CARA BELI E-METERAI DAN CARA PENGGUNAAN E-METERAI

Memasuki bulan September 2023, pendaftaran CPNS & PPPK 2023 akan dibuka melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian, peserta juga harus menyiapkan berbagai dokumen pendukung sebagai prasyarat untuk mengikuti proses seleksi. Nah, sebagian dari dokumen ini wajib dibubuhkan meterai elektronik atae-meterai.

cara beli e-meterai dan cara penggunaannya


Apa itu e-Meterai? Apa fungsi e-Meterai? Bagaimana cara membeli e-Meterai? Apa saja manfaatnya? Dan yang paling penting, bagaimana membubuhkan e-meterai untuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan di proses SSCASN?

Apa itu e-Meterai?

E-Meterai adalah salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang digunakan untuk dokumen elektronik. E-Meterai juga memiliki unsur pengaman dan dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia lewat Perum Peruri. Selain diperlukan untuk menjadikan suatu dokumen elektronik dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan, e-Meterai juga merupakan cara membayar pajak atas dokumen elektronik (bea meterai).

Meterai elektronik resmi merupakan alat bukti hukum dan penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan di dokumen elektronik.

Melalui aplikasi e-Meterai yang disediakan oleh Peruri kita bisa membeli e-meterai dan mencetaknya. Aplikasi ini juga menyediakan tanda tangan digital untuk dokumen elektronik.

Sebagai informasi tambahan, meterai adalah label atau carik dalam bentuk tempel dan bentuk lainnya yang memiliki ciri dan mengandung unsur pengaman. Penggunaannya dilakukan dengan cara menempelnya di dokumen dan menjadi penentu sah atau tidaknya dokumen. Sedangkan meterai elektronik dibubuhkan pada dokumen melalui sistem tertentu.

Apa ciri-ciri e-Meterai?

E-Meterai adalah meterai dalam format elektronik yang memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman sebagai berikut:

  • Format Elektronik: e-Meterai merupakan meterai yang berbentuk elektronik, tidak seperti meterai fisik yang berbentuk kertas atau tempel.
  • Unsur Pengaman: e-Meterai mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Unsur pengaman ini bertujuan untuk mencegah pemalsuan meterai.
  • Dimensi dan Warna: e-Meterai memiliki dimensi berbentuk persegi dan dominan warna merah muda.
  • Penggunaan untuk Pembayaran Pajak: e-Meterai digunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik tertentu.

Bagaimana Cara Beli e-Meterai ?

Lalu bagaimana cara beli e-Meterai? Cara beli e-Meterai atau materai eletronik dapat dilakukan melalui situs resmi e-meterai.co.id, melalui kantor cabang bank BUMN dan bank Swasta, atau melalui mitra-mitra resminya salah satunya adalah Skill Academy.

Berikut langkah-langkah bagaimana cara beli e-Meterai dari Skill Academy:

  1. Buka laman e-Meterai Skill Academy atau klik bit.ly/materaicasn.
  2. Pilih “Beli e-Meterai”.
  3. Masuk ke akun Skill Academy Anda, jika belum punya, daftar terlebih dahulu.
  4. Upload dokumen yang memerlukan meterai atau gunakan template yang tersedia.
  5. Pilih posisi pembubuhan e-Meterai.
  6. Isi PIN akun e-Meterai Anda.
  7. Lakukan pembubuhan e-Meterai.
  8. Download dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai.

cara beli meterai di skill academy



Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri. Setelah melakukan pembayaran, kuota e-Meterai Anda akan bertambah dan Anda dapat langsung melakukan pembubuhan e-Meterai pada dokumen yang memerlukannya.

Bagaimana Cara Penggunaan e-Materai dalam Proses SSCASN?

Dalam proses SSCASN (Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), cara penggunaan e-Meterai telah diterapkan untuk dokumen pendaftaran. Tujuan peraturan cara penggunaan e-Materai adalah untuk menghindari pemakaian meterai palsu dan memastikan keabsahan dokumen pendaftaran.

