20 TIPS NAIK PESAWAT BAGI PEMULA

Pesawat menjadi salah satu moda transportasi yang banyak diminati belakangan ini. Selain harganya mulai bersaing karena semakin banyaknya pilihan maskapai, juga dari sisi waktu lebih cepat jika kamu ingin bepergian ke suatu tempat. Namun belum semua orang terbiasa dan mengetahui hal-hal yang wajib diperhatikan ketika naik pesawat, apalagi untuk pertama kalinya.

naik pesawat bagi pemula


Nah, saya ada beberapa tips yang bisa saya share mengenai hal apa saja yang wajib kamu perhatikan ketika pertama kali naik pesawat udara. Ini dia tipsnya.

1. Membeli tiket jauh-jauh hari

Untuk mendapatkan harga yang murah, belilah tiket pesawat jauh-jauh hari. Anda bisa membelinya di aplikasi penjualan tiket pesawat, banyak promo yang bisa kamu manfaatkan agar mendapatkan harga lebih murah.

2. Membawa kartu identitas (KTP/SIM/Paspor atau identitas lainnya)

Sebelum berangkat menuju bandara, pastikan membawa kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor atau identitas lainnya yang akan digunakan sebagai bukti diri saat pemeriksaan di bandara.

3. Print tiket

Untuk jaga-jaga HP kita mati atau signal kurang bagus, atau hal lainnya, printlah tiket anda. Meskipun terdengar klasik, tapi percayalah hal ini sangat membantu ketika terjadi apa-apa dengan HP anda.

4. Bawalah barang seperlunya

Bawalah barang bawaan maksimal 7 kg untuk di bawa ke kabin. Dan jika maskapai sudah include bagasi biasanya 10, 15 atau 20 kg. Maka usahakan jangan melebihi batas tersebut. Karena jika melebihi batas, anda akan dikenakan biaya tambahan lagi. Rata-rata per kilogramnya sekitar 50-60 ribu rupiah. Lumayan kan.

5. Pisahkan barang berharga

Jika anda menggunakan kabin dan bagasi, maka pastikan semua barang penting atau berharga anda dibawa ke kabin. Seperti laptop, dokumen berharga, uang, HP, emas, atau barang berharga lainnya. Pastikan barang-barang berharga tersebut selalu dekat dengan anda.

6.  Hindari membawa barang yang membahayakan

Saat penumpang melakukan check in secara online, penumpang bisa melihat beberapa barang yang tidak diizinkan untuk dibawa naik pesawat. Seperti obat-obatan terlarang, minuman keras yang kadarnya melebihi standar bandara, benda tajam tanpa pengemasan baik, barang yang mudah meledak atau cairan mudah terbakar dan sejenisnya. 

7. Hindari membawa makanan yang berbau menyengat

Selain itu hal yang wajib kamu perhatikan ketika naik pesawat adalah, dilarang membawa makanan yang menyengat ke dalam pesawat, seperti buah durian. Karena akan menganggu kenyamanan penumpang lainnya. Jadi hindari barang-barang tersebut untuk keamanan dan keselamatan bersama.

8. Pastikan berhenti di terminal yang tepat

Beberapa orang suka abai terkait hal ini, termasuk saya. Pernah keliru terminal, waktu sudah mepet. Beruntung saya masih sempat meskipun tiba dengan tergopoh-gopoh.

Jadi perhatikan sebelum berhenti, pastikan anda berhenti di terminal sesuai dengan keberangkatan. Anda bisa mengeceknya di tiket pesawat atau cek di webnya milik bandara untuk memastikan terminal keberangkatan yang tertera di tiket pesawat masih sama atau sudah berpindah.

9. Datang lebih awal

Datanglah ke bandara beberapa jam sebelum keberangkatan pesawat, maksimal 2-3 jam untuk penerbangan domestik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti antrian yang panjang, atau hal lainnya. Atau jika penerbangan internasional datanglah setidaknya 3-4 jam sebelum keberangkatan, karena akan ada proses pemeriksaan imigrasi terlebih dahulu dikhawatiran juga akan antri, pengurusan bagasi, dan lainnya.

10. Check in di maskapai yang anda beli

Di H-1 biasanya anda bisa melakukan check in secara online, biar ga ribet dan memilih tempat duduk secara gratis sesuai keinginan sesuai ketersediaan. Atau jika anda tidak sempat atau kelupaan seperti saya beberapa kali kelupaan, bisa melakukan check in di bandara saja. 

Hanya biasanya kalau di bandara tempat duduknya sudah sisa-sisa tapi tetap bisa memilih tempat duduk walau seadanya dan tetap gratis juga. Dan pastinya check in di tempat maskapai yang anda beli.

11. Cek gate keberangkatan dan siapkan kartui identitas

Selesai check in, anda akan menuju ke gate keberangkatan sesuai dengan yang tertera di boarding pass yang anda dapat selesai check in. Saya sarankan anda menunggu di ruang tunggu sesuai dengan gate. Sehingga jika ada informasi terupdate seperti pindah gate atau lainnya, akan segera mengetahuinya.

Pengalaman saya pernah pindah gate yang lumayan jauh, dan saya tidak tahu karena duduk di ruang tunggu yang lumayan jauh dari ruang tunggu untuk keberangkatan. Jadi perhatikan soal ini.

Jangan lupa juga siapkan kartu identitas, selain saat check in, saat boarding pun biasanya akan dilakukan pemeriksaan identitas untuk memastikan orang yang terbang sesuai dengan bukti identitas.

12. Antri saat masuk pesawat dan duduk sesuai nomor kursi

Ketika sudah naik pesawat, tidak usah tergesa-gesa, pesawat tidak akan meninggalkan anda. Antrilah dengan tertib. Dan duduklah sesuai dengan nomor yang tertera di boarding pass.

