10 REKOMENDASI WISATA BANGKA BELITUNG POPULER

Bangka Belitung terkenal terkenal dengan pesona alamnya yang luar biaa indah. Tidak hanya terkenal dengan pantainya yang memukau mata, tetapi Bangka Belitung juga mempunyai berbagai destinasi wisata sejarah, wisata buatan, wisata kuliner, dan juga wisata budaya. Pastinya akan membuat semua wisatawan betah berlama-lama di provinsi yang terkenal dengan Jembatan Emasnya.

wisata Bangka Belitung


10 Rekomendasi Wisata Bangka Belitung

1. Bangka Botanical Garden (BBG)

Rekomendasi wisata Bangak Belitung lainnya adalah Bangka Botanical Garden. Lahan bekas tambang ini memiliki luas tanah sekitar 300 hektar yang kemudian dikemas menjadi tempat wisata berupa agrowisata. Bangka Botanical Garden mempunyai suasana alam yang sejuk dan dikelilingi penuh oleh pohon pinus, danau, dan juga lahan hijau untuk berwisata. 

Siapa pun yang ingin masuk ke taman agrowisata ini tidak dikenakan biaya kecuali jika menggunakan fasilitas wisata seperti berkuda atau minum susu hasil perahan sapi di agrowisata ini. Pengunjung juga dapat membeli sayuran segar, termasuk minum susu sapi segar dan berkuda mengelilingi BBG ini.

2. Danau Kaolin

Danau Kaolin dikenal juga dengan nama Camoi Aik Biru atau kolam biru. Lokasinya tidak jauh dari bandara Depati Amir hanya sekitar 60 km saja. Tepatnya berada di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Karena memang danau ini berwarna biru toska yang sangat cantik. Warna birunya ini terbentuk secara alami hasil dari sisa mineral pertambangan dan kaolin.

Sementara bagian sisi danau terlihat berwarna putih berbentuk bukit yang menambah keindahan danau ini. Danau ini terbentuk hasil dari galian tamban yang memiliki bentuk cekungan. Semakin lama cekungan ini terisi air hujan. Jangan lupakan kameramu saat berkunjung ke danau ini, karena memiliki banyak spot foto instagramable. 

3. Hutan Pelawan

Jika biasanya di hutan lain, kamu bakal menemukan pohon-pohon besar dengan batang coklat, berbeda dengan di Pelawan. Hutan ini menyimpan banyak sekali koleksi pohon lokal, yaitu Pelawan yang mempunyai warna khas, merah.

Ketika menyusuri hutan luas ini, sejauh mata memandang yang terlihat adalah hamparan pohon merah dengan daun lebat yang menjadikan lingkungannya terasa asri. Sebagai pohon endemik, Pelawan memang susah ditemukan di wilayah lain, namun terdapat di banyak lokasi di Bangka Belitung. Ini yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

4. Kota Manggar

Kota Manggar adalah kota kecil di Belitung yang sangat terkenal dengan adat budaya ngopinya. Sehingga para wisatawan dapat menemukan banyak warung kopi di kota ini. Saking banyaknya warung kopi, Kota Manggar dijuluki sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Sehingga buat kamu pecinta kopi, wajib banget mengunjungi Kota Manggar ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

5. Museum Kata Andrea Hirata

Buat kamu yang hobi membaca, Museum Kata Andrea Hirata menjadi salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi. Museum literatur pertama di Indonesia ini didirikan oleh Andrea Hirata seorang penulis terkenal dan salah satu buku terkenalnya adalah Laskar Pelangi. Museum ini diresmikan pada November 2012 dan berisi mengenai sastra Indonesia dan dunia. 

Museum ini memperlihatkan sebagian buku Laskar Pelangi yang booming pada masanya semenjak dijadikan film. Desain museum yang berwarna warni, buku-buku berbagai genre, dan barang-barang vintage menjadi ciri khas museum ini. Untuk memasuki mueum ini, kamu wajib mengeluarkan uang sebesar Rp50.000,00.

6. Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Bagi para pecinta wisata sejarah, Museum Timah adalah rekomendasi wisata Bangka Belitung paling tepat untuk dikunjungi. Museum dengan bangunan berbentuk kuno ini menyimpan banyak informasi mengenai penambangan timah di pulau Bangka Belitung. Pulau dimana sangat terkenal dengan kualitas tambangnya. Ada berbagai peninggalan zaman dahulu berupa peralatan kuno yang dahulu digunakan oleh para penambang lokal.

Kamu dapat menikmati semua yang ada di museum ini secara gratis. Kamu dapat berkeliling museum ini dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. Hari Jumat museum ini tutup. Museum kuno mengenai timah ini adalah satu-satunya di Asia Tenggara. Lokasinya pun dekat dengan Kota Pangkalpinang sehingga selalu ramai dikunjungi.

7. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar adalah salah satu pantai terkenal di Bangka Belitung. Pulau kecil ini memiliki batu granit berukuran besar. Sehingga salah satu objek wisata di pantai ini adalah batu granitnya yang anyak menjulang tinggi mau pun yang kecil. 

Pada saat laut pasang maka bebatuan granit tersebut akan digenangi air laut sehingga terlihat sedang berlayar. Itu pula dinamakan Pulau Batu Berlayar. Namun ketik airnya surut maka pengunjung akan menikmati pantai berpasir dengan hiasan batu granit di sekelilingnya. Di pulau ini wisatawan juga dapat menyebrangi lautan dangkal dengan menggunakan perahu milik warga.

8. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah destinasi wisata paling populer di Pulau Belitung. Lokasinya berada Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Selain pantainya yang sangat indah, di pulau ini terdapat ikon mercusuar dengan 313 tangga yang sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu. Dari atas mercusuar ini, kita bisa menyaksikan keindahan laut yang berwarna warna biru kehijauan dan pasir putih yang indah berkilauan hasil dari pantulan sinar matahari.

pulau lengkuas


9. Pulau Tanjung Kelayang

Nama pulau ini diambil karena terdapat batu granit yang memiliki bentuk kepala burung garuda di salah satu pulau ini. Pulau Tanjung Kelayang memiliki batuan granit yang sudah sangat tua sekitar 65 - 200 juta tahun yang lalu.

Pulai dengan pantai pasir putih indah ini memiliki bongkahan batu granit besar sehingga menjadi ikon dari Pulau Bangka Belitung. Memiliki garis pantai panjang dan perairan tenang, membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini.

10. Sumber air panas Nyelanding

Salah satu rekomendasi wisata Bangka Belitung populer lainnya adalah sumber air panas Nyelanding. Banyak masyarakat lokal dan wisatawan meyakini bahwa air panas Nyelanding dapat menghilangkan berbagai penyakit. Air Panas Nyelanding yang tidak pernah kering saat musim kamarau dan selalu hangat di musim hujan ini, ternyata menjadi salah satu dari lima fokus destinasi wisata Bangka Selatan yang akan dikembangkan.

Nah itu dia 10 rekomendasi wisata Bangka Belitung populer yang bisa kamu kunjungi ketika ke Bangka Belitung. Ada yang pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata Bangka Belitung di atas? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

19 Comment

  1. Sejak hadirnya Laskar Pelangi, Bangka Belitung ini sangat terkenal. Wisatanya juga semakin berkembang ya, Mbak. Saya jujur ingin sekali berwisatta ke Bangka Belitung. Semoga tahun ini bisa terwujud. Aamin.

    ReplyDelete
  2. Ternyata Bangka Belitung menyimpan spot-spot menarik untuk dikunjungi ya. Eh ada museum Kata Andrea Hirata juga ya. Keren ih. BTW, ada sedikit typo di point pertama, Bangak

    ReplyDelete
  3. Bangka Belitung keindahan alam yang bikin takjub sih. Banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi nih kalau ke sana. Penasaran sama mercusuar di pulang lengkuas, megah banget ya mbaak.

    ReplyDelete
  4. Aku penasaran ama Danau Kaolin dan Museum Laskar Pelangi. Ngopi di Manggar juga boleh lah. Moga suatu saat bisa traveling ke Bangka Belitung.

