15 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI LABUAN BAJO

Daerah timur Indonesia terkenal dengan alamnya yang sangat indah dan masih alami. Salah satunya adalah destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur khususnya di Kota Labuan Bajo. Tahun 2016, saya pertama kalinya mengeksplor kota ini selama kurang lebih dua minggu.

Lokasinya yang lumayan jauh dari ibukota negara, keterbatasan akses serta ketersediaan sarana transportasi menuju destinasi wisata satu ke yang lainnya yang masih sulit, menjadi salah satu faktor jarangnya orang-orang mengeksplor keindahan wisata di Labuan Bajo ini.

kampung adat wae rebo


Buat kamu yang hendak eksplor Kota Labuan Bajo dan sekitarnya, saya mempunyai beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Apa sajakah itu? Let's check it out.

1. PULAU KOMODO

Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat kamu berkunjung ke Labuan Bajo. Bagaimana tidak, pulau penangkaran Komodo ini hanya ada satu loh di dunia. Wisatawan mancanegara berlomba-lomba untuk menyaksikan komodo-komodo ini.

Untuk mencapai Pulau Komodo kamu wajib banget menyebrangi lautan lepas dengan menggunakan kapal yang bisa kamu sewa dari dermaga Labuan Bajo.

taman nasional pulau komodo


2. PULAU RINCA

Tidak jauh berbeda dengan Pulau Komodo, di Pulau Rinca ini juga kamu bisa melihat ratusan Komodo yang dilestarikan di sana. Lokasinya berdekatan dengan Pulau Komodo namun kamu tetap wajib menyebrangi lautan untuk menuju pulau indah ini.

3. PULAU KELOR

Buat kamu yang hobi dengan menikmati keindahan laut, Pulau Kelor adalah tempat yang tepat untuk bermain snorkling. Menikmati keindahan alam bawah laut pastinya akan membuat kamu betah mengunjungi tempat ini. Serunya kamu bisa berkemah di pulau ini dan melakukan trekking. Seru banget pastinya.

4. PULAU KENAWA

Ini dia salah satu rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo yang wajib banget kamu kunjungi. Sama dengan Pulau Kelor, pulau ini menyimpan keindahan laut yang sangat luar biasa indahnya. Melakukan aktivitas snorkling adalah hal yang sangat tepat. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantainya yang memukau dan hamparan pulau hijau dari beberapa spot.

5. PULAU PADAR

Ini dia destinasi wisata favorit saat ke Labuan Bajo. Pulau Padar yang masuk dalam destinasi wisata unggulan Kemenparekraf ini, menyimpan pesona keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Bentangan alamnya yang sangat memukau ini menjadikannya masuk dalam warisan dunia UNESCO.

pulau padar labuan bajo


Untuk menuju tempat ini kamu wajib banget menyebrang laut dan pastinya untuk bisa melihat tiga pantai indahnya yang sangat mempesona, kamu harus trekking. Tidak lama hanya sekitar 1 jam saja. Lelahmu akan terbayarkan pastinya, dijamin.

6. PINK BEACH

Tidak banyak negara mempunyai tempat wisata pantai berpasir merah muda atau pink ini. Beruntung Indonesia memilikinya dan salah satunya adalah Pink Beach di Labuan Bajo. Waktu itu saya sepulang dari Pulau Padar, Pulau Komodo, lanjut ke tempat cantik ini. Kamu bisa menyaksikan keindahan pantai dengan pasir berwarna pink di tempat ini. Berjemur, berenang, serta berfoto di beberapa spot di pantai ini.

7. MANTA RAY POINT

Manta Ray Point wajib banget kamu kunjungi. Waktu itu saya mengunjungi tempat ini sekalian pulang dari Pulau Komodo dan Pink Beach. Pastinya lokasinya di tengah lautan ya. Nah di tempat ini kamu bisa menyaksikan puluhan manta ray berenang di tengah lautan ini. 

Kalau kamu memiliki keberanian berenang di lautan lepas, kamu bisa turun untuk berenang dan berfoto sama mereka. Waktu itu travel mate saya dari Canada, terjun bebas ke tengah lautan tanpa pelampung pula, untuk berfoto dengan manta ray.

