7 CARA MENGATASI JERAWAT DAN BRUNTUSAN DENGAN CEPAT SECARA ALAMI

Hampir 85% orang berusia sekitar 13-24 tahun pernah mengalami masalah kulit. Jerawat, bruntusan, atau komedo yang muncul pun bervariasi. Mulai dari yang kondisinya ringan hingga yang parah.

Masalah jerawat dan bruntusan pada wajah ini bisa disebabkan oleh faktor genetic, hormonal, hingga faktor lingkungan. Bisa jadi akibat ketidakcocokan skincare hingga efek detoksifikasi tubuh.

cara mengatasi jerawat dna bruntusan


7 Cara Mengatasi Jerawat dan Bruntusan Dengan Cepat Secara Alami

Sementara itu, cara menghilangkan jerawat dan bruntusan secara alami bisa menjadi alternatif bagi yang ingin menjaga kulit dari dalam maupun dengan perawatan berbahan natural. Berikut ini 7 cara mengatasi jerawat dan bruntusan yang bisa dipraktekan di rumah.

1. Masker Madu Murni

Cara mengatasi jerawat dan bruntusan pertama adalah dengan menggunakan masker madu murni. Tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, madu murni juga kerap dimanfaatkan untuk kecantikan. Umumnya, madu menjadi andalan untuk masalah kulit kusam serta jerawat. Namun, ternyata penggunaan madu murni juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah muka bruntusan.

Cukup cuci muka hingga bersih sebelum menggunakan masker dengan menggunakan madu murni hingga mengering sebelum kemudian dibilas kembali hingga bersih. Rutinitas ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di kulit wajah yang cukup praktis.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Terdapat juga molekul gula, asam amino, dan seng, yang dapat melembabkan kulit.

Studi Efficacy of a new non-drug acne therapy: Aloe vera gel combined with ultrasound and soft mask for the treatment of mild to severe facial acne, yang dipublikasikan Frontiers in Medicine, menemukan bahwa penggunaan lidah buaya sebagai masker dapat mengurangi jumlah jerawat dan kulit kering.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama-tama, bersihkan area yang berjerawat. Kemudian, oleskan gel lidah buaya tipis-tips dan biarkan 10-15 menit. Gunakan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal. Cara mengatasi jerawat dan bruntusan dengan menggunakan lidah buaya cukup ampuh.

3. Olesan Teh Hijau

Cara mengatasi jerawat dan bruntusan di wajah secara alami bisa dengan menggunakan teh hijau, yang kaya akan antioksidan. Teh hijau akan membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri, sehingga bisa mengurangi bruntusan.

Dalam studi tahun 2000 yang dilakukan Senji Sakanaka, dkk, mengungkapkan teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal bisa membantu melawan peradangan dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Teh tadi bisa disimpan di kulkas sampai 2 minggu. Ada beberapa produk teh hijau untuk perawatan kulit di pasaran. Tapi, dengan mengikuti cara tadi di rumah, akan bisa lebih hemat biaya.

teh hijau mengatasi jerawat


4. Jojoba Oil

Jojoba oil alias minyak jojoba mengandung zat yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, minyak ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat.

Beberapa senyawa dalam minyak jojoba dapat membantu mengurangi peradangan kulit, yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan di sekitar jerawat, bruntusan, whiteheads, dan lesi meradang lainnya.

Dalam jurnal Clay Jojoba Oil Facial Mask for Lesioned Skin and Mild Acne - Results of a Prospective, Observational Pilot Study di tahun 2012, para peneliti memberi 133 orang masker wajah yang mengandung minyak jojoba. Setelah 6 minggu menggunakan masker dua sampai tiga kali per minggu, mereka melaporkan peningkatan jerawat hilang hingga 54 persen.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mencampur minyak jojoba dengan krim lalu mengoleskannya pada jerawat.

Bisa juga mengaplikasikannya pada wajah berjerawat dengan menggunakan kapas yang telah diberi beberapa tetes minyak jojoba. Gosokkan secara lembut di atas luka jerawat.

5. Putih Telur

Bagian putih telur mengandung enzim alami yang dapat meratakan kulit. Selain itu, putih telur dapat meringankan noda dan bekas luka. Caranya, dengan mengambil sebutir telur dan pisahkan bagian putih dari bagian kuningnya. Lalu, oleskan putih telur menggunakan jari atau kuas. Tunggu dan biarkan sampai mengering.

