10 NEGARA PALING BAHAGIA DI DUNIA 2023

Buat kamu yang hobi traveling, pernahkah memperhatikan sistem kehidupan di negara yang kamu kunjungi? Mulai dari fasilitas umum, cara berkomunikasi, gaya hidup, cara berpakaian, budaya, akses terhadap layanan umum, ketersediaan tempat wisata, sistem pendidikan, bahkan saya sering memperhatikan tempat-tempat mereka belanja.

Setelah mengelilingi banyak negara dan membaca banyak referensi, saya melihat secara nyata kehidupan orang-orang di berbagai negara. Ada beberapa kesenjangan antara negara maju dan negara berkembang. Fasilitas dan layanan dari pemerintah mau pun swasta di negara maju sangat baik. Sistem kerja yang adil, gaji yang makmur menjadi faktor banyak negara maju masyarakatnya bahagia. Termasuk juga keindahan alamnya. Sampai akhirnya saya penasaran negara mana kah yang paling bahagia di dunia ini.

negara paling bahagia di dunia


10 Negara Paling Bahagia Di Dunia 2023

Tidak hanya kamu saya pun penasaran negara paling bahagia di dunia dan apa tolak ukurnya. Sampai akhirnya saya mencari-cari data dan informasinya. Akhirnya saya menemukan situs World Happiness Report, sebuah situs yang mengukur kebahagiaan orang-orang di setiap negara.

Penilaian berdasarkan kriteria Life Evaluation dari 137 negara dari 2020 - 2022. Penasaran bukan mana saja negara paling bahagia di dunia tahun 2023? Here we go.

1. Finlandia

Negara maju Finlandia terkenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik. Ternyata berbanding lurus dengan kebahagiaan yang diciptakan dari sistem pendidikan tersebut. Tahun 2023, Finlandia untuk ke-6 kalinya kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia dengan skor penilaian berdasarkan Average Life Evaluation yaitu 7,804 poin.

Rendahnya tingkat kemiskinan di Finlandia membuatnya menjadi salah satu negara paling aman di dunia. Dimana tingkat kejahatannya sangat rendah. Memiliki perawatan kesehatan terbaik di dunia, sistem kerja yang berimbang, sistem pendidikan yang adil, cara hidup yang santai, dan juga fokus pada kerjasama dibandingkan dengan kompetisi.

2. Denmark

Dengan nilai 7,586 poin, Denmark masuk sebagai negara paling bahagia kedua di dunia. Denmark dikenal memiliki tingkat kepercayaan sosial sangat tinggi. Tidak hanya memiliki kepercayaan terhadap satu sama lain, tetapi masyarakat di sana juga memiliki kepercayaan tinggi kepada pemerintah, monarki, rumah sakit, dan juga aparat negara polisi.

Denmark dikenal sebagai negara yang memiliki pajak sangat tinggi di dunia, tetapi pembayaran pajak tinggi ini berbanding lurus dengan layanan publik yang sangat maksimal dan berkualitas. Faktor-faktor tersebut membuat masyarakatnya bahagia. Tak hanya sebagai negara paling bahagia di dunia, Denmark juga masuk sebagai negara paling aman di dunia, sehingga sangat coock untuk para traveler.

3. Islandia

Islandia dengan nilai 7,530 poin, masuk sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia karena memiliki tingkat kematian bayi yang sangat rendah dan menjadi salah satu negara yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Hampir semua warga Islandia memiliki akses ke layanan kesehatan dengan kualitas tinggi. Islandia juga dikenal sebagai salah satu negara indah di dunia, membuat masyarakatnya menjadi bahagia.

4. Israel

Meskipun Israel bukan sebuah negara, namun masuk dalam negara bahagia di dunia dalam perhitungan situs World Happiness Report. Israel naik dari posisi ke sembilan pada tahun 2022. Memiliki komunikasi yang baik antar keluarga dan teman menjadi salah satu alasan kenapa Israel masuk ke dalam negara paling bahagia di dunia. Selain itu Israel juga memiliki perekonomian yang stabil, layanan kesehatan yang baik. Sehingga mendapatkan nilai 7,374 poin sebagai negara paling bahagia di dunia.

