BISA KAYA DARI HOBI, SIMAK TIPS JITUNYA DI SINI

Siapa bilang hobi yang kamu tekuni tidak bisa menghasilkan cuan? Asalkan kamu paham bagaimana cara mengembangkannya menjadi usaha, bukan tidak mungkin hobi yang receh pun bisa menjadikan kamu kaya raya. Terlebih sekarang semua serba mudah berkat adanya internet dan bank digital yang akan mengatur keuanganmu dari hobi yang kamu tekuni.


bank digital
Sumber: https://www.pexels.com/photo/little-girl-cooking-1684032/


Memang selain butuh pengetahuan dan informasi, mengembangkan hobi menjadi usaha juga butuh konsisten, komitmen dan kerja keras. Bisa kamu amati sekarang banyak pengusaha sukses yang pada awalnya berangkat menjalankan usaha dari hobinya. Lantas, adakah strategi khusus dalam menjalankan bisnis yang berawal dari hobi?

Tidak Percaya Bisa Kaya dari Hobi? Simak Tips Jitunya Di Sini

Sebenarnya mengubah hobi menjadi peluang usaha bukanlah langkah yang sulit. Meskipun butuh usaha keras, siapapun berpeluang menjadi sukses hanya dari menekuni hobi. Lantas bagaimana cara mengembangkan hobi menjadi peluang usaha dengan nilai jual tinggi? Berikut tips yang dapat kamu coba;

bunga bank digital
Sumber: https://www.pexels.com/photo/selective-focus-photography-of-food-on-table-1126728/


1. Kenali Apa yang Menjadi Hobimu

Punya hobi yang dapat menghasilkan uang, siapa yang tidak ingin melakukannya. Kamu pun pada dasarnya bisa mendapatkan banyak uang hanya dari hobi saja. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengenali apa hobi kamu. 

Dari memasak misalnya, jika kamu menekuninya banyak peluang bisnis yang terbuka lebar dan berpotensi membawa kesuksesan. Kamu bisa membuka catering untuk anak sekolah, catering kantoran atau bisnis makanan sehat. Semuanya memiliki peluang yang besar karena peminatnya banyak.

2. ilih Hobi yang Nilai Jualnya Tinggi

Apabila kamu memiliki hobi lebih dari satu akan lebih menguntungkan apabila dikembangkan sebagai usaha. Namun, alangkah baiknya apabila kamu memilih hobi yang mempunyai nilai jual paling tinggi. Contohnya hobi memasak, hobi ini jika dikembangkan dengan baik akan mendulang banyak rupiah. Terlebih jika kamu telah memiliki pangsa pasar yang jelas. Akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan dan kekayaan.

Pundi-pundi Rupiah yang kamu dapat dari usaha, nantinya dapat kamu tabung sebagai modal usaha lagi sehingga nantinya kamu bisa membesarkan usaha atau membuka restoran. Bunga bank digital tempat kamu saving keuangan pun bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan usaha.

3. Cari Tahu Target Pasar yang Dituju

Mempunyai hobi yang dapat mendatangkan banyak cuan memang menyenangkan. Semua peluang usaha akan semakin mudah apabila kamu juga bisa mencari tahu target pasar yang dituju. Hal ini penting sekali karena target pasar yang tepat, nantinya akan mendukung berkembangnya usaha yang kamu rintis dari hobi.

Selain itu, menetapkan target pasar akan memudahkan untuk menentukan produk yang akan kamu produksi. Apabila target pasar telah ditentukan dan cocok, potensi tidak laku produk yang kamu jual akan semakin kecil. Berbeda jika kamu tidak paham target pasar yang akan dibidik. Nantinya akan mempersulit ketika melakukan pemasaran produk.

4. Gunakan Platform Online Untuk Pemasaran

Berjualan secara online saat ini telah menjadi tren yang memberikan banyak keuntungan. Kini, semakin banyak platform online yang bisa kamu jadikan media penjualan produk. Kamu bisa melakukan observasi, dari sekian banyak platform online manakah yang paling sering digunakan. Apabila target pasarmu adalah mereka yang memiliki rentang usia antara 17-30 tahun, maka platform online yang cocok adalah media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Menemukan platform yang tepat akan memudahkanmu untuk mengembangkan usaha. Nah, jika membutuhkan tambahan dana atau modal untuk pengembangan usaha, kamu bisa mengajukan pinjaman online lewat bank digital terbaik dan diawasi oleh OJK.

