9 GUNUNG DI SEKITAR JAKARTA, COCOK BUAT PENDAKI YANG TIDAK PUNYA BANYAK WAKTU

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan punya hobi trekking tapi tidak punya cukup banyak waktu untuk pergi mendaki, saya punya rekomendasi beberapa gunung yang jaraknya dekat dengan Jakarta. Gunung-gunung ini bisa kamu tempuh 1-2 hari. Kamu bisa berangkat Jumat malam dan pulang Minggu. Untuk yang lokasinya lebih dekat ke jakarta, biasanya berangkat Sabtu pagi pulang Sabtu sore atau Minggu sore.

gunung sekitar jakarta


Bahkan beberapa ada yang bisa excurcion atau dikenal dengan nama one day trip. Trip kurang dari 24 jam ini bisa jadi pilihan penghilang penat kamu dari sibuknya pekerjaan di ibukota.

Wait, even gunung-gunung ini hanya 1-2 hari, soal safety tetap nomor 1 ya. Tetap siapkan fisik, mental, logistik, dan juga perlengkapan untuk perjalananmu. Apalagi sekarang musim penghujan, membawa jas hujan menjadi hal yang penting. Jaga-jaga saat dipuncak turun hujan, kamu sudah sedia pelindung tubuh kamu. Jadi ga cuman hati aja ya yang dilindungi hehehe.

Apa saja kah itu? Let's check it out.

GUNUNG BATU

Saya mengunjungi gunung yang terletak di Kabupaten Bogor ini sekitar tahun 2015. Butuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. Waktu itu saya dan teman-teman mengambil jalur Cibinong. 

Waktu itu kondisinya belum dikelola dengan cukup baik karena memang masih baru. Sehingga lokasi menuju gunung ini juga masih alami. Jalannya masih berupa tanah dan akan sangat licin saat hujan turun. Penjual makanan di kaki gunung juga belum banyak, area parkir belum rapi. Informasi teman sekarang katanya sudah mulai rapi ya.

Kamu cukup menempuh waktu pendakian sekitar 2 jam untuk sampai puncak. Bahkan bisa 1 jam jika jalan tidak licin dan ada 1 spot pendakiannya yang harus menggunakan rafeling untuk keamanan. Dan ini cukup memakan waktu jika yang berkunjung banyak. 

Di atas puncak ini kamu bisa melihat indahnya pemandangan Bogor yang hijau. Penasaran mau coba berkunjung ke gunung ini?

GUNUNG BONGKOK

Gunung yang terletak di Purwakarta ini, menjadi salah satu gunung pavorit orang Jakarta. Gunung yang mempunyai dua puncak yaitu Puncak Datar dan Puncak batu Tumpuk ini memiliki ketinggian 975 mdpl saja. Cocok bagi kamu untuk mendaki dengan santai. Cukup 2 jam saja dari Jakarta untuk menuju kaki gunung ini. Menarik bukan?

GUNUNG GEDE

Lokasinya berada di perbatasan Cianjur, Bogor, dan Sukabumi. Gunung ini bisa kamu daki melalui 3 jalur resmi yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP). Yaitu jalur Selabintana Sukabumi, Jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri. 

Jarak tempuh dari Jakarta sekitar 2-3 jam dengan kendaraan pribadi dengan santai dan tanpa macet. Kamu juga bisa menaiki kendaraan umum bus dari beberapa terminal di Jakarta. Cocok banget berangkat Jumat malam. Jika kamu suka tektokan, kamu bisa pulang pergi mendaki gunung ini. Seru banget. 

Di gunung ini kamu bisa menikmati alun-alun Suryakencana yang dikelilingi oleh bunga edelweis dan rumput yang hijau ketika musim hujan dan rumput berwarna kecoklatan ketika musim kemarau. Kamu tim mana?. Pokoknya gunung ini cocok banget untuk berkemah. Kamu juga bisa mampir ke Curug Cibeuereum jika melewati jalur Cibodas.

GUNUNG KAPUR

Gunung yang mempunyai ketiggian hanya 385 mdpl ini mempunyai tiga puncak utama yaitu Puncak Galau, Puncak Lalana, dan Puncak Batu Roti. Di atas puncak tersedia area yang sudah dikelola dengan baik yang menyewakan tenda, sehingga kamu tidak perlu repot membawa tenda. Kamu bisa menyewanya dengan harga terjangkau.

Selain berkemah, kamu bisa menikmati sunrise sunset dari atas puncak gunung. Serta mengunjungi gua-gua yang indah. Salah satunya adalah gua AC yang sangat terkenal karena keindahannya.

GUNUNG LEMBU

Sama halnya dengan gunung lain, gunung Lembu juga gunung yang ramah dengan para pendaki yang tidak punya waktu banyak. Ketinggiannya juga masih cukup rendah sekitar 792 mdpl. Gunung yang diapit oleh Gunung Parang dan Gunung Bangkok ini terletak di Kampung Panunggal, Desa Penyindangan, Purwakarta, Jawa Barat.

Biaya masuk yang masih terbilang murah yaitu sekitar Rp. 15.000 saja, membuat gunung ini banyak diminati. Kamu juga bisa menikmati view yang indah dari atas puncak, sunrise dan sunset yang memukau, satwa Monyet dan Lutung, serta menikmati waduk Jatiluhur.

GUNUNG MUNARA

Alternatif gunung lain yang dekat dengan Jakarta adalah Gunung Munara. Jaraknya hanya sekitar 50 km dari Kota Jakarta. Ya sekitar 2-3 jam lah dari Jakarta, tergantung kecepatan dan lokasi asal. Tingginya pun masih terbilang aman dan santai untuk didaki yaitu sekitar 1.119 mdpl. 

