15 TIPS NYAMAN SAAT NAIK PESAWAT

Bepergian khususnya traveling menggunakan pesawat sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Selain harganya sekarang lebih murah, juga dapat menghemat waktu. Sayangnya tidak semua orang merasa nyaman menggunakan moda transportasi via udara ini. Sehingga kita sebagai penumpang harus menciptakan kenyamanan sendiri selama di pesawat.

tips nyaman saat naik pesawat


Bagaimana caranya? Atau apa yang harus diperhatikan agar perjalanan pesawatnya nyaman? Saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu terapkan, agar nyaman di pesawat. Semuanya berdasarkan pengalaman pribadi, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Lalu apa saja tipsnya? ini dia tips nyaman naik pesawat ala meimoodaema.

1. TUNAIKAN IBADAH

Salah satu tips nyaman saat di pesawat pertama buat saya adalah sudah melaksanakan ibadah. Sebagai muslim, saya selalu usahakan sholat dahulu, jika naik pesawat masuk di waktu sholat. Hal ini buat saya sangat penting, kenapa? karena saya sering mengalami perasaan ga nyaman kalau bepergian belum menyelesaikan urusan kita dengan Tuhan, akhirnya ga nyenyak tidurnya, kebangun terus, gelisah, liatin jam terus. Ada yang pernah mengalami?

Hal ini boleh diabaikan jika teman-teman tidak ada masalah dengan kondisi ini ya. Karena sholatnya nanti bisa dijamak atau digabung dengan waktu sholat setelahnya. Dan saya pribadi kurang nyaman juga ibadah di pesawat.

2. MEMBAWA JAKET/SELIMUT TRAVEL

Berhubung saya orangnya ga tahan dingin, kemanapun akan membawa jaket atau selimut hangat. Hal ini cukup membantu menghabiskan perjalanan dengan nyaman. Karena kalau kedinginan biasanya kita sulit tidur, bawaanya ingin ke kamar mandi terus, dan lainnya. 

3. JANGAN MAKAN TERLALU BANYAK DAN PEDAS

Well, ini akan sangat berpengaruh kalau kamu makan banyak atau pedas, kamu akan bolak-balik ke kamar kecil. Tentu saja jika di pesawat, ini akan mengganggu kenyamanan kamu dan juga orang lain. Jadi makan secukupnya saja ya dan jangan terlalu pedas jika kamu akan bepergian menggunakan pesawat.

4. JANGAN MINUM TERLALU BANYAK

Selain makan, hindari juga minum terlalu banyak sebelum naik pesawat. Kalau tidak kamu akan bolak balik ke kamar kecil di pesawat, apalagi dengan kondisi suhu yang dingin juga dari AC. Tentu saja ini akan menganggu kenyamananmu dalam perjalanan. Dan bisa juga menganggu penumpang sebelah kamu, karena kamu bolak balik keluar kursi.

5. MEMBAWA BANTAL TRAVEL, PENYANGGA PUNDAK

Saya termasuk orang kurang nyaman dengan tidur menyandar ke kursi. Jika diturunkan ke belakang takutnya mengganggu juga. Jadi biasanya solusinya tidurnya menyandar ke dinding dengan menggunakan bantal atau penyangga pundak. Tapi ini hanya berlaku kalau kamu mendapat kursi dekat jendela. Hal ini sangat nyaman, kamu bisa mencobanya. Tapi jika mendapat duduk di tengah atau dekat lorong, kamu bisa memanfaatkan penyangga pundak untuk tidurmu agar lebih nyaman.

6. EARMUFF, DAN PENUTUP MATA 

Jangan lupa juga membawa penutup mata, biar ga silau kalau mau tidur tapi lampu pesawat masih menyala. Ini berlaku buat kamu yang tidak bisa tidur dalam ruangan terang cahaya. Earmuff menjadi barang penting buat saya, karena saya tidak bisa tertidur jika di sekitar dalam kondisi berisik, bahkan suara kecil. At least, benda ini akan membantu meredam suara agar tidak terlalu terdengar.

7. MEMBAWA MUSIC PLAYER DAN HEADSET SENDIRI

Nah salah satu tips lainnya agar nyaman di pesawat adalah dengan membawa music player kamu. Siapkan dari rumah, kamu sudah menyimpan lagu-lagu favorit kamu di HP atau music player. Karena biasanya musik hiburan dari air flight terbatas.

dengarkan musik di pesawat membuat nyaman


8. MEMESAN KURSI DEKAT JENDELA

Setiap kali membeli tiket penerbangan, saya akan selalu memesan tempat duduk dekat jendela. Dan saya rela mengeluarkan tambahan untuk ini. Sebenarnya beberapa maskapai ada menu memilih seat gratis saat pembelian, namun ada juga yang berbayar.

Alasan kenapa saya memilih di dekat hendela, karena saya jarang ke kamar mandi, saya suka lihat awan, dan pastinya bisa tidur dengan nyaman tanpa terganggu orang lain. 

