10 POLA HIDUP SEHAT YANG AKAN MEMBUAT HIDUP BERKUALITAS

Tahukah anda tujuan pola hidup sehat diterapkan? Tujuan pola hidup sehat menurut WHO terdiri dari dua tujuan yaitu mencegah penyakit kronis dan kematian dini. Selain itu efek domino dari penerapan pola hidup sehat jika dilakukan secara terus menerus akan membuat kualitas hidup jauh lebih baik.

Namun banyak orang yang masih abai menerapkan pola hidup sehat ini. Sehingga kita harus membiasakan pola hidup sehat agar menjadi sebuah habit baik. Habit ini akan berdampak pada kesehatan jangka panjang dan umur yang lebih panjang.

pola hidup sehat


10 Pola Hidup Sehat Yang Membuat Hidup Berkualitas

Untuk menjaga kesehatan ada banyak yang harus kita lakukan. Meskipun pada saat praktiknya banyak orang yang bermalas-malasan. Sebenarnya kita bisa memulai menerapkan pola hidup sehat ini dari hal-hal kecil dan kebiasaan sehari-hari. Berikut adalah ciri-ciri pola hidup sehat yang akan membuat hidup menjadi lebih berkualitas.

1. Istirahat yang cukup

Pola hidup sehat kedua adalah dengan menerapkan istirahat atau tidur yang cukup pada malam hari. Tidurlah antara 6 - 8 jam setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh anda semakin bugar pada saat bangun tidur di pagi hari. Tidak hanya cukup waktu tidurnya, tetapi juga wajib diperhatikan mulai jam berapa tidurnya. Misalnya dari pukul 9 atau 10 malam anda sudah memejamkan mata.

2. Konsumsi makanan bergizi

Pola hidup sehat berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya, agar badan semakin sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya. Penuhi semua kebutuhan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin yang tubuh butuhkan.

3. Perbanyak minum air putih

Tidak hanya makanan yang bergizi yang wajib dikonsumsi, kebutuhan cairan bagi tubuh juga wajib diperhatikan. Pastinya anda sudah banyak membaca mengenai artikel pola hidup sehat atau materi pola hidup sehat yang mana salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Artinya konsumsi air putih yang cukup adalah hal yang sangat penting.

Banyak orang lalai akan pemenuhan kebutuhan cairan untuk tubuh. Konsumsi air minimal 2 liter setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh. 

4. Rutin berolahraga

Contoh pola hidup sehat pertama yang wajib diterapkan agar hidup lebih berkualitas adalah rutin melakukan olahraga. Sebagaimana yang kita ketahui, olahraga membuat badan menjadi lebih sehat dan segar. Selama olahraga tersebut dilakukan dengan benar dan teratur. Olahraga selain membuat badan kita lebih sehat, juga akan membantu proses metabolisme tubuh semakin baik.

Lebih dari itu tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga berdampak pada kesehatan psikis atau mental. Salah satunya adalah dengan berolahraga dapat menghilangkan stress dan membuat kita lebih bahagia.

pola hidup sehat dengan olahraga

5. Tinggalkan kebiasaan buruk

Tips lain menerapkan pola hidup sehat adalah dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan. Misalnya merokok, mengkonsumsi alkohol yang akan membuat organ tubuh rusak.

Mengurangi tidur selalu larut atau bergadang, mengkonsumsi junk food
berlebihan. Atau meminum minuman bersoda dan berwarna setiap hari, dan lainnya. Kebiasaan buruk tersebut akan memicu berbagai penyakit sehingga tubuh rentan sakit dan menjadi tidak sehat.

6. Selalu jaga kebersihan

Salah satu pola hidup sehat yang wajib diterapkan agar hidup menjadi lebih baik dan berkualitas adalah selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan. Mulai merawat diri dan lingkungan agar anda terhindar dari berbagai penyakit. Maka manfaat pola hidup sehat akan sangat anda rasakan dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

7. Konsumsi vitamin atau suplemen jika dibutuhkan

Pola hidup sehat lainnya yang dapat anda lakukan adalah mengkonsumsi vitamin atau suplemen tubuh jika memang tubuh kita membutuhkannya. Konsumsi suplemen tersebut sesuai dengan anjuran dan jangan dalam jangka waktu panjang. Salah satu suplemen tubuh yang sangat baik untuk kesehatan adalah Echinacea MPL 500 mg.

Echinacea MPL 500 mg Bantu Terapkan Pola Hidup Sehat

Echinacea MPL 500 mg adalah suplemen kesehatan golongan jamu yang tiap kapletnya mengandung 500 mg ekstrak echinacea purpurea. Suplemen kesehatan tubuh ini sudah tersertifikasi halal dan BPOM.

echinacea mpl 500 mg


Echinacea sendiri adalah salah satu tanaman populer yang berasal dari Amerika Utara yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Karena sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan bahan yang terdapat di dalam tumbuhan berwarna pink ini bekerja dengan cara meningkatkan sel-sel kekebalan seperti darah putih dalam tubuh. Sehingga meningkatkan produksi antibodi, membuat tubuh lebih kuat daya tahannya dalam melawan penyakit.

