INSTO DRY EYES: SOLUSI MATA KERING BAGI DIGITAL SAVVY DAN SI HOBI TRAVELING

Bekerja sebagai Travel Blogger dan Traveller mengharuskan saya untuk terus berinteraksi dengan layar gawai. Semua pekerjaan diproses dengan menggunakan digital. Tidak hanya sejam atau dua jam ketika harus memproduksi sebuah tulisan atau mengolah foto dan video, tetapi bisa belasan jam. Apalagi jika sudah mendekati deadline. Selain itu kebiasaan membaca e-book juga membuat mata saya lebih lama menatap layar gawai.

Belum lagi aktivitas sebagai traveler akan banyak bekerja di lapangan. Berkunjung ke berbagai destinasi wisata, kuliner, atu pun hotel. Hal ini membuat saya dekat sekali dengan sinar matahari dan debu. Tentu saja hal ini akan berpengaruh besar pada kesehatan mata saya. Membuatnya lebih cepat kering dan perih karena terkena debu atau terkena paparan sinar matahari.

insto dry eyes


Ketahui Gejala Mata Kering

Gejala mata kering dapat ditandai oleh beberapa hal. Mulai dari gejala ringan mau pun gejala berat. Gejala ini akan muncul tergantung tingkat keparahannya. Pada umunya gejala mata kering adalah mata pegel, mata sepet, mata kering. Untuk detailnya, ini dia beberapa gejala mata kering yang sering terjadi secara umum.

gejala mata kering


  1. Mata terasa panas dan kering.
  2. Terasa ada sensasi benda asing di mata dan terasa mengganjal atau seperti berpasir.
  3. Mata terasa nyeri dan cepat lelah.
  4. Sensitif ketika melihat sinar matahari atau cahaya terang.
  5. Mata merah dan terus berair.
  6. Kelopak mata terus berkedut.
  7. Kelopak mata terasa lebih berat.
  8. Terasa sulit untuk membuka mata.
  9. Terdapat lendir di dalam atau di sekitar area mata, saat bangun tidur lendir ini lebih terasa.
  10. Penglihatan kabur dan buram dan akan membaik setelah berkedip.

Itu dia beberapa gejala mata kering yang wajib diketahui dan wajib diwaspadai agar tidak semakin parah. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, sehingga jika sudah mengetahui gejalanya wajib segera mencari solusinya. Karena jika didiamkan akan semakin parah dan akan sangat berbahaya pada kesehatan mata anda. Pastinya akan mengganggu semua aktivitas. 

Waspadai Bahaya Mata Kering

Setelah mengetahui gejalanya, anda wajib mengetahui bahaya mata kering jika tidak segera ditangani. Apabila mata kering tidak diatasi maka akan dapat menyebabkan beberapa hal berikut:

1. Penurunan kualitas hidup

Bahaya pertama yang harus diwaspadai ketika mengalami mata kering adalah penurunan kualitas hidup. Menurut DR Dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE, selaku Dokter Spesialis Mata dan Ketua Contact Lens Service JEC Hospitals and Clinics karena penderita tidak akan bisa maksimal dalam melakukan aktivitas apa pun. Penurunan kualitas hidup ini juga dikarenakan penderita akan mengalami ketergantungan pada obat-obatan. 

2.  Kerusakan pada permukaan mata

Mata kering yang tidak ditangani lebih awal dan lebih cepat juga dapat merusak permukaan mata yang diakibat peradangan atau infeksi.

3. Kehilangan penglihatan

Mata kering yang sering diabaikan juga dapat berisiko kehilangan penglihatan meskipun ini sangat jarang terjadi. Hal ini terjadi jika terus dibiarkan ketika mata kering dan mulai mengalami pengaburan dalam penglihatan akan terus meningkat. Jadi segera lakukan penanganan ketika mata sudah mulai terasa perih atau sering merasa perih.

4. Kerusakan pada korena mata

Bahaya lain dari mata kering adalah kehilangan penglihatan. Jika tidak segera diobati mata akan semakin terasa gatal dan perih. Segera lakukan pemeriksaan ke ahlinya jika sudah muali terasa gatal dan perih. Jangan menggaruknya karena dapat merusak lapisan kornea mata. Apalagi menggosoknya terlalu keras dapat meninggalkan cedera pada kornea mata dan membuat jaringan parut pada kornea mata bermasalah.

Apa Saja Penyebab Mata Kering?

