12 MODA TRANSPORTASI UMUM DI JAKARTA

Moda transportasi umum di Jakarta banyak mengalami perubahan drastis di beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah sistem transportasi modern yang diimpikan banyak masyarakat Indonesia sejak dahulu. Terutama yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Saya pun mulai sering menggunakan moda transportasi umum di Jakarta untuk berkeliling Jakarta dan sekitarnya. Selain aman, juga nyaman karena terintegrasi ke beberapa wilayah. Dan ternyata ada banyak loh moda transportasi umum di Jakarta saat ini. Semuanya dapat dinikmati oleh semua warga negara Indonesia yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Penasaran apa saja moda transportasi umum di Jakarta yang ada saat ini, let's check it out.

transportasi umum di jakarta


12 Moda Transportasi Umum Di Jakarta

1. Bus Gratis

Moda transportasi umum di Jakarta pertama adalah Bus Gratis. Bus Gratis adalah salah satu moda transportasi umum Jakarta yang masih jarang diketahui banyak orang di Jakarta. Bus Gratis berada di bawah naungan PT Transportasi Jakarta (Perseroda) yang  merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta.

Bus ini mulai beroperasi semenjak penghapusan jalur three in one, salah satunya adalah Jalan Sudirman, maka Transjakarta menyediakan Bus Gratis untuk mobilisasi penumpang dari Bundaran Senayan menuju Halte Harmoni. Saat ini Bus Gratis yang beroperasi adalah GR1 yaitu rute Bunderan Senayan Harmoni dan GR2 yaitu rute Tanah Abang Explorer.

Bus ini dapat dinikmati oleh semua orang yang ingin berkeliling Jakarta atau pun orang-orang yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

Jam Operasional: 05.00 - 22.00 WIB (GR1), 05.00 - 15.00 WIB (GR2).
Sistem Pembayaran: -
TarifRp0,00 (Gratis).
Alat Bayar: -

2. Bus Wanita

Nah siapa yang belum tahu dengan Bus Wanita ini? Yap dari namanya saja sudah sangat jelas, bahwa bus ini memang dikhususkan untuk para wanita. Bus ini pertama kali diluncurkan pada 21 April 2016 oleh PT Transportasi Jakarta (Perseroda). Bus Wanita masih satu perusahaan dengan Bus Gratis. 

bus wanita transjakarta
Sumber Photo: https://transjakarta.co.id/


Karena khusus wanita bus ini didesain dengan warna pink yang memang khas banget dengan warna untuk wanita. Tujuan dari peluncuran bus wanita ini adalah untuk memberikan rasa nyaman untuk para wanita yang naik Transjakarta.

Pada awal peluncurannya, bus ini hanya terdiri dari 2 armada bus, kemudian pada 19 Oktober 2016, pihak Transjakarta menambah armada Bus Wanita sebanyak 10 armada dan dioperasikan ke berbagai rute. 

Pada Februari 2023 terdapat penambahan armada sebanyak 20 armada yang akan dioperasikan secara bertahap. Wah banyak juga ya. Jadi buat anda yang ingin merasa aman saat naik busway bisa naik moda transportais umum modern Bus Wanita saja.

3. Bus Transjakarta

Transjakarta atau sering disebut Tije atau busway adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang beroperasi di bawah naungan PT Transportasi Jakarta (Perseroda). Masih satu group dengan Bus Gratis, Bus Wanita. Tije sendiri adalah jenis bus dengan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) yang pertama kali hadir di Asia Tenggara dan Selatan. 

Moda transportasi umum modern ini mulai beroperasi di Jakarta tahun 2004. Moda transportasi modern ini  menggunakan desain sistem Transmilenio seperti di Kolombia. Saat ini Tije memiliki 13 koridor dengan berbagai tujuan. 

Selain jenis transportasi BRT terdapat juga non BRT, perbedaannya hanya lokasi koridor saja, dimana non BRT jangkauan lokasinya lebih luas dibanding BRT.