Beberapa manfaat dari Echinacea bagi kesehatan tubuh termasuk sebagai salah satu cara menerapkan pola hidup sehat adalah:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
  2. Membantu meredakan gejala pilek dan flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.
  3. Membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara menghidrasi dan mengurangi kerutan.
  4. Menjaga kesehatan mulut akibat infeksi dan peradangan pada gusi.
  5. Mengandung bahan antioksidan yang akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.
  6. Membantu mengurangi peradangan kronis seperti arthritis dan juga alergi.
  7. Membantu mengurangi stress seperti kecemasan, rasa khawatir, bahkan kelelahan.
  8. Membantu penyembuhan luka lebih cepat seperti luka bakar, dan lainnya.

Ternyata banyak sekali manfaat dari tumbuhan Echinacea ini. Sehingga tak heran jika obat ini menjadi bahan utama pada Echinacea MPL 500 mg. Produk ini memiliki manfaat dan khasiat untuk membantu memelihara daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh.

Echinacea MPL 500 mg


Konsumsi suplemen golongan jamu ini sesuai dengan aturan minum yaitu cukup satu kaplet satu hari setelah makan. Minuman Echinacea hanya saat dibutuhkan yaitu pada saat kondisi tubuh sedang merasa kurang sehat semisal menjelang sakit atau saat tubuh terasa tidak fit.

Sebelum mengkonsumsi kaplet yang berisi 5 strip dan terdiri dari 6 kaplet salut selaput di setiap stripnya, anda wajib tahu, bahwa produk yang mengandung bahan Echinacea Purpurea tidak boleh dikonsumsi lebih dari 8 minggu selama berturut-turut.

Minuman suplemen kesehatan Echinacea MPL 500 mg ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang aktif seperti saya. Kegiatan yang pada setiap harinya terkadang membuat daya tahan tubuh menurun. Jika badan sudah mulai tidak terasa nyaman dan kurang fit, pastinya wajib mengkonsumsi suplemen golongan jamu ini. Echinacea MPL 500 mg bisa anda dapatkan di berbagai tempat dengan mudah.

Dari 10 pola hidup sehat di atas, manakah yang sudah rutin anda lakukan atau justru semuanya sudah anda lakukan? Bagaimana efek terhadap tubuh? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar mengenai pengalaman anda menerapkan pola hidup sehat di atas.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/9-manfaat-echinacea-bagi-kesehatan-tubuh-yang-tak-banyak-diketahui
https://www.alodokter.com/5-manfaat-echinacea-dari-mengobati-pilek-hingga-menurunkan-gula-darah

24 Comment

  1. kalo bulan puasa gini yang susah olahraga sih. aku selama puasa baru olahraga 1x haha. itupun yoga. kayaknya emang butuh suplemen tambahan ya biar nggak lemes

    ReplyDelete
  2. Hidup berkualitas adalah dambaan semua orang
    Ingin hidup berkualitas dimulai dari melakukan pola hidup sehat ya

    ReplyDelete
  3. Memulai kebiasaan berolahraga dan membiasakan diri minum air putih yang banyak masih cukup sulit buag dilakukan bagi saya😣😣

    ReplyDelete
  4. Aku 2024 ini udh tekad untuk diet dan atur pola makan Kak. Jadi lebih banyak makan buah, sayur, dan minum air putih.

    BTW suplemennya bisa dikonsumsi anak2 kah?

    ReplyDelete
  5. Kunci menjalani hidup ini adalah sehat terus, agar bisa melaukan semua aktivitas. Dan untuk sehat memang harus menerapkan pola hidup sehat ya. Dan mau sehat atau tidak, semua tergantung pada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  6. Pola hidup sehat akan menghasilkan hidup yang berkualitas, namun di tegah aktivitas yang makin padat menjalankan semua pola hidup sehat di atas terkadang belum bisa. Salah satu caranya ya dengan tetap menjaga diri mengonsumsi suplemen kesehatan

    ReplyDelete
  7. Udah banyak contoh olah raga ringan buat yg lagi puasa. Eh...aku kok masih mager aja siiii...
    Padahal penting banget olah raga.
    Kepo sama suplemennya nih...

