GREEN JOBS, PEKERJAAN HIJAU SEBAGAI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM

Belakangan udara di Jakarta terasa sangat panas sehingga memberikan efek buruk pada kesehatan warganya. Ternyata, hal ini disebabkan oleh perubahan iklim yang semakin buruk. 

Proses transisi energi juga belum betul-betul dilakukan di segala aspek. Alhasil solusi menciptakan pekerjaan ramah lingkungan berdasarkan wawasan kebangsaan harus segera diterapkan. Apa kaitan dari semuanya?

perubahan iklim
Ilustrasi perubahan iklim menyebabkan kerusakan lingkungan/Canva


Suhu Panas Bumi Naik, Transisi Energi Menjadi Solusi

Apakah belakangan ini teman-teman merasa suhu udara terasa begitu panas? Betul sekali, itu bukan hanya perasaan tetapi memang suhu udara belakangan ini sedang panas sekali. Bahkan sepanjang sejarah, tahun 2023 dinyatakan sebagai tahun terpanas bagi bumi. 

Suhu udara yang panas ini disebabkan  perubahan iklim akibat perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan. Kondisi panas ini semakin parah ketika terjadi fenomena El Nino. Naiknya suhu panas bumi ini menjadi salah satu contoh krisis iklim yang sedang terjadi saat ini. 

Menurut badan iklim Uni Eropa, pada tahun 2023 diketahui bahwa suhu global tercatat sekitar 1,48 derajat celcius lebih hangat dari rata-rata suhu era pra-industri tahun 18501900. 

Sementara menurut pengamatan BBC, sejak bulan Juli hampir setiap harinya suhu udara global mengalami peningkatan. Berbanding lurus dengan suhu permukaan laut yang juga mengalami kenaikan dari sebelumnya.

green jobs
Kerusakan lingkungan akibat suhu panas/Canva


Tidak heran jika sepanjang hari kita merasakan panas yang sangat menyengat. Baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kondisi panas yang sangat menyengat ini juga berbahaya pada kesehatan manusia. Tidak hanya itu, krisis iklim yang terjadi saat ini juga berdampak buruk pada bidang lain. Salah satunya adalah bidang pertanian. 

Efek domino dari meningkatnya suhu bumi ini adalah beras mengalami kenaikan yang cukup signifikan bahkan cukup langka di pasar, akibat gagal panen. Gagal panen ini diakibatkan tidak ada atau kurangnya air irigasi untuk membasahi lahan sawah sehingga sawah mengalami kekeringan. Langkanya beras di pasar menyebabkan beras mengalami kenaikan di berbagai wilayah. Lagi-lagi masyarakat kelas bawah yang terkena imbasnya.

Mahalnya harga beras di pasaran hanya satu dari sekian banyak masalah akibat dari perubahan iklim. Masalah lain juga muncul mulai dari kesehatan masyarakat yang menurun, sulitnya air bersih di berbagai wilayah, penyebaran penyakit lebih cepat, dan lainnya. Oleh sebab itu, harus segera dilakukan mitigasi perubahan iklim.

Transisi energi menjadi salah satu solusi untuk perubahan iklim yang kian buruk. Transisi energi adalah proses mengubah penggunaan sumber energi berbasis fosil dan tidak ramah lingkungan menjadi energi bersih dan ramah lingkungan. Biasanya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tidak habis pakai seperti panel surya, air, angin, dan panas bumi.

Transisi energi sudah mulai dikenal masyarakat luas sebagai salah satu solusi untuk menangani perubahan iklim. Namun, di Indonesia belum bisa diterapkan secara maksimal. Mengingat banyak faktor yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Namun, harus segera diaplikasikan mengingat krisis iklim kian buruk.

Solusi lain sebagai mitigasi perubahan iklim dan akselerasi transisi energi serta bentuk wawasan kebangsaan sebagai generasi muda yang mencintai bangsa dan negaranya adalah dengan menciptakan pekerjaan ramah lingkungan atau Green Jobs.

Apa Itu Green Jobs?

Green Jobs lahir sebagai bentuk reaktif terhadap krisis iklim yang terjadi saat ini. Mulai dari menurunnya kualitas lingkungan sampai dengan berkurangnya sumber daya alam.