8. AIR TERJUN CUNCA WULANG

Air Terjun Cunca Wulang lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Labuan Bajo. Kamu bisa menyewa motor menuju tempat ini. Perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai di pos pembelian tiket. Selanjutnya dari pintu masuk tiket, kita akan berjalan melewati jalan bebatuan yang lumayan jauh. Untuk menghemat waktu kamu bisa menyewa motor di tempat pembelian tiket. Karena motor biasa yang kami sewa tidak sanggup melewati jalan batu yang terjal.

Setelah melewati jalur berbatu, kamu masih wajib trekking ke dalam hutan menuju Air Terjun Cunca Wulang ini.  Jalurnya juga sama terjalnya, melewati sungai kering dengan bebatuan besar, dan beberapa jalan tanah yang licin. Tapi seru banget pastinya. Lelahmu akan terbayarkan dengan hijau toscanya air terjun yang sangat indah.

9. KAMPUNG ADAT WAE REBO

Desa Adat Wae Rebo atau Kampung Adat Wae Rebo ini lumayan jauh dari Kota Labuan Bajo. Waktu itu saya menyewa roda empat untuk menuju kampung adat ini. Perjalanan sekitar 8 jam dari Labuan Bajo. Waktu itu jalan menuju desa terakhir masih dalam perbaikan, jadi kami lanjutkan dengan kendaraan roda dua.

wae rebo labuan bajo


Setelah itu kamu wajib trekking selama kurang lebih 2-3 jam. Barulah bisa sampai di rumah Mbaru Niang ini. Tapi lelahnya terbayarkan dengan keindahan alam dan keunikan rumah adatnya yang usianya sudah ribuan tahun dan hanya ada 7 bangunan rumah ini. Jangan lupa, wisatawan hanya bisa bertamu di rumah adat ini sebelum jam 5 sore ya. Jadi jika kamu mau menginap, datanglah sebelum jam tersebut.

10. KAMPUNG ADAT MELO

Buat kamu yang senang dengan budaya, hampir sama dengan Kampung Adat Wae Rebo, di kampung ini kamu juga bisa menikmati pesona keindahan budaya Indonesia yang unik. Kamu akan disambut oleh tarian khas yaitu Tari Caci saat berkunjung ke kampung ini.

11. KAMPUNG ADAT BEJAWA

Lagi-lagi buat kamu yang suka dengan budaya, jangan lewatkan kampung adat ini. Lokasinya hampir sama jauhnya dengan menuju Kampung Adat Wae Rebo. Di kampung adat yang merupakan perkampungan megalitikum ini, kamu bisa menyaksikan deretan rumah unik sama halnya dengan Wae Rebo. Karena kampung ini masih sangat kental dengan adat dan budayanya, jadi dimana bumi dipijak, jangan lupa langit dijunjung.

12. GOA BATU CERMIN

Lokasinya tidak jauh dari kota Labuan Bajo, hanya sekitar 30 menitan dengan menggunakan kendaraan roda dua. Di Goa Batu Cermin, kamu bisa menikmati fosil spesies peninggalan zaman dulu dan juga stalagtit dan stalagmit yang akan bersinar terang saat terkena cahaya sinar. Pastinya pengunjung akan masuk gua yang cukup gelap dan lumayan pengap. Pengelola akan menyediakan senter kecil untuk dibagikan kepada para pengunjung.

goa batu cermin labuan bajo


13. BUKIT CINTA

Bukit Cinta adalah salah satu tempat yang bisa kamu nikmati ketika ke Labuan Bajo. Lokasinya cukup dekat dari kota. Kamu bisa menikmati keindahan pantai timur ini dari atas bukit ini. Berkunjunglah sore hari, sekalian menikmati sunset. Selepas kamu mengunjungi tempat wisata lainnya.

bukit cinta labuan bajo


14. GILI LABA

Keindahan alam Labuan bajo memang tak ada habisnya. Gili Laba adalah salah satu wisata andalan di Labuan Bajo ini. Pemandangan indah alam dan bawah lautnya membuat kamu dijamin betah di tempat ini. Kamu bisa menikmati sunset, sunrise, pemandangan pantai, snorkling, dan menikmati pantai dari bukit gili ini.

