8 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PENDAKI PEMULA DI PULAU JAWA

Mei emang apa nikmatnya naik gunung? Bukannya capek ya? Ngapain jauh-jauh sampe puncak abis itu turun lagi, kan ga ada apa-apa di atas?

Pertanyaan ini kerap kali saya dapatkan ketika bertemu dengan orang yang belum pernah mendaki gunung. Saya hanya tersenyum manis menjawab pertanyaan itu, karena sering saya beri jawaban juga, respons mereka hanya menjawab "masa sih" atau "ah gw males deh jauh-jauh capek". Tapi kadang ada juga responsnya bikin happy.

Mei gw sekali-kali ajak dong kalau loh naik gunung, gw pengen coba, tapi gunungnya yang ramah buat pemula ya.
gunung untuk pendaki pemula

 

Nah, kalau dapat jawaban begini seru, semangat jawabnya. Bagiin racun traveling dah hehehe. By the way, ngomongin soal gunung yang ramah bagi pendaki pemula, jadi keingetan waktu saya mendaki gunung ke Nepal yang notabenenya gunung bersalju. Means, perlengkapan dan persiapan fisik juga akan sangat berbeda dengan pendakian yang ada di Indonesia, apalagi bagi para pemula.

Ngomong-ngomong soal gunung yang ramah bagi pemula, saya mempunyai rekomendasi gunung-gunung yang bisa dicoba bagi kamu sebagai pendaki pemula. Selain rutenya tidak terlalu berat, lama perjalanan juga cukup 1 - 2 hari saja. Gunung-gunung ini bisa kamu jadikan latihan sebelum mendaki gunung yang lebih panjang dan jalurnya berat.

Gunung mana saja kah itu? Let's check it out.

1. GUNUNG ANDONG - 1.726 MDPL

Gunung yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah ini cukup di tempuh 2-3 jam saja dengan perjalanan santai. Dari Jogja kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 2 atau 4 sampai basecampnya. Gunung yang mempunyai sunrise dan sunset yang sangat indah ini banyak didaki oleh anak-anak SD sampai dengan orang dewasa. Sehingga Gunung Andong sangat ramah bagi para pemula.

Dari gunung yang berketinggian 1.726 mdpl ini, kamu bisa menikmati pemandangan indah 360 derajat gunung-gunung yang berjejer yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Prau, dan Gunung Ungaran.

2. GUNUNG BATU - 875 MDPL

Salah satu rekomendasi gunung yang aman untuk pendaki pemula adalah Gunung Batu. Lokasinya berada di Jonggol, Bogor. Kamu bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat menuju gunung ini. Kamu hanya butuh sekitar 2 jam untuk menuju gunung yang ketinggiannya 875 mdpl ini. Suasana dingin dan pemandangan kota kota Bogor akan kamu nikmati dari atas puncak.

3. GUNUNG BROMO - 2329 MDPL

Siapa yang tak mengenal gunung yang berketinggian 2.329 mdpl ini. Semua usia dapat menikmati gunung yang mempunyai pasir berbisik ini. Tidak butuh lama untuk dapat mencapai puncak  gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Tengger Semeru ini. Tapi karena dinginnya luar biasa di tempat ini, jangan lupa persiapkan perlengkapannya seperti jaket tebal untuk keamanan.

4. GUNUNG GEDE - 2958 MDPL

Gunung yang berada di perbatasan Sukabumi, Bogor, dan Cianjur ini cocok juga untuk pemula. Meski perjalanannya cukup lama sekitar 5 - 6 jam perjalanan santai. Tetapi jalur yang dilewati cukup aman dan landai. Kamu juga bisa menikmati Curug Cibeureum ketika kamu memilih jalur Cibodas.

Gunung Gede masuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yang dikelola sangat baik oleh pemerintah sekitar. Sampai puncak kamu bisa menemukan beberapa pedagang. Sambil menikmati udara segar, hamparan padang sabana, dan bunga edelweis yang cantik, kamu bisa menikmati mie rebus hangat.  Penasaran mau mencobanya?

5. GUNUNG IJEN - 2.443 MDPL

Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl ini memiliki ciri khas fenomena alam yaitu blue fire yang hanya ada 2 di dunia. Menarik bukan, apalagi kamu cukup menempuh 2-3 jam perjalanan sampai ke puncak gunung dari basecamp Platidung, menjadikan tempat ini salah satu favorit bagi para pendaki pemula.