5. Bangun Branding

Branding yang baik sangat dibutuhkan agar kepercayaan pelanggan terhadap produk tetap terjaga. Apabila kredibilitas pelanggan selalu stabil, otomatis tingkat penjualan akan mengalami peningkatan. Tentunya hal tersebut akan mendatangkan banyak keuntungan.

6. Perencanaan Bisnis yang Tepat

Tips selanjutnya agar hobi yang kamu tekuni bisa mendatangkan cuan adalah dengan membuat perencanaan yang tepat. Tentang bagaimana bisnis tersebut akan kamu jalankan, produk semacam apa yang akan dijual, bahannya dari apa, keunggulan produknya seperti apa serta bagaimana metode pemasarannya.

7. Lakukan Perhitungan Modal

Modal memegang peranan penting dalam menjalankan usaha. Mulai dari biaya produksi, pemasaran dan yang lainnya. Catat semua dengan baik dan perkirakan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

Untuk mendapatkan modal ini pun sekarang semakin mudah saja. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman online untuk usaha di bank digital Indonesia yang prosesnya cepat, mudah dan tidak banyak syarat. Dari kemudahan tersebut, sejatinya yang menjadi perbedaan bank digital dan bank konvensional yang perlu kamu catat. 

Mari Kelola Dana Bisnis Lebih Bijak di Bank Digital Aja

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu sudah menentukan bisnis dari hobi yang ingin ditekuni hingga menghasilkan cuan? Jika sudah, sangat disarankan untuk mulai memikirkan cara kelola dana bisnis. Sebaiknya, kamu memilih bank digital digibank by DBS agar bisnismu semakin berkembang, kenapa? 

Sebab, manfaat bank digital cukup banyak, juga memberi kemudahan nasabahnya, seperti: 

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out. Selain itu, sat set bayar pakai QRIS untuk urusan bisnis
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencananya masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, salah satunya investasi mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan dari profit bisnis
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet karena kamu juga bisa Apply Kartu Kredit digital kapan pun #Approval60Detik jika butuh modal bisnis mendesak

Dengan keunggulan di atas, kamu bisa memanfaatkan kemudahan dari bank digital untuk mewujudkan impian memiliki bisnis yang berawal dari hobi.  Selengkapnya, untuk informasi digibank by DBS bisa cek di sini.

23 Comment

  1. Sudah terbukti, Mbak. Banyak orang sukses dengan usahanya, dimulai dari hobinya. Dari yang saya baca, karena memang dilakukan dengan enjoy dan senang hati. hanya memang, tidak semudah juga, harus tekun, konsisten, dan terus semangat. Apalagi sudah sangat didukung banyak hal. termasuk kehadiran media sosial dan bisa jualan online.

    ReplyDelete
  2. menyenangkan ya kalau hobi bisa jadi bisnis, tapi tetap harus memiliki perencanaan yang matang, biar bisnisnya bisa bertahan atau bahkan ada kemajuan. Kalau aku kalau hobi udah jadi bisnis harus cari hobi baru lagi yang benar untuk melepas penat

    ReplyDelete
  3. Seneng banget deh kalo nemu hobi yang bisa ngasilin cuan juga. Tapi perencanaan bisnis juga ngga jauh2 dari perhitungan modal kan. Emang paling bener kelola dana bisnis lewat bank digital digibank by DBS biar bisnis makin berkembang.