Setelah benar-benar kering, bilas dengan air dingin. Gunakan masker putih telur dua kali seminggu selama sebulan untuk hasil maksimal.

6. Cuci Muka dengan pH Seimbang

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka secara rutin. Pilih sabun cuci muka dengan pH seimbang dan kandungan ringan. Jangan mencuci muka terlalu sering karena justru akan menyebabkan iritasi pada kulit. Cukup mencuci muka sebanyak dua kali sehari saja.

Sebelum mencuci muka, pastikan sudah membersihkan wajah dari make up menggunakan pembersih make up seperti micellar water atau cleansing balm.

7. Rosemary

Rosemary terkenal sebagai salah satu rempah yang bisa digunakan untuk membuat aroma pada steak. Namun, jangan salah, menggosokkan rosemary secara lembut pada kulit wajah yang bruntusan, juga bisa membantu meredakan peradangan dan kemerahan.

Alasannya rosemary mengandung antioksidan, antibakteri, dan anti peradangan. Hal ini dipublikasikan dalam Frontiers of Pharmacology dengan judul jurnal Anti-Acne Activity of Italian Medicinal Plants Used for Skin Infection.

Penelitian dalam jurnal tersebut mengatakan bahwa ekstrak rosemary mampu mengurangi peradangan jerawat akibat bakteri P.acnes.

Dari berbagai Cara untuk mengatasi jerawat dan bruntusan yang sudah dijelaskan di atas, akan membantu kalian untuk dapat mengurangi dan menghilangkan bruntusan dan jerawat pada wajah.

Namun jika sedang mencari produk clay mask untuk jerawat dan bruntusan, ada salah satu produk terbaik bernama Dermies Clear Me Creamy Clay Mask. Produk ini mampu mengatasi jerawat dan bruntusan. Bentuknya merupakan masker bilas yang diformulasikan dengan kandungan garam laut, ekstrak madu, dan salicylic acid.

clear me mengatasi jerawat dan bruntusan


Efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menyerap minyak berlebih, dan menyamarkan tampilan pori-pori. Kulit akan terasa lebih halus, lembap, dan tampak lebih sehat.

Dengan kombinasi kaolin, bentonite, dan Beraclay Black yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori dari kelebihan minyak serta mengangkat sel kulit mati.

Dermies Clear Me Creamy Clay Mask bisa didapatkan melalui e-commerce resmi Dermies dengan harga Rp 65.000 untuk kemasan tube ukuran 60 gram.

9 Comment

  1. Banyak jalan menuju kulit mulus bebas bruntus ternyata ya. Makasih ya mbak. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. Jadi inget, tetanggaku dulu rajin banget pakai masker alami begini. Memang kulitnya MashaAllah...bikin iri Karena ga hanya cerah, tapi juga bersiiih banget.

    Perawatan kulit saat sedang berjerawat ini penting sekali diperhatikan agar tidak semakin meradang.

    ReplyDelete
  3. wah manfaat sekali nih tipsnya.. aku tim suka panik kalo dah timbul jerawat soalnya hihi.. ternyata bahan-bahannya ga sulit yaa bisa ditemuin sehari-hari. sip!

    ReplyDelete
  4. Aku sering pake telur, timun, madu buat maskeran sama lidah buaya mbak.. Alhamdulillah jarang jerawatan jadinya..di rumahku lidah buaya banyak

    ReplyDelete
  5. cara alami untuk atasi jerawat dan bruntusan yang paling dekat dengan keseharian itu madu, lidah buaya juga putih telur sih ya, bisa jadi ini selalu ada di sekitaran kita, secara lidah buaya itu juga mudah banget tumbuh dan perawatannya.

    ReplyDelete
  6. Ini harganya cukup terjangkau sih untuk basmi si jerawat yang suka dateng tanpa diundang

    ReplyDelete
  7. Wah dengan harga yang affordable bisa membantu mengusir jerawat di muka ya mba. Mau juga ah cobain dermies clay masknya

    ReplyDelete
  8. Zaman nenek moyang sudah melakukan perawatan wajah dg bahan alami ya. Tapi anak skr maunya praktis ga mau ribet. Apalagi masalah jerawat. Untung skr zaman modern ya. Ada Dermies Clear Me Creamy Clay Mask.

    ReplyDelete
  9. Wahh ini harganya affordable banget yah kak jadi bebas jerawat deh

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.