Daya tarik lainnya dari gunung yang ada di Banyuwangi ini adalah kawahnya yang biru indah, dikelilingi pemandangan alam gersang,  membuat gunung ini terlihat seperti di luar negeri. Meskipun tidak terlalu tinggi, para pendaki wajib hati-hati karena jalurnya berpasir.

6. GUNUNG NGLANGGERAN - 700 MDPL

Gunung yang terletak di Jogjakarta ini, menurut saya gunung yang paling aman. Areanya cukup terbuka dan rutenya sangat jelas dan medannya tidak terlalu berat. Cocok sekali bagi pendaki pemula karena ketinggiannya juga masih di 700 mdpl. Hanya butuh waktu 1 jam perjalanan dengan santai untuk mencapai puncak Gunung Nglanggeran ini.

nglanggeran gunung untuk pendaki pemula


Jika melalui jalur Kampung Pitu, cukup 15 menit saja sudah bisa mencapai salah satu puncak gunung ini dan kendaraan dapat masuk sampai mendekati puncak gunung.

7. GUNUNG PAPANDAYAN - 2.665 MDPL

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat ini menjadi salah satu gunung pavorit bagi para pemula. Memiliki medan yang landai, dan pemandangan indah. Kamu dapat menemukan banyak pohon bunga  edelweis di gunung ini. Tapi ingat jangan dipetik ya. Selain itu kamu juga akan melihat banyak kawah seperti kawah Manuk, Kawah Ngaklak, dan Kawah Baru.

Selain itu gunung ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Selain orang dewasa, gunung ini juga banyak didaki oleh anak-anak.  Cukup ditempuh 4 - 5 jam perjalanan dengan santai. Kamu bisa berkemah ceria ataupun pulang pergi saat mendaki gunung yang beketinggian 2.665 mdpl ini.

8. GUNUNG PRAU - 2.656 MDPL

Gunung yang terletak di dataran Dieng ini mempunyai ketinggian 2.656 mdpl dan masuk salah satu gunung yang ramah bagi para pendaki pemula. Mulai dari anak SD sampai lansia banyak mendaki gunung ini. Cukup 3-4 jam saja, pendaki sampai di puncak.

Puncak Gunung Prau ini merupakan hamparan padang sabana yang sangat luas, membuat betah untuk berlama-lama kemping di tempat ini. Menuju puncka gunung ini ada 8 jalur yang dibuka, namun hanya 6 jalur yang dibuka untuk umum, 2 jalur lagi hanya dibuka khusus untuk kegiatan konservasi.

Nah itu dia 8 rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Pulau Jawa. Ketujuh gunung tersebut aman dan ramah bagi kamu para pendaki yang baru mulai menginjakan kakinya di ketinggian. Tetapi meskipun aman, wajib persiapkan fisik dan mentalnya serta peralatan yang dibawa. Safety first ya tetep wajib.

30 Comment

  1. Yaaah, semua ada di Jawa ya, saya termasuk yang kepingin naik gunung walau gak pernah naik gunung, mbaa 😅

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah cukup menantang sekali ya mbk perjalanannya... Pasti seru banget... Terima kasih mbk infonya...

    ReplyDelete
  3. Dan Gunung Bromo masih menjadi destinasi favorit para pendaki di lingkungan tempat tinggal saya 😀

    ReplyDelete
  4. Belum pernah naik gunung, hanya naik bukit. Lihat keindahan gunung hanya dari youtube. Tapi kalau dengar cerita teman pendaki jadi ingin ikutan.

    ReplyDelete
  5. Gunung terdekat Papandayan aja, kapan yaaa gak mager supaya bisa ke gunung

    ReplyDelete
  6. Enak ya jadi anak muda, bisa mendaki gunung hampir 3 ribu meter. Coba nenek2 seperti saya. Mungkin baru 10 meter udah KO. He he .... Terima kasih informasinya Mbak.

    ReplyDelete
  7. Wow kapan ya bisa mendaki gunung lewati lembah. Keren bikin penasaran

    ReplyDelete
  8. Aku naik ke nglanggeran aja deh, mbaa, ga terlalu cape kayanya. Hehe. Tambah lagi di daerahku mba, Pandeglang, gunung karang, pulosari dan gunung santri. Thankyou for sharing, mba.