Jam Operasional: 05.00 - 22.00 WIB (Reguler), 22.00 - 05.00 WIB (Amari - Angkutan Malam Hari).
Sistem PembayaranCashless
TarifRp2.000,00 (05.00-07.00 WIB), Rp3.500,00 (07.00 - 05.00 WIB).
Alat Bayar: 
  1. Kartu Uang Elektronik Bank seperti BRI (Brizzi), BNI (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Mandiri (E-Money,  E-Toll Card, Indomaret Card dan GazCard), Bank DKI (JakCard) dan Bank Mega (MegaCash).
  2. Aplikasi Tije.
Mau hunting ke Pelabuhan Sunda Kelapa? Tenang Ada Bus TransJakarta  yang bisa menuju ke arah sana, namun nanti harus transit di beberapa halte. 

4. Bus Wisata #JakartaExplorer

Bus Wisata #JakartaExplorer atau dikenal juga dengan nama Bus Jakarta Explorer. Masih satu group dengan Bus Gratis, Bus Wanita, Bus Transjakarta yaitu di bawah pengelolaan PT Transportasi Jakarta (Perseroda). Bus Wisata #JakartaExplorer hanya melayani rute-rute tertentu dan digunakan hanya untuk tujuan wisata yaitu untuk mengelilingi kota Jakarta secara gratis untuk semua warga ibu kota. Buat kamu yang ingin mengunjungi Museum Bank Indonesia, bisa banget naik Bus Wisata punya Jakarta ini.

Bus Wisata Jakarta
Sumber Photo: https://transjakarta.co.id/


Saat ini Bus Wisata #JakartaExplorer memiliki 22 armada bus tingkat dengan memiliki 7 rute wisata. Bus ini akan berkeliling Jakarta dengan menelusuri beberapa ikon dan landmark Kota Jakarta dengan rute BW1 rute Sejarah Jakarta (History of Jakarta), BW2 rute Jakarta Baru (Jakarta Modern), BW3 rute Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary), BW4 rute Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers), BW5 rute Ruang Terbuka (Jakarta Open Space), BW6 rute Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage), dan BW7 rute Belanja Jakarta (Jakarta Shopping).

Bus ini didesain dengan audio yang akan membantu menjelaskan mengenai lokasi wisata yang dilewati. Dilengkapi juga dengan Bus Attendant (OnBoard) dimana kita dapat bertanya mengenai tempat wisata yang kita lewati.

Cocok banget bagi yang ingin mengeksplor kota Jakarta bersama orang-orang terdekat. Tapi jangan lupa cek dulu ya rute dan waktu operasionalnya, karena setiap Bus Wisata #JakartaExplorer memiliki jam operasional berbeda-beda.

Jam Operasional: 09.00 - 19.00 WIB (Setiap rute berbeda).
Sistem Pembayaran-
TarifRp0,00 (Gratis).
Alat Bayar: -

5. Royaltrans

Royaltrans merupakan jenis transportasi umum di Jakarta dengan tarif premium. Berbeda dengan bus lainnya, bus ini setiap kursinya dilengkapi dengan tempat duduk busa yang lebar serta reclining seat, USB port. Juga dilengkapi dengan 12 camera CCTV untuk bagian dalam dan luar bus, serta bagasi. Penasaran mau coba bus premium ini?

Saat ini Royaltrans melayani rute Rute S12 BSD Serpong – Fatmawati, Rute S31 Bintaro – Fatmawati, Rute D32 Cinere – Bundaran Senayan, Rute 6P Cibubur – Kuningan, dan Rute 1K Cibubur – Blok M. 

Jam Operasional: 06.15 - 19.50 WIB (setiap rute berbeda).
Sistem Pembayaran: Cashless.
TarifRp20.000,00 (flat semua rute).
Alat Bayar: Kartu Uang Elektronik Bank. Brizzi dari BRI, Tapcash dari BNI, E-Money dari Mandiri, Flazz dari BCA.

