TIPS MEMILIH KOST YANG AMAN DAN NYAMAN

Beberapa bulan ini saya bolak balik urusan kerjaan antara Bandung dan Jakarta. Subuh-subuh saya berangkat menggunakan si ular besi, dan malam hari jika pekerjaan saya sebagai freelancer selesai, maka malam hari saya akan kembali pulang dengan menggunakan si ular besi juga juga. Saya jalankan selama berbulan-bulan, alhasil badan saya lumayan drop, dari sisi waktu juga sangat wasting. Pengeluaran pun cukup besar. 

Dengan alasan kesehatan dan waktu, akhirnya saya memutuskan untuk mencari kosan saja di wilayah Jakarta. Saya pun mulai mencari kos-kosan dengan berbagai alasan pertimbangan. Keamanan dan kenyamanan pastinya menjadi pertimbangan nomor satu.

tips memilih kost


Tips Memilih Kost Yang Aman dan Nyaman

Dengan alasan di atas, saya ingin berbagi pengalaman mengenai tips memilih kost yang aman dan nyaman khususnya di sekitar Jakarta.

1. Cek keamanan dan kenyamanan kost

Tips memilih kost pertama yang harus diperhatikan adalah terkait keamanan dan kenyamanan. Buat saya ini nomor satu, karena keamanan dan kenyamanan akan berkaitan dengan keselamatan diri kita sendiri.

Cek apakah ada security yang jaga, apakah orang luar bisa masuk sembarang atau tidak, atau setiap area dipasang CCTV kah, atau ada kartu akses masuk, tipe orang-orang yang ngekos di tempat tersebut. Hal-hal seperti ini wajib diperhatikan. 

Termasuk bebas bawa teman wajib diperhatikan. Karena saya memiliki pengalaman kehilangan barang-barang berharga saya seperti kamera, laptop, uang, perhiasan, sampai pakaian gara-gara ada penghuni membawa temannya. Ternyata mereka bersindikat. Keamanan di sini juga berkaitan dengan keamanan dari banjir.

Salah satu kost yang aman dan nyaman di Jakarta dan memiliki fasilitas lengkap dengan desain modern adalah Cove. Lokasinya strategis dan sudah tersedia di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan juga Bali.

2. Sesuaikan dengan budget

Tips memilih kost berikutnya adalah pilih kost yang sesuai dengan budget. Jangan sampai memilih kost yang melebihi budget bulanan, karena akan membuat uang kamu habis. Ada banyak pilihan kost di wilayah Jakarta yang bisa kamu pilih. Mulai dari fasilitas biasa sampai fasilitas mewah. Ada yang harganya dari ratusan ribu sampai dengan jutaan.

Mulai dari kost bulanan, per tiga bulan, per enam bulan, sampai dengan tahunan. Itu lah informasi yang saya dapatkan ketika mencari kost di wilayah Jakarta. Jika kamu ragu akan betah atau tidak, saya biasanya akan memilih bulanan terlebih dahulu. Jangan tergiur dengan harga lebih murah jika mengambil tahunan.

tips memilih kost aman dan nyaman


3. Pertimbangkan lokasi

Lokasi menjadi hal yang sangat penting untuk saya. Lokasi di sini berhubungan dengan hal yang strategis, dekat ke transportasi umum, pusat belanja atau lainnya. Dekat dengan transportasi umum atau fasilitas umum lainnya akan menghemat pengeluaran untuk transportasi. 

Selain itu pertimbangan lokasi juga berkaitan dengan lokasi kerja kamu, apakah jaraknya dekat atau sebaliknya. Lagi-lagi pertimbangan lokasi ini selain berhubungan dengan saving uang, tenaga, juga waktu. Pilihlah kost terdekat dengan tempat kerja.

4. Lakukan survei sebelum menentukan pilihan

Jika mencari kost melalui online, sebelum menentukan pilihan lakukan survei. Apakah sesuai dengan kebutuhan atau sebaliknya. Cara cari kost online apakah bagus atau tidak bisa dengan melihat review orang lain. Tapi jangan tergiur langsung dengan rating atau review karena bisa jadi itu fake review

Atau bisa jadi sesuai dengan kebutuhan orang lain tapi tidak dengan kebutuhan kamu. Jadi sebelum memutuskan, lakukan survei terlebih dahulu agar tidak kecewa. Cek juga mengenai fasilitas yang didapat apa saja.

5. Pilih tipe kamar yang dibutuhkan

Setelah melakukan survei biasanya ada berbagai tipe kamar yang disediakan. Pilih kamar yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu membutuhkan kamar yang cukup privasi dengan fasilitas yang lengkap, pilih jenis kamar kost sejenis ini. 

Jika tidak menemukan tipe kamar sesuai dengan yang diinginkan, jangan buru-buru memutuskan. Cari kembali dan survei beberapa tempat. Kamu dapat mencarinya melalui online atau melalui rekomendasi teman atau datang langsung ke lokasi.

6. Pertimbangkan tempat parkir

Jika kamu membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, wajib banget memperhatikan ketersediaan lahan parkir untuk semua penghuni kost. Jangan sampai tidak ada fasilitas parkir untuk kendaraan. Sehingga kamu harus menyimpan motor kamu di luar kost.

Selain tidak aman, juga akan mengganggu lalu lintas sekitar kost. Terlebih jika sampai harus menyewa lahan parkir untuk kendaraan kamu, pengeluaran menjadi bertambah.

7. Cek aturan kost

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memilih sebuah kost, jangan lupa cek aturan kost. Mulai dari penggunaan fasilitas umum, jam keluar masuk, aturan soal kendaraan, fasilitas listrik dan air, aturan membawa tamu, termasuk aturan jika melakukan pelanggaran. 

Hal ini sangat penting agar tidak terjadi pelanggaran, akibat lalai tidak bertanya soal aturan. Namun biasanya untuk kost yang tergolong aman dan nyaman, hal-hal seperti ini akan dijelaskan secara terperinci ketika kita survei.

Itu dia beberapa tips memilih kost yang aman dan nyaman berdasarkan pengalaman saya pribadi. Pastikan anda memilih kost yang sesuai dengan yang anda butuhkan. Mulai dari keamanan dan kenyamanan, lokasi, harga, sampai dengan aturan yang wajib kamu ketahui.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.