    ReplyDelete
  9. Dari jaman muda pas lagi ramai-ramainya naik gunung pengin banget bisa ikut mendaki, eeh sampai sekarang sudah punya anak blm juga kesampaian. Hehehe. Mudah-mudahan suatu saat punya kesempatan. Terimakasih untuk rekomendasinya mba.

    ReplyDelete
  10. Wow.. udah jauh banget mendakinya mbak. Di makassar, ada juga lho gunung yang oke buat di daki, gunung Bawakaraeng dan gunung Bulusaraung.

    ReplyDelete
  11. Saya pernah naik Ijen. Dah lama tapi, seru. Thanks infonya mb

    ReplyDelete
  12. Cita-cita saya semasa SMA adalah naik gunung Semeru. Kebetulan masih satu daerah. Sayangnya, sampai sekarang belum kesampaian karena tidak mndapat restu ibu dan orangtua.

    ReplyDelete
  13. Mupeng, terakhir nqik gunung udah 20 tahun yang lalu.

    ReplyDelete
  14. Dari semuanya saya baru ke nglanggeran saja nih kak. Itupun sudah lama sekali

    ReplyDelete
  15. Pengen daki gunung tapi gak dibolehin ortu
    Yang dekat saja gunung Ijen belum pernah aku daki

    ReplyDelete
  16. Kalau lihat pemandangan hamparan menghijau, perbukitan dan kesejukan alam pegunungan, cinta saya. Asal jangan ikutan naik gunung, ga sanggup he he

    ReplyDelete
  17. Daebaaak kak ke Nepal! 😍😍😍
    Saya jd inget temen2 saya yg hobi ‘naik’. Terakhir ada yg bawa balitanya ke gunung.

    Btw, boleh kali kak rekomen gunung yg ramah buat nak kicik ( eh, tapi jatuhnya hiking ya?)

    ReplyDelete
  18. Makasih referensinya Mbak... Pengen naik gunung lagi jadinya. Semoga nanti kemarau bisa maen ke gunung

    ReplyDelete
  19. Lagi kuliah saya, saya pernah beberapa kali naik gunung. Pengen sekali-kali ke gunung gede.

    ReplyDelete
  20. nyesel banget kayaknya pernah di Bogor tp belum pernah ke gunung batu 😅

    ReplyDelete
  21. Wah, ternyata banyak juga gunung yang ramah untuk pendaki pemula ya.

    ReplyDelete
  22. Ah membacanya jadi mengingatkan diri pada keinginan yang belum pernah tersampaikan. Karena selalu tidak pernah dapat izin untuk mendaki. Huhuhu

    ReplyDelete
  23. Sejujurnya, aku nggak sanggup buat mendaki gunung. Tapi suka penasaran kalau sudah sampai puncak itu rasanya apa..

    ReplyDelete
  24. Jadi kangen mendaki nih kak. Sudah lama tidak pernah mendaki

    ReplyDelete
  25. Naaaah, ini nih yang kubutuhkan. Karena pengen naik gunung. Makasih banyak listnya, Kak.

    ReplyDelete
  26. Yang udah itu naik gunung ngalanggeran doank, buat pemula emang masih gampang bgt nih. Tapi pengen sih naik ke level gunung yang lebih menantang. Suka kagum sama orang2 yang suka naik gunung gini nih, keren mba mei

    ReplyDelete
  27. Mantep sekali sih ini semua gunungnya ada di jawa. Tapi aku belum berani deh mbak mendaki... Rasanya harus mengumpulkan banyak keberanian dulu.. Heheheh

    ReplyDelete
  28. Asik dapat infonya, mau buat ngajakin anak kayaknya pas ya mba, anak yang remaja. Biar mereka belajar mengenal alam

    ReplyDelete
  29. nikmat ya memang liat pemandangan dari atas gunung itu, rasanya damai banget. Walaupun baru pernah ke gunung daerah bromo dan daerah dieng yang g tinggi-tinggi banget, hehe tp emang nagih sih :) cuma selalu takut kedingininan huhu..

    ReplyDelete
  30. aku yang udah pernah ke gunung dari list ini adalah gunung andong dan gunung nglanggeran

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.