Royaltrans
Sumber Photo: https://transjakarta.co.id/


6. Jaklingko atau Mikrotrans

Sama dengan Transjakarta, Jaklingko atau Mikrotrans beroperasi di bawah naungan PT Transportasi Jakarta (Perseroda). Bentuknya bukan bus tapi lebih mirip dengan mikrolet. Pembayarannya pun menggunakan cashless dan penumpang yang naik hanya bisa turun di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Rutenya sama dengan mikrolet dan angkot Koperasi Wahana Kalpika (KWK) namun semuanya terintegrasi dengan Tije.

Jam Operasional: 05.00 - 24.00 WIB
Sistem PembayaranCashless
Tarif: Rp0,00 (Gratis).
Alat Bayar: 
  1. Kartu Uang Elektronik Bank. Brizzi dari BRI, Tapcash dari BNI, E-Money dari Mandiri, Flazz dari BCA.
  2. Kartu Jaklingko.

7. KA Bandara (Airport Railink Services) 

KA Bandara atau Railink adalah hasil joint venture dua BUMN yaitu PT Kereta Api Indonesia dan Angkasa Pura II. PT Railink didirikan pada tahun 2006 namun baru beroperasi tahun 2013 dan Medan - Kualannamu adalah rute pertamanya. Di Jakarta sendiri baru beroperasi pada akhir tahun 2017. Sementara rute ketiganya adalah di Yogyakarta yang baru beroperasi April 2022.

KA Bandara Jakarta melayani rute Manggarai - Sudirman Baru (BNI City), Duri, Batu Ceper, dan berakhir di Bandara Soekarno Hatta, begitu juga sebaliknya. Untuk anda yang ingin membeli tiket KA Bandara dapat melakukan pembelian secara online menggunakan aplikasi KA Bandara. Atau membeli langsung di stasiun dan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode cashless. Anda dapat membeli tiket KA Bandara beberapa hari sebelum keberangkatan.

Tarif: mulai dari Rp30.000,00.
Sistem PembayaranCashless
Jam Operasional: 05.00 - 21.30 WIB (Dari Manggarai - Soekarno Hatta), 6.15 - 22.45 WIB (Dari Bandara Soekarno Hatta - Manggarai).
Alat Bayar: E-wallet, QRIS, Bank Transfer.

8. KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line

Bingung setelah wisata malam di Jakarta pulangnya naik apa? Aman. Ada KRL yang beroprasi sampai dengan jam 12 malam. KRL adalah moda transportasi umum di Jakarta yang paling banyak diminati oleh warga Jakarta dan sekitarnya adalah Kereta Rel Listrik (KRL). Karena memang memiliki kapasitas atau daya tampung penumpang yang paling banyak. 

Transportasi umum modern ini dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) yaitu anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). 

Tarif: 1-25 KM Rp3.000,00, 10 KM berikutnya tambah Rp.1.000,00.
Sistem Pembayaran: Cashless
Jam Operasional: 03.00 - 23.59 WIB.
Alat Bayar: 
  1. Kartu Milik KRL Commuter Line. Kartu Multi Trip (KMT) atau Tiket Harian Berjalan (THB) untuk sekali perjalanan saja, sehingga ketika sampai di tempat tujuan, kartu THB ini sudah tidak bisa digunakan lagi.
  2. Kartu Uang Elektronik Bank. Brizzi dari BRI, Tapcash dari BNI, E-Money dari Mandiri, Flazz dari BCA.
  3. Aplikasi Gojek.
  4. Aplikasi C-Access milik KRL Commuter Line.

