BloggerDay, EMPOWERING BLOGGER AGAR TINGGI KADARNYA BUKAN BLOGGER SEKADARNYA

Memiliki hobi traveling ternyata menjadi awal mula saya terjun ke dunia media sosial. Awalnya saya sebenarnya tidak begitu suka berbagi di dunia online dan menghabiskan waktu di depan gadget. Sampai akhirnya saya melanjutkan pendidikan dalam bidang pariwisata, itulah awal mula titik balik hidup saya mulai aktif dalam dunia media sosial salah satunya menulis blog.

Berawal sering menulis paper sebagai tugas kuliah, membuat saya menyukai dunia menulis. Sampai akhirnya saya mengenal dunia blogging. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk terjun ke dunia blogging secara full time sebagai platform untuk merefleksikan pengalaman traveling saya. Sekaligus mengedukasi orang-orang bagaimana menjadi smart traveler.

Bloggerday Bloggercrony Community
Suasana acara BloggerDay BCC/Foto Dok: Andhini


Selayang Pandang Tentang Bloggercrony Community

Terjun ke dunia menulis melalui blog mengantarkan saya kepada banyak komunitas blog di Indonesia. Tentunya bergabung dengan komunitas-komunitas ini membuat saya terus bertumbuh dan berkembang dalam banyak hal. Investasi leher keatas benar-benar saya rasakan. Salah satu komunitas blogger yang saya ikuti adalah Bloggercrony Community (BCC) atau Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Melihat kiprahnya sebagai komunitas blogger, Bloggercrony Community menurut saya adalah komunitas blogger yang gaungnya paling terasa di Indonesia. Bagaimana tidak, semua acara yang diadakan sangat profesional, tetapi pastinya tetap fun. Tentunya akan membantu semua blogger dalam mengembangkan kemampuan dan kualitas dirinya (capacity building) sebagai blogger.

Event-event online pun saya lihat dikelola dengan sangat baik dan pastinya bermanfaat. Media sosialnya selalu terupdate, struktur organisasinya sangat transparan dan tersusun dengan sangat rapi.

Bahkan komunitas blogger yang didirikan oleh mba Wardah Fajri dan Mas Satto Raji ini mempunyai banyak program yang sangat bermanfaat. Tidak hanya berkaitan dengan keahlian menulis, tapi program-program ini juga berkaitan dengan sosial. 

Jadi selain mengasah keahlian menulis, Bloggercrony Community juga mengajak blogger untuk mengasah jiwa sosialnya. Bener-bener vibes positif banget. Ditambah Program ini terkoordinasi dengan sangat baik.

Alhasil program-program ini mampu memberikan inspirasi kepada banyak orang. Lebih dari itu Komunitas Bloggercrony Indonesia mampu membuat para blogger lebih berdaya, baik secara moral maupun material (empowering).

Hal ini sesuai dengan misinya yaitu "Fasilitator untuk blogger dalam menghasilkan konten blog berkualitas dan memberikan manfaat luas, dengan blog berisi konten yang informatif, bermanfaat, edukatif, inspiratif, menghibur, memberdayakan, terkait berbagai kebutuhan warga sebagai individual, anggota masyarakat, dan warga negara". Keren banget bukan?

Nah ngomongin soal programnya, Bloggercrony Community mempunyai beberapa program yang super keren, yang bakal bantu kamu para membernya untuk terus berkembang, bahkan membantu memperluas jaringan (networking) yang akan mendorong kamu terus bertumbuh.

Penasaran apa saja program yang dimiliki oleh Bloggercrony Community? Ini dia 4 program BCC sebagai pilar komunitasnya.

1. BloggerCare

Program ini adalah program kepedulian BCC terhadap siapapun yang terkena bencana. BCC akan menggalang dana dari semua anggota dan menyalurkannya kepada korban. Donasinya tidak hanya berbentuk material, tetapi bisa tenaga, waktu, atau bahkan sebuah tulisan.

2. BloggerHangout

Adalah ajang temu atau kopdar para blogger yang membahas mengenai dunia blogging. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan dan upgrade kemampuan blogger dalam menulis dan juga sharing mengenai dunia blogger. 

