17 TIPS TRAVELING KE NEGARA MUSIM DINGIN

Traveling ke negara yang memiliki musim dingin atau bersalju menjadi impian sebagian banyak orang, termasuk saya. Dari kecil saya suka membaca buku negara-negara yang berhamparan dengan es. Di benak saya selalu menyenangkan saat membayangkannya. Namun, saya ternyata alergi dengan dingin. Sehingga memerlukan beberapa tips untuk mengunjungi negara-negara tersebut. Dan ini dia tips traveling ke negara musim dingin ala meimoodaema.com.

tips traveling ke negara musim dingin meimoodaema


1. Ketahui cuaca ekstrim di negara tujuan

Sebelum mengunjungi negara impian, pastikan kondisi ekstrim di negara tujuan kamu. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi.  Termasuk kamu bisa memilih waktu terbaik yang sesuai dengan tubuh kamu. Jangan sampai berkunjung di musim dingin yang sangat ekstrim, padahal kamu alergi dingin.

Setelah mengetahui kondisi di sana, sesuaikan barang bawaan yang akan kamu bawa. Sesuaikan dengan kondisi tubuhmu juga. Agar liburannya lebih aman dan nyaman.

2. Asuransi keselamatan dan kesehatan

Buat saya ini sangat penting untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Membeli bukan dimaksudkan menantang ya, tapi bentuk dari waspada dan sayang terhadap diri sendiri. Pastikan juga detail asuransi yang dicover apa saja, termasuk gejala-gejala sakit yang biasa terjadi di daerah musim dingin.

Termasuk mendaftarkan diri di aplikasi traveling milik pemerintah. Nah ini juga sangat penting ya untuk jaga-jaga, agar jika kita membutuhkan bantuan pemerintah kita di negara tempat kita traveling, lebih mudah untuk ditracing juga.

3. Persiapkan alternatif transportasi

Musim dingin kegiatan transportasi tidak bisa diprediksi. Bisa saja terjadi kendaraan umum atau pribadi tidak bisa berjalan karena kabut atau salju yang terlalu tebal. Nah, perhatikan alternatif transportasi lainnya jika terjadi masalah ini. Sehingga kita bisa tetap berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya saat liburan di negara musim dingin.

4. Pastikan tempat wisata tujuan

Di sebuah negara, cuaca akan berbeda-beda setiap tempatnya. Pantau kondisi cuacanya dan pilihlah cuaca yang cocok dengan kondisi tubuh kamu, apalagi membawa anak-anak. Hal ini harus diperhatikan dengan baik.

5. Siapkan fisik

Ini dia tips traveling ke negara musim dingin lainnya yang tak kalah penting. Liburan ke negara yang mempunyai cuaca dingin, tentu saja akan membutuhkan energi yang lebih. Siapkan badanmu sebelum berangkat, olahraga yang cukup, dan jaga kesehatanmu.

6. Bawa pakaian hangat untuk musim dingin

Siapkan semua perlengkapan untuk cuaca musim dingin, mulai dari pakaian atasan, bawahan, sepatu, dan aksesoris lainnya yang menghangatkan badan. Jangan sampai salah kostum.

7. Bawa makanan dan minuman yang menghangatkan

Nah buat kita dari negara tropis, pastinya tidak mudah berada di cuaca yang sangat dingin apalagi sudah sampai turun salju. Salah satu untuk mengakalinya adalah membawa makanan atau minuman yang menghangatkan badan.

17 tips traveling musim dingin ala meimoodaema

Minuman hangat ini sangat ampuh membuat badan lebih hangat. Biasanya saya akan membawa teh, coklat seduh, atau jahe kemasan, atau minuman siap seduh lainnya yang mengandung jahe-jahean. Ini cukup membantu menjaga badan tetap hangat. Atau bisa juga bawa permen jahe, ini juga cukup ampuh loh.

8. Bawa pelembab

Udara dingin akan membuat kulit lebih cepat kering dan membuat kulit cepat terkelupas. Untuk menghindarinya jangan lupa membawa pelembab untuk kulit badan, muka, dan juga untuk bibir.

Pengalaman saya, bibir cepat sekali kering dan pecah-pecah sampai bibir saya sedikit berdarah, saking dinginnya dan saya kelupaan tidak membawa pelembab bibir. Untungnya saya menemukan penjual pelembab bibir meski sedikit berjuang mencarinya.

9. Bawa hotpack

Kalau kamu pernah berkunjung ke beberapa negara saat musim dingin, kamu akan melihat beberapa orang menggenggam kantong kecil. Isinya seperti butiran pasir-pasir kecil. Itulah namanya hotpack. 

Gosokan di tangan dan itu akan menghangatkan tangan kamu. Bisa juga menempelkannya di kaki, agar tetap hangat. Atau saya tempel di leher, telinga atau pipi. Salah satu barang traveling ini banyak dijual bebas di beberapa minimarket atau pinggir jalan di negara musim dingin.

10. Matikan AC saat dalam kendaraan

Jika kamu menyewa mobil, matikan AC agar kamu tidak makin menggigil karena cuaca udara di luar. Biasanya kalau kita naik kendaraan umum, mereka akan mematikan AC atau menyalakan ke arah yang lebih hangat.