Untuk lebih detail, pelanggan KRL Commuter Line dapat mengakes aplikasi C-Access untuk mengetahui Tarif, Jadwal, serta Rute KRL.

krl


9. MRT (Mass Rapid Transportation)

MRT atau Moda Raya Terpadu di Indonesia adalah salah satu transportasi umum modern yang menjadi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya. MRT mulai beroperasi pada Maret 2019 dimana kehadirannya membantu mengurai kemacetan ibukota Jakarta dan beberapa kota sekitarnya. MRT yang dahulunya diinisiasi oleh B.J. Habibie ini berada di bawah naungan PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) yang merupakan milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tarif:  Terendah Rp4.000,00 dan Terjauh Rp.14.000,00.
Sistem Pembayaran: Cashless.
Jam Operasional: 05.00 - 23.27 WIB.
Alat Bayar: 
  1. Kartu Milik MRT. Kartu Single Trip (kartu sekali jalan) dan Kartu Multi Trip (dapat digunakan beberapa kali dengan cara mengisi saldo).
  2. Kartu Uang Elektronik Bank. Brizzi dari BRI, Tapcash dari BNI, E-Money dari Mandiri, Flazz dari BCA, dan Jakcard dari Bank DKI.
  3. Kartu JakLingko: Kartu Multiguna untuk pembayaran Transportasi Publik di Jakarta (Transjakarta, MikroTrans, dan MRT Jakarta).
  4. Aplikasi Gojek.
  5. Aplikasi MRT Jakarta. Pembayarannya dapat menggunakan AstraPay, i.saku, dan Blu BCA Digital.

Rute yang tersedia saat ini baru Bundaran HI menuju Lebak Bulus dan sebaliknya. Selanjutnya akan dibangun jalur Utara-Selatan yaitu jalur Sudirman menuju Ancol. Begitu pula untuk jalur Timur-Barat kedepannya akan dikembangkan.

10. LRT (Light Rail Transit)

Lintas Rel Terpadu (LRT) atau Lintas Raya Terpadu di Indonesia adalah salah satu moda transportasi umum di Jakarta yang mulai beroperasi resmi per September 2023. Perusahaan ini dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dioperasikan oleh PT LRT Jakarta yaitu anak usaha dari PT Jakarta Propertindo (Perseroda). Saat ini melayani enam stasiun dengan rute tersedia Kelapa Gading sampai Velodrome.

Tarif:  Terendah Rp5.000,00 dan Terjauh Rp.20.000,00.
Sistem Pembayaran: Cashless.
Jam Operasional: 05.00 - 23.30 WIB.
Alat Bayar: 
  1. Kartu Milik LRT. Single Journey Trip.
  2. Kartu Uang Elektronik Bank. Brizzi dari BRI, Tapcash dari BNI, E-Money dari Mandiri, Flazz dari BCA, dan Jakcard dari Bank DKI.
  3. Kartu JakLingko: Kartu Multiguna untuk pembayaran Transportasi Publik di Jakarta (Transjakarta, MikroTrans, dan MRT Jakarta).
  4. Kartu Multi Trip KAI Commuter.
  5. Scan QRIS
  6. Link Aja
  7. KAI PAY.

Projek transportasi yang menelan biaya anggaran negara 32.6 triliun memiliki panjang 41,2 km yang terbagi menjadi 2 rute yaitu rute Cibubur/Depok (Stasiun LRT Dukuh Atas, Stasiun LRT Setiabudi, Stasiun LRT Rasuna Said, Stasiun LRT Kuningan, Stasiun LRT Pancoran, Stasiun LRT Cikoko, Stasiun LRT Ciliwung, Stasiun LRT Cawang, Stasiun LRT TMII, Stasiun LRT Kampung Rambutan, Stasiun LRT Ciracas, Stasiun LRT Harjamukti) dan rute Bekasi (Stasiun LRT Dukuh Atas, Stasiun LRT Setiabudi, Stasiun LRT Rasuna Said, Stasiun LRT Kuningan, Stasiun LRT Pancoran, Stasiun LRT Cikoko, Stasiun LRT Ciliwung, Stasiun LRT Cawang, Stasiun LRT Halim, Stasiun LRT Jatibening Baru, Stasiun LRT Cikunir 1, Stasiun LRT Cikunir 2, Stasiun LRT Bekasi Barat, Stasiun LRT Jati Mulya).

