7 SIKAP YANG WAJIB KAMU HINDARI SAAT TRAVELING

Hi bestie, sudah tahukan salah satu fungsi traveling itu untuk refresh diri dari kepenatan. Entah pekerjaan, masalah kuliah, atau hal lainnya. Nah, jangan sampai saat traveling itu kamu disulitkan beberapa hal yang tidak kamu persiapkan sebelumnya. Atau justru mengalami kesulitan karena sikap kamu sendiri. Nah, aku punya beberapa tips hal apa saja yang harus kamu hindari ketika traveling.

hindari sikap ini saat traveling


ABAI TERHADAP ATURAN

Mematuhi peraturan sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan liburan, tapi dengan hal lainnya. Tapi cobalah lebih peka dan cari informasi mengenai aturan yang berlaku di tempat wisata yang kamu kunjungi. Baik itu aturan terkait ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Misal, hal kecilnya saat kamu menginap di sebuah hotel, baca atau tanya soal peraturan yang berlaku dan jangan abai. Kalau di hotel dilarang berisik ya kamu jangan berisik.

Contoh lain, kalau di restoran tempat kamu makan saat traveling tidak boleh membawa makanan dari luar, ikuti. Atau saat berkunjung ke sebuah tempat wisata ada tempat ibadahnya seperti di Bali, gunakan pakaian yang sopan dan tertutup, karena larangannya tidak boleh menggunakan pakaian terbuka.

BERISIK

Well, sikap berikutnya yang wajib kamu hindari ketika traveling kemanapun adalah, berisik. Dari beberapa traveler luar yang saya kenal, mereka mengenal pelancong Indonesia suka bergerombol dan berisik. Duh malu kan.

Berdasarkan data dari TeletestHolidays.co.id, buat kamu Speaker Smusher alias orang yang kalau berteleponan suka kencang suaranya atau bahkan diloudseaker, sampai jarak 1 km mungkin bisa terdengar, stop ya mulai sekarang kamu berhenti melakukan itu. Karena itu sangat mengganggu dan ternyata hasil survei hal ini tidak disukai oleh banyak wisatawan.

Jadi mulai sekarang kamu hindari sikap ini ya. karena sikap berisik kita akan sangat menganggu orang sekitar kita. Pastinya kamu juga akan dianggap tidak mampu beradaptasi dan tidak menghormati lingkungan sekitar.

BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Ini dia, salah satu sikap yang wajib kamu hindari juga saat traveling. Yaitu membuang sampah sembarangan. Di beberapa negara sudah menerapka aturan tentang denda bahkan bisa hukuman penjara untuk siapa saja yang membuang sampah sembarangan.

Misalnya Singapore, jika kamu ketahuan membuang sampah sembarangan maka akan dikenakan denda sebesar 300 dolar Singapore.  Duh sayang kan uangnya mending buat beli oleh-oleh. Ingat 500an CCTV terpasang di negara singa ini, jadi be aware ya.

FOTO BERLEBIHAN

Sering ga lihat para pelancong yang pindah sana foto, pindah sini foto. Atau rela meminta orang untuk pindah posisi hanya untuk keindahan fotonya dia. Atau mengambil foto dengan berbagai gaya yang membuat orang lain terganggu. To be honest guys, it make feel uncomfortabel. It was really annoying me.

Atau kamu yang insane instagramers, alias melakukan banyak foto untuk makanan dan minuman yang kamu pesan, perbuatan ini banyak tidak disukai oleh para traveler dunia loh. 

So, setelah ini jangan lagi berfoto berlebihan ya, karena sikap kita seperti itu sangat menganggu pengunjung lainnya. Apalagi sampai yang harus nyuruh-nyuruh orang minggir dulu. Ingat itu adalah public area. 

MANJA

Jika kamu bepergian liburan dengan bestie kamu, kemudian ada hal-hal yang kurang mengenakan terjadi di luar kontrol kita, yang membuat kamu lelah, kesal atau apapun itu, belajarlah kendalikan. Jangan terus mengeluh, ngedumel, atau cemberut. Kontrol emosi kamu. Nikmatin saja suasananya. Jangan membuat suasana makin buruk dengan terus mengeluh. Karena sifat manja kamu ini akan membuat tidak nyaman teman liburanmu.

MENYEROBOT ANTRIAN

Pernah ngalamanin saat liburan, terus kita mau membeli tiket, atau di ATM, atau di tempat makan, kita sudah antri, tiba-tiba ada yang nyerobot dengan alasan in hurry.

Jangan pernah lakuin hal ini ya guys apalagi kamu traveling ke luar negeri. Karena sikap buruk ini taruhannya nama baik negara kita. Jangan sampai negara luar traveler Indonesia ga suka antri.

TIDAK BERBAUR DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT

Jika kamu liburan ke sebuah tempat, cobalah kamu belajar berbaur dengan masyarakat setempat. Kamu bisa mengobrol dengan mereka, mempelajari bahasa dan budaya mereka, itu sangat menyenangkan.

bermain dengan anak kampung adat wae rebo


Apalagi kamu berkunjung ke tempat seperti pedalaman atau tempat unik yang masih kaya dengan budayanya yang masih asli. Kamu akan dapat wawasan dan pengetahuan banyak. Bahkan kamu bisa diangkat jadi anak angkat mereka, sehingga silaturhami berjalan terus meskipun kamu sudah pulang. Jadi jangan hanya menikmati wisatanya saja ya, atau cuman diam di penginapan ya bestie.

