8 REKOMENDASI MAKANAN KHAS QATAR YANG LEZAT DAN PATUT DICOBA

Sebagai negara yang berada di kawasan Timur Tengah, Qatar memiliki potensi wisata yang menarik, termasuk jika kamu ingin melakukan wisata kuliner. Sama seperti negara lainnya di kawasan Timur Tengah, Qatar dikenal memiliki beragam makanan khas yang kaya akan rempah. Selain itu, mayoritas makanan khas Qatar menggun

an aneka daging seperti kambing, domba, kelinci, hingga seafood.Nilai plus lainnya jika ingin berwisata kuliner di Qatar adalah keberadaaan Bandara Internasional Hamad yang merupakan salah satu bandara terbaik di Dunia. Dengan begitu, kamu bisa berlibur di Qatar dengan nyaman menggunakan maskapai terbaik seperti Qatar Airways.

makanan khas qatar



Agar lebih mudah memesan tiket pesawat untuk wisata kuliner ke Qatar, kamu bisa menggunakan Traveloka. Apalagi, kamu bisa dengan mudah melakukan reschedule maupun refund pembelian tiket pesawat jika memesannya lewat Traveloka. 

Jadi, kamu bisa dengan nyaman mengubah ataupun membatalkan jadwal penerbangan bersama Traveloka untuk berwisata kuliner di Qatar. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Qatar yang patut dicoba saat melakukan wisata kuliner!

8 Rekomendasi Makanan Khas Qatar Yang Lezat dan Patut Dicoba

1. Thareed

Makanan khas Qatar yang pertama ini terbilang sehat untuk dikonsumsi sebab dibuat dari aneka jenis sayuran seperti wortel, kacang-kacangan, buncis, kentang, dan bawang bombay. Ragam sayuran ini kemudian dicampurkan dengan daging ayam ataupun domba untuk dibuat menjadi sup kaldu. 

Untuk membuat Thareed, sup kaldu berisikan daging dan aneka sayuran ini akan disiramkan pada roti regag. Sepintas, tekstur roti regag yang tipis ini hampir serupa dengan crepe. Cita rasa Thareed sendiri terasa kuat karena kaya akan rempah-rempah. 

2. Balaleet

Balaleet adalah makanan khas Qatar yang menggunakan bahan dasar mie dan telur dadar. Adapun, mie yang digunakan untuk membuat Balaleet umumnya tipis dan bening yang kemudian digoreng. Sepintas, mie pada Balaleet ini cukup mirip dengan bihun goreng di Indonesia. 

Mie di Balaleet ini diolah dengan kapulaga, gula, saffron, serta kayu manis. Setelah itu, menggunakan telur dadar sebagai pelengkapnya. Cita rasa dari Balaleet sendiri cenderung manis dan gurih. Balaleet ini enak disantap dalam kondisi masih panas ataupun sudah dingin. Balaleet  biasanya dijadikan hidangan untuk sarapan.

3. Majboos

Majboos merupakan makanan khas Qatar yang cukup populer. Majboos sendiri dibuat dari potongan daging domba ataupun ayam yang disajikan bersama nasi. Sepintas, Majboos ini terlihat hampir sama dengan nasi briyani karena sama-sama menggunakan beras basmati.

majboos makanan khas qatar
Sumber: Canva


Jika menggunakan daging ayam, umumnya bagian sayap dan paha yang akan dipilih untuk membuat hidangan Majboos. Cita rasa Majboos ini sangatlah kuat karena menggunakan banyak rempah-rempah seperti ketumbar, cengkeh, kunyit, jeruk nipis, kapulaga, jinten, dan lemon. 

4. Luqaimat 

Luqaimat merupakan makanan khas Qatar yang biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Luqaimat sendiri merupakan camilan berbentuk roti-roti bulat kecil yang digoreng dan punya cita rasa manis. Ketika disajikan, Luqaimat akan ditambahkan dengan siraman madu, sirup kurma, ataupun sirup gula. Sebagai pelengkap, taburan biji wijen akan diberikan di atas Luqaimat.

Luqaimat makanan khas qatar
Sumber: Canva


5. Madrooba

Madrooba adalah makanan khas Qatar berupa bubur yang menggunakan bahan-bahan seperti aneka rempah, daging ayam rebus, serta pasta tomat. Arti nama Madrooba sendiri ditumbuk atau dipukul yang mencerminkan proses pembuatannya.

Untuk membuat Madrooba, bahan-bahan tersebut harus direbus kurang lebih 2 jam. Setelah itu, harus ditumbuk atau dipukul-pukul hingga halus merata. Madrooba sendiri biasanya disantap bersama dengan susu atau mentega sebagai pelengkapnya.

6. Kousa Mahshi 

Makanan khas Qatar yang satu ini dibuat dari bahan sejenis terong yang bernama zucchini. Kousa Mahshi sendiri biasanya berisikan kacang-kacangan, nasi, aneka sayuran, serta daging kambing. Kousa Mahshi sendiri dibuat dengan cara dipanggang sehingga cita rasanya cenderung gurih. Aroma Kousa Mahshi juga terbilang harum saat akan disantap karena potongan bawang putih dan taburan daun mint sebagai pelengkapnya.

Kousa Mahshi
Sumber: Canva


7. Khubs Rgag

Ini merupakan makanan khas Qatar berupa roti pipih yang dibuat dari bahan-bahan seperti garam, air, dan tepung. Untuk membuat Khubs Rgag, bahan-bahan tersebut diuleni dan dipipihkan pada loyang besi yang dipanaskan di atas bara. Khubs Rgag biasanya disantap bersama aneka topping karena rasa aslinya sedikit hambar. 