Kegiatan ini diharapkan masing-masing blogger mengenali kemampuan dirinya dengan sangat baik, sehingga dapat memunculkan ciri khas atau karakternya sebagai blogger melalui tulisannya. Sepenuhnya biaya untuk acara ini ditanggung oleh pribadi.

3. BloggerPreneur

Program ini adalah salah bentuk empowering BCC dalam memfasilitasi semua membernya untuk mengembangkan kemampuan jiwa usahanya. Khususnya bagi anggota yang memiliki usaha melalui workshop soal usaha, kegiatan mandiri, dan lainnya.

4. BloggerView

Program ini adalah hasil kerjasama dengan brand, dimana peserta yang ikut kegiatan ini adalah peserta terpilih sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh brand. Peserta terpilih ini akan membuat ulasan di laman media sosialnya baik itu blog atau platform pribadi lainnya mengenai event yang diikuti.

Itu dia beberapa program dari Komunitas Blogger Indonesia yang super keren. Tertarik bergabung dengan komunitas blogger yang bakal bantu upgrade diri kamu? Segera daftar di situsnya ya.

BloggerDay 2024 Bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia

Saya sudah mendengar nama komunitas ini sejak tahun 2017 mulai dari awal saya gabung menjadi blogger. Mengingat banyak kegiatan-kegiatan positif dari grup ini. Lalu saya bergabung di grup facebooknya.

bloggercrony community


Beberapa kali saya mengikuti kegiatan dan mendapatkan beberapa job dari komunitas blogger keren ini. Namun meskipun begitu, saya belum gabung di grup Whatsappnya. Karena untuk dapat bergabung dengan BCC di Whatsapp ada persyaratan yang harus dipenuhi. Ini sebagai salah satu bukti bahwa BCC cukup selektif dan serius mengelola komunitasnya. Nice.

Sampai akhirnya saya mendapatkan undangan, terpilih mengikuti acara offline yang diadakan oleh Bloggercronny Community, yaitu pada tanggal 25 Februari 2024. Awal mendaftar saya sedikit hopeless akan terpilih, mengingat yang mendaftar adalah blogger-blogger berpengalaman. Jadi pas dapat email ucapan "Selamat" saya senang banget.

Acara BloggerDay 2024 ini diadakan untuk memperingati hari ulangtahun Bloggercrony Community yang ke-9 tepatnya pada 24 Februari. Acara ini diadakan di Carro Square Pondok Indah, Jakarta.

Acaranya cukup meriah, ada 100 blogger yang terpilih yang diundang dari berbagai daerah. Selain blogger Jabodetabek, ada juga blogger dari Semarang dan Bandung. Blogger ini berangkat menggunakan Bigbird dari BlueBird Group dari masing-masing kota.


Opening BloggerDay


Armada Bluebird (termasuk Bigbird) sudah terstandarisasi SNI (Standar Nyaman Indonesia - ini campaign) karena pengemudinya profesional dan dapat diandalkan, armadanya aman dan nyaman, dan mudah diakses. Maka tak heran teman-teman blogger tiba dengan wajah-wajah yang bahagia, karena selama perjalanan aman dan nyaman.

Happy banget rasanya, selain dapat berkenalan dengan banyak blogger lainnya. Selama ini hanya kenal melalui online saja seperti media sosial. Dan di acara BloggerDay ini langsung bertatap muka secara langsung. Awalnya ada rasa canggung tapi lama-lama suasananya mencair.

Kami pun banyak bercerita, mulai dari saling bercerita ketika saling berkunjung ke blog masing-masing, sharing kelas-kelas blogging, dan lainnya. Sepertinya misinya BCC sebagai fasilitator networking antar blogger, it's work banget. 

Pastinya acara ini juga memberikan suntikan semangat untuk tetap menulis blog. Apalagi setelah mendengar beberapa teman-teman blogger yang sharing soal keberhasilannya dalam menulis. Makin semangat untuk menulis.

BloggerDay 2024 BCC
Suasana acara BloggerDay BCC/Foto Dok: Satto Rajji


Apa saja acara di BloggerDay bersama Bloggercrony Community?