Kalau di tengah atau di lorong, bisa saja kamu terganggu saat ada penumpang sebelah kiri atau kanan kita yang ingin ke kamar kecil. Selain itu juga kita harus tidur menyandar ke kursi. Nah bisa dicoba dari sekarang.

9. SIMPAN BARANG BERHARGA DI TEMPAT AMAN

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kamu ga nyaman naik pesawat adalah kamu kepikiran barang berharga kamu hilang. Jadi pastikan jangan menyimpan barang berharga kamu di bagasi atau di kabin. Pastikan barang berharga kamu berada dekat dengan tubuh kamu. Karena saya pernah mengalami ini, menyimpan laptop di dalam tas kabin, dan kelupaan menyimpan dokumen penting di bagasi.

Selama di pesawat, ada khawatir tas kabinnya jatuh menimpa orang, atau ada orang iseng mengambil laptop saya, karena kecil dan ringan. Dan ini bukan tanpa alasan loh. Pernah lihat kan film, ada orang yang mengambil beberapa barang berharga milik orang lain dengan pura-pura membuka kabin dan memindahkannya ke tas milik dia. Atau jika barang berharganya di bagasi, kawatir takut rusak karena tertindih atau lainnya. So, simpan barang berharga kamu dekat dengan kamu.

10. DUDUK DENGAN NYAMAN

Terlalu lama di pesawat bisa jadi membuat kamu bosan dan lelah. Maka posisikan dudukmu dengan sangat nyaman. Kalau pegalnya sudah keterlaluan kadang saya angkat kaki saya ke atas kursi, saya tutup dengan selimut biar ga keliatan. Atau kalau sebelah kamu masih terbangun, kamu bisa kok meminta izin kalau kamu mau menaikan kaki kamu karena pegal.

Saya yakin dengan sikap sopan seperti itu orang disebelahmu tidak akan keberatan. Malahan pernah ada penumpang lain yang melihat aku mungkin kurang nyaman, terus beliau menyuruh saya menaikan kaki ke atas kursi biar lebih santai.

Cukup sungkan karena sepertinya beliau sudah sangat sepuh. Tapi beliaupun melakukan hal yang sama, akhirnya kami mengobrol, ternyata beliau seorang profesor yang sedang melakukan penelitian di negara tujuan. Yang wajib kamu ingat, aroma kaki kamu dalam kondisi tidak menganggu orang lain ya.

11. MELIHAT PEMANDANGAN DI LUAR PESAWAT

Menyaksikan putihnya awan dari ketinggian bahkan posisi kita lebih tinggi itu memberikan rasa nyaman. Bahagia, ada rasa syukur. Membuat kita jadi lebih bahagia. Tentu saja ini membuat kita jadi lebih nyaman di atas pesawat.

Jadi saat kamu kurang nyaman atau ada perasaan cemas, kamu bisa mengalihkan pandangan mata kamu ke luar jendela. Dan nikmati pemandangan yang ada. Ini berlaku jika siang dengan melihat awam atau langit biru. Jika malampun kamu bisa menikmati bintang-bintang di atas langit yang terasa begitu dekat. 

Bagaimana jika pemandangan di luar hujan. Itu lebih amazing, pernah saya terbang malam hari, tidur ga bisa, dengar musik bosan, akhirnya saya berinisiatif membuka jendela sebentar, dan di luar terlihat sedang hujan. Kebetulan tidak ada petir, dan itu indah sekali. Hujan itu jatuh di atas pesawat dan terpantul dengan sinar temaram. Cantik. Belum ngalamin kan? Coba deh.

12. NYAMAN SAAT TAKE OFF

Nah buat kamu yang kalau naik pesawat suka pusing di tujuh menit pertama saat take off, tips dari saya jangan menyandar ke kursi duduk. Agak condongkan badanmu ke arah depan. Jangan lupa berdoa, dan bayangkan hal-hal yang menyenangkan saja. Kalau saya pergi dengan kelaurga atau teman, biasanya akan saya ajak ngobrol mereka. Itu yang biasa saya lakukan. Tujuannya untuk mengalihkan rasa pusing saat pesawat ini mengudara.

13. MINGLING DENGAN PENUMPANG SEBELAH

Mengobrol dengan penumpang sebelah bisa juga menimbulkan rasa nyaman. Nyaman dalam artian baik dan dalam batas wajar. Kamu bisa mencoba berinteraksi dengan mereka dengan bahasa yang sopan. Sapa saja dan sebar energi positifmu. Raut muka akan menjawab dia suka atau tidak. 

Nah kalau sudah kenal, saat kamu akan bolak balik ke toilet pun, akan membuat kamu lebih nyaman. Atau bahkan saya pernah disapa oleh penumpang di sebelah saya. Kami mengobrol. Terus saya ditawari pindah duduk, katanya agar saya tidak bosan.

