CAMILAN SEHAT UNTUK TEMAN MENULIS

Terlahir sebagai picky eater, membuat saya selalu palah-pilih makanan dalam segala jenis food and beverage. Tapi kalau sekalinya suka yang dimakan adalah makanan itu-itu saja dan mengkonsumsinya bisa dalam jangka panjang. Termasuk dalam memilih camilan. Sisi positif sebagai picky eater membuat saya tidak begitu suka snacking alias ngemil. 

camilan sehat untuk teman menulis


Selain itu saya juga sudah menerapkan pola makan food combining untuk hidup yang lebih sehat sejak tahun 2012. Pola hidup ini saya terapkan sampai sekarang, meskipun ada waktu tertentu saya cheating dengan makanan yang saya suka. Kebiasaan baik ini sangat membantu ketika saya bekerja, sehingga selelah apa pun camilan saya tidak berlebihan.

Camilan Sehat Untuk Teman Menulis

Kebiasaan baik mengkonsumsi makanan dan minuman sehat masih saya lakukan sampai sekarang, bahkan ketika bekerja juga. Semisal saat ini pekerjaan saya sebagai full freelancer dan salah satu pekerjaannya adalah sebagai blogger. 

Saat ini saya sedang membantu menghandle beberapa website teman saya, jadi saya cukup padat juga menulis artikel setiap harinya. Ditambah dengan job di blog saya pribadi. Jadi lumayan pagi sampai sore jadwalnya penuh.

Kalau pas lagi buat konten atau nulis blog begini, kadang saya suka lupa makan. Akhirnya untuk ngakalinnya saya sediakan beberapa camilan dan minuman yang sehat dan aman bagi lambung. Karena belakangan ini kadang lambung saya bermasalah karena lelah atau kurang istirahat. So, I have to be more careful about consuming something to eat more, even just for snacking.

Saya simpan makanannya persis dekat meja kerja agar terlihat dan ingat setiap dua jam saya akan minum dan konsumsi makanan tersebut. Bahkan saya membuat jadwalnya tiap jam berapa saya harus minum dan harus makan. Sekaligus rehat mata sebentar.

Dan ini dia beberapa rekomendasi camilan sehat untuk teman menulis yang sehat dan aman bagi penderita lambung seperti saya. Pastinya juga saya konsumsi pas saat rehat saja semisal cukup 5-10 menit saja, sehingga makannya tetap terkontrol.

1. Buah Potong Segar

Resep cemilan sehat ini sudah pasti aman dikonsumsi bagi siapa pun. Saya lebih suka mengkonsumsi buah segar secara langsung dibanding dijus. Selain lebih mudah, kandungan nutrisinya juga tidak rusak. Tinggal dicuci bersih atau dikupas, lalu potong langsung makan.

resep cemilan sehat buah


Pilih buah-buahan yang kamu suka dan mudah didapat, minimal 3 warna dalam sehari. Pastikan juga buah-buahan yang dikonsumsi aman bagi pencernaan. Semisal jangan ngemil buah yang bergas seperti durian atau nanas ketika perut kosong atau lainnya. Saya konsumsi potongan buah segar ini pagi hari untuk sarapan sebelum menulis, jam 10 pagi dan dan sore hari biasanya jam 3 sore.

2. Jus sayuran

Pilihan kedua sebagai camilan sehat untuk teman menulis saya adalah jus sayuran. Saya suka sekali dengan jus wortel dan jus timun. Entah kenapa rasanya tuh enak banget. Cemilan sehat murah ini, biasanya saya selang-seling, hari ini timun besoknya wortel. 

Kadang saya juga mengkonsumsi jus tomat. Atau kadang saya gabung dengan beberapa sayuran lainnya. Semuanya saya buat sendiri. Boleh ditambahkan gula putih atau gula merah tapi jangan terlalu banyak dan cari gula putih yang low fat. Saya biasanya tambahkan madu murni sebagai pengganti gula. Rasanya jadi lebih enak dan segar.

