Looking for My Article

20 November 2020

TIPS MENJAGA KEBERSIHAN BADAN SELAMA PENDAKIAN BAGI PEREMPUAN

Buat para perempuan yang hobby-nya naik gunung, pasti sudah tahu lah ya, gimana rasanya dilema agar tetap bersih selama melakukan pendakian. Kadang kalau sudah lelah selama perjalanan, udah gak peduli loh sama kebersihan badan kita. Sampai di area camp, udah aja tuh lempar carrier, buka sepatu langsung rebahan masuk ke dalam tenda yang udah dipasangin sama anak-anak cowok dan tidur deh ampe pagi. Ada yang seperti itu? ada loh, saya pernah melihatnya. Mungkin saking lelahnya, banyak perempuan yang lupa bagaimana menjaga kebersihan badan selama pendakian.




Sebagai perempuan, kita wajib peduli dengan kebersihan diri sendiri dalam kondisi apapun apalagi saat melakukan pendakian. Bersih-bersih dulu sebelum tidur apalagi saat mendaki karena badan pasti berkeringat saat perjalanan, dan wajib makan juga pastinya, biar stamina kita selama pendakian tetap ok. Selain nyaman buat tubuh kita, nyaman juga buat orang yang dekat dengan kita, kalau kita menjaga kebersihan badan selama pendakian.

Nah, aku punya beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pendaki perempuan atau perempuan yang baru mau mendaki agar tetap bersih dan fresh selama melakukan pendakian di gunung. Semua tips menjaga kebersihan badan selama pendakian khususnya bagi perempuan ini, berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing dengan beberapa teman perempuan yang suka trekking.

Apa saja? yuk check it out.


KEBERSIHAN KEPALA DAN RAMBUT

Berkeramas sebelum melakukan pendakian

Nah jangan lupa, sebelum melakukan pendakian, usahakan untuk cuci rambut agar saat kita berangkat dalam keadaan bersih. Ini wajib saya lakukan. Selain membuat kita lebih nyaman, juga rambut tidak kotor dalam waktu yang terlalu lama.

Membawa semprotan pewangi rambut

Nah kalau kamu care banget sama wangi dan kebersihan rambut kamu, kamu sebagai pendaki perempuan, bawa pewangi rambut dalam bentuk semprotan yang berukuran kecil. Dulu saya pernah melakukannya, tapi sekarang sudah mulai cuek hehehe. Ini bisa dipakai di pagi hari sebelum melakukan pendakian setiap harinya. Agar rambut kamu tetap wangi dan ternutrisi dengan cairan tersebut. Kalau pendakian hanya 2-3 hari sepertinya tidak perlu membawa alat ini.

Gunakan penutup kepala

Tips kedua untuk menjaga kebersihan badan selama pendakian adalah, saat kamu sedang melakukan perjalanan, gunakan penutup kepala berupa topi, atau sejenisnya dan bisa juga menggunakan jaket yang ada penutup kepalanya, agar terhindar dari kotoran seperti debu jika mendaki ke gunung yang berdebu atau berpasir. Pastinya menggunakan topi akan membuat rambut kamu tidak cepat kotor akibat debu loh.




Menggunakan topi juga menghindari dari ranting-ranting ketika mendaki gunung yang berhutan lebat. Nah selain alasan kebersihan, menggunakan topi juga menjamin keselamatan kamu.

Gunakan kacamata

Selain untuk alasan keamanan seperti terlindungi dari sinar matahari, penggunaan kacamata saat melakukan pendakian juga berkaitan dengan alasan kebersihan yaitu area mata kamu. Dengan kacamata bisa menghindari debu masuk ke mata ketika mendaki gunung yang berpasir atau penuh dengan debu, semisal di musim kemarau.

Jangan terlalu sering menyentuh area rambut atau kepala

Hindari bolak balik melepas dan mengikat rambut ketika sepanjang perjalanan, apalagi tanpa melepas sarung tangan yang bisa saja kotor dengan debu atau kotoran lainnya. Karena akan mengotori rambut atau bagian kepala kamu. Itu dia tips berikutnya untuk menjaga kebersihan badan selama pendakian khususnya bagi perempuan.