13. Matikan alat komunikasi

Biasanya saya akan mematikan HP sebelum masuk pesawat, bukan di dalam pesawat. Sesuai dengan peraturannya. Jadi pastikan matikan alat komunikasi sesuai dengan aturan penerbangan demi keselamatan semua penumpang.

14. Perhatikan aturan penerbangan

Sebelum take off, cabin crew  akan memberikan arahan mengenai keselamatan dan keamanan saat penerbangan. Jika anda pertama kali terbang, maka perhatikanlah baik-baik demi keselamatan anda. Seperti dilarang menyalakan HP, dilarang merokok di pesawat ataupun di toilet, hal-hal yang harus dilakukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan lainnya.

15. Tetap tenang selama penerbangan

Tetap jaga ketenangan selama penerbangan. Jika anda hendak tidur, tidurlah sesuai dengan porsi kursi anda dan jangan menganggu orang lain di belakang ketika ingin merebahkan kursi.

Jika kamu ingin membaca ketika malam hari, gunakan lampu baca dan arahkan pada anda saja dan bacalah dalam hati saja, jangan menggumam atau membaca keras sehingga menganggu penumpang lainnya.

Jika menyalakan TV pesawat, usahakan suaranya tidak terlalu keras yang dapat menganggu penumpang lain. Akan lebih baik gunakanlah earphone atau headphone.

16. Perhatikan beberapa hal jika membawa anak kecil

Jika anda terbang membawa anak kecil apalagi pertama kali, perhatikan beberapa hal seperti makanan anak, mainan yang harus dibawa supaya tidak menangis, perhatikan juga kenyamanan pakaiannya agar tidak kegerahan atau kedinginan, dan lainnya. Sehingga anak dan juga sebagai orangtua nyaman dan tidak mengganggu penumpang lainnya.

17. Jangan membawa barang yang ada di pesawat

Ketika anda turun, pastikan anda tidak membawa barang yang ada di pesawat tanpa seizin awak kabin. Misalkan kartu keselamatan, headphone, pelampung, bantal, selimut, alat makan, majalah, atau barang lainnya.

Jika pun anda menginginkannya sebagai kenang-kenangan, mintalah kepada petugas. Biasanya petugas maskapai dengan baik hati akan memberikannya, jika memang itu barang yang ada penggantinya atau tidak terkait dengan barang pendukung keamanan dan keselamatan di pesawat.

18. Antri saat turun pesawat dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal

Jangan terburu-buru ketika pesawat sudah landing. Turunlah sesuai arahan dari cabin crew. Dan pelan-pelan ketika mengambil barang bawaan di kabin. Jika memang anda terburu-buru, misalkan harus melanjutkan penerbangan berikutnya dan waktunya sudah mepet, sampaikan dengan sopan kepada penumpang yang akan didahului. Pastikan juga tidak ada barang bawaan anda yang tertinggal dengan mengecek tempat duduk dan sekitarnya.

19. Nyalakan alat komunikasi di gedung kedatangan

Hal lain yang wajib kita perhatikan ketika naik pesawat, terutama untuk pemula adalah, jika sudah landing jangan terburu-buru untuk menyalakan alat komunikasi anda. Tunggulah sampai di gedung kedatangan. Hal ini demi keamanan semua penumpang.

20. Ambil barang bawaan

Bagi anda yang membawa barang bawaan di bagasi, ambillah bagasi anda sesuai dengan tempat pengambilan bagasi. Biasanya saat kita akan masuk gedung kedatangan, maka akan ada petunjuk informasi pesawat dan lokasi bagasi tempat kita ambil barang bawaan kita.

Itu dia beberapa tips yang wajib anda perhatikan ketika pertama kalinya naik pesawat. Jangan lupa juga baca tentang tips nyaman saat naik pesawat, biar perjalanan pesawatmu makin nyaman. Semoga bermanfaat. Atau jika anda mempunyai pengalaman lainnya, yuk sharing di kolom komentar.

7 Comment

  1. Aku belom pernah naik pesawat kak pas baca ini rasanya seperti beneran ikut antri disana runut sekali pemaparannya, makasih informasinya ya kak. Btw kalo pindah gate itu untuk apa ya

    ReplyDelete
  2. Tips yang sangat lengkap dan detail untuk pemula yang ingin naik pesawat. Sudah lama saya tidak naik pesawat, apalagi selama pandemi. Baiknya untuk pemula didampingi oleh mereka yang sudah terbiasa, apalagi jika Rutenya ke luar negeri. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Membawa tutup telinga yaa bagi yang telinganya sensitif. Biasanya yang perdana naik pesawat itu mereka nahan pipis karena takut tidak bisa mengoperasikan kamar mandi di dalam pesawat.

    Semept saya bikin video cara penggunaan toilet di dalam pesawat banyak yang merespon positif

    ReplyDelete
  4. Selama pandemi saya belum naik pesawat lagi karena prosesnya yang ribet, sekarang alhamdulillah sudah gak ribet lagi ya, mungkin untuk yg bawa anak ini harus banyak yang dipersiapkan

    ReplyDelete
  5. Jadi keinget saat pertama kali naik pesawat. Pas kecil. Trus pernah agak trauma karena turbulensi. Pas gedhe naik pesawat lagi dan berhasil kalahin trauma.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya kak. Sama satu lagi update informasi terus apalagi pas kondisi pandemi kemarin, suka ada info syarat penerbangan yang miss

    ReplyDelete
  7. Tipsnya lengkap dan pastinya bermanfaat buat saya yang belum pernah naik pesawat. Untuk pengetahuan saja dulu, semoga kedepannya jadi pengalaman.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.