ASUS ZENBOOK S 13 OLED (UX5304), LAPTOP TIPIS, RINGAN DAN RAMAH LINGKUNGAN

Sebagai Travel Blogger, kebutuhan akan laptop yang ringkas, tipis, ringan itu menjadi hal yang krusial karena pekerjaannya lebih banyak mobile. Ditambah sebagai environmental enthusiast saya sedang belajar menggunakan barang-barang eco friendly alias ramah lingkungan. Lalu adakah laptop yang super ringan dan super tipis serta ramah lingkungan? Perkenalkan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) sebagai laptop ultraportabel OLED tertipis dan teringan di dunia serta ramah lingkungan.

Zenbook S 13 OLED UX5304


Nah sebelum membahas laptop keren dari ASUS, pekan lalu, saya mendapatkan undangan dari ASUS dengan tema ASUS Blogger Gathering Jakarta. Undangan ini dibuat terkait dengan launching produk terbarunya ASUS yaitu Zenbook S 13 OLED (UX5304) di Hotel Santika Premiere, Jakarta. Acaranya super seru karena saya bertemu dengan banyak Blogger Jakarta.

Acara ini sekaligus menjadi ajang silaturhami para Blogger Jakarta. Mengikuti launching ini tentu saja saya jadi tahu mengenai produk terbaru ASUS yaitu laptop yang ramah lingkungan. Sangat menarik buat saya, karena masih jarang laptop yang eco friendly. Penasaran bukan mau tahu detail laptop yang ramah lingkungan, tertipis dna teringan di dunia? Let's check it out.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop OLED Tertipis dan Teringan di Dunia yang Ramah Lingkungan

Yap, kamu tidak salah baca, ASUS baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang diklaim sebagai laptop ultraportabel OLED tertipis dan teringan di dunia. Bahkan ASUS mengklaim bahwa ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) satu-satunya laptop yang ramah lingkungan.

Bayangkan beratnya hanya 1 kg dan ketebalannya hanya 1 cm saja dan layar hanya 13.3 inchi. Super ringan banget pastinya dibawa kemana-mana saat traveling. ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini diluncurkan pada bulan Mei 2023. Laptop ini menggabungkan portabilitas yang sangat luar biasa dan juga konektivitas lengkap tanpa mengesampingkan desain. 

Desainnya yang tipis dan ringan, membuat para penggunanya nyaman menjadikannya sebagai partner kerja secara mobile. Meskipun desainnya tipis dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) tetap menawarkan performa komputasi dan pengalaman visual yang sangat luar biasa.

Keunggulan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Lalu apa saja keunggulan yang diitawarkan oleh ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)? Ada banyak yang ASUS tawarkan mulai dari desain, performa, pengalaman, sampai dengan fitur-fitur yang akan sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Terutama bagi para travel blogger seperti saya yang mobilisasinya cukup tinggi.

Laptop OLED 13,3-inci Paling Tipis dan Ringan

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop ultraportabel dengan desain yang sangat tipis dan ringan. Laptop OLED ini didesain dengan bobot hanya 1 kg dan tebal 1 cm saja. Dengan tampilan layar 13,3 inchi. Sehingga diklaim sebagai laptop OLED tertipis dan teringan di dunia.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Hal ini karena ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan teknik manufaktur yang canggih dan terbuat dari bahan material ringan yang berkualitas dan tentu saja dibarengi dengan inovasi dari sisi bahan materialnya. Namun tetap tanpa mengorbankan performa, konektivitas, dan daya tahan baterai yang tentu saja ketiganya sangat dibutuhkan oleh para penggunanya.

Salah satu inovasi dalam pembuatan laptop OLED tertipis dan teringan di dunia ini, pihak engineering ASUS berhasil menanamkan IR FHD yang ukurannya sangat kecil ke dalam bagian layar dengan menggunakan proses teknik CNS, namun tetap dengan fitur lengkap yang dibutuhkan. Selain itu inovasi bagian panel OLED juga dikembangkan sehingga menghasilkan 30% panel OLED yang lebih ramping dan tipis dari generasi sebelumnya.

Zenbook S 13 Oled


Ditambah untuk memperkecil masa atau bobot laptop, ASUS berinovasi dengan memadukan material magnesium-alumunium yang digunakan pada bagian keyboard deck. Sama halnya dengan teknik penanaman IR FHD, pemasangan keyboard deck juga dilakukan dengan teknik CNC sehingga menghasilkan laptop yang kokoh. Selain itu touchpad yang menggunakan bahan material dari kaca yang sangat tipis membuat keyboard deck ketebalannya juga turun 25% dari laptop sebelumnya.