lrt


11. Ojek Online

Berbeda dengan 10 moda transportasi sebelumnya dimana semuanya dikelola oleh pemerintah, Ojek Online ini berada di bawah kontrol perusahaan swasta. Layanan yang diberikan juga lebih fokus ke perorangan. Namun kehadirannya sangat banyak membantu warga Jakarta dan sekitarnya, terutama bagi karyawan kantoran di Jakarta. Ojek Online ini mulai hadir di Jakarta sejak tahun 2010an. 

Moda transportasi ini hanya dapat digunakan dengan menginstal aplikasinya. Kemudian memesannya secara real time. Sistem pembayaran yang digunakan menggunakan cashless dengan e-wallet atau pun membayar secara cash. Anda dapat menggunakan jasa ojek online 24 jam 7 hari jika di Jakarta.

12. Taksi Online

Selain ojek online yang berupa kendaraan roda dua, tersedia juga transportasi umum di Jakarta berupa kendaraan roda empat. Taksi online ini dapat berupa kendaraan pribadi atau taksi umum yang awalnya offline yang kemudian bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan star up di bidang transportasi.

Tarif yang dikenakan bervariasi tergantung perusahaan. Sama dengan ojek online, pelanggan dapat memesan taksi online 24 jam 7 hari. Sistem pembayaran pun sama dapat menggunakan cashless berupa e-wallet atau pun cash.

Kehadiran transportasi umum di Jakarta ini membantu bumi menjadi lebih baik. Menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari berarti kita sudah mendukung program energi terbarukan terimplementasi. 

Itu dia beberapa moda transportasi umum di Jakarta. Kehadiran transportasi umum di Jakarta sudah sangat nyaman dan aman. Dapat digunakan untuk berkeliling kota Jakarta untuk wisata atau untuk aktivitas harian seperti bekerja dan lainnya. Ada yang pernah mencoba transportasi di atas? Atau sudah mencoba semuanya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

Referensi:

https://www.lrtjakarta.co.id/
https://jakartamrt.co.id/id
https://www.railink.co.id/
https://transjakarta.co.id/
https://transjakarta.co.id/produk-dan-layanan/layanan-bus/transjakarta/
https://transjakarta.co.id/produk-dan-layanan/layanan-bus/bus-wisata/
https://transjakarta.co.id/produk-dan-layanan/info-tiket/#:~:text=Bank%20tersebut%20yakni%20Bank%20Rakyat,)%2C%20serta%20Bank%20Mega%20MegaCash.

31 Comment

  1. Bus gratis itu aku pernah coba, dari Kota Tua ke Monas. Barengan sama warga lokal yang memanfaatkan keberadaannya. Sisanya ada yang baru kayak LRT itu belom nyoba, dan semoga nanti kalo ke Jakarta lagi bisa nyobain.

    ReplyDelete
  2. Wah kalau disatukan begini, menarik ya transportasi di Jakarta. Aku baru tahu ada bus wanita dan ada royal bus. Jadi pengen coba sambil keliling Jakarta

    ReplyDelete
  3. Ternyata seramah ini transportasi massal-nya Jekarda sama masyarakatnya yaa..
    Dengan banyaknya pilihan transportasi massal begini, semoga juga diiringi dengan kenyamanan dan keamanan.

    Suka banget naik MRT Jakarta.
    Semoga Bandung juga punya kendaraan kece seperti ini untuk mobilisasi dalam kota.

    ReplyDelete
  4. Aku pengen nyobain pakai MRT ihh.. Kayak seru aja pergi-pergi naik kereta haha. Dari sekian banyak transportasi umum, baru tahu sih bus Wanita ka.. Beneran baru pertama dengar.