14. MEMBAWA CEMILAN

Jangan makan dan minum berlebih bukan berarti kamu ga boleh bawa cemilan. Tentu saja boleh, jangan sampai kamu juga ga nyaman gara-gara kelaparan. Jadi bawalah cemilan secukupnya dan tidak terlalu mengenyangkan untuk selama perjalanan. Seeprti roti kecil atau snack bar.

15. PERGI KE TOILET DAHULU

Saya pribadi paling menghindari ke toilet pesawat kalau tidak dalam kondisi darurat. Selain sempit, ada perasaan kurang nyaman saja, apalagi sampai ditungguin oleh penumpang lain. Jadi usahakan sebelum naik pesawat kamu ke toilet terlebih dahulu sebelum boarding. Jadi tidur kamu juga ga keganggu karena harus ke toilet. Tentu saja ini akan membuat kamu lebih nyaman duduk di kursi pesawatmu.

Nah itu dia tips nyaman naik pesawat ala meimoodaema. Semuanya sudah pernah saya lakukan. Jadi kalau kamu ada pengalaman lain yang membuat perjalanan kamu nyaman, boleh share ya, pastinya akan bermanfaat buat para pembaca. 

12 Comment

  1. Pilih kursi dekat jendela memang paling wajib hehehe, terima kasih untuk tulisannya, informatif.

    ReplyDelete
  2. Kalau diriku sih usahakan ngga banyak minum biar ngga ribet mau ke toilet soalnya duduknya suka dijendela. susah ntar klo mau keluar dan ngelewatin orang. apalagi body agak lebar hahaha

    ReplyDelete
  3. wah iya penting banget nie tipsnyaaa .. bener2 jadi lebih aware yaaa ... soo perjalanan makin nyaman deh

    ReplyDelete
  4. Iyes, pilih duduk dekat jendela!
    Itu, gue banget!
    Well, like the quotes said, ' I never get tired of the blue sky!'

    Menikmati pemandangan dan lalu mendokumentasikannya di gadget, aktivitas yang tak pernah gagal membuatku nyaman naik pesawat.

    Selalu saja candu untuk melihat view baru.
    Awan punya ribuan wajah untuk itu!

    Sepertinya tips naik pesawat kita kurang lebih sama ne!
    Iyes!

    Jadi,
    Kapan kita bolang bareng?

    ReplyDelete
  5. Sekarang sesuai prokes kalau penerbangan kurang dari 2 jam nggak boleh makan, nggak boleh ngobrol. Dahlah bobok cantik aja..hehehehw

    ReplyDelete
  6. Tipsnya benar banget, Mbak ... ibadah jangan sampai dilupakan. Shalat bisa dilaksanakan kapan saja bahkan di atas pesawat sekali pun.

    ReplyDelete
  7. Mantap nih tipsnya ya, prepare banget perlengkapan yang wajib dibawa ya. Malah saya jarang banget bawa perlengkapan super lengkap seperti itu. Patut dicoba ya tipsnya.

    Pertanyaan nya, kapan akan naik pesawat lagi setelah sekian lama mengurangi mobilitas.. semoga segera ya.

    ReplyDelete
  8. Akutu kalau landing suka sakit kuping padahal uda pake earphone entahlah ini yg bikin trauma selebihnya sih aman aja

    ReplyDelete
  9. Yg bau kaki, ya ampuuuuun aku oernah ngalamiiiin 🤣🤣🤣. Pas ke Jepang, aku dpt duduk di bagian tengah, seatnya kan 3-4-3. Naah si bule yg kakinya bau ini di kursi yg 3 baris padahal, dan aku di deretan 4 baris. Dia ga angkat kaki sih, tapi ngelepas kakinya dari sepatu. Ya ampuuuun Mei, tahan napas 7 jam perjalanan wkwkwkwjwk. Kalo dulu udh pake masker, aku mungkin ga tersiksa.

    Pas ke Jerman, aku beruntung naik Krn penumpang sepiii 😄. Naik Lufthansa , dan bareng suami jadi bisa santai duduknya. Manjangin kaki ganti2an. Tapi kalo rame, memang hrs pinter2 kita bikin senyaman mungkin.

    ReplyDelete
  10. Kalau mau naik pesawat, aku suka yg posisinya dekat dengan jendela, biar bisa melihat suasana luar di atas pesawat,

    ReplyDelete
  11. Aku juga hobi nyapa-nyapa ((eh, maksudnya ngajak ngobrol)) temen sebelah. Alasannya biar ada temen, hihii.. Kadang beneran yaa, kak Mei. Kalau yang namanya di perjalanan suka ada hal yang tak terduga. Setidaknya kalau ada temen, jadi ada yang membantu.

    ReplyDelete
  12. Tipsnya bermanfaat bgt nih, meskipun baru sekali naik pesawat tp semoga lain kali bisa naik pesawat secara gratis lagi.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.