Banyak faktor penyebab mata kering. Apalagi mengingat air mata dihasilkan dari berbagai komposisi. JIka ada komponen tidak terpenuhi maka air mata akan melakukan penguapan yang akan membuat mata mudah menjadi kering. Faktor lain dari penyebab mata kering juga disebabkan makanan, kegiatan, pola hidup, dan lainnya. 

Dan aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering?

  • Usia sudah mencapai 50 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin perempuan lebih cenderung mengalami mata kering.
  • Mengalami kekurangan Vitamin A.
  • Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama dan perawatannya kurang baik.
  • Pernah melakukan operasi refraktif untuk memperbaiki penglihatan mata.
  • Mengalami penyakit imun tubuh, seperti lupus.
  • Mengalami perubahan hormon akibat kehamilan, mengkonsumis pil KB, atau mengalami monopuse.
  • Terkena paparan polusi udara atau udara kering terutama bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan.
  • Mengalami reaksi alergi mata.
  • Menatap layar gawai dalam jangka waktu lama setiap harinya.
  • Mengalami gangguan pada kelopak, seperti ektropion yaitu kelopak mata berbalik ke luar. Atau sebaliknya yaitu entropion dimana kelopak mata berbalik ke dalam.
  • Penderita penyakit parkinson yang mana membuat mata jarang berkedip.

Setelah mengetahui apa saja penyebab mata kering, jadi wajib banget untuk kita semua lebih waspada dan peka terhadap penyebab serta gejalanya. Jika sudah ada tanda-tanda di atas maka segera lakukan penanganan kepada ahlinya akan tidak semakin parah.

Solusi Mata Kering

Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai solusi mata kering dalam kehidupan sehari dan semua aktivitas harian kita adalah:

  • Jadwalkan penggunaan layar gawai dan kedipkan mata secara teratur saat menggunakan gawai.
  • Beri jeda mata untuk beristirahat selama menggunakan gawai, misalnya 5-10 menit per 1 jam penggunaan gawai.
  • Perbanyak konsumsi Vitamin A.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan mata seperti wortel, brokoli, telur, ikan makarel, dan sayuran berwarna hijau.
  • Hindari paparan sinar matahari, polusi udara, angin dari pendingin ruangan mau pun dari kipas, dan juga dari pengering rambut.
  • Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung atau angin.
  • Istirahat yang cukup minimal 7-9 jam setiap harinya.
  • Konsumsi cairan tubuh minimal 2 liter setiap harinya.
  • Tidak merokok.
  • Konsultasi dengan dokter jika mata kering semakin parah.
  • Gunakan tetes air mata buatan jika menggunakan kontak lensa.
  • Gunakan obat tetes mata kering yang aman dan direkomendasikan.  

Salah satu obat tetes mata kering yang direkomendasikan adalah Insto Dry Eyes yang dikalim mampu mengatasi mata kering, mata pegal, dan mata perih. Cocok banget buat saya yang digital savvy dan juga si hobi traveling. Pastinya bakal bantu banget mengatasi mata kering ketika di depan gawai dan saat traveling.

Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering Bagi Si Digital Savvy dan Si Hobi Traveling

Sejak tahun 2019 saya mulai fokus bekerja pada dunia freelancer. Yap saya menggeluti dunia menulis sebagai Travel Blogger. Pekerjaan saya ya traveling setelah itu menuangkan pengalaman travelingnya ke dalam bentuk tulisan salah satunya adalah blog.

obat mata kering bagi digital savvy


Ketika traveling saya dekat sekali dengan debu. Sementara ketika menulis, saya akan dekat dengan layar gawai. Aktivitas ini membuat mata rentan mengalami kekeringan. Bahkan membuat mata pegal, mata sepet, dan juga perih.

Maka dari itu wajib banget untuk selalu menjaga kesehatan mata baik dari dalam seperti mengkonsumi Vitamin A, makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan, istirahat yang cukup, tidak terlalu lama menatap gawai, dan lainnya. Lalu pencegahan atau pengobatan dari luar jyga wajib dilakukan seperti menggunakan obat teteh mata untuk mengurangi mata kering.

solusi mata kering


Beruntung saya menemukan obat tetes mata yang aman yaitu Insto Dry Eyes #InstoDryEyes sebagai solusi mata kering #SolusiMataKering saya karena terlalu lama menatap layar gawai dan juga akibat debu saat beekrja di lapangan.

