TIPE TEMEN YANG ASIK BUAT DIAJAK TRAVELING

Buat kamu yang hobi traveling, baik secara berkelompok maupun solo, pastinya sudah merasakan banyak tipe traveler-traveler yang ada di muka bumi ini. Beruntung saat travelmate kita mempunyai visi dan misi yang sama. Pastinya perjalanan akan sangat menyenangkan meskipun mengalami hal-hal di luar perencanaan.

travel buddy yang asik


Namun jika kamu bertemu dengan travelmate yang tidak tepat, berantakan semua travelingnya. Bukannya fun yang ada kamu malah badmood karena kelakuan-kelakuannya yang memancing emosi.

So, aku punya beberapa tips dalam memilih teman yang asik buat diajak traveling. Yang pastinya bikin traveling kamu tambah seru dan menjadi pengalaman tak terlupakan.

1.  Si Positive Vibes dan antusias

Orang yang memiliki aura positif dan antusias tinggi, tidak perlu mengenalnya dengan lama. Dari pertama ketemu buat aku udah terasa dia punya positive or negative vibes. Bisa terlihat dari bahasa tubuh, cara berbicara, cara melihat, atau ciri lainnya.

Nah orang-orang yang punya aura ini pastinya bakal bikin perjalanan kamu makin seru dan fun. Kalaupun mengalami hal yang buruk, tetep aja mikirnya positif dan tetap antusias semangatnya.

2. Si Mandiri dalam kondisi apapun

Paling asik kalau jalan sama mereka yang super mandiri. Selain ga ngerepotin, pastinya mereka itu golongan orang yang cerdas dalam melakukan banyak hal dan ga bakal ngerepotin kita. Selama dia bisa lakuin sendiri, ga akan minta tolong ke orang lain.

3. Si Supel dalam semua situasi

Ni salah satu tips memilih teman yang seru buat diajak traveling saat nemu yang supel. Orang yang supel biasanya adaptasinya cepat. Mereka tidak akan terpaku dengan itenari yang dibuat. Mereka biasanya mampu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

4. Si Spontan atau Fleksibel

Ini juga seru banget kalau nemu teman traveling seperti ini. Ga terpaku dengan jadwal atau rencana. Diajak kemana aja hayo aja. Diajak nyobain hal yang ekstrim hayu, diajak nyobain yang menantang hayu aja. Seru banget dapet temen kayak gini guys. Pastinya perjalanannya seru banget bakal banyak kejutan.

5. Si Mata Aestetis alias pintar foto

Buat kamu yang hobi photo-photo, nemu temen kayak gini tuh seru banget. Mereka tahu aja mana spot yang asik buat dokumentasi. Mereka akan mengarahkan kita supaya dapat jepretan yang kece. Nah, kamu jadi punya fotographer gratisan deh hehehe.

6. Punya toleransi tinggi

Travel buddy seperti ini biasanya bikin adem perjalanan. Mereka mampu menghargai perbedaan yang ada diantara kita. Apapun bentuk perbedaannya. Mulai dari tipe makanan yang disukai, penginapan yang dimau, tempat wisata yang ingin dikunjungi, bahkan sampai urusan ibadah saat traveling. Mereka akan menghormati keinginan dan keputusan kita. Pastinya kitanya juga ga egois ya.

7. Tipe orang yang tenang

Nah ini penting banget loh punya travel buddy seperti ini. Kadang saat di perjalanan tidak semuanya sesuai ekspektasi kita. Misalkan tertinggal pesawat atau kereta. Pastinya akan panik. Nah kalau punya teman seperti ini, mereka akan mmebuat suasana tetap tenang dan terkontrol. Mereka akan membantu menenangkan kita dan mencari solusi bersama-sama.

8. Si perencana yang baik

Aku tipikal orang yang lebih sering on the spot kalau traveling, kadang itu membuat budget kita jadi bengkak. Alhasil saat nemu tipikal travelmate yang semuanya selalu direncanakan dengan baik, budget kita jadi lebih hemat. Biasanya tipikal traveler seperti ini akan membuat rencana perjalanan dengan sangat detail.

Mereka akan membuat perencanaan mulai dari budget, lokasi wisata yang akan dikunjungi, waktunya berapa lama, peralatan dan perlengkapan yang wajib dibawa, dan planning B saat planning B tidak sesuai. Posistifnya semuanya perjalanan kamu akan lebih terkontrol.

9. Si Altruisme yang super helpful

Ketemu temen altruisme alias orang yang suka membantu saat traveling pastinya sangat menyenangkan. Punya teman traveling jenis ini pasti dijamin perjalanannya seru banget. Saat kita sedang kesulitan pasti mereka tidak akan diam saja. Mereka akan selalu membantu kita atau orang yang tidak dikenal sekalipun. Mereka menolong tanpa pamerih alias tulus ikhlas. Mereka tipikal orang yang bisa diandalkan.

10. Si ceria yang always happy alias tidak suka mengeluh

Tiba-tiba pesawat delay, makanan yang dipesan habis, ketinggalan kereta atau pesawat, hotel yang dipesan diambil orang lain, tempat wisatanya tutup tetep aja tersenyum. Inilah tipikal travel buddy yang ceria. Mereka always happy wherever and whenever. Ga ada kata mengeluh dalam kamusnya. Dijamin nemu temen traveling kayak begini seru banget.

Itu dia tipe teman yang asik buat diajak traveling. Kalau kamu nemu tipe travel buddy seperti di atas, dijamin perjalanan travelingmu bakal lebih seru dan menyenangkan. Bakal nemu hal-hal yang tidak terduga.