3. Banana Lassi

Pertama kali saya tahu Banana Lassi ketika saya ke Nepal tahun 2016. Pisang yang di-smoothy ini dicampur dengan yoghurt dan susu. Pilih susu low fat untuk campurannya. Satu gelas Banana Lassi ini bisa membantu dua sampai tiga jam menunda rasa lapar. Rasanya enak banget dan mengenyangkan.

4. Kacang Almond

Siapa yang tak mengenal rasa enaknya kacang almond. Kacang ini cocok banget jadi camilan sehat untuk teman menulis bagi para blogger. Snack sehat di supermarket ini, biasanya saya beli yang kiloan di online. Harganya jauh lebih murah dan cari seller yang aman dan terpercaya. Rasanya super crunchy bikin happy. Pastinya bikin semangat nulis kamu makin meningkat.

5. Biji-bijian seperti biji matahari atau labu

Kwaci dan camilan andalan saya kalau biasanya pas traveling apalagi pas solo traveling. Tapi kadang menjadi camilan sehat untuk teman menulis saya. Asal tidak berlebih ya konsumsinya karena memang rasanya ada sedikit asinnya takutnya bibirnya malah perih. Keduanya cukup aman dan sehat dikonsumsi selama dalam jumlah yang wajar.

6. Granola atau Muesli

Camilan sehat untuk teman menulis yang biasa saya konsumsi adalah granola dan muesli. Rasanya enak banget. Keduanya sama-sama terbuat dari campuran biji-bijian dan buah yang dikeringkan. Ada sedikit campuran oatnya. Bedanya Granola dipanggang, muesli tanpa dipanggang. Bisa dicampur dengan yogurt atau jus buah. Atau dicamil biasa saja. Kamu dapat membeli kedua camilan sehat ini melalui online atau di super market.

camilan sehat granola


7. Yogurt dan Madu

Seminggu dua atau tiga kali saya mengkonsumsi Yoghurt untuk pencernaan saya. Saya biasanya memilih camilan sehat untuk teman menulis ini dengan rasa yang plain. Kadang saya campur dengan potongan buah segar dan taburi sedikit granola atau muesli. Tambahkan sedikit madu murni. Wah rasanya super duper yummy sih. Ini adalah salah satu resep camilan sehat dan praktis.

8. Air rendaman kurma

Kurma dikenal sebagi salah satu super food yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi secara langsung saya kurang suka, biasanya saya akan rendam selama kurang lebih beberapa jam dan paginya atau siangnya saya konsumsi sebagai air minum biasa dan memakan buah kurmanya yang sudah meleleh. Cemilan sehat murah ini rasanya enak banget.

9. Dadar telur dengan daun selada atau roti gandum dengan pisang

Jika orang lain menggunakan telur sebagai lauk pauk, saya biasanya menggunakan lauk ini sebagai camilan. Dadar telurnya dikasih garam sedikit lalu dibungkus dengan daun selada segar lalu digulung. Rasanya enak banget. Terdengar aneh bagi yang tidak terbiasa, tapi percayalah ini adalah camilan sehat penunda rasa lapar saat menulis.

Pilihan keduanya adalah membakar roti gandum dan dimakan dengan potongan pisang, sedikit ditaburi madu murni dan lalu digulung. Rasanya tuh enak banget. Bisa jadi juga camilan sehat anak.

10. Kukusan sayur/umbi-umbian/kacang-kacangan

Saya suka sekali kukusan wortel dan brokoli. Sementara umbi-umbian saya suka sekali dengan ubi jalar ungu atau kuning. Nah biasanya saya jadikan salah satu camilan sehat untuk teman menulis juga. Rebus kacang-kacangan seperti edamame juga menjadi salah satu camilan sehat untuk teman menulis yang akan membuat mood kamu makin naik.

camilan sehat edamame


Atau rebus kacang merah dikasih gula merah juga bisa jadi camilan lezat untuk teman menulis kamu. Saya suka sekali kacang merah ini. Pastinya tanpa dikasih santan ya.