    ReplyDelete
  4. kalau mendengar cerita kesuksesan yang udah pada sukses dengan bisnis mereka, memang disampaikan berawal dari hobi.
    Maka dari itu gak bisa disepelekan ya urusan hobi ini,
    karena dari sebuah hobi bisa memanggil cuan buat datang berkunjung

    ReplyDelete
  5. memang kadang hobi bisa sekaligus menjadi ladang rezeki kita yaa. apalagi kalau memang benar-benar serius hobinya dijalankan malah bisa jadi profesi. namun tentunya kita tetap perlu strategi dan perencanaan dalam mengembangkan hobi menjadi usaha ini

    ReplyDelete
  6. Tetangga saya hobi bikin kue. Sekarang ia memiliki toko kue dan terima pesanan. Tetangga saya hobi pelihara hewan. Ia punya peternak ayam sama domba. Hampir tiap lebaran mereka panen. Hobi mereka memang bisa jadi lahan cuan.
    Begitu seperti artikel disini bilang kalau diseriusi hobi emang bisa jadi profesi

    ReplyDelete
  7. Menarik kak. Kalau aku lihat, asalkan kita punya kemauan, hobi pun bisa jadi sumber cuan bagi kita. Aku pernah lihat orang yg hobi nanem, eh ternyata buahnya bisa dijual dan menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  8. Baru di umur 30an ini bisa nemu hobi yang menghasilkan cuan, tapi ada beberapa jg yang belum terwujud karena terhalang modal wkwkwkwkwk, mau coba apply di DBS aah

    ReplyDelete
  9. yang kukerjakan sekarang hobi dan berhasil menjadi cuan. sekalian membangung personal branding dan akhirnya mulai menikmati hasilnya setelah melewati proses yang panjang kak

    ReplyDelete
  10. Bahagia memang jika hobi bisa jadi cuan. Kerja sangat enjoy dan tak terasa capek.

    ReplyDelete
  11. Bangun branding yg agak lama kak, jadi kita harus berijabaku mencari klien agar tau kita seperti apa.

    Kenali dulu hobi nya saya setuju kak.

    ReplyDelete
  12. Bangun branding yg agak lama kak, jadi kita harus berijabaku mencari klien agar tau kita seperti apa.

    Kenali dulu hobi nya saya setuju kak.

    ReplyDelete
  13. Bangun branding yg agak lama kak, jadi kita harus berijabaku mencari klien agar tau kita seperti apa.

    Kenali dulu hobi nya saya setuju kak.

    ReplyDelete
  14. Aku skrg jg lbh suka layanan bank digital kyk DBS ini meski mereka pny kantor cabang. Tp kan kntr cabangnya hny di kota2 besar.

    Digibank ini komplit bgt sih layanan perbankannya jd ga usah ragu buat daftar dan buka rekening di sana. Siapa tau bs ngajuin kredit buat modal kerja dan usaha.

    ReplyDelete
  15. Enak banget kalau hobi bisa menghasilkan, ya. Dengan penyikapan yang tepat, hobi bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan

    ReplyDelete
  16. Uwooowww, semua tips yang ada di artikel ini sudah koplit banget dah. Tinggal siapin modal yang tepat saja, misalnya dengan memanfaatkan bank digital digibank by DBS ini.

    ReplyDelete
  17. Wah, gak nyangka nih jaman sekarang bank digital udah se-advanced ini. Keren banget bisa kelola dana bisnis tanpa ribet dan masih bisa have fun. Aku yang lagi mikir-mikir mau mulai bisnis dari hobi kayaknya cocok banget nih pake digibank by DBS. Udah gampang, aman lagi. Mantap! 🚀💸

    ReplyDelete
  18. Seru sih ya kalo memang kesenangan kita bisa jadi peluang cuan. Tapi nggak masalah kalo pun nggak ada modal, karena ada bank digital yg bisa jadi solusinya.

    ReplyDelete
  19. Iya yaa.. bisnis yang dibangun dari hal-hal yang dicintai tuh lebih long lasting dan happy pas ngerjainnya. Semua ide serasa bisa di explore dan diwujudkan. Dan yang paling penting, punya team yang solid untuk mewujudkannya.

    ReplyDelete
  20. Menetapkan target pasar menjadi yang paling urgent sekaligus menjadi hal yang tidak mudah, karena memang perlu analisa mendalam ya, Kak. Tapi kalau sudah ketemu segmen langsung melejit (Kang Sugianto)

    ReplyDelete
  21. Nomor 1 sih udah ya.. nomor seterusnya itu ada yang sudsh tp belum maksimal dan ada yang belum..hehe

    ReplyDelete
  22. Aku kurang konsisten aja sih ya. Padahal kalo ditekunin, aku udah ngerasa this is the right way to have fun and money in one go.
    Yah, semoga ya bisa terus konsisten

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.