  1. Launching kepengurusan baru Bloggercrony Community
  2. Most Wanted Blog Awards
  3. Lucky Draw
  4. Soft launching buku pertama Bloggercrony Community
  5. BloggerPreneur
  6. BloggerView by Carro
  7. BloggerHangout (Graphology)
  8. Doorprize

Launching kepengurusan baru BCC

Acara inti dibuka dengan launching kepengurusan BCC yang terbaru periode 2024-2027. Regenerasi kepengurusan ini merupakan salah satu langkah dari BCC untuk terus mengembangkan dan memberikan kesempatan para blogger yang ada di dalam kepengurusan BCC untuk terus bertumbuh dan berkembang.

launching kepengurusan BCC 2024


Most Wanted Blog Awards

Salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu pada acara BloggerDay ini adalah pemberian penghargaan kepada blogger yang dinilai memiliki dedikasi tinggi untuk tetap menulis.

Dan pemenangnya adalah mbak Fanny Fristhika Nila, yang rajin membahas perjalanannya ketika traveling. Saya mengenalnya di grup traveling dan memang tulisannya selalu membuat saya ingin mengunjungi tempat wisata yang ditulisnya.

Soft launching buku pertama Bloggercrony Community

Jika ditanya pernah baca buku tentang apa itu blogger? Saya pun belum pernah membacanya secara menyeluruh. Bagaimana liku-liku perjalanan para blogger dan bagaimana memahami apa itu dunia blogger secara teori juga masih butuh penjelasan.

Menjawab keresahan itu, maka Bloggercrony Community meluncurkan buku perdananya yang diberi nama SKENA kepanjangan dari Sua, cengKErama, dan kelaNa. Buku ini ditulis oleh, dari, dan untuk para blogger di seluruh Indonesia yaitu 17 blogger anggota dari BCC. Mari kita tunggu bukunya.

skena bloggercony community
Suasana acara BloggerDay BCC/Foto Dok: Satto Raji


Menonton film pendek

Dalam BloggerDay ini juga kita menonton bareng salah satu film pendek teman Blogger dari Situbondo yaitu Mas Uwan Urwan. dengan judul Jagadhita. Mas Uwan sebagai pemain sekaligus sutradara memiliki karakter yang unik. Konsep film pendek monolog ini sangat unik dan tak heran jika film pendek ini akan ditayangkan di Belanda.

Sharing tentang graphology

Hadir juga mba Diana Aletheia Balienda Kastor, seorang graphology yang sharing mengenai bagaimana kita mengenali potensi diri melalui graphology atau tulisan tangan. Mba Diana juga membuka sesi konsultasi untuk dua orang secara langsung saat acara. Seru banget, semoga bisa melakukan konsultasi mengenai tulisan tangan saya suatu hari nanti.

Belajar sketcher bareng mba Arya

Salah satu blogger yaitu mba Arya yang juga tergabung dalam komunitas Indonesia Sketcher, juga sharing mengenai keahliannya dalam membuat sketsa gambar. Mba Arya menggambar kegiatan BloggerDay 2024 di atas kertas putih kesayangannya dengan lihai. Keren banget gambarnya.

Acaranya berlangsung dari pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Seru banget pokoknya. Semua peserta dan panitia yang mengadakan acaranya juga sangat maksimal dan vibesnya positif semua. Ditambah lagi aura MC-nya yang super keren, membuat acara berjalan dengan fun. Tentunya hal ini membuat semangat menulis saya semakin menyala. Ini paling penting.

Kemeriahan dan kesuksesan acara BloggerDay ini merupakan hasil kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF dan Bluebird Group.

Ada juga Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies.dan Kayis Craft.

BloggerView by Carro

Partnership BloggerView BCC dalam event BloggerDay 2024 adalah Carro Indonesia. Carro Indonesia didirikan pada tahun 2017 dan pusatnya berada di Singapore. Carro merupakan platform pasar mobil bekas terbesar dan terbaik di Asia Tenggara yang mengenalkan CARRO Certified Pre-Owned (CCPO).

Carro


Sertifikasi ini memastikan bahwa mobil bekas yang dijual oleh Carro Indonesia sudah sesuai dengan standar kualitas tertinggi baik luar maupun dalam. Oleh karena itu jual beli mobil di Carro tidak usah khawatir, dijamin aman.

