10 NEGARA PALING AMAN DI DUNIA, COCOK UNTUK SOLO TRAVELER

Mengunjungi negara paling aman di dunia sangat cocok dilakukan oleh para solo traveler. Apalagi bagi anda kaum perempuan. Selain lebih aman dan nyaman, pastinya negara-negara ini akan menawarkan pengalaman traveling yang luar biasa serunya.

Mulai dari kemudahan akses menuju destinasi wisata, tempat wisata yang terawat dengan baik, keindahan tempat wisata, sampai dengan kemudahan dalam menemukan fasilitas layanan umum. Mulai dari akomodasi, amenitas, dan lainnya.

negara paling aman di dunia


10 Negara Paling Aman di Dunia

Sejak tahun 2008 setiap tahunnya Institute For Economic and Peace (IECP) melalui repot tahunannya  Global Peace Index (GPI) atau Index Perdamaian Dunia melakukan survei kepada 163 negara dengan menggunakan 23 indikator terkait dengan keamanan dan keselamatan sebuah negara.

Indikator ini meliputi banyak hal mulai dari jumlah konflik internasional dan domestik, tingkat ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, aksi teroris, tingkat kejahatan, sampai dengan indikator pengeluaran militer. Survei ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keamanan dan keselamatan sebuah negara. Dan ini dia hasil IEP berdasar

Berikut adalah negara paling aman di dunia versi GPI berdasarkan data Juni 2023, yang dapat anda kunjungi sebagai tujuan tempat wisata., terutama bagi female solo traveler?

1. Islandia

Sejak tahun 2008, Islandia memegang negara paling aman di dunia. Dengan 1.124 skor, tahun 2023 Islandia kembali bertengger masuk sebagai negara paling aman di dunia dengan posisi nomor satu untuk ke-17 kalinya. 

Tak heran Islandia dengan berbagai fasilitas yang memadai, tingkat ekonomi yang stabil membuat negara ini sangat minim kriminal dan pembunuhan. Diberkahi keindahan alam, tingkat sosial yang tinggi, sehingga membuat angka harapan hidup yang tinggi, yaitu rata-rata sekitar 83 tahun. Wow, tak heran membuat negara ini  masuk dalam negara paling aman di dunia.

2. Denmark

Dengan 1.31 skor, Denmark mendapatkan peringkat ke-2 sebagai negara paling bahagia di dunia. Sama dengan negara Islandia, harapan hidup negara ini sangat tinggi. Tingkat kesejahteraan yang tinggi, kemampuan pemerintah Denmark dalam memberikan layanan pendidikan yang tinggi serta fasilitas kesehatan secara gratis, membuat negara ini sangat minim akan kejahatan dan kriminalitas. 

Negara nordik paling kecil ini juga didukung juga dengan keindahan alam yang sangat memukau membuat negara ini menjadi negara yang aman dan nyaman. Cocok sekali untuk para female solo traveler. Tak hanya sebagai negara paling aman di dunia, Denmark juga masuk urutan ke-2 tahun 2023 sebagai negara paling bahagia di dunia.

3. Irlandia

Irlandia memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Perlakuan undang-undang pengendalian senjata yang ketat, memiliki stabilitas politik yang sangat baik dan bersih dari korupsi, memiliki dukungan tinggi terhadap hak asasi manusia.

Memiliki hubungan multilateral yang baik, indeks terorisme yang rendah, membuat negara Irlandia menjadi negara paling aman ke-3 di dunia dengan skor 1.312. Sehingga sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata tujuan bagi para pecinta solo traveling.  

4. Selandia Baru

Dengan memiliki stabilitas politik yang baik dan juga tingkat korupsi yang rendah, layanan fasilitas pemerintah yang sangat baik, kesejahteraan yang tinggi, membuat kejahatan dan kriminalitas di negara Islandia sangat rendah. 

Selandia Baru juga memiliki protokol bencana yang sangat kuat untuk mengantisipasi ancaman internal dan eksternal. Sehingga tak heran jika Selandia Baru dengan skor 1.313 masuk dalam 10 negara paling aman di dunia. Apalagi didukung dengan keindahan alamnya yang luar biasa membuat warga negara ini sangat bahagia dan damai.

5. Austria

Austria menjadi negara paling bahagia ke-5 di dunia dengan skor 1.316. Negara yang tergabung dalam Uni Eropa ini memiliki keamanan yang sangat tinggi. Memiliki stabilitas politik dan demokratis, memiliki komitmen jangka panjang terhadap kebijakan non agresi terkait dengan militer, membuat kejahatan di negara ini sangat rendah.