Green Jobs adalah istilah yang diberikan oleh International Labour Organization (ILO) untuk pekerjaan-pekerjaan yang dapat membantu agenda pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi sehingga secara tidak langsung dapat membantu menurunkan krisis iklim yang terjadi saat ini.

Menurut ILO, Green Jobs dapat menjadi lambang dari perekonomian dan masyarakat yang berkelanjutan. Bahkan, dianggap mampu melestarikan lingkungan baik untuk generasi saat ini maupun yang akan datang.

transisi energi green jobs
Salah satu pekerjaan Green Jobs/Canva


Hasil dari kehadiran Green Jobs memang tidak mudah dan cepat. Hasilnya  baru akan dirasakan pada jangka panjang. Namun, secara perlahan akan memberikan dampak positif bagi bumi. Jika dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama, proses penurunan suhu panas bumi akan lebih cepat.

Kehadiran Green Jobs sebagai salah satu mitigasi kerusakan alam memiliki banyak manfaat antara lain mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak anggota masyarakat. Membantu melestarikan lingkungan yang  tentunya juga akan mendorong perekonomian masyarakat lebih baik.

Sebagai salah satu orang yang peduli dengan keberlangsungan lingkungan, tentu saja saya sangat mendukung pekerjaan hijau sebagai salah satu alternatif transisi energi untuk perubahan iklim ke arah lebih baik. Salah satu impian pekerjaan hijau saya adalah menjadi seorang eco fashionpreneur atau organic foodpreneur.

Masih  banyak pekerjaan Green Jobs yang dapat diciptakan dan memberikan dampak positif bagi perbaikan kondisi lingkungan sekaligus ekonomi. Pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah ecopreneur, eco design architect, electric car technician, urban farmer, solar panel technician, dan lainnya.

Salah satu platform yang dapat dijadikan acuan untuk mencari pekerjaan ramah lingkungan adalah  greenjobs.id.

Platform greenjobs.id Sebagai Mitigasi Perubahan Iklim

Istilah Green Jobs serta peluang menciptakan lapangan pekerjaan ramah lingkungan belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat luas. Dengan demikian, sosialisasi pekerjaan ramah lingkungan kepada semua lapisan masyarakat sangat penting dilakukan.  

Terutama bagi generasi muda, pihak swasta, pemerintah, dan sektor pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan wawasan kebangsaan generasi muda. 

Semakin banyak pihak menciptakan pekerjaan hijau dan memiliki visi keberlanjutan untuk perubahan iklim, transisi energi, atau menurunkan target emisi dengan mempraktikkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) semakin besar menciptakan pekerjaan hijau.

Sosialisasi yang menarik mengenai Green Jobs akan mendorong generasi muda untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin. Bahkan, akan mendorong kreativitas mereka untuk menciptakan lapangan pekerjaan hijau. 

Dengan demikian, mereka menyadari mengenai keahlian yang harus dimiliki untuk menciptakan pekerjaan hijau. Mengingat saat ini perkembangan digital sudah masuk ke berbagai bidang. Tentu saja hal ini akan membuka wawasan mereka mengenai aplikasi untuk mendukung pekerjaan ramah lingkungan.

pekerjaan hijau

Platform pekerjaan hijau greenjobs.id/greenjobs.id


Salah satu bentuk kreativitas dan kepedulian dalam mitigasi perubahan iklim telah ditunjukkan oleh Koaksi Indonesia dengan mengembangkan greenjobs.id yang merupakan platform khusus lowongan pekerjaan ramah lingkungan. Platform greenjobs.id dapat mendukung karir keberlanjutan lingkungan sekaligus mendorong kemajuan ekonomi.

Platform lowongan pekerjaan ramah lingkungan ini memberikan informasi lowongan pekerjaan secara lengkap, andal, serta mudah diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu menginstalnya.

pekerjaan ramah lingkungan

Alasan kenapa harus memilih greenjobs.id/greenjobs.id


Ke depannya greenjobs.id juga akan menyediakan berbagai publikasi sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan terjun ke Green Jobs dan menjadi rumah bagi sumber daya manusia (SDM) dengan penyedia Green Jobs. Rumah ini terdiri dari bidang pendidikan, swasta/industri, pemangku kepentingan terkait, dengan tujuan mampu menciptakan ekosistem Green Jobs.