Hal ini sesuai dengan misi Carro Indonesia yaitu "Untuk memberikan layanan teladan dan memberikan solusi terbaik untuk pembelian, penjualan mobil bekas, asuransi, pembiayaan, dan purna jual". Maka dari itu jika membeli mobil dari Carro, kamu akan mendapatkan mobil yang bersih, nyaman, dan mulus seperti baru tentunya.

Dengan misi Carro Indonesia tersebut, tak heran jika mobil di Carro cepat lakunya. Seperti pengalaman saya, kebetulan beberapa hari lalu, ada saudara yang sedang mencari mobil bekas. Setelah melihat-lihat mobil di Carro secara online ada yang disukainya. Bahkan dari sisi harga juga sudah cocok.

Saya sempat juga menghubungi pihak salesnya dan berencana akan berkunjung kesana untuk melihat kondisi mobil terlebih dahulu. Selang beberapa hari, saya dikabari oleh pihak salesnya, mobil yang saudara saya inginkan sudah sold out. Secepat itu ternyata lakunya. Jadi buat kamu yang mengincar mobil di Carro Indonesia jangan ditunda-tunda, langsung datang dan beli.

Karena semua mobil di Carro 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Angka yang kamu lihat, itu yang kamu dapat. Semua sudah dicek dan lulus inspeksi ketat 160 titik. Dijamin, Carro Certified! Buruan! Sebelum kehabisan. Beli mobil berkualitas layaknya baru hanya di Carro! Jangan sampai seperti saudara saya yang mobil incarannya di Carro sudah keburu dibeli orang.

BloggerDay, Empowering Blogger Agar Tinggi Kadarnya Bukan Blogger Sekadarnya

"Setelah mengikuti acara BloggerDay, lalu apa yang kamu dapat Mei? Apa langkah selanjutnya yang kamu lakukan untuk tetap menulis?  Melihat teman-teman blogger yang sudah hebat-hebat, apa kamu ga mau seperti mereka? Apa kamu cuman mau menulis seadanya? Ga mau upgrade diri agar bukan blogger sekadarnya?"

Ini adalah pertanyaan paling penting yang saya renungi, ketika sampai rumah. Apa iya hanya mau menjadi blogger sekadarnya saja. Apa mau membenarkan pertanyaan sarkas dari segelintir orang selama ini diucapkan.

Emang blogger ngasilin apa? Emang blogger masih ada? Apa itu blog? Emang tulisannya dibaca orang? Emang ada yang mau baca blog zaman sekarang?

Masih banyak ucapan-ucapan menohok lainnya yang saya dengar ketika mendengar istilah blog. Menjadi bahan renungan banget untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jadi bagaimana kita menjawab pertanyaan-pertanyaan unfaedah dalam tanda kutip tersebut?

Banyak banget yang bisa kita lakukan agar bukan blogger sekadarnya saja. Namun pastinya itu harus datang dari hati kita, harus berdasarkan keinginan kita sendiri untuk menepis pemikiran orang mengenai dunia blogger. Jadi apa yang bisa kita lakukan agar bukan blogger sekadar tapi menjadi blogger yang tinggi kadarnya.

1. Upgrade diri

Untuk menjadi seorang blogger yang berkualitas, tentu saja kita harus melakukan upgrade diri terus menerus. Pokoknya investasi leher keatas tanpa batas. Upskilling dan reskilling dalam banyak hal mulai dari ikut seminar, pelatihan, short course. Bahkan jika perlu kamu dapat melanjutkan sekolah yang berkaitan dengan dunia kepenulisan.

Mulai dari ikut kelas-kelas yang berkaitan dengan blogging dan juga pelatihan-pelatihan yang mendukung kegiatan blogger. Mulai dari public speaking, communication skill, podcast, belajar tentang SEO, digital marketing, fotografi, editing foto dan video, dan lainnya.

Semuanya akan mendukung kemampuan kita dalam menulis. Kalau masih belum mampu ikut berbayar, ikut yang gratis dahulu, atau nonton di Youtube. Banyak cara menuju Roma, jika kita memiliki kemauan dan niat bertumbuh dan berkembang.