5. Belanda

Negara yang dikenal sebagai negara liberal, terbuka, dan juga ramah ini masuk dalam kategori negara paling bahagia di dunia. Di Belanda semua penduduk berhak mendapatkan pendidikan yang layak serta menghargai keseimbangan dalam bekerja. Dengan nilai 7,403 poin negara kincir angin ini menjadi negara paling bahagia kelima tahun 2023 ini.

6. Swedia

Dengan nilai 7,395 poin Swedia masuk urutan keenam sebagai negara paling bahagia di dunia 2023. Warga Swedia bekerja dengan cukup santai, sehingga mereka banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman. Keindahan negara Swedia juga menjadi salah satu faktor kenapa masyarakat negara menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia.

7. Norwegia

Norwegia salah satu Nordic Countries yang memiliki keindahan alam luar biasa. Perusahaan di Norwegia mempunyai layanan yang sangat baik bagi karyawannya, bahkan perusahaan memperhitungkan masa liburan bagi karyawannya selama lima minggu. Layanan pemerintah yang baik, kebebasan, kesehatan, kepedulian, kejujuran, kemurahan hati, dan pendapatan yang tinggi menjadi alasan kenapa Norwegia menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia.

8. Swiss

Swiss salah satu negara terindah di dunia, karena memiliki landskap alam yang sangat luar biasa. Selain itu Swiss juga memiliki tingkat pendapatan yang sangat tinggi. Itu sebabnya keindahan alam dan kebebasan finansial membuat Swiss menjadi salah satu negara paling bahagia di duni dengan skor 7.240 poin.

9. Luksemburg

Buat kamu yang suka bermain monopoli, kamu akan menemukan negara Luksemburg adalah salah satu negara paling mahal pajaknya. Meski pun negara kecil, Luksemburg adalah negara makmur karena standar hidup penduduk di sana cukup tinggi dengan stabilitas keuangan yang baik. Selain itu juga memiliki kekayaan alam yang saat indah, kuliner yang menarik, serta memiliki keanekaragaman budaya yang menarik.

Keindahan alam dan finasial yang stabil ini membuat negara Luksemburg menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia. Dengan skor penilaian 7,228 poin.

10. Selandia Baru

Selandia baru adalah negara impian banyak wisatawan karena mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa dan terjaga dengan sangat baik. Negara makmur ini memiliki rasa kebersamaan yang kuat antara semua penduduknya dan juga pemerintahannya. Liburan menjadi kegiatan wajib untuk mereka di akhir pekan. 

Karena di dukung dengan keindahan alam serta kemakmuran dalam bidang ekonomi dan memiliki kesejahteraan sosial terbaik di dunia. Juga sebagai negara yang memiliki kedamaian dan ketenangan yang sangat baik, maka tak heran mendapatkan skor nilai 7,123 poin. Membuatnya menjadi negara paling bahagia ke-10 di dunia tahun 2023.

Urutan Ke Berapakah Indonesia Sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia?

Dari 137 negara yang disurvei oleh World Happiest Report pada tahun 2020 - 2022, Indonesia menempati urutan ke 84 dengan skor 5,277 sebagai negara paling bahagia di dunia.

Beberapa negara Asia Tenggara yang masuk dalam negara paling bahagia yang di atas Indonesia adalah Singapore ke-25 dengan skor 6,587 poin. Sementara dengan skor 6,012 Malaysia berada di urutan ke-55, Thailand ke-60, Vietnam ke-65, dan Filifina ke-76.

Afghanistan dengan skor 1,859 adalah negera paling tidak bahagia di dunia yaitu urutan ke-137. Hal ini mengingat banyak sekali konflik internal dan masalah di negara ini.

Referensi:

https://worldhappiness.report/ed/2023/world-happiness-trust-and-social-connections-in-times-of-crisis/#ranking-of-happiness-2020-2022
https://worldhappiness.report/ed/2023/
https://happiness-report.s3.amazonaws.com/2023/WHR+23.pdf
https://www.cnbc.com/2023/03/21/top-10-happiest-countries-in-the-world-2023.html

16 Comment

  1. Ingfokan tiket murah ke Finlandia mbak, langsung pengen hidup damai disana hahaha,, soalnya di negeriku tercinta ini kondisinya sedang tidak baik-baik saja ><

    ReplyDelete
  2. wah Indonesia urutan ke 137 yaa padahal negara kita kaya sumber daya alamnya dan katanya ramah2 tapi kurang bahagia ya...ayo ayo bahagia yuuuk

    ReplyDelete
  3. Wah Indonesia urutan ke 84? Hehehe.... tak apalah... ayo berjuang biar terus naik.... hehehe... Dan tetap bersyukur bisa tinggal di Indonesia dengan segala kekurangannya, supaya kita tetap bahagia meski negara kita adalah negara paling bahagia ke 84 dari 137 negara.