VANDALISME

Salah satu ciri smart traveler adalah tidak merusak lingkungan tempat wisata yang kita kunjungi. Misalnya melakukan vandalisme alias mencoret-coret sekitar tempat wisata dengan cat warna atau piloks, menulis nama kamu atau teman kamu sebagai kenang-kenangan. Hal ini akan merusak keindahan tempat wisata tersebut. Dan pastinya kalau kamu lakukan ini di luar negeri, akan memperlakukan seluruh Indonesia. 

Masih kan dengan kasusnya Cla-X Indonesia di Gunung Fuji, atau tulisan Lampunk di Jabal Rahmah, Arab Saudi, dan juga kasusnya Indonesia dan Samarinda di Tembok China, ketiganya membuat heboh dunia dan membuat malu Indonesia. Jangan sampai hal ini terulang lagi ya guys.

Kalau mau torehkan prestasi saja buat Indonesia di dunia, jangan yang seperti ini.

Itu dia sikap yang wajib kamu hindari saat traveling kemana saja, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Be smart traveler ya guys. Kalau kamu punya pengalaman terkait dengan hal di atas, boleh banget kamu share di kolom komentar ya bestie.

20 Comment

  1. ngga banget deh buang sampah semabarangan yahh.. duh itu tuh yang paling susah kayaknya masih banyak sampah di tempat wisata apalagi pantai. Mesti ada kesadaran sendiri buat ngumpulin sampah masing-masing.

    ReplyDelete
  2. Nah iya, ada rambu-rambu yang harus diperhatikanketika bepergian ke tempat lain, apalagi yang berbeda budaya ya .. harus banget diperhatikan ... ada juga yang secara umum sebenarnya di mana2 bikin gak nyaman orang lain.

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat dulu pengen ajak teman yg bisa diajak travel, salah satunya cari yang ga manja dan senang membantu, hehe. Wah iya ya penting ya bisa berbaur dengan masyarakat

    ReplyDelete
  4. Sekarang ini traveling tuh udah jadi tren. Entah karena emang mau belajar banyak dengan melakukan perjalanan atau cuma ngikut tren yang ada. Apapun itu, ya setidaknya sebelum traveling pahami dulu hal-hal di atas. Yang terpenting yaitu soal aturan, jangan sok-sokan dilanggar deh. Perkara berbaur dengan masyarakat setempat pun itu penting banget.

    ReplyDelete
  5. Duh, paling kesel kalau yang buang sampah sembarangan. Apalagi ketika di pedalaman, aku rasanya ingin menerkam orang tersebut. Datang hanya membuat toxic bagi kehidupan

    ReplyDelete
  6. Duh aku pernah lagi pas study tour foto-foto berlebihan. Kalo dipikir-pikir emang ga bagus sih karena aku jadi ga inget waktu itu tour guide nya lagi cerita apa huhuhu

    ReplyDelete
  7. Iya nih, kadang foto-foto berlebihan yang membuat lupa akan keadaan di sekitar.

    ReplyDelete
  8. Kalau foto-foto berlebihan mungkin cuma bikin nggak nyaman. Yang jelek banget itu perilaku vandalism sama buang sampah sembarangan menurutku

    ReplyDelete
  9. Kalau foto berlebihan itu kayanya juga efek dari social media exposure juga ya kak. Maksudnya karena lokasi wisatanya viral, terus semua orang jadi kepingin foto di situ. Aku lihat juga di beberapa spot malah sampai harus bayar dan antri berjam-jam. Vandalisme nggak banget deh! Tapi faktanya emang ada aja pelancong yang melakukan ini.

    ReplyDelete
  10. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung yaa, kak Mei..
    Berasa banget kalau mendatangi suatu tempat, kita sebagai pendatang kudu banyak membuka mata dan telinga sehingga segera adaptasi dengan lingkungan setempat dan gak salah dalam bersikap.

    ReplyDelete
  11. Nah bener banget nih. Kita perlu banyak mengendalikan diri, biar nggak ganggu orang lain saat traveling. Trima kasih utk artikel bagus ini

    ReplyDelete
  12. Buang sampah sembarangan ini yang masih sangat sering aku temukan saat traveling dulu. Kesel sih jadinya, tempat udah bagus, eh tiba2 nongol sampah yang merusak keindahannya

    ReplyDelete
  13. bener banget, apalagi vandalisme itu, haduh malah mengotori tempat dan merusak citra, seharusnya kalau mau coret-coret juga harus lihat tempat yang pas, bukan sembarangan.

    ReplyDelete
  14. Saya pernah sebal dengan seseorang waktu traveling, karena dia menyerobot antrian makan waktu di restaurant, padahal dia seorang ibu dengan pangkat kepala sekolah.... haduh, rusaklah mood travelingnya melihat tingkah orang-orang kaya gini

    ReplyDelete
  15. Banyak yg cuma pengen menikmati alam dan pemandangannya aja. Jadi ngabaikan hal2 penting di atas. Semoga para wisatawan lebih peka lagi ya.

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau ada istilah speaker smusher hehe...Lucu. Iyaya ada istilah "dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Memang kemanapun kita pergi harus bisa menyesuaikan sama tempat kita tuju

    ReplyDelete
  17. Setuju banget ada alam yang harus dijaga ya, Kak. Bukan semena-mena datang lalu meninggalkan sampah atau malah merusaknya

    ReplyDelete
  18. Bener banget, berisik adalah hal mengganggu. Apalagi traveling di tempat yg vibe nya tenang.
    Sampah jg masalah utama tuh, tempat wisata masih sering ketemu sampah berserakan

    ReplyDelete
  19. Will note everything for my future trips! Thank you☺

    ReplyDelete
  20. Buang sampah sembarangan mungkin jadi kebiasaan kebanyakan dari kita. Lihat dulu di TikTok viral tempat wisata, adem bersih, dan pas dikunjungi rame, jadi jelek dan kotor

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.