2. Bangun networking

Membangun jaringan akan membuat kemampuan kita dalam menulis semakin baik. Kok bisa? Bisa dong, dengan banyak teman dari berbagai komunitas, secara tidak langsung kita akan mendapatkan informasi banyak. 

Entah itu urusan job, pelatihan, kegiatan komunitas, dan lainnya. Jadi perluas pertemanan untuk agar bukan blogger sekedarnya tapi blogger yang banyak kadarnya.

3. Gabung dengan komunitas blogger

Salah satu cara tumbuh dan bukan blogger sekedarnya adalah bergabung dengan banyak komunitas. Secara tidak langsung bergabung dengan banyak komunitas akan mendorong kita lebih semangat dalam menulis. 

Melihat prestasi orang akan memberikan suntikan semangat. Bergabung dengan komunitas kamu akan mendapatkan channel pelatihan gratis maupun berbayar.

4. Ikut lomba menulis

Mengikuti lomba menulis menjadi salah satu cara menjadi bukan blogger sekedarnya tapi justru menjadi blogger yang banyak kadarnya. Jika kamu menang, nama kamu akan dikenal oleh orang banyak. Networking akan terbangun, jalan rezeki juga terbuka.

Jika kalah, kamu akan belajar terus menerus mengasah kemampuan kamu dalam menulis. Kamu mendapatkan pengalaman mengikuti lomba yang akan membuat kamu semakin naik literasinya, menulisnya, manajemen waktunya, dan lain-lain. Kamu juga akan mengetahui kekurangan kamu dalam menulis dan bagaimana meningkatkan kekurangan tersebut.

5. Aktif blogwalking

Kalau kamu sedang tidak bersemangat dalam menulis atau mengalami writer's block coba kunjungi blognya blogger lain dan tinggalkan jejak. Bisa jadi kamu mendapatkan ide untuk menulis dan terinspirasi dari tulisan-tulisan mereka. Selain itu dengan berkunjung ke blog orang lain, potensi menaikan views juga lebih besar karena mereka akan berkunjung balik ke blog kamu.

6. Konsisten menulis

Ini adalah paling penting, konsisten apapun yang terjadi. Kenali kemampuan diri dan munculkan semua potensi kamu. Jangan berhenti menulis. Setiap kata atau kalimat yang kamu ketik pada papan keyboard kamu, akan membawa kamu satu langkah lebih maju dibandingkan orang yang tidak menulis sama sekali.

Teruslah menulis hal-hal yang bermanfaat. Lawan rasa malasnya dan konsistenlah dengan semua janji diri. Percayalah konsistensi dalam menulis ini yang akan membuat kamu bukan blogger sekedarnya. Jangan lupa untuk belajar mengelola waktu dengan baik.

Itu dia beberapa insight yang saya dapat ketika mengikuti BloggerDay 20204 bersama Bloggercrony Community kemarin dan bagaimana menjadi blogger yang tinggi kadarnya bukan blogger sekadarnya.

No pain no gain, proses yang kita lalui dengan bersakit-sakit saat ini, kedepannya akan menjadi perantara bagi keberhasilan kita. Melawan rasa malas saat menulis pastinya dialami oleh banyak penulis, termasuk saya.

Untuk saya pribadi writer's block itu tidak perlu dilawan, biarkan saja mengalir. Karena otak kita juga butuh istirahat. Biarkan semangat kita rehat sebentar untuk mengumpulkan energinya untuk mempersiapkan lompatan lebih jauh lagi. Tapi jangan berlama-lama, beri batas waktu jangan berlarut-larut. Kalau berlarut-larut inilah yang akan membuat kita kita menjadi blogger sekadarnya.

Sudah siap menjadi blogger yang tinggi kadarnya, bukan blogger sekadarnya? Atau kamu punya tips lain bagaimana menjadi blogger yang tinggi kadarnya bukan blogger sekadarnya? Boleh banget sharing di kolom komentar.

1 Comment

  1. Jadi blogger ga mesti bisa menulis aja ya, kudu upgrade diri dan melek situasi zaman sekarang. Pelan-pelan aja ikutinnya sambil belajar.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.