    ReplyDelete
  5. Dari semuanya, pulau Lengkuas nih yang jadi wishlist untuk dikunjungi. Eh, tapi kalau ada waktu dan uang, boleh lah semuanya aja dikunjungi ahaha

    ReplyDelete
  6. Tanjung Kelayang dan pulau lengkuas ini bikin penasaran deh jadinya.
    Memang cocok jadi destinasi di Babel.
    Pankapan boleh nih berkunjung, sambil menelusuri dan mengingat tentang Laskar Pelangi hehe

    ReplyDelete
  7. Memang seindah itu ya kak Bangka Belitung yang bisa kita kunjungi. Wisatany banyak juga pilihan. Jadi tinggal sesuaikan aja dengan budget kita🙂

    ReplyDelete
  8. menarik bangeeeeet. aku belom pernah ke Bangka Belituuungg jadi mupeng hehe. semoga ada rejeki ke sana. anw, liat Pulau Lengkuas ini kok mirip yang di drakor ya hehe

    ReplyDelete
  9. Wah keren ternyata Andrea Hirata sampai dibuatkan museumnya. Impact Laskar Pelangi sungguh luar biasa!

    ReplyDelete
  10. Babel.. Jd teringat punya temen kuliah asal BaBel.. Ternyata wisata BaBel bnyk juga ya pilihannya

    ReplyDelete
  11. Membaca rekomendasi tempat liburan di Bangka Belitung ini, setelah membaca ulasannya, saya jadi penasaran dengan penampakan masing-masing destinasi ini. Ngebayangin aja udah menarik, apalagi di lokasi langsung, pasti lebih menarik

    ReplyDelete
  12. duuh sayang banget mba mei gak ada gambar per destinasi satu per satu kecuali yang pulau lengkuas, hehehe. auto nyari gugling deh karena penasaran. aku paling greget sama destinasi bangka botanical garden dan danau kaolin. duh vibe nya kek di jepang tuh di bangka botanical. dan danau kaolin putiiiih semua. kalau yang lain kurang excited, hehehe. tapi rata-rata bebatuan pantai di bangka sama semua ya dari bentuknya dan karakternya.

    ReplyDelete
  13. duuh sayang banget mba mei gak ada gambar per destinasi satu per satu kecuali yang pulau lengkuas, hehehe. auto nyari gugling deh karena penasaran. aku paling greget sama destinasi bangka botanical garden dan danau kaolin. duh vibe nya kek di jepang tuh di bangka botanical. dan danau kaolin putiiiih semua. kalau yang lain kurang excited, hehehe. tapi rata-rata bebatuan pantai di bangka sama semua ya dari bentuknya dan karakternya.

    ReplyDelete
  14. Kebetulan belum pernah ke Bangka Belitung saya mah kak Mei. Tapi suatu hari nanti pengen ke danau kaolin, hutan pelawan, dan museum kata andrea hirata. Soalnya iconic banget itu bangka belitung setelah adanya film laskar pelangi

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ke area Sumatera karena masih trauma sama Tsunami. Padahal Aceh jauh dari Bangka Belitung. Semoga next bisa main ke sana sama keluarga.

    ReplyDelete
  16. Udah berkali-kali ke Belitong (karena tante dan sepupu-sepupu tinggal di Gantung, Belitong), sayangnya dari 10 aku baru datang 4 saja >.< Aduh banyak banget yang masih bisa dieksplor ya. Aku penasaran sama Nyelanding dan Pelawan.

    Emang kalau ke sana enaknya semingguan gitu biar puas haha. Dan nggak disela acara keluarga (kondanganlah inilah itulah) tapi pure untuk jalan-jalan aja. Main ah ke Belitong lagi.

    ReplyDelete
  17. Kayaknya yang dari 10 itu yg belum aku kunjungin yang Hutan pelawan, seperti perlu kembali ha ha ha , yang pasti Kopinya seh ngangenin kalau kesana.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya dari 10 list itu no 3 yang belum, hutan pelawan, perlu kembali kayaknya nih sekalian ngobatin rindu kopi disana.

    ReplyDelete
  19. Ternyata banyak juga ya wisata di Bangka dan Belitung. Jadi pengen jalan2 ke sana. Bisa lihat danau, hutan, pantai, museum, lengkap deh.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.