Gunakan masker atau buff

Lagi-lagi selain alasan keselamatan, masker atau buff juga bisa membantu area wajah kamu tetap bersih saat melakukan pendakian. Pastinya akan terhindari dari debu atau kotoran lainnya selama mendaki. Gunakan masker atau buff yang nyaman saat kamu bernafas.




KEBERSIHAN AREA BADAN

Ganti pakaian saat hendak tidur

Salah satu cara agar badan kamu tetap bersih saat mendaki gunung adalah memisahkan pakaian untuk trekking dan untuk tidur. Karena pakaian trekking pasti akan basah oleh keringat dan debu saat perjalanan. Saat perjalanan biasanya saya menggunakan sepatu trekking, kaos kaki, pakaian atas bawah, dan jaket. Nah, saat hendak tidur maka gantilah semua pakaian trekking dengan pakai bersih, agar tidur kamu lebih nyaman. 

Termasuk jaket, gunakan jaket tipis ketika kamu sedang melakukan perjalanan, agar siklus udara tetap berjalan baik pada tubuh kita. Gunakan jaket hangat ketika kamu hendak tidur di tenda pada malam hari, yang tahan angin (wind proof) dan tahan cuaca dingin.

Selalu ganti pakaian dalam

Saya minimal 2x sehari untuk mengganti pakaian dalam dimanapun, termasuk di gunung. Sebelum tidur dan saat akan mendaki saya akan selalu mengganti pakaian dalam. Jadi banyak dong ya kalau misalkan mendakinya dalam waktu yang lama? Yap, pastinya, tapi saya ada tipsnya juga loh soal ini.

Ini adalah tips menjaga kebersihan badan selama pendakian paling penting buat saya, apalagi saya perempuan yang clean-freak. Ga bisa banget pakai pakaian kotor yang berkeringat.


Jangan sharing perlengkapan pribadi dengan orang lain

Untuk menjaga kebersihan, saya tidak pernah sharing perlengkapan pribadi dengan orang lain. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, handuk, perlengkapan kosmetik atau skincare, ataupun barang lainnya yang bersentuhan langsung dengan kulit kita. Tidak hanya dengan orang lain, bahkan dengan saudara perempuan saya sendiri, saya tidak pernah melakukannya. Jadi saat naik gunung, jangan pernah menggunakan barang temannya ya, atau juga membiarkan orang lain menggunakan perlengkapan pribadi kita yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Membawa perlengkapan pembersih mulut dan gigi

Tips menjaga kebersihan badan selama pendakian bagi perempuan berikutnya adalah alat pembersih mulut dan gigi. Jangan lupa pergi kemanapun untuk selalu membawa perlengkapan gosok gigi. Air untuk sekedar gosok gigi pasti ada lah ya. Agar area gigi kamu tetap bersih. Atau kamu bisa menggantinya dengan mouthwash untuk berkumur agar area mulut kamu tetap bersih selama di gunung.

Membawa perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi menjadi perlengkapan wajib dibawa kemana-mana termasuk saat mendaki gunung. Kalau di atas gunung memang ga mungkin untuk mandi ya, karena jarang ada sumber mata air besar saat di puncak atau sepanjang perjalanan yang bisa dipakai untuk mandi, tapi kita bisa menggunakan perlengkapan mandi ini saat sebelum atau sesudah turun dari tempat pendakian, agar badannya terbantu tetap fresh.

Tenda yang bersih

Penggunaan tenda yang bersih, juga salah satu cara untuk menjaga agar badan kita tetap bersih. Agar saat tidur kita terasa nyaman, maka selalu cuci dan bersihkan tenda setelah dipakai, sehingga pada saat akan digunakan dalam kondisi bersih. Hal ini akan berpengaruh terhadap kebersihan badan kita juga, kalau tendanya kotor maka badan kita juga akan kena imbas kotornya.

Bersihkan muka dengan tisu muka atau perawatan lainnya

Membawa produk perawatan kulit bagi perempuan saat mendaki gunung, sah-sah saja ko, ga ada larangan. Selama dalam batas wajar ya, alias seperlunya aja. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kita juga. Misalkan membawa lip balm agar bibirnya tidak pecah dan kering karena udara dingin. Atau membawa sunblock agar tidak terkena paparan sinar matahari. Atau body lotion dan pelembab muka agar kulit badan dan mukanya terhindar dari kekeringan. Membawa kapas, toner atau micellar water buat aku sih wajib, untuk membantu menghapus debu dan kotoran yang menempel selama perjalanan, apalagi kalau mendakinya saat musim kemarau. Wajib banget. Tapi ingat, seperlunya dan yang standar aja ya.