    ReplyDelete
  4. Pengen ke Iceland lihat auroraaa. Nah, ada tuh temen adikku yg kerja di Belanda. Dia bilang emang happy di sana karena gak dipaksa lembur dan ada tunjangan ini-itu, gaji mencukupi, ada jatah libur yg wajar.

    ReplyDelete
  5. Finlandia sudah lama sih diketahui sebagai negara yang aman damai tenteram, semoga Indonesia kelak juga begitu

    ReplyDelete
  6. Yang nomor 4 kenapa masuk ya, padahal bukan di tanah airnya, dan kenapa yang punya tanah airnya gak masuk, huhu? 🥹

    Semoga peringkat kita bisa naik ya, ndak di ratusan lagi. Semangat berbahagia

    ReplyDelete
  7. Jadi bertanya-tanya, kenapa Indonesia tidak masuk deretan atas negara bahagia? Padahal banyak keindahan alam, dan lbisa kumpul dengan keluarga lebih banyak.

    ReplyDelete
  8. Selalu merasa merinding kalau ngomongin negara paling bahagia.
    Karena pasti ada deretan negara yang tidak bahagia.
    Jadi rasanya dunia itu penuh dengan paradoks gitu yaa..

    ReplyDelete
  9. Kaget banget sama Israel yang masuk dalam daftar negara paling bahagia. Miris sebenarnya, karena itu bukan negara. sementara negera yang ada di sana malah nggak masuk dalam daftar.

    ReplyDelete
  10. Percaya sih kalo Finlandia, sempet baca buku juga soal How To Teach Like Finlandia, mulai dari murid, guru, sampe orang tuanya, dimana iini tuh lingkaran yang terus berulang, semua bahagia sama sistemnyaa. mulai dari sistem pendidikan sampe ke tata kota

    ReplyDelete
  11. Saat baca judul auto nebak salah satunya pasti Denmark gara2 buku parenting populer itu hehe. Ternyata benar, ya, lalu ada juga banyak negara yang dianggap bahagia nih. Indonesia kapan ya

    ReplyDelete
  12. jadi pengin nyoba tinggal di salah satu negara paling bahagiadi dunia itu. Bekerja di sana dan merasakan kehidupan sehari-hari, gimana ya rasanya harihari selu bahagia? apa tidak pernah ada masalah yang berarti?

    ReplyDelete
  13. Kebutuhan belum pernah keliling dunia Mbak. Ya ampun jadi tergiur buat keliling dunia suatu hari nanti kalau udah banyak uang ehehe. Aku kira cuma Finlandia sama Swiss aja yang negara paling bahagia ternyata kayak Belanda sama Denmark juga termasuk ya jadi penasaran banget pengen berkunjung. Keren banget sih Finlandia tingkat kemiskinannya rendah

    ReplyDelete
  14. Dihh jauh banget Indonesia dari 10 besar negara paling bahagia di dunia. Wkwk.. Kayaknya Indonesia perlu belajar banyak ke 10 negara di atas dech. Biar jadi 10 negara paling bahagia di dunia juga. Hehe

    ReplyDelete
  15. holooh, nomor 4 itu masuk negara paling bahagia? bahagia dari sisi apa ya? nyiksa negara lain gitu? hiksss
    negara-negara Eropa emang terkenal ya Mbak, salah satu yang buat mereka bisa bahagia itu karena pemandangannya juga sih ya, keren banget sih ya negara-negara sana.. moga bisa berkunjung juga nanti biar merasakan juga kebahagian berada di negara-negara bahagia :) kecuali nomor 4 *upsss

    ReplyDelete
  16. Rata rata kayanya yang ngebuat penduduknya bahagia tuh karena tingkat kesejahteraan penduduknya juga yaaa kak.. semoga suatu hari nanti bisa mampir ke negara negara di atas (kecuali israel).. aamiin.. hihii

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.