    ReplyDelete
  5. Jalur kereta api dan kereta listrik udah tertata rapi ya dan tarifnya juga terjangkau. Masyarakat gak perlu takut kena macet, naik moda transportasi aja udah aman, nyaman, dan biaya terjangkau.

    ReplyDelete
  6. Banyak banget jenis bus dan kereta dalam kota Jakarta, ya. Dari luar kaya mirip jadi harus hati-hati milihnya

    ReplyDelete
  7. Wah moda transportasi umum di Jakarta banyak ya pilihannya, tinggal menyesuaikan kebutuhan penumpang nih, alat pembayarannya pu fleksible

    ReplyDelete
  8. Wah jadi banyak ya kalau dikumpulin haha. Aku baru tahu ada bus khusus wanita. Dulu waktu kuliah naiknya Transjakarta terus kemana-mana enak banget soalnya murah dan nyaman.

    ReplyDelete
  9. So far udah nyoba transjakarta dan commuter line-nya. Transportasi umum di Jakarta lumayan lengkap dan banyak pilihan, ya. Next harus nyoba jajal moda transportasi lainnya. Kayanya seru naik bus wisata nih buat keliling Jakarta

    ReplyDelete
  10. Di Jakarta aku baru Trans Jakarta, MRT, dan taxi (online atau BB) aja nih. Moda transportasi lainnya belum coba. Musti coba nih moda yang lain. Adikku udah coba KA Bandara itu dari Manggarai. Ternyata emang cepet banget dan mur-mer deh...

    ReplyDelete
  11. kalau gak salah LRT itu ada 2 alias ada bedanya
    Yang Jabodebek (ini yang lintas sampai bekasi) dan Jakarta (ke Pegangsaan Dua).
    LRT Jabodebek di bawah naungan KAI, kalau yang LRT Jakarta oleh JakPro

    ReplyDelete
  12. dari ke-12 moda transportasi umum di Jakarta ini, saya cuma familiar dengan Bus TransJakarta, Mbak, malah kalau ke Jakarta itu kayak udah candu buat naik bus yang satu ini, hihih.
    saya penasaran deh ama bus wanita itu, rutenya ke mana aja ya itu Mbak? Moga nanti kalau ke Jakarta lagi bisa cobain juga ini bus wanita :D
    tentunya pengen coba KRL, MRT, LRT juga dooong, sama yang terbaru itu lho Mbak, kereta cepat Jakarta - Bandung :D

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak juga ya moda transportasi di Jakarta yang sejujurnya belum pernah kucoba. Penasaran banget sama bus wanita dari dulu, tapi belum punya kesempatan untuk menumpang.

    ReplyDelete
  14. Dulu banget pernah ke Jakarta dan dari Bandara naik bus. Itu pun dikasih tahu teman biar ga nyasar. Seru juga sih karena sudah banyak transportasi umum di Jakarta

    ReplyDelete
  15. Jakarta makin berbenah ya, untuk jadi kota yang nyaman dan ramah untuk ditinggali dengan banyaknya moda transportasi umum.

    ReplyDelete
  16. aku pernah ke Jakarta. baru rasain naik transjakarta sama LRT apa MRT ya. aku pingin nyobain bus gratis sama bus wanita nya dah.

    ReplyDelete
  17. Ternyata saya nih yang baru tahu kalau di Jakarta ada bus wanita yang mana penumpangnya khusus wanita.
    Mungkin kalau naik bus wanita, penumpang perempuan bakalan terasa lebih aman? Meski aksi kejahatannya pasti tak mudah dijamin hilang ya

    ReplyDelete
  18. Karena udah lama banget gak ke Jakarta, baru tahu nih kalau di Jakarta ada bus gratis dan bus wanita. Asyik juga nih transportasi di Jkt.