Nah agar muka tetap bersih, kamu bisa membawa tisu basah atau pembersih muka berbentuk cairan yang tidak perlu dibilas dengan air. Sekarang sudah ada beberapa produk semacam ini sehingga ga perlu ribet saat melakukan trekking. Dan ini adalah tips menjaga kebersihan badan nomor 2 yang saya anggap penting selama pendakian bagi perempuan.

Matras dan sleeping bag bersih

Selain tenda, matras dan sleeping bag juga wajib dibersihkan setiap kali selesai digunakan. Kalau kotor maka kotorannya akan kena ke badan kita juga, akhirnya ga nyaman kan tidurnya? So, jangan lupa bersihkan matras sama sleeping bag-nya untuk menjaga kebersihan badan kita selama di gunung.

Bersihkan badan dengan tisu basah

Bawalah tisu basah secukupnya sesuai dengan lama pendakian. Gunakan tisu basah untuk membersihkan area badan kamu sebelum kamu kamu tidur dan menggantinya dengan pakain bersih. Tisu basah juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan area intim kamu atau pada saat kamu hendak membuang air besar dan kecil. Carilah tisu basah yang non alkohol dan lebih lembut untuk area intim kamu. Bisa menggunakan tisu basah untuk bayi, selain lebih lembut biasanya lebih lembut. Pastikan gunakan tisu seperlunya dan sampahnya dibawa turun ya guys.



Mengganti pembalut secara teratur

Mengetahui siklus menstruasi sangat penting banget untuk buat perempuan sebelum melakukan pendakian, jika tahu sudah waktunya haid, jangan lupa membawa pembalut. Ganti setiap 4 jam sekali, agar area intim kamu tetap bersih dan nyaman selama pendakian. Ingat ya, bekas pembalutnya dilipat, dibungkus, dan dibawa turun kembali. Tips ini merupakan tips yang tak kalah penting buat saya, yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan badan selama pendakian.

Jangan keseringan menyentuh muka

Hindari keseringan menyentuh area muka selama dalam perjalanan. Karena tangan atau sarung tangan yang kamu kenakan bisa saja penuh dengan kotoran atau debu. Sehingga debu-debu tersebut akan mengotori area muka kamu.


KEBERSIHAN KAKI DAN TANGAN

Gunakan sarung tangan

Menjaga kebersihan badan selama pendakian juga termasuk area kaki dan tangan guys. Apalagi perempuan mempunyai kulit yang lebih sensitif. Buat saya, sarung tangan adalah perlengkapan wajib yang harus saya gunakan saat melakukan pendakian. Selain menghangatkan tangan, melindungi kulit kita dari duri atau barang berbahaya lainnya, juga menjaga kita dari kotoran apapun yang bisa saja kita sentuh tanpa kita sadari saat perjalanan mendaki.

Rapikan sepatu dan kaos kaki

Nah kadang banyak perempuan yang suka lalai soal sepatu dan kaos kaki ketika mendaki. Biasanya ketika sudah sampai camp area, karena sudah lelah, biasanya langsung buka sepatu dan kaos kaki dan menyimpannya sembarangan. Kalau menyimpannya sembarangan, resiko kotor sangatlah tinggi. Misalnya, keinjek orang lain kan jadi kotor tuh, ada debu dan kotoran masuk, kena hujan jika sedang musim hujan atau menjadi lembab karena udara yang sangat dingin, atau ada hewan kecil yang masuk yang bisa membahayakan kaki kita.




Jadi, saat sampai di camp area, rapikan sepatu dan kaos kaki dengan membungkusnya misalnya menggunakan plastik, kemudian simpan di tempat yang aman, seperti di dalam tenda. Sebelumnya kamu bisa menyimpannya sebentar agar kena angin, sehingga ada siklus udara yang bertukar di sepatu dan kaos kakimu agar tidak lembab.

Hal ini penting agar kondisi kaki tetap bersih, tidak lembab, dan tetap nyaman ketika menggunakan sepatu dan kaos kaki. Satu lagi agar kaki tidak bau juga. jadi wajib dijaga kebersihannya ya.

