MENGENAL SEVEN SUMMIT DUNIA

Para pendaki gunung, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah seven summit. Baik di Indonesia maupun di dunia. Pendapat tentang seven summit dunia mempunyai banyak versi. Pencetus pertama tentang seven summit ini adalah Dick Bass. Dengan alasan gunung yang diambil mewakili tiap benua yaitu Benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Antartika. Selain itu kriteria gunung yang masuk dalam kategori 7 puncak gunung tertinggi ini juga adalah mempunyai salju abadi.

Gunung everest tibet
Sumber: Pixabay - https://pixabay.com/photos/mount-everest-himalaya-nepal-413/

Dick Bass memasukan Gunung Kosciuszko di Australia sebagai gunung ke-7 tertinggi di dunia. Seiring waktu berjalan, seorang pendaki asal Austria yaitu Reinhold Messner, menurutnya Gunung Cartenz lebih pantas mewakili Asia sebagai gunung tertinggi ke-7 di dunia karena treknya lebih menantang dan lebih sulit. Selain itu juga lebih tinggi dari Gunung Kosciuszko. Pendapat Messner diamini oleh banyak pendaki dunia termasuk oleh pendaki legendaris asal Kanada, yaitu Patrick Allan Morrow.

Pada akhirnya versi terakhir Messner dan Morrow lah yang banyak dipakai oleh para pendaki dunia dalam menentukan seven summit dunia ini. Lalu mana saja kah gunung-gunung tinggi yang masuk dalam seven summit dunia ini?

1. GUNUNG EVEREST (TIBET - ASIA) - 8.848 MDPL

Everest yang merupakan bagian pegunungan Himalaya, menjadi gunung tertinggi di dunia, yang terletak di perbatasan Nepal, dan Tibet. Sehingga sangat tepat dijuluki sebagai atap dunia. Orang Tibet menyebut juga gunung ini dengan sebutan Chomolungma atau Ibu Suci. Sementara orang Nepal menyebutnya sebagai Sagarmatha atau Dewi Langit. Beruntung sekali Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing sebagai orang pertama yang mampu mencapai puncak atap dunia ini tahun 1953.

Pendaki wajib membayar izin masuk pegunungan ini sebesar USD 11.000 atau sekitar 154 juta. Biaya ini baru biaya untuk perizinan saja belum termasuk biaya guide atau porter untuk memandu pendaki sampai puncak. Dari hasil mengobrol dengan teman di Nepal, biaya yang harus dikeluarkan cukup variatif tapi setidaknya paling murah pendaki wajib membayar sekitar USD 70.000 atau sekitar 980 juta. Wow.

Untuk mencapai puncak gunungnya, pendaki rata-rata membutuhkan waktu sekitar 60 hari perjalanan. Wah selain biaya yang cukup mahal, waktu yang lama, resiko yang dihadapi juga sangat luar biasa. Mimpi saya cukup sampai basecamp Everest saja tidak apa-apa, kalau bisa sampai puncak bonus banget. Ada yang mau bayarin saya? hehehehe.

2. GUNUNG ACONCAGUA (ARGENTINA - AMERIKA SELATAN) - 6.962 MDPL

Gunung tertinggi kedua di dunia ini terletak di Amerika Selatan. Tepatnya di perbatasan Chile dan Argentina di Mendoza. Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 hari untuk mencapai puncaknya. Gunung tertinggi di belahan bumi selatan ini mempunyai suhu ekstrim mencapai -35 derajat. Biasanya pendaki mengunjungi gunung ini pada pertengahan Desember sampai dengan pertengahan Januari.

Untuk mendaki gunung yang berada di deretan pegunungan Andes ini, para pendaki kurang lebih harus merogoh budget sekitar USD 6.100 atau sekitar 85 juta untuk biaya pendakiannya saja. Selain persiapan budget, persiapan fisik juga wajib banget diperhatikan. Karena gunung yang pertama kali didaki oleh Matthias Zurbriggen ini merupakan gunung yang dikenal dengan cuaca ekstrim karena didominasi dengan es, gletser, dan bebatuan.

3. GUNUNG DENALI (ALASKA - AMERIKA UTARA) - 6.194 MDPL

Gunung yang dikenal dengan nama lain McKinley ini berada di Alaska, Amerika Utara. Cuaca ekstrim di gunung mencapai -35 derajat. Gunung yang pertama kali ditemukan oleh George Vancouver tahun 1794 ini menjadi salah satu gunung impian banyak para pendaki dunia.

Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak gunung ini adalah Hudson Stuck, Hary Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum melalui jalur selatan.