Desainnya yang tipis dan ringan ini tentu saja disambut positif dunia teknologi. Apalagi di era baru ini, banyak masyarakat dunia termasuk Indonesia yang lebih banyak bekerja secara mobile. Sehingga desain device yang ringan dan tipis menjadi kebutuhan primer. Dan ASUS mampu membaca kebutuhan masyarakat di dunia dengan menciptakan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304). 

Konektivitas dan Fitur Lengkap

Meskipun desainnya ringan dan tipis, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki port input output yang lengkap. Seperti dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, serta 3.5mm combo audio jack. Sehingga para penggunanya tidak perlu khawatir lagi dan dapat dengan bebas membawa dongle atau adaptor saat sedang traveling.

Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 yang terdapat pada laptop ini membantu mendukung proses pengisian daya yang cepat. Selain itu tampilan eksternalnya didesain dengan resolusi 4K, dan transfer data berkecepatan hingga 40 Gbps.

fitur zenbook S 13 OLED


Untuk mengoptimalkan pengalaman video conference para penggunanya, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan efek visual khusus dan menggunakan teknologi AI noise-cancelling. Selain itu kamera ini juga berfungsi sebagai sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Wah keren banget ya.

Buat kamu yang suka mendengarkan musik, telinga kamu akan dimanjakan dengan adanya kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster. Kombinasi ini akan memberikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

Fitur lainnya yang bakal kamu dapatkan dari Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah touchpad ASUS ErgoSense. Touchpad laptop ini memiliki ukuran yang 9,5% lebih besar. Cocok banget buat kamu yang bekerja lebih banyak menggunakan touchpad ketimbang mouse. Sehingga navigasi menjadi lebih mudah, nyaman, dan responsif. Apalagi dilengkapi dengan lapisan anti-sidik jari sehingga mudah saat pembersihan. 

Modern dan Powerful

Laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan fitur chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe. Chip grafis ini mampu mendukung kebutuhan komputasi grafis untuk sehari-hari. Bahkan bisa digunakan untuk memainkan game kasual. 

asus zenbook


Fitur canggih lainnya dalam prosesor ini adalah adanya Intel® Quick Sync yang mampu mempercepat proses encoding dan decoding sebuah video. Selain itu laptop ini juga sudah mendapatkan sertifikasIntel® Evo™ platform yang sangat powerful.

Memori yang digunakan adalah memori LPDDR5 dengan kapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. Kombinasi ini membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat digunakan secara multitasking namun tetap beroperasi dengan cepat.

Apalagi didukung dengan kapasitas baterai 63 WHrs yang mampu bertahan selama 14 jam untuk menonton streaming video. Cocok banget buat saya yang pekerjaannya mobile ke beberapa tempat yang sulit listrik.

Kualitas Layar Terbaik

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan kualitas layar terbaik dengan menggunakan ASUS Lumina OLED. Jenis layar ini merupakan standar tertinggi layar laptop untuk saat ini. Layar ASUS Lumina OLED pada laptop ini memiliki resolusi 2,8K HDR. Teknologi layar ini dilengkapi dengan fitur, teknologi, serta inovasi canggih. Sehingga menghasilkan kualitas visual yang aman untuk mata. Rasio layarnya adalah 16:10 sehingga penggunanya dapat menikmati area kerja yang lebih luas.

layar zenbook s 13 oled


ASUS Lumina OLED pada layar ini dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan dan sudah tersertifikasi PANTONE Validated Display. Selain itu ASUS Lumina OLED juga menggunakan teknologi HDR dan sudah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. 

Teknologi lain pada ASUS Lumina OLED adalah adanya fitur Eye Care yang dapat menurunkan spektrum cahaya biru yang dapat merusak mata. Sehingga mampu mengurangi paparan radiasi saat menggunakan laptop ringan dan tipis ini. Laptop ini juga sudah tersertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Ramah Lingkungan

ASUS melalui Zenbook memiliki komitmen "Do More with Less". Dengan prinsip tersebut ASUS mencoba menciptakan laptop yang ramah lingkungan alias eco friendly sehingga lahirlah ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang terbuat dari bahan daur ulang dan plasma ceramic aluminium dan juga menggunakan kemasan 100% FSC® Mix. 