Memotong kuku kaki dan tangan

Saya biasanya akan selalu mendaki dengan kondisi kuku kaki dan tangan yang pendek. Kenapa? karena kalau misalkan panjang selain beresiko luka, juga biasanya suka banyak debu atau tanah yang menempel di sela kuku. So, potong dulu ya kukunya, untuk alasan kebersihan kamu juga loh.

Membawa hand sanitizer

Barang ini selalu ada di tas saya kemanapun pergi, termasuk saat melakukan pendakian. Fungsinya sebagai pengganti air, pastinya setidaknya membersihkan tangan kita dari kuman-kuman yang menghampiri selama melakukan perjalanan.



Membawa gunting kuku

Tips terakhir untuk menjaga kebersihan badan selama pendakian khususnya bagi perempuan adalah, barang ini juga wajib saya bawa selama melakukan trekking. Jaga-jaga kalau misalkan kuku kita kemasukan debu atau tanah. Karena beberapa kali pengalaman seperti ini, nah biar kukunya tetap bersih, gunting kuku adalah barang yang wajib dibawa.

Nah, sekian dulu beberapa tips yang biasanya saya lakukan untuk menjaga kebersihan badan selama melakukan pendakian khususnya bagi perempuan.

Silakan berbagi di kolom komentar ya kalau teman-teman punya cerita lain.

104 comments :

  1. Nah iya sempat kepikiran gimana menjaga kebersihan badan para pendaki terutama cewek saat di gunung. Karena ga selalu bisa mendapatkan tempat mandi yg nyaman kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia tipsnya yang biasa aku lakukan mba

      Delete
    2. Akhirnya Mba Mei cerita juga tipsnya, thanks mba jadi ada gambaran :))

      Delete
  2. Wah, terima kasih untuk infonya mba. Duh aku kebayang gimana repotnya mendaki saat menstruasi, jadi harus cari tanggal yang benar2 tepat ya mba. Btw kalau aku boleh kasih masukan untuk bersihkan wajah ada cleansing wipes dari Senka mungkin bisa jadi alternatif. Enak dipake, bersih tapi agak mahal memang. Mungkin worth untuk pendakian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saya pakai itu mba kalau untuk bepergian

      Delete
  3. aku salah satu tipe clean freak mba, jadi ga kebayang sih kl mendaki itu gimana, ga bisa sering2 keteu air bersih, pipis dimana :( apalagi kalau menstruasi huaaaa dijamin aku ga betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaa makanya saya menghindari banget ga naik gunung kalau lagi monthly period

      Delete
    2. bener mba, kalau yang periodnya normal enak ya bisa liat jadwalnya, nah yang ga nentu maju mundurnya gimana itu hahaa

      Delete
  4. Terima kasih untuk tipsnya ka. Aku kalau lagi camping dua hari semalam aja uda rempong bawaan peralatan mandinya, hihihi. Walaupun kadang kamar mandinya rada jauh dari camp, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe kalau naik gunung ga ada kamar mandi ini harus siap lagi hehe

      Delete
  5. waa terima kasih mbak mei tips tipsnya, walaupun sampe sekrang belum pernah mendaki tapi pengen banget suatu hari nanti coba ngedaki gunung yang nggak terlalu tinggi dulu hehe

    ReplyDelete
  6. Lumayan lengkap yaa peralatan perangnya, tapi yg penting nyaman selama perjalanan sih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya iya mba gpp berat dikit tapi nyaman

      Delete
  7. Aku suka ga kebayang kalo lg camping trus mau mandi dan ke toilet gimana. Atau pas naik lg mens, duh kyknya bakal kurang nyaman ya kak 😩

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuman sekali kalau haid naik gunung itupun karena datangnya pas di gunung, menghindari banget sih naik gunung saat haid

      Delete
  8. aku belum pernah hiking jadinya kayanya ini wajib banget save tips dan trik biar badan ttp bersih slm pendakian, enak juga yah mba jadi cewe-cwe klo mendaki bareng cowo tinggal nunggu dipasangkan tenda aja, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha biasanya begitu sih mba ada privilage sendiri hehehe

      Delete
  9. Tadinya sempat bingung gimana caranya jaga badan tetep bersih selama di sana. Thanks ya tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap orang mungkin beda-beda ya caranya mba, bisa jadi ada tips lain lebih mudah, kalau cara saya ini sih

