TIPS MENYAKSIKAN TARI KECAK DI PURA ULUWATU

Selain keindahan pantainya, Bali terkenal dengan budayanya yang sangat kental dan unik. Salah satunya adalah tarian Kecak. Para wisatawan dapat menyaksikan tarian adat ini salah satunya adalah di Pura Uluwatu. Tarian Kecak di pura ini memang diadakan khusus untuk disaksikan oleh wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Namun sebelum kamu berencana untuk menyaksikan tarian adat khas Bali ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

tari kecak uluwatu bali


TENTANG PURA ULUWATU

Pura Uluwatu dikenal juga dengan nama Pura Luhur Uluwatu. Atau dikenal juga dengan nama Pura Sad Kayangan yang dianggap sebagai penyangga 9 mata angin oleh masyarakat Bali.  Selain itu pura ini juga menjadi salah satu pilar dari 6 candi utama yang diagungkan dan dianggap suci oleh masyarakat Bali, yang merupakan unsur spritual di Bali.  

Pura yang beralamat di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung atau berjarak sekitar 22 km dari Bandara Airport Ngurai Rai, Bali ini dikelilingi oleh hutan dan merupakan rumah bagi kera berekor panjang.

Pura Uluwatu sendiri berlokasi dekat dengan pantai dan dikelilingi tebing sekitar 70 meter. Dari lokasi pura ini wisatawan dapat langsung menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian. Indah sekali apalagi pada saat sore hari menjelang matahari tenggelam.

Pura ini juga dijadikan sebagai tempat ibadah warga Bali yang beragama Hindu. Mengenai siapa pendiri pura ini, ada beberapa versi. Pertama ada yang berpendapat pura ini didirikan oleh Dalem Waturenggong dan Dang Hyang Niratha. Pendapat lainnya pura ini didirikan oleh Empu Kuturan.

HARGA TIKET MASUK PURA ULUWATU

Tahun 2019 saya mengunjungi tempat ini harga tiket masuk untuk domestik usia dewasa sekitar Rp. 20.000-, dan anak-anak Rp. 10.000-,. Sementara untuk wisawatan mancanegara harga tiket dewasa adalah Rp. 30.000-, dan anak-anak adalah  Rp. 20.000-,.

Informasi terakhir tahun 2022 harga tiket masuk wisatawan nusantara orang dewasa adalah Rp. 30.000-, dan anak-anak adalah Rp. 10.000-,. Sementara untuk wisatawan mancanegara dewasa adalah Rp. 50.000-, dan anak-anak Rp. 30.000-,.

AKTIVITAS YANG BISA DILAKUKAN DI PURA ULUWUATU

Selain mengunjungi pure ada beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di pure yang kayak dengan magis ini. Apa saja?

1. Mengunjungi Pura

Nah, aktivitas pertama adalah mengunjungi pura. Pertama saya berkunjung tahun 2019 ke tempat ini, ada guide yang menemani dan menjelaskan tentang pure ini. Ada beberapa bangunan yang menuliskan tentang pure ini, sayangnya saya belum paham tulisannya, namun jangan khawatir, karena disebelahnya ada tulisan bahasa Inggris.

2. Berfoto

Sambil mengunjungi dan mendapatkan wawasan tentang Pura Uluwatu ini, kamu bisa sambil berswa foto di pura ini, jangan lupa tetap terapkan aturan yang dibuat oleh tempat wisata ini ya. Berfotolah di tempat yang sudah diizinkan dengan pakaian yang sopan.

Wisatawan juga dapat mengambil foto di beberapa spot yang sangat unik.

3. Menyaksikan sunset

Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang snagat indah dari atas tebing. Selain itu akan semakin indah saat kamu menyaksikan pemandangan pantai ini di kala senja. Rasakan pesonanya dan tenangnya mendnegar deburan ombak dari atas ketinggian, sambil menyaksikan matahari tenggelam.