Yuk cari tahu lebih banyak mengenai greenjobs.id sebagai platform #GoGREENJOBS penyedia lowongan pekerjaan hijau. Ada banyak jenis pekerjaan hijau di greenjobs.id yang bisa kamu pilih sesuai dengan potensi dan minat kamu.

Referensi:

https://greenjobs.id/
https://canva.com/
https://coaction.id/green-jobs-pekerjaan-ramah-lingkungan/
https://www.bbc.com/indonesia/articles/c8722p5pgrmo

26 Comment

  1. Betul banget mba Mei. Meski sudah masuk musim penghujan tapi cuaca masih sering panas. Dampak perubahan iklim sudah mulai dirasakan, terutama harga beras yang naiknya gila-gilaan. Wah, semoga makin banyak ya yang mulai berbenah menjaga lingkungan. Termasuk perusahaan-perusahaan besar.

    ReplyDelete
  2. keren sekali Green Jobs ini. Memberikan informasi tentang betapa pentingnya menjaga lingukungan, seklaigus menggerakkan generasi muda untuk ikut menciptakan lapangan pekerjaan hijau.

    ReplyDelete
  3. iya bener banget cuaca akhir2 ini puanas banget. apalagi siang hari matahari terasa menyengat banget. Wah keren greenjobs ini menyediakan lowongan kerja yang ramah lingkungan. Ditambah kemudahan aksesnya. Semoga kedepan platform ini semakin berkembang lagi

    ReplyDelete
  4. sekarang semakin terbuka lebar untuk green jobs dan peluangnya semakin besar nih, butuh juga platform yang mempermudah bagi yang ingin bekerja di bidang ini, ternyata cukup lengkap juga karena disertai pembelajaran biar makin berkompeten

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada juga ya platform job yang mengakomodir lowongan pekerjaan yang ramah lingkungan ya. Semoga kesadaran akan pentingnya kelestatian ini semakin meningkat, sehingga kesempatan kerjanya semakin banyak begitu juga dengan peminatnya..

    ReplyDelete
  6. Salut dengan hadirnya green jobs saat ini yang concern terhadap lingkungan. ini bisa jadi alternatif solusi yang bagus, apalagi untuk teman-teman yang sedang mencari lowongan pekerjaan, solutif banget

    ReplyDelete
  7. Memulai greenjob semenjak dini merupakan langkah yang wajib dilakukan sih. Peluang greenjobs juga semakin luas.

    ReplyDelete
  8. Kalau di Jakarta akhir-akhir ini panas, di daerah saya curah hujan yg tinggi disertai angin. Iklim saat ini memang udah memprihatinkan. Ya, karena kesalahan kita semua yang abai terhadap lingkungan. Penggunaan energi yg terus menerus tanpa memperhatikan keberlangsungannya.

    Semoga makin banyak para GreenJobs ino ya. Saling kerja sama antara oenerintsh, swasta, bahkan inividu untuk mencegah lajunya perubahan iklim.

    ReplyDelete
  9. Aku memang merasa kayaknya cuaca semakin panas. Sekarang tuh rasanya aku nggak bisa berada dalam rumah tanpa menyalakan kipas angin. Bahkan bisa kubilang, kalau kipas angin di rumah tuh hampir menyala terus. Nonstop.

    ReplyDelete
  10. Amaze deh dengan perkembangan Green Jobs saat ini. Bahkan sampai hadir platform yang dikhususkan bagi sesiapa saja yang tengah mencari wadah untuk berkarir pada bidang yang mengusung semangat peduli lingkungan begini.

    ReplyDelete
  11. Iya betul, harus mulai banyak nih yang sadar akan peluang kerja green jobs, sebagai bentuk kontribusi terhadap perubahan iklim. Nah. Kalau saya berkebun sacara organik, masuk green jobs juga gak ya?

    ReplyDelete
  12. Green Jobs ini peluang yang ramah lingkungan ya. Sangat cocok untuk mengatasi perubahan lingkungan yang makin terasa dampaknya akhir-akhir ini.

    ReplyDelete
  13. Wah, bener-bener ngena banget sih ini! Suhu bumi yang makin panas tuh emang jadi masalah serius, ya. Tapi ternyata, solusi Green Jobs bisa jadi cara keren untuk ngurangin dampak buruknya, sambil bantu nambah lapangan kerja yang ramah lingkungan. Seru juga nih, bisa berkontribusi sambil ngerawat bumi kita! 🌍💼 #GoGREENJOBS

    ReplyDelete
  14. Greenjobs, bisa menjadi solusi agar kita bisa tetap produktif, namun tetap ikut konribusi menjaga lingkungan dan iklim agar tetap bisa ramah. Apalagi kondisi lingkungan kita saat ini sangat memprihatinkan.