      Delete
  10. mba Mei pernah ngga mendaki saat lagi haid? aku ngebayanginnya udah ribet banget ya bersih bersihnyaa huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ix aja mba Put itupun karena datangnya udah di gunung hehhe

      Delete
  11. AKu pikir yang namanya pendakian itu 1-2 hari beres, kak Mei.
    Jadi bawa bawaannya yag simple. Tapi kalau lama, jadi butuh banyak hal yaa...makin berat, makin susah gak sih...kak Mei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tempat pendakian, mau ganti, ga bisa sambil bilas-bilas yaa, kak..
      Karena keterbatasan air, jadi menggunakan tisu basah...lebih praktis.

      Delete
    2. apalagi kita wanita pasti printilannya banyak ya Uni ehhehe tapi seru dong ya. Perjuangan bertahan ya kalau ke gunung itu tapi hepii

      Delete
    3. Iya, Nyi..
      Tapi kalau permulaan, pergi ke gunung yang gak perlu nginep dulu kali ya, kak Mei..
      Kaya kalo di Bandung teh...Tangkuban Perahu.

      Delete
  12. menjaga kebersihan badan ketika akan mendaki ini dapat membuat pendakian jadi lebih nyaman ya mbak. kebayang banget kan jauh dari mana-mana. tips ini berguna banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba kalau saya sebelum mendakipun badan harus udah bersih

      Delete
  13. Komplit tipsnya. Sedikit banyak Saya Juga selalu melakukan hal yg sama kalau traveling. Hanya saja suka lupa bawa sunblock. Gosong dah muka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang saya juga suka lupa pakai ka Aif hehehe

      Delete
  14. Keren banget ini, suka banget tipsnya, jadi kita bisa tetap bersih dan segar selama pendakian dan menejelajah alam ya, nggak kotor dan bau seperti anggapan banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Dew, karena kebersihan sangat penting

      Delete
  15. Walaupun mendaki dan kemungkinan tidak dapat air untuk mandi, badan harus tetap bersih kan. Makanya tips ini sangat penting dilakukan bagi para pendaki perempuan. Mau tidur tetap wangi dan bersih apalagi jalan selama pendakian. Huaa..sukses dan sehat ya mbak juga untuk para pendaki. Proud of you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget ka, hatur nuhun, aamiin. sukses dan sehat juga buat ka Marda ya

      Delete
  16. Beberapa gunung di sini gak diperbolehkan membawa tisu basah soalnya banyak yang masih bandel dan meninggalkan sampahnya di atas. Btw terimakasih untuk tipsnya mbak, beberapa hal kulakukan juga tapi seringnya juga langsung makan dan tidur saja hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul mba Dwi makanya kalau bawa sampah sekecil apapun itu wajib banget buang sampahnya

      Delete
  17. MasyaAllah banyak banget tips kcenya kak agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan ketika pendakian ya Kak.
    Aku jadi ingat pas naik ke tempat-tempat tinggi, iya banget ya pelindung kepala ataupun yang lainnya ini penting banget kegunaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, buat nahan sinar matahari juga kan

      Delete
  18. walaupun saat mendaki harus sangat-sangat bijak terhadap air bersih, tapi kita pun harus tetap bersih yaa. duh ingin sekali bisa mendaki. Terimakasih tips-tipsnya sangat edukatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ka Intan, kapan-kapan ayo kita trip bareng ya

      Delete
  19. Menarik artikelnya. Setelah saya baca sebetulnya ini tips buat pendaki pria juga hanya minus pembalut saja dan juga kosmetik hehe.. Tabir Surya juga diperlukan karena walau cuaca dingin tapi kalau terik saat siang hari berbahaya juga bagi kulit. Kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget memang sangat penting tabir surya itu ka Vicky

      Delete
  20. Memang harus diperhatikan ya bagaimana menjaga kebersihan badan. Jangan sampai sama sekali gak bebersih selama pendakian dan balik kembali hihi.

