru. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Oala ta kira sama lo tepung jagung ddam tepung maizena, ternyata beda ya, mau coba masak menggunakan tepung jagung ah

    ReplyDelete
  8. kalau di rumah saya, lebih sering menggunakan tepung meizana, Mbak. Baik saat campuran membuat kue kering, kue basah, termasuk dulu saya pakai untuk pelicin bermain karamol.

    ReplyDelete
  9. Untuk kebutuhan produksi kue saya pakai Maizenaku, selain memang hasilnya lebih baik, Maizenaku juga sudah berlabel halal. Kalau untuk masak lainnya belum coban sih, kayakny akudu nyobain juga nih.

    ReplyDelete
  10. Aku juga baru tahu perbedaan tepung jagung dan maizena. Tahunya ya sama-sama dari jagunh aja gitu. Ternyata beda bagian jagung aja ya untuk dijadikan tepungnya

    ReplyDelete
  11. baru tahu daku ternyata ada tepung jagung biru.
    berarti pengenalan akan tepung ini memang perlu diketahui lebih dalam ya, khususnya buat yang ingin berbisnis di bidang kuliner atau yang hobi masak, biar paham manfaat si tepung tersebut buat apa

    ReplyDelete
  12. Saya kagetnya karena ada tepung jagung uang warnanya biru. Dan itu bukan karena dikasih pewarna, tapi karena terbuat dari jagung yang variestas berwarna biru. Sayang sih, kalau di Indonesia sulit ditemui karena jagung di Indonesia rata-rata kuning.

    ReplyDelete
  13. Aku kira tepung jagung ya tepung maizena
    Ternyata beda ya. Tapi selama ini aku seringnya pakai tepung maizena merk Maizenaku ini

    ReplyDelete
  14. Ternyata beda ya tepung jagung dan maizena. Saya lbh sering menggunakan maizena selama, tepung jagung malah jarang konsumsi

    ReplyDelete
  15. emang ternyata beda ya antara tepung jagung dan maizana.honstely aku belum pernah pake tepung jagung, tapi tepung maizena dari maizenaku selalu dong. paling suka bikin buat bikin chinese food kayak per-saus tiraman-an atau saus mentega biar kuahnya kental. kadang bikin buat gorengan juga biar lebih crunchy. yang paling aku suka, ofkors, kue kering maizena. duuuh itu paporit banget. bahannya cuman maizenaku, susu dan mentega aja. ofkors pake gula ya, hihihi

    ReplyDelete
  16. emang ternyata beda ya antara tepung jagung dan maizana.honstely aku belum pernah pake tepung jagung, tapi tepung maizena dari maizenaku selalu dong. paling suka bikin buat bikin chinese food kayak per-saus tiraman-an atau saus mentega biar kuahnya kental. kadang bikin buat gorengan juga biar lebih crunchy. yang paling aku suka, ofkors, kue kering maizena. duuuh itu paporit banget. bahannya cuman maizenaku, susu dan mentega aja. ofkors pake gula ya, hihihi

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata tepung jagung punya banyak manfaat untuk kulit wajah ya Kak Mei. Selain itu kalau untuk campuran makanan bisa tambah melezatkan ya dan pengganti tepung terigu. Saya jujur sih suka gunain tepung maizena buat campuran sup supaya lebih kental gitu jadinya tambah enak. Ya saya juga suka pakai Maizenaku di rumah

    ReplyDelete
  18. Maizenaku memang paling legend di dunia per kue an atau dunia masak memasak. tapi saya baru tah kalau tepung jagung dan tepung maizena itu beda. Saya pikir sama saja

    ReplyDelete
  19. Wah, jadi nggak cuma lezat aja ya makanan yang pakai tepung jagung, tapi juga sehat! Plus, sekarang udah tau bedanya sama tepung maizena, jadi bisa pilih yang tepat buat masak di rumah. Pasti jadi semangat banget deh masak-masak pake tepung Maizenaku, apalagi udah BPOM dan halal lagi🌽👩‍🍳

    ReplyDelete
  20. tepung tuh banyak macemnya ya. aku yang jarang banget masak ga ngerti wkwk eh tapi aku suka liatin kakakku bikin sesuatu pakai tepung jagung ini

    ReplyDelete
  21. Ibuku paling ga bisa kalo di rumah ga ada Maizenaku.
    Soalnya mendadak pas masak suka ada maizenanya kan.. kaya bikin sup, ato kadang sekedar buat ngelengketin kulit lumpia.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.