Kenapa harus Insto Dry Eyes? Karena obat tetes mata ini mampu mengatasi mata kering yang anda hadapi. Obat tetes mata yang ukurannya travel friendly ini mampu memberikan efek pelumas pada mata yang mirip dengan air mata. Sehingga dapat membantu mengatasi kekeringan pada mata. Mengatasi meringankan ritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Bahkan obat tetes mata dengan ukuran 7,5 mili ini juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu.

mata sepet


Pastinya obat tetes mata ini sangat bermanfaat untuk saya, menjadi teman setia ketika mengalami mata kering, mata perih, dan mata pegal. Akibat menatap layar gawai terlalu lama. Atau bahkan ketika saya sedang traveling ke destinasi wisata yang penuh dengan terik matahari dan penuh dengan debu.

Insto Dry Eyes sebagai tips mata kering ini dapat dibeli di beberapa e-commerce, supermarket atau minimarket, juga di apotik. Dijual dengan harga yang sangat affordable yaitu antara 15 ribu sampai dengan 20ribuan.

Cukup teteskan 1-2 tetes saja pada mata kering anda, lakukan 2-3 kali dalam sehari. Jangan menggunakannya terlalu belebihan karena akan membuat anda terasa panas. Obat yang sudah terdaftar di BPOM ini hanya untuk digunakan pada bagian luar. Ingat gunakan sesuai dengan aturan dan baca aturannya sebelum digunakan. Simpan di tempat dengan suhu di bawah 30 derajat.

mata pegal


Jika anda ingin menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes dan anda pengguna lensa kontak, maka lepaskan lensa kontak anda. Lensa kontak mata dapat digunakan kembali minimal 15 menit setelah meneteskan obat mata ini. Jangan menggunakan obat mata kering ini dalam jangka waktu panjang. 

Itu dia pengalaman saya menggunakan obat mata kering Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes benar-benar menjadi solusi mata kering bagi digital savvy dan si hobi traveling seperti saya. Thank you Insto Dry Eyes.

Referensi:

https://www.alodokter.com/mata-kering
https://carolinaeyecare.com/why-ignoring-dry-eye-symptoms-can-harm-your-vision/
https://jec.co.id/id/article/mata-kering-yang-tak-tertangani-dapat-akibatkan-kerusakan-permukaan-mata#:~:text=Mata%20kering%20yang%20tak%20tertangani%20dengan%20baik%20mengakibatkan%20penurunan%20kualitas,mata%20akibat%20peradangan%20atau%20infeksi.
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering

27 Comment

  1. Ternyata akibat mata kering serem ya kak, wah aku harus bikin jadwal nih untuk menatap layar dan menggunakan gadget supaya mata nggak kering. Selain itu kayaknya aku perlu sedia insto dry eyes buat mengurangi mata kering setelah kelamaan menatap layar laptop.

    ReplyDelete
  2. Jadi traveller juga bisa bikin mata kering karena terkena polusi dan debu ya mba. Sebaiknya memang harus diistirahatkan dan jangan lupa pakai Insto Dry Eyes yang bikin mata jadi seger lagi. Adem banget Insto ini pemakaiannya juga nggak perih. Aku pakai juga mbak 😍

    ReplyDelete
  3. dampak mata kering ternyata bisa sefatal itu ya, untuk yang kerjaannya selalu menatap laptop dan hp wajib banget untuk pakai Insto Dry Eyes biar mata tetap sehat

    ReplyDelete
  4. Sebagai pekerja digital dan pekerja lapangan sama-sama berisiko mengalami masalah mata kering ya. Berarti memang kitanya yang mesti lebih peduli dengan kesehatan mata sendiri, salah satunya dengan selalu sedia Insto Dry Eyes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak memang memiliki risiko bagi pekerja digital apalagi blogger nih biasanya suka scroll-scrol untuk cari materi untuk menulis

      Delete
  5. Samaan nih kita, tiap hari lama di depan layar gadget. Alhamdulillah ketemu Insto sebagai solusinya

    ReplyDelete
  6. Insto Dry Eyes emang penting banget ya. Baik yg sering aktivitas di dalam maupun luar ruangan. Daku juga pakai Insto nih Kak untuk mengatasi mata kering.

    ReplyDelete
  7. untung insto ini gampang dijumpai, bisa beli di warung, jadi kalau lagi butuh karena mata kering sering kerja di depan laptop, lansgung buru-buru beli

    ReplyDelete
  8. Kudu banyak banyak memperbaiki kebiasaan buruk seperti pola makan dan kebiasaan yang gak sehat. Apalagi untuk digital savvy yang waktunya mostly di depan layar dan konsentrasinya butuh waktu yang lama tanpa bergerak aktif. Tetep kudu hidup sehat dan sedia Insto Dry Eyes, yang bantu atasi mata kering dan lelah karena terpapar radiasi layar gadget terus menerus.