    ReplyDelete
  21. Stigma saya dulu waktu diajak mendaki pasti jadi jarang mandi dan kucel karena tempat toilet yg terbatas eh terpatahkan dong dengan artikel mba ini, dengan mengikuti tips2 di atas kebersihan badan dan wajah selalu nomor 1 dan tetap nyaman saat mendaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman banget mba kalau saya soalnya bersih tetep nomor 1

      Delete
  22. salah satu lokasi yang perlu dicari di tempat pendakian itu adalah kamar mandi kan? betul nggak? karena kita nggak mungkin gotong gotong air untuk mandi sendiri dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah tahu di atas gunung tidak ada kamar mandi, jadi saya bersih-bersih sebisanya aja heheheh, awal-awal pasti ga nyaman atau dakinya yang lama

      Delete
  23. Iya nih mbak meskipun sedang melakukan pendakian jangan lupa untuk menjaga kebersihan badan. Soalnya hal ini sangat penting supaya badan tetap fresh. Mungkin agak sedikit ribet karena banyak yang harus dibawa tetapa jika kita lakukan persiapan jauh-jauh hari maka tidak akan terasa ribet.

    ReplyDelete
  24. Nice share kak tipsnya buat para traveller juga bisa diikutin nih. Btw semprotan pewangi rambut ky gimana ya? Merk apa salah satunya? Aku taunya hairspray.. itu mah bikin rambut kaku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya saya cari vitamin mba, banyak yang kecil-kecil atau bisa juga beli botol refill diisi dengan air mawar

      Delete
  25. Kayaknya tantangan terbesar itu kalau perginya pas ke tempat yang langka air bersih, atau bahkan langka air. Jadinya cuma mengandalkan tisu basah. Sebelum mendaki perlu jaga tubuh tetap fit juga ya, jadi pas mendaki enggak drop dan imun tetap kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu nomor wahid mba Nieke, wajib pisan hehhe

      Delete
  26. lengkap banget mbak tipsnya. Segitu detailnya ya untuk mempersiapkan pendakian. Tapi memang wajib sih demi kenyamanan selama perjalanan. Terus kalau lagi haid gitu, cewek2 masih pada kuat mendaki to mbak Mei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuat aja banyak ko mba, saya pernah sekali, kuat cuman lebih ribet sih

      Delete
  27. Sering berpikir gmana saat mendaki biar badan ga bau, ngebayangin susahnya cari kamar mandi, makasih tipsnya kak, jadi tahu musti siap apa aja

    ReplyDelete
  28. cewek emang lebih ribet ya Kak bersih bersihnya, tapi seruu. Banyak bawa tisu basah kalau aku hahha kan susah nemu air. Biar aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh tisu sementara memang andalan kalau tidak ada air mba, meskipun saya minimalisir

      Delete
  29. bermanfaat sekali ini tipsnya menjaga kebersihan badan saat sedang haid dan mendaki gunung

    ReplyDelete
  30. Jujur seumur hidupku belum pernah aku mendaki gunung :") but maybe one day! Terima kasih banyak kak infonya.

    ReplyDelete
  31. Wah aku blum pernah mendaki jadi gak tau apa aja persiapannya. Thanks ya kak tipsnya sangat bermanfaat nih,

    ReplyDelete
  32. Wah lengkap banget nih tipsnya Mbak. Saya nggak pernah mendaki gunung sih cuma pernah mendaki bukit saja yang ketinggiannya nggak seberapa hehe tapi yah memang menjaga kebersihan selama mendaki ini penting banget apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

    ReplyDelete
  33. Belum pernah mendaki hahhaha palingan cuman ijen dan itu ga nginep wkwkwkwk. Jdi ngebayangin gmn rasanya mendaki kayak gtu. Penasaran banget deh, makasi tips nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  34. Betul banget nih selama mendaki atau camping kebersihan badan ttp harus dijaga ya ka. Supaya mood kita mendaki ttp enak 😊

    ReplyDelete
  35. Wah kalo bersih jadi nyaman juga ya, mood juga bagus buat lanjutin perjalanan

    ReplyDelete
  36. Aku paling ga bisa kalau ga kena air buat mandi. Rasanya kurang bersih kalo cuma pake tissue. Salut deh buat para pendaki, apalagi kalau Itu perempuan.

    ReplyDelete
  37. Well tracking, hiking, or climbing a mountain should not be excuses not to take care of our personal hygiene. Thank you for all the tips

    ReplyDelete
  38. Tips yg bermanfaat ini, nggak hanya untuk perempuan, tapi tuk laki-laki pun boleh hehe

    ane blum pernah ngerasain naik gunung Mbak jadi ngambang tuk membayangkan, cuma waktu sekolah aja ikut kemah di gunung yg nggak terlalu tinggi hehe.