Butuh waktu sekitar 17 - 25 hari untuk dapat mencapai puncak gunung yang masuk kategori gunung ekstrim ini. Selain persiapan fisik yang harus matang, kamu juga butuh merogoh budget setidaknya USD 11.000 atau sekitar 150 juta rupiah.

4. GUNUNG KILIMANJARO (TANZANIA - AFRIKA) - 5.895 MDPL

Gunung yang terletak di Afrika tepatnya diperbatasan Kenya dan Tanzania ini merupakan gunung yang paling tinggi di Afrika. Butuh waktu sekitar 10 - 15 hari untuk mencapai puncka Gunung Kilimanjaro. Untuk mendaki gunung ini kamu cukup merogoh budget sekitar USD 5.000 atau sekitar 70 juta saja. Masih terbilang murah dibandingkan dengan gunung-gunung sebelumnya. Gunung ini pertama kalinya didaki oleh Hans Meyer dan Ludwig Purtscheller.

5. GUNUNG ELBRUS (EROPA) - 5.642 MDPL

Gunung yang terletak di perbatasan Rusia, tepatnya di Georgia ini menjadi salah satu deretan gunung tertinggi di dunia. Gunung ini berada di pegunungan Kaukasus yang membelah Asia dan Eropa. Butuh waktu sekitar 10-14 hari untuk bisa mencapai puncak gunung tertingginya. Hampir sama dengan Gunung Kilimanjaro, biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai gunung ini sekitar USD 5.000 atau sekitar 70 juta.

Gunung yang mempunyai pemandangan indah ini merupakan deretan gunung tertinggi yang lebih mudah dicapai dibandingkan gunung-gunung tertinggi lainnya. Meskipun begitu cuaca ekstrim di gunung ini bisa mencapai -30 derajat. 

6. GUNUNG VINSON MASSIF (ANTARTIKA) - 4.897 MDPL

Gunung ini berada di pegunungan Ellsworth dan berjarak 965 km dari Kutub Selatan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju gunung ini sekitar USD 45.00 atau sekitar 620 juta. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah pendakian. Belum lagi waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 hari. Nicholas Clinch adalah pendaki pertama yang beruntung mencapai puncak gunung ini.

Suhu ekstrimnya bisa mencapai -30 derajat. Sehingga pendakian di gunung ini hanya dibuka pada Desember - Februari saja. Bulan-bulan ini merupakan musim panas, dimana matahari bersinar selama 24 jam. Sehingga cukup aman untuk melakukan pendakian. Selebihnya cuaca sangat ekstrim dan jalur pendakian ditutup.

Selain itu beberapa referensi menyebutkan, selain medan yang cukup sulit bahkan merupakan rute pendakian paling sulit di dunia karena terdiri dari tumpukan es yang licin, biaya yang cukup mahal, serta tidak ada asuransi yang mengcover pendakian ke tempat ini. Sehingga resikonya sangat tinggi.

7. GUNUNG CARTENZ PYRAMID (INDONESIA - OSEANIA) - 4.884 MDPL

Merupakan gunung tertinggi yang ada di Osenia tepatnya di negara Indonesia. Gunung yang dikenal dengan nama lain Puncak Jayawijaya ini merupakan gunung yang memiliki salju abadi yang cukup langka sepanjang tahun dan menjadi satu-satunya gunung bersalju di Indonesia karena berada di daerah tropis.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung ini sekitar 10-15 hari. Tergantung jalur mana yang dipilih untuk memulai pendakian. Biaya untuk mendaki gunung ini cukup variatif tergantung agen mana yang digunakan. Namun rata-rata biaya yang dikeluarkan sekitar 100 juta.

MY THOUGH

Itu dia deretan gunung tertinggi di dunia berdasarkan benua. Penasaran ingin mengunjunginya? Meskipun cukup membuat bernafas berat ketika melihat ketinggian dan biaya yang wajib dikeluarkan untuk bisa mencapai puncaknya. Belum lagi resiko yang akan dihadapi.

Namun meskipun demikian, saya berharap oneday bisa mengunjungi beberapa gunung tertinggi tersebut dan pulang kembali dengan selamat, sehat, tanpa kurang apapun. Aamiin. Pastinya juga seven summit Indonesia juga bisa diselesaikan.

Ada yang mau endorse saya menjadi partner next seven summiter in the world? hehehe.

1 Comment

  1. MasyaAllah, Indonesia masuk salah satu gunung tertinggi yang must be visited ya Mbak. Tapi ampuun deh biaya setara dengan beli properti ya Mbak, heheh

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.