Jangan lupa cukupi juga dengan air putih minimal dua liter per hari ya, agar tubuh semakin bugar dan sehat. Pastinya bakal dukung semangat ngeblog kamu makin naik.

Cheating? It's ok, it's part of enjoying life.

Ada juga beberapa camilan sehat lainnya yang saya konsumsi menjadi teman saya ketika bekerja seperti menulis atau saya bawa saat saya bepergian keluar rumah. Menu-menu di atas atau lainnya saya biasanya selang-seling agar tidak bosan. Dan yang pasti semua menu di atas aman dikonsumsi untuk perut saya yang kadang ada sakit lambung.

Namun, sebagai manusia biasa dan normal seperti orang lain, kadang saya juga cheating mengkonsumsi camilan yang kurang baik untuk kesehatan pencernaan saya. Karena saya ada lambung jadi ada beberapa makanan yang kalau dikonsumsi lambungnya bisa kambuh. Seperti makan baso atau mie ayam, tapi mungkin makannya dua bulan atau tiga bulan sekali. Kadang makanan-makanan ini juga membuat semangat menulis makin meningkat.

Tapi cheating-nya saya lakukan di waktu-waktu tertentu saja misalnya saat hang out dengan keluarga atau teman, ada acara tertentu, atau pas lagi kerja di tempat baso atau mie ayam yang dikenal enak.  It's ok, just enjoy your life.

Atau pas lagi kerjanya ditemenin atau dibantuin saudara, teman, atau keponakan. Kadang mereka suka ajak pesan makanan. Normalnya seperti manusia biasa. Jangan kaku amat ya jalanin hidupnya hehehe.

Itu dia beberapa rekomendasi camilan sehat untuk teman menulis saat di rumah. Beberapa makanan sehat di atas saya kadang nikmati juga sebagai makanan sehat saat traveling. Agar menulisnya makin semangat. Setiap orang pasti berbeda-beda menu camilan sehatnya. Gak perlu mahal yang penting sehat dan kitanya juga rajin untuk membuatnya sendiri. Dan pastinya konsumsi seperlunya jangan berlebihan.

Yuk sharing di kolom komentar, camilan sehat untuk teman menulis yang membuat kamu makin semangat negblognya.

7 Comment

  1. aku suka banget mengonsumsi buah potong apalagi yang sudah dimasukin kulkas, jadi lebih segar :D

    ReplyDelete
  2. Aku sebenarnya gak tiap hari nyemil. Sekarang kalau ngemil ya pilih yang lebih sehat kaya buah. Sama sedia kuaci. Tapi malah kadang sibuk ngupas jadinya, hahaha

    ReplyDelete
  3. kacang almond memang enak yaa, tapi di daerahku susah banget didapetin. saya paling suka buah-buahan, apalagi saat ini banya buah-buahan yang sedang musim mulai dari mangga, rambutan, nanas dan beberapa buah lainnya

    ReplyDelete
  4. Makanannya aku suka semuaaa,, buah, biji-bijian, kurma.. Aduh ini beneran sehat sih

    ReplyDelete
  5. Saya juga mba kalau cheating hari2 tertentu. Kayak sabtu atau minggu. Soalnya hari2 itu rawan diajak makan2.. Hahaha..

    ReplyDelete
  6. kemarin habis konsultasi gratis online gitu ama nutritions dan disarankan untuk ngemil kacang-kacangan atau buah ketimbang ngemil yang manis-manis, kayaknya sekarang emang harus rajin stock kacang-kacangan nih ama buah.. saya juga suka kurma.
    ohyaa jadi penasaran dengan banana lassi itu.

    ReplyDelete
  7. aku suka makan buah dan senang banget kalau nulis itu didampingi dengan teh manis. Entah berasa happy aja deh.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.