15. EKSPLOR KOTA DAN KULINER

Malam hari juga kamu bisa menikmati suasana Kota Labuan Bajo dengan berkeliling menyusuri kota dengan berjalan kaki dan memanjakan lidah dengan aneka hidangan khas Labuan Bajo berupa makanan seafood. Pastinya makannya di pinggir pantai, ditemani deburan ombak dan sambil menikmati udara segar kota ini.

Jika kamu menyewa sailing trip, pastinya kamu akan menikmati suasana malam dan tidur di tengah laut. Seru kan? Yuk kunjungi Kota Labuan Bajo, dan eksplor keindahan alamnya.

31 Comment

  1. aku baru beberapa destinasi aja yang dikunjungi pas ke labuan bajo.. pengen bisa balik lagi terutama ke kampung wae rebo soalnya di sana sejuk banget.

    ReplyDelete
  2. Noted banget ini rekomendasinya cakep-cakep. Aku pengen ke labuan bajo, pink beach, gili laba, dan pulau padar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggiiii....ntar kalo ada rezeki kita ke Labuan Bajo barengan yuuuuks. Jadi bisa gantian motretin. Hihi... Eh tapi aku pengen ke semua destinasi yang direkomendasikan :))

      Delete
  3. Banyak juga kampung adat di sekitar Labuan Bajo ini ya. Yg saya tahu dari informasi cuma Kampung adat Wairebo aja. Ternyata masih ada banyak kampung adat lain. Ngebet jadinya pengen mengunjungi semuanya...

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, Kak...begitu baca artikel ini rasanya saya ingin terbang ke sana. Dulu pernah berkeinginan untuk pergi ke pulau Komodo, namun belum kesampaian karena anak-anak masih kecil. Soon lah mudah-mudahan terealisasi, aamin...

    ReplyDelete
  5. Daku baru mengunjungi yang nomor 2, 6, 12 kurang lama kelilingannya di sana.
    Pas mau hiking di bukit cinta itu udah ngos-ngosan karena kakak ipar ku ngajak jalannya pas siang hari wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Seru banget yaah..ke Labuan Bajo.
    Suamiku Uda pernah ke sana, tapi sepertinya belum ke banyak tempat seperti yang ada di list kak Mei.

    Seru banget Karena sekarang Labuan Bajo Uda di promote dan mendapat julukan Kota Seribu Sunset.

    ReplyDelete
  7. Aku baru nonton keindahan alam Labuan Bajo dari video dan cerita teman hidup.
    Semoga suatu hari nanti kesampaian menjelajah tempat2 wisata di atas.

    ReplyDelete
  8. Saya tu pengen banget ke wae rebo.. tapi kok kayaknya jauuhh banget yaa.. pengen liat dalemnya rumah wae rebo gimana..

    ReplyDelete
  9. Aku pengen deh ke Labuan Bajo, indah dan banyak banget bisa dikunjungi ya

    ReplyDelete
  10. Labuan bajo emang kayak surganya destinasi wisata sih. Sudah lama lokasi ini menjadi saalah satu wishlist tempat liburanku. Cuma belum sempat-sempat. Ya waktunya. Ya duitnya. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Penasaran sama kampung adatnya. Mudah-mudahan ntar bisa kesanaa. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Labuan Bajo emang udah terkenal banyak tempat wisata yang menarik ya. Jadi bingung mau ke mana dulu kalo ke sana. Naksir sama Pink Beachnya cantiik

    ReplyDelete
  13. Makin ngiler ke labuan bajo !! Semoga Allah mampukan suatu hari nanti. Terima kasih atas referensinya kak.