Berikut adalah langkah-langkah cara penggunaan e-Meterai ke dalam dokumen untuk proses SSCASN:

  1. Unggah dokumen dalam format PDF.
  2. Posisikan meterai elektronik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Klik ‘Bubuhkan Meterai’, kemudian ‘Yes’.
  4. Masukkan PIN.
  5. Isi PIN yang sesuai.
  6. Dokumen pendaftaran telah berhasil dibubuhi e-meterai.

Undang-undang Bea Meterai dan e-Meterai

Pada tanggal 26 Oktober tahun 2020, Presiden Joko Widodo menetapkan Undang-undang No 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Undang-undang ini mengatur tentang pengenaan dan pembayaran Bea Meterai di Indonesia. Bea Meterai adalah pajak yang dikenakan pada dokumen-dokumen tertentu, seperti surat-surat perjanjian, akta, dan dokumen-dokumen lainnya. Undang-undang ini juga mengatur mengenai tata cara pembayaran Bea Meterai dengan tarif tertentu dan ketentuan pidana terkait pelanggaran terhadap Undang-undang ini.

Pada tahun 2021, Kementerian Keuangan secara resmi meluncurkan meterai elektronik. Tarif bea meterai elektronik ini ditetapkan dengan nominal sebesar Rp 10000 dan sudah berlaku mulai 1 Januari 2021. Berikut adalah rincian lengkap dokumen elektronik (dalam bentuk PDF atau format lainnya) yang terkena bea meterai sepuluh ribu rupiah:

  • Dokumen yang dijadikan alat untuk menerangkan kejadian (bersifat perdata).
  • Dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di muka pengadilan.
  • Dokumen transaksi surat berharga seperti kontrak berjangka atau surat berharga dengan nama dan bentuk apapun.

Apa Saja Keuntungan Membeli e-Meterai dari Skill Academy?

Berikut adalah beberapa alasan kenapa beli e-Meterai dari Skill Academy lebih menguntungkan.

  1. Menyediakan 500+ pilihan template dokumen resmi. Temukan lebih dari 500 pilihan template dokumen resmi, yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pribadi anda.
  2. Banyak e-Meterai untuk satu dokumen. Kemudahan untuk membubuhkan beberapa meterai elektronik sekaligus pada satu dokumen yang sama.
  3. Distributor resmi terpercaya. Skill Academy adalah distributor resmi e-Meterai yang diakui dan dipercaya oleh Peruri Digital Security yang memberikan jaminan keaslian dalam setiap dokumen Anda.

Selain itu, pembelian e-meterai di Skill Academy tidak mengharuskan anda untuk meng-upload KTP sehingga prosesnya menjadi lebih tidak ribet dibandingkan dengan pembelian di situs e-meterai.

Dengan proses cara membeli e-Materai yang cepat dan mudah,  tentunya akan menghemat waktu dalam proses pembubuhannya ke dalam dokumen.

SIlakan klik gambar di bawah ini untuk melakukan pembelian e-meterai.

Cara Beli E-Meterai


21 Comment

  1. entah kenapa, buat saya yang masih pingin nyimpen punya dokumen penting versi fisik (dengan materai fisik / konvensiona) dan versi digital (dokumen fisik bermaterai kemudian di-scan dg scanner), sepertinya saya masih belum bisa move on ke e-materai alias masih lebih suka memakai materai fisik / konvensional :)

    btw, nice post!

    ReplyDelete
  2. Hooo aku baru tahu kalau sekarang bisa beli e-materai. Mudah banget caranya gak usah pakai KTP ya mbak. Banyak kelebihannya juga terpercaya, jadi aman ya.

    ReplyDelete
  3. Enak ya sekarang ada e-materai jadi gak bingung beli materai konvensional ke toko/kantor pos, gak usah cari lem, dll. Apalagi harganya juga masih affordable dan cara belinya juga mudah.

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalau materai udah ada yg versi digitalnya. Make sense sih ya krn sekarang kebanyakan proses pendaftaran apa2 lewat digital..

    ReplyDelete
  5. haa? ada pula e-materai? yaampun aku baru tahu. dan ternyata mudah ya nggak ribet. kalo gini mah ngurus berkas jadi lebih simple

    ReplyDelete
  6. Pernah install salah satu apk untuk penandatangan dokumen, dan disana juga menyediakan e-materai. Tapi belum sempat saya coba karena saya urungkan niat untuk tidak melanjutkan ke tahap berikutnya:(

    ReplyDelete
  7. Berkat kemajuan teknologi, sekarang semua urusan bisa dibuat lebih mudah dan praktis, ya. Seperti tersedianya e materai ini bisa mempermudah dan menghemat waktu untuk memasang materai pada dokumen penting.