Selain itu salah satu negara termuda Uni Eropa ini juga didukung dengan PDB yang stabil sehingga pengangguran sangat rendah, membuat negara ini sangat aman.

6. Singapore

Asia patut berbangga diri, karena Singapore menjadi perwakilan negara di Asia yang memiliki keamanan terbaik. Menjadi negara pertama paling aman di negara-negara Asia, Singapore masuk dalam negara paling aman di dunia urutan ke-6 tahun 2023 ini dengan skor 1.32. Naik 3 peringkat dari tahun sebelumnya yaitu urutan ke-9.

Karena tingkat kejahatan yang sangat rendah yaitu dengan melakukan penerapan hukuman berat meskipun untuk kejahatan kecil. Selain itu Singapore juga secara ketat mengontrol keberadaan senjata api, membuat negara ini masuk dalam negara paling aman di dunia.

7. Portugal

Usaha pemerintah Portugal berhasil yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hunian, lapangan pekerjaan, memberikan layanan keamanan, serta menyediakan kualitas lingkungan hidup yang memadai, dan memiliki kesejahteraan yang stabil, membuat negara Portugal masuk ke dalam negara paling bahagia di dunia ke-7 dengan skor 1.333.

8. Slovenia

Dengan memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, tak heran jika Slovenia masuk dalam 10 negara paling aman di dunia dengan urutan ke-8 dan mendapatkan skor penilaian sebanyak 1.334. Didukung dengan keindahan alam yang memilikinya membuat masyarakat di negara ini juga hidup dengan nyaman.

Negara dengan julukan Keranjang Roti Eropa atau The Bread Basket of Europe ini sedang fokus mengembangkan kualitas hidup masyarakatnya dalam berbagai bidang termasuk juga dalam hal keamananan. Sehingga kedepannya harapannya akan menjadi negara yang stabilitas keamanannya semakin baik.

9. Jepang

Selama 14 tahun Jepang selalu masuk negara paling aman di dunia karena memiliki tingkat kriminalitas yang minim, konflik internal yang sangat rendah. Bahkan sangat minim rusuh karena urusan politik, membuat Jepang menjadi negara paling bahagia ke-9 di dunia dengan skor 1.336 dan menjadi negara paling bahagia ke-2 di Asia setelah Singapore.

10. Swiss

Memiliki keindahan alam yang sangat memukau, membuat Swiss terkenal sebagai destinasi liburan yang sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi. Negara pemilik pegunungan Alpen ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, minim ancaman teroris, stabilitas ekonomi yang baik, membuat kriminalitas hampir tidak ada. Dengan skor 1.339 Swiss menjadi negara ke-10 paling aman di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Urutan ke Berapa Sebagai Negara Paling Aman Di Dunia?

Tahun 2023, Indonesia dengan skor 1.829 menempati urutan ke-53 sebagai negara paling aman di dunia. Turun dari tahun 2022 yang menempati urutan ke-47. Namun jika melihat pengkategorian dari GPI, Indonesia masih masuk dalam negara paling aman di dunia dengan kategori High, artinya masih masuk negara aman.

Indonesia juga masih berada di bawah urutan Malaysia yang menempati ke-19, bahkan Indonesia berada di bawah Timor Leste yang menempati urutan ke-49 sebagai negara paling aman di dunia. Semoga kedepannya Indonesia menjadi negara paling aman di Asia bahkan di dunia.

Dari 163 negara yang dilakukan survei, berikut adalah 10 negara paling tidak aman di dunia. Penyebabnya adalah karena tingkat kejahatannya yang tinggi, terosisme, konflik internal, perang, dan lainnya. 

  1. Irak
  2. Sudan
  3. Somalia
  4. Ukraina
  5. Rusia
  6. Republik Demokratik Kongo
  7. Sudan Selatan
  8. Syria
  9. Yaman
  10. Afganistan

Dengan alasan keamanan, alangkah baiknya sementara waktu ini untuk menunda dahulu rencana traveling anda ke negara-negara ini. Tunggu sampai semuanya kembali aman dan konflik mereda. Terutama bagi anda para solo traveler termasuk female solo traveler.

Sekarang anda sudah tahu mana saja negara paling aman di dunia. So, sudah tahu negara mana yang akan anda kunjungi tahun 2024 ini? Yuk rencanakan travelingmu, karena manfaat traveling itu sangat banyak, salah satunya untuk kesehatan mental. Let's pack and go.

Referensi:

https://www.economicsandpeace.org/wp-content/uploads/2023/09/GPI-2023-Web.pdf
https://www.visionofhumanity.org/wp-content/uploads/2023/06/GPI-2023-Web.pdf

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.