10 MAKANAN KHAS LOMBOK YANG POPULER

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diburu oleh wisatawan nusantara mau pun wisatawan mancanegara. Selain memiliki keindahan alam yang sangat indah, LOmbok juga terkenal dengan kuliner khasnya yang unik dan lezat. Bahkan banyak daerah lain yang me-recook banyak makanan khas lombok. Penasaran apa saja makanan khas Lombok yang bahkan disukai oleh banyak turis di dunia? Here we go.

makanan khas Lombok


Makanan Khas Lombok Yang Populer

Setiap daerah memiliki khas makanan masing-masing yang kelezatannya tidak akan pernah bisa disamai oleh daerah lain. Termausk Kota Lombok yang kulinernya sangat terkenal akan rempah-rempahnya yang membuat orang ingin mencobanya lagi. Ini dia 10 makanan khas Lombok yang sangat populer dan biasanya diburu oleh para turis:

1. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok yang populer pertama adalah Ayam Taliwang. Siapa tidak tahu ayam taliwang? Makanan ini sangat populer baik di kalangan warga lokal maupun para wisatawan yang berkunjung ke sana. Ayam Taliwang berupa ayam yang dicampur dengan racikan rempah pedas. Daging ayamnya bisa digoreng atau dibakar dan paling. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Cocok sekali buat para penggemar makanan pedas.

2. Ayam Rarang

Selain Ayam Taliwang, Lombok juga memiliki makanan khas yam lainnya yaitu Ayam Rarang. Awal mula dinamakan Ayam Rarang karena berasal dari Desa Rarang, yang terletak di Lombok Timur. Makanan khas ini terkenal pedas karena memang dilumuri sambal yang disebut dengan nama sambal plecing.

Sambalnya sendiri terbuat dari cabai, bawang, kemiri, dan ditambahi terasi. Cocok sekali bagi pecinta makanan pedas. Sementara ayamnya adalah asli ayam kampung, membuatnya semakin nikmat untuk jadikan santapan. Ayam Rarang juga disajikan dengan tambahan sayur daun kelor dan juga beberuk terong.

3. Bebalung Sapi

Bebalung adalah hidangan khas Lombok berupa hidangan berkuah yang isinya tulang iga dan buntut. Mirip dengan sup, namun terbuat dari rempah yang lebih beranekaragam sehingga lebih kaya akan rasa. Bumbu makanan ini berupa bawang merah, bawang putih, jahe, terasi, cabai merah dan juga asam muda. Ada juga yang menambahkannya dengan kunit dan santan. Cocok buat kamu yang suka dengan makanan berkuah.

4. Beberuk Terung

Makanan khas Lombok yang populer lainnya adalah Beberuk Terung. Sambal ini terbuat dari sayur-sayuran segar, seperti potongan terung bulat, tomat, dan kacang panjang. Disiram dengan sambal cabai merah yang pedas. Beberuk terung ini dapat dinikmati dengan ayam taliwang atau hidangan seafood. Rasanya khas yaitu rasa pedas manis dan menyegarkan. Makanan ini terbuat dari terong gelatik dengan tekstur terong yang renyah dan langu. Membuat makanan ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih dan ayam taliwang.

5. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung biasanya terdiri dari nasi putih, ayam goreng suwir pedas, kacang kedelai goreng, sayur, kelapa parut, suwiran abon pedas, dan tumis sayur kacang panjang atau buncis sebagai tambahannya. Memiliki citarasa pedas sehingga cocok bagi pecinta makanan pedas. Makanan ini biasanya disajikan di atas piring beralas daun pisang. Membuat makanan semakin lezat karena aroma wangi dari daunnya.

6. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok yang terbuat dari bahan dasar kukusan kangkung dan tauge serta parutan kelapa muda yang sudah dibumbui pedas. Dilumuri dengan sambal merah yang kaya akan rempah hasil campuran dari cabai rawit dengan tomat segar dan juga terasi. Terasi yang digunakan juga adalah terasi khusus yaitu Lengkare yang memiliki rasa gurih dan manis. Di atas plecing kangkung ini juga biasanya ditaburi dengan kacang tanah yang sudah digoreng.

plecing kangkung


7. Poteng Jaje Tujak

Sebagai daerah yang dijuluki makanan pedas, Lombok juga mempunyai makanan khas yang manis yaitu Poteng Jaje Tujak. Makanan manis sejenis tape ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan daun suji, pandang, dan gemblong.

Lebih seringnya makanan khas Lombok ini disajikan pada saat lebaran. Namun saat ini para wisatawan dapat menikmati makanan khas Lombok yang populer ini kapan saja ketika berkunjung ke Lombok sebagai penutup makanan utama.