Zenbook ramah lingkungan

Selama proses pembuatannya menunjukkan terjadinya efisiensi energi yang sangat tinggi yang melebihi standar ENERGY STAR® yaitu sekitar 43%.

Zenbook S 13 OLED ramah lingkungan


Siklus hidup laptop yang ramah lingkungan ini sudah mendapatkan sertifikasi internasional yaitu EPEAT® Gold. Hal ini karena ASUS dalam menciptakan laptop ini, mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai sangat ramah lingkungan. Sehingga siklus hidup laptop ini dapat meminimalisir  jejak karbon untuk membuat planet bumi lebih sehat.

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Berikut adalah spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304).




























Itu dia beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304). Mulai dari desainnya yang tipis dan ringan, fitur yang lengkap, layar yang sangat jernih dan brilian, sampai dengan semua proses dan bahannya sangat ramah lingkungan. Pastinya keunggulan-keunggulan tersebut dapat memberikan pengalaman yang sangat luar biasa bagi para penggunanya.

Yuk beli sekarang juga di toko resminya. Atau kamu sudha memilikinya? Boleh banget sharing di kolom komentar mengenai pengalamannya menggunakan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini.

12 Comment

  1. Beruntung sekali Mbak Mei bisa kembali berkumpul bersama para blogger dan mencoba ASUS baru secara langsung. ASUS tak hanya mengedepankan teknologi tetapi berusaha menciptakan laptop yang ramah lingkungan

    ReplyDelete
  2. Pertama kali lihat desainnya, emang bangus banget mbak nih laptop. Berasa pegang laptop mahal aja. Spesifikasinya juga gak main-main ya, cucoklah dipakai untum kerja dan main ini laptop mah

    ReplyDelete
  3. Saya sempat melihat foto-foto keseruannya di facebook Mbak Rien, Mbak Mei. Dan laptopnya ini bikin mupeng ya, Mbak. Tipis, ringan dna ramah lingkungan. Pas benar kalau diajak menulis pas lagi jalan-jalan. Semoga tabungan segera cukup nih, Aamin.

    ReplyDelete
  4. Daku hands on juga ini laptop, pengen banget dah. Apalagi sempet bawa di ransel, jadinya gak pengen lepas sebenarnya dong mbak, wkwkwk. tipis dan ramah lingkungannya ini ya, sesuatu banget

    ReplyDelete
  5. Kalau ada laptop ASUS itu selalu bikin mupeng. Dari design yang ringan, mudah untuk dibawa ke mana-mana, dan disupport dengan dapur pacu yang keren.

    ReplyDelete
  6. ASUS Zenbook S 13 OLED manteb banget nih buat kerja. Speknya canggih, fiturnya juga gak kalah keren. Paling istimewa sih bobotnya yah tipis abis.

    ReplyDelete
  7. Cocok banget ini yaa mba kalo dibawa mobile, jadi pengeeeenn punyaa hahaha. beberapa waktu lalu jg beliin Ayahku ASUS dan alhamdulillaah udah kepake 3 tahun, aweet

    ReplyDelete
  8. Keren, suka banget sama ASUS Zenbook 13 OLED. Kalau soal fitur, desain, dan sepesifikasi wes gak usah debat, ASUS mah udah pasti memberikan yang terbaik. Tapi, menggunakan bahan daur ulang, ini yang sangat luar biasa. Dan, meski daur ulang, tampilannya tetap cakep

    ReplyDelete
  9. Gila. Baru tahu bahan dr Asus Zenbook S13 OLED ini. Benar2 ramah lingkungan tuh. Soalnya sampah organik kita tuh bnyk sekali. Asus emg mntap kalo urusan ini.

    Yg bikin amazinh, laptopnya bs dibuka 180 derajat cuy. Gokiill. Plus msh ringan dan tipis lagi. Jd pgn upgrade ke laptop ini deh. Pasti smua mata akan tertuju pd laptop ini ntr.

    ReplyDelete
  10. wah keren ya terbuat dari bahan daur ulang benar2 ramah lingkungan, penampilannya juga cakep tipis gitu pengen deh ..

    ReplyDelete
  11. Asus Zenbook S13 Oled ini spesifikasinya juara lho, mana desainnya ciamik dan mendukung banget untuk multitasking. Mesti nabung nih.

    ReplyDelete
  12. Saking tipisnya, Zenbook S 13 OLED ini pastinya bikin pekerjaan cepet selesai.
    Yang mobilitasnya tinggi, kudu banget punya laptop powerful dan ramah lingkungan seperti Zenbook S 13 OLED ini.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.