Pada awalnya, Khubs Rgag biasanya disantap hanya menggunakan telur. Namun, sekarang kamu bisa menyantap Khubs Rgag dengan topping selain telur seperti cokelat dan aneka selai. Khubs Rgag juga bisa disantap sebagai topping dari Thareed. 

8. Saloona 

Saloona merupakan makanan khas Qatar berupa kaldu pedas yang berisi daging dan aneka sayuran. Adapun, sayuran-sayuran pada Saloona biasanya adalah tomat, kentang, terong, hingga wortel. Adapun, daging yang umumnya dipakai untuk membuat Saloona menggunakan daging sapi, ikan, maupun domba. Saat ini, Saloona juga tersedia dalam versi tanpa daging yang cocok untuk vegetarian.

Itulah 8 rekomendasi makanan khas Qatar yang lezat dan patut dicoba. Kira-kira kamu paling tertarik mencicipi yang mana? 

19 Comment

  1. Kalau inget Qatar jadinya inget MotoGP kala ada Valentino Rossi di sana hahah.
    Se-nikmat itu ya pilihan makanan khas Qatar, yang bisa banget nih sambil traveling menikmati kulinernya

    ReplyDelete
  2. Semuanya unik. Seunik nama yang baru saja saya tahu dan dengar. Itu bahasa Qatar kan ya? Emang unik. Apalagi namanya bikin susah lidah saya mengucapkan. Hehehe ...
    Tapi semuanya itu pengen saya coba lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...aku setuju. Nama-nama kulinernya sulit disebutkan. Tapi pas baca udah kebayang bumbunya kayaknya kaya rempah yah, khas TimTeng. Aku pengen nyoba bikin Kousha Mahshi tuh. Zucchini diisi nasi. Cari resepnya aaah....

      Delete
  3. aku belom pernah cobain semuanyaaa haha kayaknya aku tertarik sama Kousa ini sih. dari bentuknya unik gtu soalnya hehe

    ReplyDelete
  4. Kelihatannya enak-enak semua ya. Rata-rata berisi daging dan rempah-rempah khas Timur Tengah. Wah, kira-kira cocok nggak di lidahku hehe

    ReplyDelete
  5. Emang kaya rempah ya masakan Timur Tengah banget. Apalagi Balaalet duh kepo deh. Mie berbahan kapulaga, saffron juga dan kayu manis. Gimana rasanya? Tapi pengen nyoba semuanya juga sii..

    ReplyDelete
  6. Sayangnya beberapa makanan khas di atas sekarang ini sudah langka, yang masih sering kutemuin hanyalah Makbos.

    ReplyDelete
  7. Fix dari semua makanan khas Qatar di atas belum pernah ada yang saya coba rasakan. Kayaknya bakal cari di daerahku ada yang jualan ga

    ReplyDelete
  8. terlihat unik unik yah makanannya, tapi tetep temanya dedagingan dan bumbu rempah khas timur tengah. Biasanya porsinya disajikan besar besar nih, bakalan puas dan bikin penasaran euy!

    ReplyDelete
  9. Namanya unik2 ya kak. Jd penasaran mau merasakan lgsg rasa masakannya. Aku pernah lihat menu2 masakan Qatar ini di film dan YouTube. Dari platingnya emg enak bgt. Menggiurkan gt loh.

    Tp ya blm tahu dgn selera lidah org Indonesia ya meski kita jg udh paham dgn rempah2 dasar. Seharusnya taste kudapannya/makanannya ga berbeda jauh dgn lidah org Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya enak semua. Huhuhu. Jadi pengen. Bisa belinya dimana ya?

    ReplyDelete
  11. Namanya ga ada yg familier xD Hihi kurang jauh aku mainnya :)) semoga someday bisa jalan2 ke qatar , Aamiin..

    ReplyDelete
  12. Pengen coba semuaaa.. cuma khawatir kok ga cocok di lidah karena berbumbu kuat hehe kaya jintan gt

    ReplyDelete
  13. Qatar nih jujurly jadi destinasi impianku loh. Hehe.. Trus baca rekomendasi makanan khas Qatar di atas, jadi makin bikin penasaran sama Qatar nih. Apalagi makanan khas Qatar yg identik sama daging kambing / dombanya ya. Ah, jadi ngiler tuh khaan. Xixixi

    ReplyDelete
  14. Kuliner khas Timur Tengah itu biasanya kaya akan rempah-rempah, jadinya sangat menggoda selera makan. Waduhh kan jadi pengen icip-icip kuliner khas Qatar kalo begini wkwk

    ReplyDelete
  15. Yang akrab cuma khubs, nih. Mirip roti cane tapi lebih gembung dan empuk kan, ya? Yang lainnya masih penasaran pengin coba.

    ReplyDelete
  16. Waaah, makasih rekomendasinya kak Mei, aku pengen nyobain yang luqaimat sama kousa mahshinya unik tuh dari terong ada isinya ya.

    ReplyDelete
  17. aku pengen nyobain majboos, eh tapi ini ada daging dombanya yaaa. aroma dombanya nyengat gak sih? aku pernah tanya adik ipar yang di iran (jauh ya dari qatar, hihihi), segala masakan yang ada dombanya disana tuh kuat aromanya. beda emang sama aroma domba di Indo, tapi soal nyengat sama aja.

    ReplyDelete
  18. Nama-nama makannya unik-unik. Luqaimat ini sepintas katanya rasanya seperti kue bantal di Indonesia lho. Kebetulan ada keluarga yang awal tahun kemarin ke Qatar. Tapi entahlah.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.