    ReplyDelete
  15. Semoga pekerjaan dengan latar latar belakang juga memikirkan kelangsungan hidup lingkungan ini membuat kita semua memiliki kesempatan untuk saling bekerjasama tidak hanya satu pribadi namun semuanya di segala lini agar bumi menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  16. Banyak ragamnya green jobs ini sebagai pilihan bagi siapa saja dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan. Dengan begitu kan lingkungan pun bisa lestari berkat andil tersebut

    ReplyDelete
  17. Green jobs adalah pekerjaan masa depan yang menjanjikan
    Tak hanya penghasilan dan karir yang mumpuni
    Tapi juga berfungsi sebagai mitigasi perubahan iklim

    ReplyDelete
  18. Kalau di ranah jurnalisme, ada juga tuh mbak yang spesifik ke arah jurnalisme lingkungan. Hanya saja saya kurang paham apakah itu masuk juga ke ranah green job :)

    ReplyDelete
  19. salah satu hal yang kurang diperhatikan ketika melamar pekerjaan adalah keterkaitan dengan isu lingkungan ya. tapi menurut saya memang hal ini tergantung bidang pekerjaan yang diminati atau dilamar. untuk yang memang punya kepedulian penuh terhadap lingkungan, greenjob.id bisa jadi pilihan ya.

    ReplyDelete
  20. Semakin ke sini, Green Jobs ini harus bisa menjadi satu diantara solusi terbaik masalah lingkungan, semoga semakin banyak yang memilih ini dan tentunya bisa berdampak baik untuk keberlangsungan hidup, terutama alam.

    ReplyDelete
  21. Bener banget Kak Emang tahun 2023 bahkan sampai sekarang aja tuh masih udaranya di atas normal biasanya gitu. Bandung yang biasanya Adem aja gerah sekarang. Keren nih Green jobs, peduli terhadap isu lingkungan apalagi sampai ada portal untuk lamar kerja untuk pekerjaan yang ramah lingkungan ya

    ReplyDelete
  22. Kalau di Jakarta sepertinya sudah lama ya, Kak. Saya meski hanya numpang transit kalau pas lagi mudik, uh terasa banget panasnya. Tidak hanya panas, polusi juga.

    ReplyDelete
  23. Keren banget ada platformnya. Berharap bisa ada yang freelance macam platform freelance itu..

    ReplyDelete
  24. Boleh ya komentarnya lain sendiri. Untuk penghijauan bumi percaya banget bisa menjadi solusi masalah lingkungan sekitar. Hanya saja kalau dibilang untuk perubahan iklim, beda case sih. Apalagi sampe dibilang suhu panas bumi yang naik. Hmm, peneliti saja belum bisa meneliti kedalaman bumi yang jelas sangat dalam, bagaimana mungkin suhu bumi diketahui secara menyeluruh? perubahan iklim biasa terjadi, bukan karena kerusakan lingkungan. per periode bumi memang akan memasuki masa iklim yang berubah. katakanlah seperti jaman dinosaurus, iklimnya tentu akan beda dg iklimkita yang sekarang. apakah dinosaurus merusak lingkungan? beda lagi kalo case nya dinosaurus punah karena meteor besar, meteor besar itu menabrak 1 sisi bumi? harusnya disisi bumi yang lain aman dong. Peace yah.. karena ngomongin kesehatan bumi jadi bahasannya ke keseluruhan deh hehehe

    ReplyDelete
  25. Banyak efek negatif yang timbul akibat perubahan iklim ya. Termasuk salah satunya harga beras yang semakin meroket pun tak lepas dari dampak akibat climate change. Nah, kehadiran Green Jobs ini setidaknya bisa jadi solusi ya agar bumi bisa tetap hijau

    ReplyDelete
  26. Suka banget sama maksud dari green jobs ini, tapi emang biuat liat hasilnya perlu waktu ya kak.. Semoga makin banyak anak muda yang tertarik dengan green jobs iniiiii

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.