4. Menyaksikan Tari Kecak

Ini dia atraksi utama dari Pura Uluwatu, yaitu menyaksikan Tari Kecak di kala matahari tenggelam, sambil dimanjakan dengan suara deburan ombak dari atas ketinggian. Wah menarik sekali ya. Apalagi  Tari Kecak yang dipertontonkan memang beberapa gerakannya jarang diperlihatkan di sembarang tempat. Informasi driver saya yang asli Bali seperti itu.

TIPS MENYAKSIKAN TARI KECAK Di PURE ULUWATU

Ngomong-ngomong soal Tari Kecak di Pulau Uluwatu ini, berdasarkan pengalaman saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum menonton Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu. Apa saja, ini dia tipsnya.

1. Beli Tiket Tari Kecak

Selain membeli secara on the spot, wisatawan juga dapat membeli tiket secara online. Pengalaman saya membeli tiket 2x untuk menonton tarian adat ini, harganya bisa lebih murah atau lebih mahal secara online. Jadi silakan cek dulu mana yang lebih murah secara online atau on the spot.

Harga tiket masuk on the spot tahun 2019 adalah Rp. 90.000-, untuk  wisatawan dewasa, dan update terakhir tahun 2022 adalah Rp. 130.000-,. Sementara untuk anak-anak usia 2-9 tahun dikenakan Rp. 60.000-, dan anak-anak di bawah umur 2 tahun gratis. Harga ini berlaku untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

2. Datang lebih awal

Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu diadakan setiap pukul 17.00 - 18.00 WITA setiap harinya. Tari kecak ini diadakan setiap hari kecuali Hari Raya Nyepi dan Upacara Pengerupukan. Masuk ke arena panggung lebih awal untuk dapat posisi duduk yang nyaman dan dapat melihat tarian dengan jelas. Pengalaman 2x menonton tarian ini, saya masuk 15 menit sebelumnya sudah mulai penuh.

Apalagi jika kamu hendak berkeliling puranya, mengambil foto di beberapa spot, membeli tiket biasanya lumayan antri, jadi datanglah beberapa jam sebelumnya.

3. Pilih tempat duduk di atas

Salah satunya kenapa harus datang lebih awal adalah untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan dapat menyaksikan tarian dengan jelas tanpa terhalang dengan pengunjung lainnya. Pilihlah tempat duduk di barisan kedua atau ketiga, menurut saya paling nyaman. Kita bebas mau megambil gambar tanpa terhalang oleh orang lain.

4. Siapkan kameramu

Nah ga pengen kan udah jauh-jauh ke Bali menyaksikan tari Kecak ini tapi ga punya dokumentasinya. Maka siapkan kameramu, pastikan baterainya terisi dengan penuh, sehingga khawatir lagi saat kamu akan berfoto atau mengambil video. Baik itu kamera HP maupun kamera DSLR atau sejenisnya.

5. Pakai pakaian yang nyaman tapi sopan

Karena lokasi panggung ini nantinya akan penuh, udara agak sedikit panas, maka gunakan lah pakaian yang tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis. Karena sore menjelang matahari tenggelam udara pantai juga mulai terasa sejuk.

Buat kamu yang menggunakan pakaian pendek, maka pihak pengelola pura akan menyediakan kain untuk dipinjamkan secara gratis untuk semua wisatawan. Karena masuk pura ini wajib berpakaian sopan. Sebenarnya tidak hanya di Pura Uluwatu saja tapi semua pura yang ada di Bali, wajib menggunakan pakaian sopan karena pura merupakan tempat ibadah suci.

6. Berfoto dengan para penari

Selesai acara, para penonton diberikan kesempatan untuk berfoto dengan para penari Tari Kecak. Kamu bisa menguploadnya di sosial media kamu dan tag akun mereka. Jika kamu tidak menginginkannya kamu bisa langsung pulang saja.

7. Hati-hati barang bawaan

Karena pura ini dikelilingi hutan dan menjadi tempat tinggal kera secara bebas, maka perhatikan barang bawaanmu. Kera-kera ini sering kali mengambil barang bawaan para pengunjung, terutama barang-barang yang bersinar atau berkilau, seperti HP dan kacamata.