Gunung yang berlokasi di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor ini mempunyai banyak spot yang bisa kamu nikmati. Selain menikmati hijaunya Bogor dari ketinggian, kamu juga bisa megunjungi Gua Soekarno. Tempat ini paling sering dikunjungi ketika berunjung ke gunung ini.

GUNUNG PANGRANGO

Berdekatan dengan Gunung Gede bahkan satu jalur jika naik melalui jalur Cibodas, gunung ini menjadi salah satu pilihan mendaki ketika waktu terbatas. Sama dengan Gede, gunung dengan ketinggian 3.019 mdpl ini masuk dalam gunung yang paling banyak diminati.

gunung gede dekat jakarta


Beberapa orang ketika mendaki ke Gunung Gede maka akan mendaki ke Gunung Pangrango juga. Lokasinya sama dengan Gede berada dan dikelola oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP).

GUNUNG PANCAR

Gunung yang dekat dari Jakarta ini memiliki ketinggian sekitar 800an mdpl. Tidak begitu tinggi dan cocok banget untuk para pemula. Cocok menjadi tempat berkemah untuk melepas penatnya diri dari pekerjaan. Di tempat ini kamu bisa menikmati hijaunya area kemah dan pemandian air hangat di suasana dingin dingin. Kamu juga bisa lari dan bersepeda di gunung ini.

Buat yang suka selfie, ada kafe instagrambale di hutan pinus ini. Gunung yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan MAdang, Kabupaten Bogor ini hanya berjarak 45 km saja dari Kota Jakarta. Biaya masuknya juga termasuk murah hanya Rp. 7.500 - Rp. 15.000 saja, dan jika kamu mau berkemah, kamu cukup merogoh kantong dengan  harga Rp. 80.000 - Rp. 300.000 saja.

GUNUNG SANGGABUANA

Saya mengunjungi gunung ini sekitar tahun 2009, bersama teman waktu itu. Sayangnya waktu itu kami kesasar dan terpisah dengan teman-teman lainnya. Kami kesasar dan turun sampai ke Cianjur. Banyak kisah mistis saat melakukan pendakian ke tempat ini.

Gunung dengan ketinggian 1.292 mdpl ini menawarkan keindahan puncaknya yang menawan. Waktu itu kami memilih jalur naik dari Karawang dan turun dari Cianjur. Jalurnya waktu itu masih sangat alami dan masih jarang. Mungkin sekarang sudah dikelola dengan sangat baik.

Itu dia 9 gunung di sekitar Jakarta, yang cocok banget buat kamu para pendaki dan ingin mendaki gunung tapi kamu tidak punya banyak waktu. Apakah kamu sudah mencoba semuanya? Boleh share ya pengalamannya mendaki gunung-gunung tersebut.

11 Comment

  1. Waktu pendakiannya relatif sebentar ya, sudah bisa release stress dan melihat pemandangan yang indah juga, lalu cepat balik ke rumah.

    ReplyDelete
  2. Aku sodorin ke suamiku infonya, kak. Sebelum pandemi terakhir dia sama teman-teman kuliah dulu naik ke Gunung Sindoro. Aku denger lagi ada rencana lagi nih setelah vakum selama pandemi. Bagus ini dekat Jakarta sehingga enggak perlu cuti kerja yaaa

    ReplyDelete
  3. Aku cuma eungeuh sama Gunung Gede, Pangrango, sama Gunung Pancar dong. Baru tersadar kalau Gunung Batu yang di dekat rumah orangtuaku di Bogor itu dijadikan nama jalan ternyata ada dan nggak jauh dari Kota Bogor. Di sebelah mana ya? Sepertinya aku perlu googling biar kenal sama daerah tinggalku sendiri deh.

    ReplyDelete
  4. Sebagai orang Sukabumi asli, paling familiar dengan Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Walaupun belum pernah mendakinya, paling cuma hiking di kawasan wisata Selabintana-nya saja.

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya gunung-gunung yang gak jauh dari Jakarta.
    BOleh lah sebagai pelepas rindu bagi yang suka treking or mendaki gunung.

    ReplyDelete
  6. Sumpah kak mei.. saya pikir wisata gunung di Jakarta cuma sekitaran puncak doank. Ternyata banyak juga ya kak. Duh malunya akutu. Taunya cuma gunung gede.

    ReplyDelete
  7. Menyeimbangkan aktivitas kerja dengan sesekali hiking memang membantu memberikan variasi dalam hidup nih kak.

    Apalagi dengan akses gunung yang dekat jarak tempuh dan akses pendakian yang tidak sulit.

    Temen-temen yang domisili di Jakarta yang suka hiking wajib nih kesini

    ReplyDelete
  8. Banyak ya gunung2 yg laik selain gunung gede & pangrango, tentunya ini menjadi referensi bagi pecinta jalur trekking gak perlu jauh2 sampe ke jawa tengah hehe :)

    ReplyDelete
  9. Jadi nggak perlu jauh-jauh ke Jawa atau ke pulau lain ya Mbak Mei,, kalau mau mendaki gunung. Bisa di dekat Jakarta. Gunung Pangrango cukup familier ya, berada di area Taman Nasional Gunung Pangrango masuk dari jalur Cibodas ya

    ReplyDelete
  10. Asyikk, ngga perlu jauh2 ke Jawa Timur buat refreshing pergi naik gunung. Eh jadi keinget sama cerita horor di gunung Gede di salah satu podcast hehe

    ReplyDelete
  11. Mendaki gunung selalu menyenangkan, gunung apapun itu. Di Samarinda nggak ada gunung sih. Cuma, aku ingat dulu pas waktu mendaki gunung, sangat menyenangkan dan melelahkan.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.