    Nggak ke bayang kalau naik berhari-hari gimana mandinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicobain dulu Mas Arif biar bisa bayanginnya hehehh seru loh

      Delete
  39. Aku takjub dengan para pendaki gunung, apalagi perempuan. Karena membayangkan medan dan harus bawa perlengkapan berat itu sudah.. entahlah apa kusanggup haha. Tipsnya menarik nih terutama buat para pendaki perempuan yaa..

    ReplyDelete
  40. Wah lengkap sekali tipsnya, memang ribet ya Mba sebagai perempuan kalau mau naik gunung, perlengkapannya banyak banget hhe, tapi kalau udah biasa naik gunung sepertinya nggak seribet yang dibayangkan. Makasih tipsnya Mbak, membantu sekali :)

    ReplyDelete
  41. Jadi ngebayangin kalo naik gunung, kayaknya gak bisa tidur sampe pagi lagi, mau tidur dimana dan gimana gunung dingin banget loh :( hal ini yg membuat aku gak pernah ke gunung, hihi
    Tipsnya sangat bermanfaat sekali mbak, semoga bisa aku pake ketika nantinya naok gunung ;)

    ReplyDelete
  42. Wah ternyata mba sangat memperhatikan kebersihan ya. Memang badan terasa lengket itu salah satu yang buat malas melakukan aktivitas mendaki. Tentu penting lokasi tujuan punya tempat ganti baju dan toilet ya.

    ReplyDelete
  43. Belum pernah mendaki, tapi bisa ngebayangin pasti badan lengket semua dan gerah.salut banget ma perempuan yg suka mendaki cz cew itu makhluk yg ribet banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe ya bawa ini bawa itu biar tetep bersih

      Delete
  44. Daku belum pernah melakukan pendakian, karena waktu mau ikut ekskuk pecinta alam dilarang sama orangtua, hehe.

    Pas baca perlengkapan buat pendakian seperti itu, hemmm.. Salut deh buat para pendaki dengan perintilannya itu dan always stay safe ya

    ReplyDelete
  45. Aku pernah sebelum camping nggak keramas dulu. Abis itu lintas medan 4 hari. Rambutku udah kaya sapu ijuk. Parah banget Ya Allaaaaah...

    Terus yang kalau tenda berdiri langsung rebahan itu juga aku banget. Wkwkwkwk..

    Makanya mukaku ancur banget waktu sering camping dulu. Sejorok itu diriku. Astaghfirullah..

    Aku mana ngerti ginian dulu, Mbak. Coba tahu dari dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp sekarang berarti rajin bersih-bersih ya kalau kamping lagi heheh

      Delete
  46. Perempuan, di mana aja, tetap harus jaga kebersihan diri. Memang kodratnya cantik, ye khann... Jadi tetap harus merawat tubuh. Nice info nih. Meski butuh persiapan lebih banyak, tapi memang kesemua tips di atas kudu dilakukan perempuan saat mendaki. Kalau lagi haid, kayanya lebih nyaman kalau gak mendaki dulu deh ya. Tubuh juga kurang fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget memang kodratnya cantik ya, jadi kemanapun tetep aja perhatiin cantiknya dan pastinya tetep bersih

      Delete
  47. Saya selalu penasaran dengan hal ini. Mengenai cara menjaga kebersihan badan pendaki wanita.
    Akhirnya jelas sudah. Bisa tidur nyenyak wkwkwk
    Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhehe nanti kalau ke gunung tahu lah ya jadinya

      Delete
  48. lengkap banget nih Kak tipsnya, memang wajib banget ya menjaga kebersihan diri utamanya badan selama pendakian biar kita jadi merasa nyaman dan sehat juga, orang di sekitar kita juga jadi gak risih ama kita karena bau keti misalnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul, nyaman buat kita, nyaman juga buat orang sekitar

      Delete
  49. Wahh ternyata emang banyak ya yang harus dipersiapkan untuk menjaga kebersihan badan selama pendakian ya. Keren!

    Salam hangat, Ibadah Mimpi

    ReplyDelete
  50. woman is always a woman.. hehehe. Saya cowok aja, kalo' celdam basah/ lembab suka uring-uringan.. wkwkwkw

    ReplyDelete

Silakan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top