    Semoga bisa kapan-kapan main di Jakarta lagi deh.

    ReplyDelete
  19. Banyak juga ternyata ya mbak. Memang sih, waktu aku ke Jakarta beberapa waktu lalu, sempet lihat bus yang warna pink itu, yang khusus perempuan. Waktu itu pengen nyoba naik tapi harus segera kembali ke stasiun, akhirnya pulang

    ReplyDelete
  20. Transportasi di Jakarta komplit banget semuanya ada. Semoga kota-kota lain juga menyusul. Di Depok aja cuma ada angkot dan ojol.

    ReplyDelete
  21. Waaaah, ada banyak ya jenis transportasi di Jakarta. Berarti udah lama sekali waktu berlalu. Waktu dulu tinggal di Jakarta ke mana-mana masih pakai angkot, bus kota, metromini, atau bajaj :)) Bisa tebak itu tahun berapa? >.< Transportasi yang sekarang pasti jauh lebih nyaman ya :)

    ReplyDelete
  22. Baru pernah nyoba MRT, taksi online dan Transjakarta hihiii. Kurang lama di Jakarta nih biar bisa nyobain transportasi umum yang lain. Pengen nyobain LRT ini

    ReplyDelete
  23. Sbg anak Jkt, tentu udh pernah smua donk naik transportasi umum ini. Tp aku belum pernah naik yang Royal Trans soalnya rutenya utk Jaksel sih. Aku kan anak Pusat. Jd ya kmn2 naik transportasi yg terjangkau aja.

    ReplyDelete
  24. wah banyak juga ya jenis transportasi umum di jakarta, gak sebanyak di Bandung ternyata, di Bandung mungkin ada bus damri, bus trans, KA, angkot, ojek online dan ojek biasa. kalau pilihan transportasi umumnya banyak jadi bisa memilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan ya.

    ReplyDelete
  25. wah banyak juga ya jenis transportasi umum di jakarta, gak sebanyak di Bandung ternyata, di Bandung mungkin ada bus damri, bus trans, KA, angkot, ojek online dan ojek biasa. kalau pilihan transportasi umumnya banyak jadi bisa memilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan ya.

    ReplyDelete
  26. Lengkap banget yah. Aku taunya cuma TransJakarta, haha.. pengen cobain MRT nih, soalnya di Bali nggak ada kereta, haha..

    ReplyDelete
  27. Selama di Jakarta beberapa waktu lalu, keinginan mencoba transformasi publik yang ada di sana masih belum tercapai. Karena dari waktu ke waktu berpacu dengan waktu, jadi pakai kendaraan pribdi.

    ReplyDelete
  28. Jadi kalau hidup di Jekarda tuh butuh banyak beberapa apps terkait transportasi massal ini yaa..
    Aku sebagai warga luar kota, suka ngerasa amazing sama kemajuan Jakarta yang sangat cepat dan selalu ada perbaikan sehingga masyarakatnya memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

    Seneng pas ngobain MRT.
    Gak berasa uda nyampe ke tujuan. Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  29. Transportasi umum di Jakarta tuh banyak banget yah, semoga didaerah lain juga gini. Jujur loh,aku tinggal di daerah dan nyari angkot aja susah. Kalo ggada motor pribadi, mau kemana2 sulit.

    ReplyDelete
  30. Lengkap banget kak bermacam moda transportasi yg ada di Jakarta. Pernah denger juga ttg bus perempuan, tapi blm pernah pakai. Beberapa mkda transpirtasi SDH ducoba, ternasuk fasilitas bus gratis keliking jajartam lumayan kak. Buat refreshing.

    ReplyDelete
  31. Bus Wanita ini emang jadi solusi keren untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra buat para wanita yang naik Transjakarta. Warnanya yang pink juga bikin bus ini keliatan unik dan feminin. Semoga penambahan armada bisa semakin memudahkan para penumpangnya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.