Tapi kalau misalkan ternyata nemu teman yang ga asik harus gimana dong?. Kalau masih dalam batas toleransi, I will stay. Tapi kalau sudah memancing emosi, apalagi ketemunya pas solo alias ga janjianlah, kalau sudah ga sejalan pemikirannya, I will make decision to leave them.

Kita jalan-jalan buat fun kok, bukan malah terbebani dengan keluhan teman travel kita dan bukan malah diganggu pikirannya. Apakah itu egois? definitely Big No. We can't please all people in the world. So, choose your happiness.

Kamu punya tipe teman yang bikin perjalananmu makin happy, yuk share di kolom komentar.

20 Comment

  1. Lebih suka bareng keluarga sih, yang lebih tahu sifat dan karakternya.

    ReplyDelete
  2. Temanku banget ini,
    asik kalau diajak jalan.

    ReplyDelete
  3. seperti yang banyak disebut temen-temen, sahabat yang baik kadang belum tentu asik diajak jalan. Teman yang biasanya rame waktu kumpul, kadang juga belum tentu asik diajak traveling.
    Nemuin travelmate yang pas memang susah gampang, kalau udah klik, kemana-mana bakalan sama si travelmate ini terus

    ReplyDelete
  4. Sejauh ini travelmate ter❤ versi saya adalah paksu, wkwkwk. Mengingat beliau orang yang flexible dan punya toleransi yang tinggi.

    ReplyDelete
  5. Setujuuu, kalan-jalan kan buat fun, kalau teman jalan enggak syik buat apaan..mending sendirian
    Tapi, aselii, kita bisa tahu karakter seseorang tuh pas barengan pergi.
    Pernah liburan 4 hari sama 5 teman, dan jadi tahu 2 dari mereka yang asyik dan bisa diulang nih kemana...yang 3 lainnya, sudah deh cukup kali itu saja

    ReplyDelete
  6. Habis menikah gak pernah traveling bareng temen ni, Mbak🤭. Mentok sama anak. Atau, kalau pergi hangout aja sama temen itupun gak sampai lama😂

    Pengin juga merasakan seperti itu. Malah inget naik gunung dulu, seruuu juga kalau mengenang masa² itu🤗

    ReplyDelete
  7. Semua tipe di atas ada di aku. Hehe. Narsis. Kalo jalan, teman yang paling enak kuajak adalah suami. Travelling berduaan bagi kami adalah hal yang sangat membahagiakan. Meski masuk dalam satu rombongan besar juga sebenarnya bukan masalah besar.

    ReplyDelete
  8. Menemukan teman seperjalanan yang menyenangkan ini akan menentukan kenangan yang terukir yaa, kak Mei.
    Salut dengan teman-teman travelling yang selalu bisa jaga mood.
    Aku pribadi seneng kalau perjalanan ada temen yang siap membantu, gercep gitu. Soalnya aku anaknya seneng ngobrol, tapi kurang "peka". Kadang takut salah dan hal-hal semacam itu.

    ReplyDelete
  9. Seneng banget pasti ketemu orang yang bisa diajak travelling bersama. Emang sih daripada travelling sama orang yang ga sefrekuensi, mending pergi sendiri aja atau ga pergi sama sekali.. hehe

    ReplyDelete
  10. Seru ya kalau ketemu travel buddy seperti yang disebutkan di atas. Kadang ada aja loh yang tipe pemarah dan ngambekan gitu, duuuhh... Etapi kalau aku sendiri tipe gampang capek, jadi klo udah capek suka lemes dan jadi ga asyik untuk orang lain wkwkwkk...

    ReplyDelete
  11. Aku butuh travel buddy yg tipe tenang (soalnya panikan :D). Emang paling asyik kalau traveling bareng teman yg tenang, ceria, dan gak banyak ngeluh ya. Kalau traveling ama yang gampang capek atau cemberut aja, bukannya jadi fresh malah ketularan BT.

    ReplyDelete
  12. Aku belum pernah traveling jauh sama temen sih, kecuali event atau kegiatan sekolah. Lebih nyamam sama keluarga

    ReplyDelete
  13. Aku traveling biasa sama temen-temen SMA ku. Unik sih padahal semasa SMA kami gak pernah satu kelas tapi pas traveling seru.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget kalau teman traveling itu harus cari yang mendekati 10 tipe di atas. Jangan sampe traveling sama orang yang nyebelin, auto bikin badmood

    ReplyDelete
  15. Kalau saya yang penting tidak mengeluh orangnya, Mbak. Perjalanan kalau dengan orang yang tepat pasti menyenangkan. Beda kalau sebaliknya, semenyenangkan apa pun tempatnya bisa badmood kalau teman ndak syik.

    ReplyDelete
  16. Suka banget jika dapat teman travelling yang humbel dan baik banget serta perhatian, soalnya daku butuh teman kalau jalan.

    ReplyDelete
  17. Ternyata teman Travelling itu ada jenis-jenisnya juga ya? Aku baru tahu, xixixi.

    ReplyDelete
  18. Mau liat asli sifat temen kita ya salah satunya saat diajak travelling
    Walau ada temen itu jadi seru travelling kita

    ReplyDelete
  19. Semua tipe ada manfaatnya ya, berguna saat buat tim jalan-jalan yang efektif haha. Aku tipe tenang dan impulsif

    ReplyDelete
  20. Aku baru pernah 1 kali sih traveling sama teman dan pas banget saat itu kami ketinggalan pesawat. Salah satu teman kayaknya kesal banget dan diam terus selama menunggu jam pesawat pengganti

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.