    ReplyDelete
  8. Cuaca nggak tentu kayak sekarang ini kadang panas banget kadang tiba-tiba ujan deres banget. Emang butuh nih vitamin buat penjaga daya tahan tubuh. Biar badan tetep fit di kondisi apapun

    ReplyDelete
  9. Pakai tambahan suplemen juga bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh ya mbak. Jadi berimbang pula dengan gaya hidup sehat yang sudh diterapkan

    ReplyDelete
  10. Saya baru konsumsi air putih yang banyak yang rutin dilakukan, kalau yang lainnya belum rutin jalan, apalagi istirahat yang cukup dan olahraga, masih sering begadang

    ReplyDelete
  11. Bener banget sih. Kalo kualitas hidup mau meningkat, ya mesti aware dengan diri sendiri. Dimulai dari hal-hal sederhana aja. Ya kayak ke-10 tips di atas yang memang relate banget deh. Perlu juga dibantu dengan konsumsi vitamin Echinacea MPL 500 mg untuk membantu penerapan pola hidup jadi lebih optimal. Khasiat yang didapat juga cukup banyak ya. Baru tau juga ada suplemen ini. Very nice sharing.

    ReplyDelete
  12. Bener banget sih. Kalo kualitas hidup mau meningkat, ya mesti aware dengan diri sendiri. Dimulai dari hal-hal sederhana aja. Ya kayak ke-10 tips di atas yang memang relate banget deh. Perlu juga dibantu dengan konsumsi vitamin Echinacea MPL 500 mg untuk membantu penerapan pola hidup jadi lebih optimal. Khasiat yang didapat juga cukup banyak ya. Baru tau juga ada suplemen ini. Very nice sharing.

    ReplyDelete
  13. Setuju bgt nih kak. Skrg zamannya gampang sakit. Kalo hidup kita ga terurus dgn menerapkan pola hdp sehat, biaya trs tuh utk mengobatinya. Lbh baik mencegah drpd mengobatinya ya kak. Plus minum vitamin sbg tambahan biar hdp kita mkn sehat dan lbh produktif.

    ReplyDelete
  14. Bagian minum air putih nih banyak banget yang ogah-ogahan. Ya gimana lagi. Air putih emang rasanya tawar. Tapi, emang lebih sehat. Biasanya kalau aku sih diakalinnya minum air putih yang dingin atau hangat. Jadi lebih nikmat.

    Peerku sih masih olahraga ya. Rasanya tuh kalau udah mager ya gitu. Males banget buat olahraga.

    ReplyDelete
  15. Saya sering bolongnya di bagian olah raga rutin nih, apalagi nggak ada teman, terus kalau musim hujan makin mager.

    ReplyDelete
  16. Pola hidup sehat harus diterapkan sejak awal soalnya banyak sekali penyakit berbahaya yang bisa menyerang kalau tubuh tidak sehat. Kudu dibantu juga dengan suplemen jamu supaya tambah sehat lagi

    ReplyDelete
  17. KOnsumsi vitamin yang berbahan alami seperti Echinacea MPL ini sangat disarankan yaa..
    Selain menjaga daya tahan tubuh juga fungsi lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kalau uda ada gejala-gejala kurang sehat, bisa nih.. dirutinkan ikhtiar minum Echinacea MPL.

    ReplyDelete
  18. Sehat tuh harta yang sangat berhargaaa, setuju nih sama semua tipsnya dan bisa dibantu dengan multivitamin seperti ini.

    ReplyDelete
  19. Echinacea MPL ini kalau dikonsumsi jangka panjang aman ngga kak? Pengen stok juga buat suplemen kesehatan di rumah

    ReplyDelete
  20. Bener sih, aku sempet libur olahraga sebulanan rasanya badan tuh jadi gampang sakit, gampang migrain juga. huhu. habisni mau rajin olahraga lagi lah pokoknyaaa :((( sama banyakin minum air putih, kuncii!

    ReplyDelete
  21. Tertampar sampai terjungkal sih kalau saya kurang olahraga biasanya sama kadang tidur suka seenaknya tuh kalau tidur malam padahal nggak bagus buat kesehatan selain itu juga suka lupa buat konsumsi suplemen. Jadi pengen nyoba juga buat konsumsi suplemen Echinacea MPL 500 mg kayak kak mei

    ReplyDelete
  22. Suka bingung akutuh nyari suplemen kesehatan yg pas. Echinacea MPL 500 mg bakal kucoba nih, praktis minumnya cuma sehari sekali setelah makan, kalo badan lagi gak fit.

    ReplyDelete
  23. begadang tuh salah satu kebiasaan buruk yaaa, tapi buat aku yang kerja freelancer dan dirumah ini, begadang agak sulit dihindari. solusinya tetep jaga kesehatan dengan olahraga ringan, minum air putih sesuai anjuran, makan sayur dan siangnya tidur. perlu juga nih mengonsumsi suplemen kesehatan buat jaga daya tahan tubuh ya/

    ReplyDelete
  24. begadang tuh salah satu kebiasaan buruk yaaa, tapi buat aku yang kerja freelancer dan dirumah ini, begadang agak sulit dihindari. solusinya tetep jaga kesehatan dengan olahraga ringan, minum air putih sesuai anjuran, makan sayur dan siangnya tidur. perlu juga nih mengonsumsi suplemen kesehatan buat jaga daya tahan tubuh ya/

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.