    ReplyDelete
  9. Saya hampir tiap hari berhadapan dengan laptop dan hape. Jadi rawan dengan mata kering. Maka saya melakukan pencegahan juga. salah satunya sedia tetes mata. Saya juga kalau ngebolang naik motor, selalu siapkan tetes mata.

    ReplyDelete
  10. Ngeri juga ya mata kering. Meskipun katakanlah risiko kehilangan penglihatan ini jarang terjadi kan bukannya nggak ada kasusnya. Kudu benar-benar aware nih sama kondisi mata. Nggak bisa kita biarkan kering terus.

    ReplyDelete
  11. Bapakku bangrt nih selalu sedia insto di rumah karena sering kering. Soalnya udah usia juga sih

    ReplyDelete
  12. Saya hampir tiap saat ngeliatin layar hape dong. Makanya mata cepat pegel dan kadang kayak ada sarang laba-laba nya gitu. Dulu pernah juga kena gejala mata kering. Penyebabnya ya terlalu banyak menatap layar gawai

    ReplyDelete
  13. Ternyata mata yang terus berkedut itu gejala mata kering, bukannya tanda-tanda bakalan dapat uang, ya. 😅 Memang paling gampang itu sedia Insto di rumah, apalagi blogger seperti kita yang sering menatap layar gawai dalam waktu lama.

    ReplyDelete
  14. Tadi diperjalanan saya melihat mata saya di spion motor, rada kuning dan kurang bersih. Agak khawatir juga sih, apa saya coba insto dry eyes ini aja ya? Siapa tahu mata saya juga kurang lembab.

    ReplyDelete
  15. Banyak pilihan solusi biar mata gak kering. Dan asiknya bisa plus dengan pakai insto juga yang kemasannya praktis buat dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  16. Bener banget ini, Kak. kalau pas travelling ke daerah dengan paparan matahari yang terik, mat asuka ga enak. Insto dry eyes kudu jadi temen perjalanan ini.

    ReplyDelete
  17. Aku kalau ngebahas insto, jadi inget Almarhum nenek aku. Dan dulu di rumah selalu sedia insto.
    Oh ya, soal mata kering memang tidak boleh diabaikan, karena kalau dibiarkan ya bahaya.

    ReplyDelete
  18. Memang segala sesuatu itu tidak boleh terlalu berlebihan ya kak. Apalagi kalau sudah menyangkut kesehatan mata, indera yg sangat urgen. Saya juga kalau SDH lma d depan gadget suka merasakan mata yang kering, langsung tetes insto dry eyes jadi nyaman lagi.

    ReplyDelete
  19. wah aku nih team digital savy. Mata kering perih dan kadang panas. insto andalan sih kecil yang praktis namun besar manfaatnya. apalagi mudah lagi mendapatkannya

    ReplyDelete
  20. Untuk pekerja digital yang bekerja tiap hari di depan layar, mata kering ini jadi salah satu gangguan. Makanya mesti sedia Insto Dry Eyes sih. Aku pun udah lama pake brand ini karena mata suka perih dan berair klo kelamaan di depan laptop

    ReplyDelete
  21. aku yang cuma di rumah saja juga sering merasakan ini
    apalagi kalau ada kerjaan buat artikel
    saya pun jadi sedia INSTO buat jaga jaga

    ReplyDelete
  22. Untuk pekerja digital yang bekerja tiap hari di depan layar, mata kering ini jadi salah satu gangguan. Makanya mesti sedia Insto Dry Eyes sih. Aku pun udah lama pake brand ini karena mata suka perih dan berair klo kelamaan di depan laptop

    ReplyDelete
  23. Sejauh ini mataku masih aman sih dari mata kering. Karna juga nggak terus-terusan depan layar. Tapi insto emang terpercaya dari dulu ampuh buat atasi mata kering.

    ReplyDelete
  24. Insto Dry Eyes memang produk solusi banget, wajib punya nih jangan sampai lupa bawa khususnya untuk traveler sekaligus blogger.

    ReplyDelete
  25. Kesehatan mata memang penting banget, apalagi buat yang suka beraktivitas di luar dan dekat dengan layar laptop dan hp. Insto Dry Eyes sepertinya jadi pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan mata ya. Terimakasih sharing pengalaman, semoga selalu lancar dan tetap fresh dalam setiap perjalanan! 👁️💧

    ReplyDelete
  26. Memang andalan banget Insto Dry Eyes ini ya mba. Recommended untuk mengatasi mata kering dan mata sepet.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.