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau kalau ada e-materai. Biasanya saya menyimpan, minimal 1 materai. Karena terkadang mendadak butuh. Malah jadi lebih mudah kalau udah ada e-materai ya.

    ReplyDelete
  9. Udah tau e-materai dari lama, tp belum pernah coba beli atau pakai. Makasih infonya, siapa tau nanti butuh e-materai hehe

    ReplyDelete
  10. ga bisa dipungkiri, saat ini menggunakan e-meterai untuk keperluan dokumen elektronik bisa dibutuhkan siapa saja. Waktu itu saya pernah mengalami pengalaman ini sampai bingung bagaimana caranya dan apakah sah hukumnya. Btw cara mba jelasin langkah-langkah cara beli e-meterainya pas, mudah di mengerti.

    ReplyDelete
  11. Nah kapan Sya masih kesulitan waktu mau beli ematerai dan takutnya pihak rekan sy malah ga berkenan karena ga berwujud ..ini tahapannya saya save ya spya bisa sy tiru kalau mau beli ematerai

    ReplyDelete
  12. Makin gampang ya dengan adanya e-materai ini. Masih inget zaman masih kerja harus kerja dua kali, tempel materai manual, trus scan baru kirim dokumen ber materai. Capek banget sih kayak gini. Nah kalau gini kan lebih simpel ya. Tinggal upload dokumen dan donlot aja. Aku mau nyoba beli materai di Skill Academy, buat akun dulu ya.

    ReplyDelete
  13. Wow saya baru tahu kalau materai sekarang ada juga yang versi digitalnya. Mempermudah sekali ya bagi para pelaku bisnis yang terpisah rentang jarak. Tapi semoga kebijakan terkait ini juga sudah didukung dengan adanya pengawas keamaan digital yang ketat. Seperti yang kita tahu saat ini penipuan digital semakin kreatif dan meresahkan

    ReplyDelete
  14. Rupanya telah ada materai elektronik. Simpel dan praktis, sih. Namun, sepertinya banyak orang yang masih kesusahan mempergunakannya kalau materai fisik segera ditiadakan. Lagi pula, bisa tergantung pada sinyal internetnya juga kan ya untuk kelancaran beli dan mempergunakannya?

    ReplyDelete
  15. Sejak adanya e-materai ini menurut saya sangat membantu sih kalo mau ngurus berkas berkas penting gitu.

    Apalagi kalo dadakan plus tengah malam hehehe

    ReplyDelete
  16. Oh iya ya, jadi teringat kembali. sekarang ini ada e-materai ya. perkembangan zaman di revolusi industri sekarang memang banyak kemudahannya. beruntunglah kita masih bisa merasakan perkembangan zaman yang sangat memberika dampak positif jg bagi kelangsungan hidup manusia

    ReplyDelete
  17. Pada saat pembukaan CPNS dan P3K pasti ematerai jadi barang paling dicari nih. PAsti akan banyak yang mencari dimana yang menjual dan bagaimana cara menggunakannya

    ReplyDelete
  18. Jujur baru tau soal e-materai. Kerasa banget sekarang zaman udah serba digital. Dan baru tau juga skill academy nyediain e-materai, ku kira cuma kelas2 skill aja

    ReplyDelete
  19. Wah aku langsung merasa ketinggalan info banget euy
    Baru tahu kalau ada yang namanya e-materai. Baru saja dua minggu lalu ada urusan yang mengharuskan untuk membuat surat berkekuatan hukum dan masih pakai materai cetak.
    Keren juga nih terobosannya ya

    ReplyDelete
  20. Woww baru tahu ternyata ada materai yang bentuk digital. Jadi pengen nyobaa yg di skill academy☺

    ReplyDelete
  21. Baru tahu ternyata ada e-materai. Saya rasa ini langkah yang mesti diapresiasi dari pemerintah, apalagi bisa bantu mengurangi ketergantungan pada kertas.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.