Kera-kera ini tidak menganggu wisatawan hanya mengambil barang saja. Jadi jangan mainkan HP-mu, simpan kacamatamu di dalam tas, rapikan kameramu saat keluar dari kawasan ini. Dan jangan lupa kembalikan kain yang sudah dipinjamkan ya.

8. Lebih baik sewa kendaraan

Kendaraan umum di Bali sangat jarang. Kamu bisa menggunakan motor atau mobil sewaan menuju tempat ini. Tapi sewaan yang pulang pergi ya. Jika kamu hanya menyewa untuk berangkat saja, maka pulangnya kamu akan kesulitan kendaraan. Karena tidak ada kendaraan umum sekitar tempat ini, selain itu juga lokasinya lumayan masuk ke dalam.

MY THOUGHT

Saat kamu ke Bali wajib banget untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata ini. Selain menikmati keindahan Bali dari sisi budaya, pastinya kamu juga bakal nambah wawasannya tentang tari Kecak.

Tapi jangan lupa perhatikan tipsnya ya, biar pengalaman menyaksikan Tari Kecak dari atas ketinggiannya makin berkesan dan menyenangkan.

27 Comment

  1. Pengen banget tuh kami liburan ke Bali. Bukan hanya karena pantai nya tapi karena anak bungsu kami penggemar berat leak 😄 dia pasti seneng banget ketemu leak asli yang biasa cuman dia tonton di YouTube. Eh di tarian Kecak ada leaknya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Eka Leak di Bali itu tidak bisa dilihat sembarangan, hihi.
      Yang ditampilkan di pertunjukan Kecak itu hanya simbolis saja. Kalau mau lihat Leak asli harus datang ke Kuburan saat hari Kajeng Kliwon. Itu pun yang bisa melihat mereka yg memiliki keistimewaan (peka terhadap suasana mistis)

      Delete
  2. Lumayan juga harga tiketnya, masuk puranya 30000 sedang nonton tari kecaknya 130000 total 160000 tapi memang tari kecak bagus dilihatnya harga tiket segitu bagi seni sangat terjangkau.

    Kapan-kapan kalau ke bali coba ah nonton tari kecak ini.

    ReplyDelete
  3. bener banget kak, harus dateng lebih awal biar dapet tempat yang bagus, pernah nonton tari kecak disini malah ngeliatin kepala ama punggung bule, secara badan mereka tinggi tinggi dan lebar, jadi susah hehehe

    ReplyDelete
  4. 5 tahun di Bali, aku malah belum pernah ke sini. Padahal ga jauh dari kampusku di Unud. Aku seringnya malah ke Tanah Lot atau Kuta aja yang gampang diakses. Atau seabis shubuh datang lihat sunrise di Sanur.

    Tapi lihat Kecak di Uluwatu ini emang jadi salah satu impianku sih ke depan. Semoga pandemi lekas usai. Jadi aku bisa berlibur ke sana lagi, sambil mengenang pas zaman kuliah dulu.

    ReplyDelete
  5. Pengennyaaaa liburan ke Bali bareng keluarga. Udah beberapa kali sih jadi wacana di rumah. Pura Uluwatu dan nonton Tari Kecak jelassss masuk ke itinerary.

    ReplyDelete
  6. Waktu daku ke Bali belum sempat ke sana.
    Semoga bisa ke sana lagi, biar bisa menyaksikan tari Kecak secara langsung

    ReplyDelete
  7. Sumpah nih meski sudah hampir 10 tahun tinggal di Bali tapi saya belum pernah nonton tari kecak di Pura Uluwatu ini. Ke Uluwatu memang banyak kera yang suka jail, kalau kita bawa makanan suka diambil. Jadi pengen deh suatu saat nanti kesini nonton tari kecak.

    ReplyDelete
  8. Wah pas ke Bali belum lihat tari kecaknya. Kudu balik lagi nih untuk refreshing ke sana.

    Kudu waspada penuh ya soalnya monyet-monyetnya nakal. Nangis lah kalau HP kesayangan malah diambil monyet.

