REKOMENDASI MAKANAN KHAS BALI HALAL YANG WAJIB DICOBA

Jika kamu seorang muslim, makanan khas Bali halal menjadi makanan yang wajib dicari ketika anda berlibur ke Bali. Terdapat banyak makanan khas Bali yang moslem friendly yang dapat anda temukan ketika berkunjung ke destinasi wisata pulau dewata ini. Mulai dari beragam sayuran sampai dengan lauk pauk yang rasanya sangat nikmat dan khas sekali.

Lalu apa saja rekomendasi makanan khas Bali halal yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Bali? Let's check it out.

makanan khas bali halal


Rekomendasi Makanan Khas Bali Halal Yang Wajib Dicoba

1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali Halal pertama adalah Ayam Betutu. Ayam Betutu sangat terkenal dengan rasanya yang pedas dan aromanya yang khas membuat banyak wisatawan menyukainya. Anda wajib tahu kalau proses pembuatan Ayam Betutu ini membutuhkan waktu yang lumayan panjang dan lama. Sehingga menghasilkan sepotong ayam dengan bumbu yang meresap dan rasanya lezat. Membuat siapa pun yang mencobanya akan ketagihan.

ayam betutu

2. Bebel Bengil

Makanan khas Bali halal berikutnya adalah bebek bengil yaitu sajian bebek bengil. Jika mengerti bahasa Bali, anda pasti akan mengira jika makanan khas Bali halal ini adalah makanan kotor, karena bengil artinya  kotor. Proses marinasinya yang panjang membuat bebek bengil ini
begitu lezat dan gurih dan ketika digoreng menjadi warna kecoklatan.

3. Bebek Betutu

Selain ayam betutu, makanan khas Bali halal lainnya adalah bebek betutu. Pengolahannya hampir sama dengan ayam betutu, proses memasaknya cukup lama yaitu hampir sehari semalam dengan menggunakan api sekam.

Biasanya bebek betutu disajikan pada saat upacara keagamaan atau hari raya besar umat di Bali. Rasanya sangat gurih dan pedas, bagi siapa pun yang mencobanya akan ketagihan untuk mencobanya lagi.

bebek betutu


4. Bubur Mengguh

Bubur mengguh adalah makanan khas Bali halal yang terbuat dari nasi dan dimasak dengan campuran santan. Bubur ini terasa sangat gurih dan lezat. Bubur yang ditaburi dengan dengan suwiran ayam dan disiram dengan kaldu ayam kental ini dan rempah pilihan ini dapat membantu menghangatkan tubuh. Bubur ini juga sering dimakan dengan urap.

5. Nasi Jinggo

Makanan khas Bali halal berikutnya adalah nasi jinggo. Makanan ini dapat anda temukan di sekitar Kuta, Ubud dan Denpasar. Istilah nasi jinggo berasal dari harga nasi yang dahulunya seharga Rp1,500. Dalam istilah China, Rp1,500 disebut dengan jinggo.

Keunikan lain dari nasi jinggo adalah cara penyajiannya yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi jinggo ini terdiri dari ayam suwir, tumis sayur dan kacang tanah goreng. Beberapa penjual menambahkan telur asin atau sate lilit pada bungkusan makanan khas Bali halal ini.

nasi jinggo

6. Nasi Tekor

Nasi tekor yang artinya adalah pincuk daun pisang merupakan salah satu dari sekian makanan khas Bali halal yang wajib dicoba oleh wisatawan khususnya wisatawan muslim. Nasi tekor yang memberikan kesan jadul ini disajikan dalam wadah tradisional yaitu terbuat dari daun pisang. Makanan ini terdiri dari nasi putih, telur rebus, lauk pauk, kacang goreng.

7. Nasi Tepeng

Makanan khas Bali yang berasal dari Gianyar ini mirip dengan nasi campur. Anda dapat menikmati Nasi Tepeng dengan campuran sayur dan lauknya. Seperti kacang panjang, nangka muda, kacang merah, terung dan sate lilit. 

Nasi Tepeng ini diberi tambahan bumbu kuning yang penuh dengan rempah gurih dan menjadi ciri khas utamanya. Inilah yang membuat nasi tepeng menjadi sangat gurih dan enak untuk disantap saat sarapan pagi anda. Biasanya nasi tepeng ini akan dijual oleh pedagang keliling atau juga dijual di warung-warung sekitar Gianyar, Bali.

8. Rujak Buleleng

Makanan khas Bali halal lainnya adalah rujak buleleng. Rujak ini menggunakan buah-buahan segar sebagai bahan utamanya. Ciri khas dari rujak buleleng adalah mencampur semua buah dengan bumbunya. Bumbu rujak yang digunakan adalah gula aren khas Buleleng, cuka, terasi, garam, pisang batu, dan juga cabai rawit. Sehingga membuat rasanya menjadi sepet, manis, pedas, dan juga ada asam-asamnya.

9. Sate Lilit

Makanan khas Bali halal lainnya adalah sate lilit. Sate khas Bali ini cukup berbeda dengan sate lainnya. Sate lilit terbuat dari daging ayam yang sudah dihaluskan dan ditambahkan dengan campuran aneka bumbu rempah yang sangat lezat. Baru sate lilit ini kemudian dibakar hingga matang. Selain ayam ada juga beberapa yang menjualnya terbuat dari ikan tuna. Sajikan sate lilit ini dengan nasi, sayuran, dan tambahan sambal matah sebagai pelengkap nikmatnya.

sate lilit


10. Tipat Cantok

Makanan khas Bali halal selanjutnya adalah tipat cantok. Tipat sendiri artinya adalah ketupat dan cantok artinya diulek atau dihaluskan. Makanan yang mirip dengan gado-gado berbahan utama ketupat dan sayuran rebus. Sementara bumbunya terbuat dari kacang tanah, jeruk limau, kencur, cabai, garam, bawang merah, gula merah. 

Itu dia beberapa makanan khas Bali halal yang wajib anda coba saat berlibur ke Bali. Makanan moslem friendly ini akan anda temukan dengan cukup mudah. Atau anda mempunyai rekomendasi makanan khas Bali halal lainnya yang pernah anda coba? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

2 Comment

  1. Nasi jinggo enak siihh. Keliatannya simpel tapi menurutku citarasanya unik, khas banget. Di depan komplek rumah saya di Jogja ada yg jual nasi jinggo, yang jual orang asli Bali, saya dan keluarga sering beli buat sarapan.

    Oiya biarpun katanya susah nyari makanan halal di Bali, ternyata opsi makanan khas yang halalnya banyak juga kok ya..

    ReplyDelete
  2. Bebek betutu sama ayam betutu udah aku incer dari awal ngeplan ke Bali, sama nasi tekor juga ding, hehehehe. Bingung banget sih ke Bali mau makan apa, soalnya takut dapet B2 huhuhu. Makasih kak udah bikin list ini, membantu banget buat aku!!

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.