8. Sate Rembiga

Makanan khas Lombok yang populer lainnya adalah Sate Rembiga yang terbuat dari daging sapi. Sate rembiga mempunyai cita rasa yang khas. Daging sapinya sangat lembut dan diberi bumbu rempah yang khas dan kuat. Sambalnya terkenal pedas, ada rasa manis, dan gurihnya. Sebelum dibakar, sate ini dilumuri bumbu terlebih dahulu sehingga meresap saat dibakar. Sehingga pada saat dihidangkan tidak perlu disirami bumbu lagi.

9. Sate Bulayak

Makanan khas Lombok yang populer lainnya adalah Sate Bulayak. Sate yang terbuat dari daging sapi ini biasa disajikan dengan lontong dan ditaburi dengan sambal khas suku Sasak. Lontong ini lah yang dinamakan Bulayak yaitu lontong yang dibungkus dengan daun lontar dan memiliki bentuk memanjang. Sate enak ini cocok sekali bagi para pecinta pedas karena biasanya dihidangkan dengan kuah santan yang pedas. Enak sekali menikmati sate ini di pinggir pantai sambil menikmati deburan keindahan ombak pantai Tanjung Aan.

10. Sayur Ares

Sayur ares atau Juket Ares terbuat dari bahan unik yaitu pelepah (batang pisang muda) pisang. Diberikan bumbu atau rempah seperti santan bumbu merah dan juga daging atau tulang ayam. Makanan rumahan ini sangat lezat dan sering disajikan sebagai santapan pada musim dingin karena membantu menghangatkan badan. Jangan lupa mencoba makanan khas Lombok yang populer ini saat berkunjung ke Lombok.

Itu dia 10 makanan khas Lombok yang populer yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke destinasi wisata prioritas Lombok. Cocok sekali buat kamu yang hobi dengan makanan pedas, mengingat Lombok terkenal dengan kulinernya yang kaya akan cita rasa pedas dan nikmat. Sayangnya makanan-makanan di atas enaknya disantap langsung di tempat, tidak enak kalau dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok.

Makanan khas Lombok mana yang pernah kamu coba? Atau kamu  mempunyai rekomendasi makanan khas Lombok yang populer lainnya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

9 Comment

  1. Aduuuh, jadi lapaar habis baca artikel ini. Saya kebetulan penggemar masakan pedas. Dari 10 menu yang pernah saya coba baru Nasi Balap dan Plecing Kangkung. Salam kenal, Kak.

    ReplyDelete
  2. Aku mengenal kuliner khas Lombok yang pernah nyobain ayam taliwang sama plecing kangkung. Sambal beberuk terung aku belum pernah nyoba, tapi aku sudah dapat bayangan nih. Kayaknya aku mesti nyari resepnya untuk ku santap hari ini haha.

    ReplyDelete
  3. Konten ini mempertegas bahwa, kuliner Indonesia sangat kaya dan beragam. Banyak pilihan, banyak rasa. Dan pasti enak-enak hehehe... jadi pengen wisata ke Lombok nih, keren... terima kasih sdh berbagi informasi...

    ReplyDelete
  4. Kupikir ayam taliwang dari manado soaly pedis wkwk ternyata dari ambon ya. aku suka makanan berkuah jadi penasaran sama bebalung sapi, enak banget kayaknya :)

    ReplyDelete
  5. makanannya identik dengan pedas ya, bagi yang tidak suka pedas bisa rekues yang ga pedas kah? aku cuma kenal beberapa sih belum cobain semua, tapi mundur teratur sepertinya kalau pedas banget, secara perutnya ga tahan makanan pedas

    ReplyDelete
  6. Ayam Taliwang kukira dari jawatengah, ternyata lombok. 😆 sei sapi itu apa juga asalnya dari Lombok juga nggak sih mbak?

    ReplyDelete
  7. Ayam Taliwang ini enak banget sumpah, pernah nyobain, soalnya rasanya memang ada kemiripan dengan Ayam Betutu Bali.

    ReplyDelete
  8. Enak semuaaa.... wkwkwk.
    Aku tertarik dan penasaran dengan sayur ares. Unik ya, pelepah pisang muda dijadikan masakan lezat. Apa semua jenis pisang bisa disayur aresnya ya, atau jenis tertentu saja?

    Aku penasaran karena belakangan aku baru tahu, jantung pisang yang bisa disayur itu cuma jenis pisang gembrot dan pisang kepok. Selain dua jenis ini pahit rasanya.

    Begitu juga daun pisang yang bisa diambil untuk dijadikan makanan juga ternyata nggak semua daun pisang.

    ReplyDelete
  9. Plecing kakungnya tambahannya lengkap ya ka, ada kacangnya pula💞 nggak kebayang sih rasanya selezat apa

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.