    ReplyDelete
  9. Entah mengapa saya merasa kalau tarik kecak itu ada rasa mistisnya. Indah nan misterius begitu kesan saya terhadap tarian khas Bali yang ini. Makanya kalau nonton tarian khas kayak gini jangan kosong pikirannya dan jangan dalam kondisi fisik yang baru kurang fit, takut terjadi hal-hal yang kurang nyaman nantinya. Cuma memang selalu seru lihat tarian ini tuh

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke Bali. Dan Bali masih menjadi salah satu yang masuk dalam wishlist destinasi wisataku. Asyik kali ya nonton tari kecak secara langsung.

    ReplyDelete
  11. Wah harga tiket untuk masuk ke tempat wisata Pura Uluwatu ternyata cukup terjangkau ya kak, hanya 20 ribuan saja untuk orang dewasa.

    ReplyDelete
  12. Kalo ditotal bisa sekitar seratusan yaaa. Worth it sii pengalaman budaya kaya gini. 2x aku ke Bali masi belum mampu wkwkwk. Moga yg ke3xnya bisaa nonton^^

    ReplyDelete
  13. Sayang banget dulu pas ke Bali belum rezeki untuk nonton tari yang fenomenal ini. pengenn aslinyaa, hihi semoga next pas ke Bali bisa berjodoh yaa

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ke Uluwatu tapi udah 10 tahun lalu hihi...Belum pernah nonton tari Kecaknya nih. Noted nanti klu nonton kudu ingat tips ini. Makasih yaa...

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ke bali saya. Semoga saja suatu saat nanti bisa ke bali

    ReplyDelete
  16. Pas ke uluwatu ga sempat lihat ini kynya sudah disuruh balik ke penginapan.. hiks..

    ReplyDelete
  17. Wah mantap ini tipsnya, oke aku simpan dulu ya. Tips ini akan aku gunakan saat ke Bali nati, untuk melihat tari Kecak

    ReplyDelete
  18. Menyaksikan tari Kecak dari dekat adalah impian saya saat kecil. Merasa senang pastinya gitu melihat langsung. Gak sangka kalau mau lihat langsung gitu harus ke Bali. Hehehe...
    Semoga ada kesempatannya
    Aamiin

    ReplyDelete
  19. Duuh berkali kali ke Bali tapi belum pernah nonton tadi kecak secara langsung. Penasaran, semoga saja ada rezeki kesana lagi...

    ReplyDelete
  20. Udah dari lama pingin banget nonton tari kecak di Uluwatu Bali ini, namun belum ada kesempatan untuk ke sana. semoga segera bisa ke sana ya

    ReplyDelete
  21. Aku pas ke Ubud udah mau nonton tari kecak tapi indoor gitu harga tiket udah ratusan ribu di tahun 2018. Karena ujan, aku dan suami sampai ke lokasi udah telat. Akhirnya ga jadi nonton deh. Tapi yang ke Pura Uluwatu belum pernah blas. Lebih keren seperti nya karena outdoor

    ReplyDelete
  22. Salah satu keindahan budaya Indonesia dengan keanekaragamannya yaa..
    Aku juga kangen Bali dan beberapa kali ke Bali, waktunya belum pas sama penampilan Tari Kecak. Memang kudu banget diliat baik-baik jadwalnya yaa..kak Mei.

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah menginjakkan kaki ke Bali. Jadi baca artikel ini bikin makin mupeng. Semoga one day bisa juga menikmati tari Kecak langsung di Bali.

    ReplyDelete
  24. Aku kira paling enak tu yg paling depan krn enak bisa lihat dr deket, ternyata paling atas yaaa mba 🙂 okee catat buat modal ke Bali

    ReplyDelete
  25. Aku belum sempat nonton Tari Kecak, selalu kehabisan slot ticket, haha.. Semoga next bisa dijadwalkan dengan baik. Makasih mba Mei 😍

    ReplyDelete
  26. Tari kecak ini emang tarian khas Bali banget ya kak. Seru banget kalo bisa menyaksikan keunikan tari kecak juga beragam keindahan Bali. Bismillah.. Moga nanti bisa ke Bali. Aamiinn

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.