    ReplyDelete
  14. Dari dulu pengen banget ke Labuan Bajo, tapi belum kesampaian nih karena biaya kesana cukup tinggi. Jadi makin pengen foto deh di spot-spot itu

    ReplyDelete
  15. Banyak banget tempat tersembunyi dan indah dilabuan bajo. Beneran aku jadi kangen buat kesana, apalagi dengan sunsetnya itu...
    Cakep banget deh! Selalu memanggil untuk datang dan liburan kembali

    ReplyDelete
  16. Wah banyak juga ya , destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Ke Labuan Bajo
    Semoga kapan kapan bisa ke Labuan Bajo

    ReplyDelete
  17. Salah satu destinasi popular yang sedang hits, nih. Pihak kemenparekraf juga baru terus gencarkan tentang labuan bajo

    ReplyDelete
  18. LABUAN BAJO, IT'S MY DREAM. Wah, mampir di artikel blog ini jadi nambah terus bucket list untuk keliling Indonesia 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
  19. Ternyata wisata desa adat yang ada di Labuan Bajo bukan hanya di Wae Rebo saja ya Kak. Bahkan berkunjung ke Labuan Bajo, bukan hanya wisata pulau saja yang bisa dijadikan destinasi, tapi ada air terjun juga. Indahnya Indonesia.

    ReplyDelete
  20. Kebayang menantangnya jika saya berada di dekat binatang itu
    Bakalan jerit jerit penasaran karena memang sempat ada pengalaman tak terlupakan sama binatang sebangsanya

    ReplyDelete
  21. Tulisan ini bikin pembacanya mupeng ke labuan bajo. Aku belum pernah kesana dan baca tulisan ini jadi pengen banget...semoga ada rezeki dan umur buat menyaksikan keindahan alamnya

    ReplyDelete
  22. Wah harus dicoba semuanya nih. Apalagi air terjunnya. Semoga ada yang ngajak aku jalan jalan ke sana ya. Hehe

    ReplyDelete
  23. Haduuu jadi kemana ulu enaknya nih? hwahahaha belum pernah satupun euy...btw penasaran yang pulau kelor emang banyak kelor yak disananyah?!

    ReplyDelete
  24. Wow Kampung Adat Wae Rebo ... rumah adatnya berusia ribuan tahun? Masya Allah .... bisa tidak ya dipelajari dan diterapkan di dunia modern? Penasaran :D

    ReplyDelete
  25. Membaca tulisan ini jadi kepengen ke Labuan Bajo lagi, belum sempat ke Wae Rebo karena waktu itu waktunya tidak cukup. Labuan Bajo adalah destinasi wisata yang komplit dan pantas sekali menjadi salah satu destinasi populer negeri ini

    ReplyDelete
  26. Aku pengen ke kampung adat Wae Rebo, terus menginap di sana, dan main sama anak-anak yg ada di sana, seru kayaknya ya bisa mengenal budaya dan keseharian mereka

    ReplyDelete
  27. Paling seneng liat foto Labuan Bajo.
    Semuanya tampak istimewa. Terutama Bukit Cinta dan kampung adatnya.
    Rumahnya lucu, jadi inget pre-weddingnya artis-artis yaa.. Liburan juga seru, aesthetic abiisss...

    ReplyDelete
  28. Ini udah masuk dalam listku juga mba. Tp kayaknya THN depan. Cuti suami THN ini bakal kepake buat Iran dan ke Medan Juni besok 🤣. Ga nyisa lagi setelahnya. Yg pengen aku lakuin sebenernya naik kapal phinisi nya dan LOB. Dari temen2 yg udah ngerasain LOB naik kapal phinisi, seru banget ceritanya. Tempwt2 di atas ada bbrp yg didatangin juga. Aku LBH cendrung kulineran sih Yaa, soalnya ga kuat panas 🤣🤣🤣. Suami palingan yg pengen bgt, dia mah baru bisa wisata yg panas2an . Aku cendrung nemenin dan fokus Ama kulinernya aja 😁

    ReplyDelete
  29. Laboan bajo selalu ada daya tarik untuk dikunjungi berulang ulang. Apalagi dengan list sebanyak ini. makin penasaran buat datang dan mencari tahu .
    Indonesia memang selalu punya daya tarik yang luar biasa apalagi berhubungan dengan alam yes!

    ReplyDelete
  30. Masyaallah, sungguh indah alam ciptaan Allah ini. Jadi tak bisa berkata-kata melihat dan membaca semua keindahan yang disuguhkan Labuan Bajo. Semoga masyarakat dan pemerintah tetap.menjaga keindahan dan kebersihannya agar tidak ternodai oleh sampah dan apa saja yg mengganggu.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.