11. Bawa tas anti air

Agar barang-barang kita tetap terjaga dengan aman dari suhu dingin, usahakan bawa tas yang tahan dengan air. Agar pada saat kamu bermain salju, tidak membasahi barang-barang pentingmu di dalam tas.

karena salju-salju tersebut bisa saja mencair, meski hanya sedikit. mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

12. Siapkan uang secukupnya

Nah, pengalaman saya kehabisan uang cash, akhirnya saya harus mencari-cari ATM atau tempat menukar uang. Dalam kondisi musim salju seperti itu, sungguh ribet.

Jadi jangan anggap sepele soal persiapan uang cash saat berlibur ke tempat yang sedang musim dingin. lebih baik lebih dari pada kurang.

13. Stok makanan di penginapan

Ini juga jangan lupa diperhatikan ya. Stok makanan di tempat kita menginap akan sangat membantu agar kamu ga bolak balik ke luar penginapan di malam hari jika kelaparan. Karena musim dingin membuat kita malas keluar.

14. Pilih penginapan yang tepat

Memilih penginapan pada saat musim salju sangatlah penting. Pastikan fasilitas apa saja yang mereka miliki, misalnya memiliki penghangat ruangan, menyediakan air hangat untuk mandi juga sangat penting loh. Lokasinya juga terjangkau dan dekat dengan public transportation, jadi pertimbangan penting kalau buat saya. 

15. Gunakan sepatu anti air

Ini wajib diperhatikan juga ya, bawa alas kaki yang sesuai dengan kondisi bersalju. Usahakan gunakan boot yang tahan air. Agar salju tidak masuk-masuk ke sepatu kamu ketika sedang berjalan atau sedang bermain ski.

tips traveling musim salju memimoodaema


Ga lucu kan saljunya masuk ke kaki kamu dan membuat kakimu basah atau lembab, bikin ga nyaman. Saya pernah mengalaminya hehehe, jadi jangan ditiru.

16. Bawa obat-obatan

Ini slaah satu persiapan penting sebelum kamu berlibur ke negara yang sedang musim salju. Bawalah obat-obatan pribadi yang mungkin kamu perlukan. Saya biasanya selalu bawa minyak hangat, obat anti angin, obat lambung, obat sakit kepala, atau vitamin. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

17. Bawa thermal blanket

Nah ini barang yang wajib saya bawa setiap kali berkunjung ke tempat bersalju. Bentuknya seperti sleeping bag, tapi bentuknya kecil dan berbentuk seperti plastik wrapping.

Fungsinya untuk menghangatkan badan. karena saya memang alergi dingin, jadi ini sangat membantu untuk menghangatkan badan saya.

Kesimpulan

Jadi pastikan persiapkan diri saat kamu hendak traveling ke negara yang sedang musim salju. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan pastinya membuat liburan kamu lebih aman dan nyaman kalau sudah mempersiapkan banyak hal sebelumnya.

Itu dia tips traveling ke negara musim dingin ala meimoodaema.com. Kamu ada tips lain? yuk share di kolom komentar.

81 Comment

  1. Seru juga ya mbak travelling di negara negara yg ada musim dinginnya. Namun memang sedikit ribet dengan persiapannya namun kalau itu menantang dan menjadikan pengalaman tersendiri why not sih ya. DUh jadi ingin nih travelling yg agak jauhan dikit. hehehe.

    ReplyDelete
  2. Pakai asuransi apa? Aplikasi pemerintah apa? Keknya seru banget nih kalau jalan2

    ReplyDelete
  3. Pengen juga nih traveling ke tempat bersalju gitu.. Wah, dingin banget pasti ya.. Seru bangeeettt..

    ReplyDelete
  4. ngiler aku kepengen jg ngerasain langsung hidup di kulkas, eh, hehe... tp memang persiapannya kudu matang ya mbak, karena resiko tinggi j nih kalo sampai kedinginan :(

    ReplyDelete
  5. bismillah, insya Allah soon nih mau menikmati musim dingin di jepang atau korea bersama suami dan anak-anak. Aamiin ya Allah

    ReplyDelete
  6. Jadi keingett ayahku pas ke china pas bersalju. Kurang thermal blanket aja tuh pas boboo karena penginapan ngga menyediakan. Untung cuma 3 hari 😂😂

    ReplyDelete
  7. Pengen juga deh ke negara musim dingin. Semoga kapan-kapan bisa ke sana. Makasih tipsnya ya mba jadi aku punya gambaran apa aja yang perlu dibawa nanti hehe

    ReplyDelete
  8. Impian saya banget Mbak pengen mengunjungi negeri di musim dingin dan menikmati salju di sana yang sampai sekarang belum kesampaian huhu tapi dicatat dulu deh tipsnya. Semoga suatu hari bisa traveling juga ke negara yang bersalju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama deh Kak Siska.

      Kadang berasa mupeng banget pas lagi nonton dan ada scene di bawah hujan salju yang perlahan turun gitu. Entah seperti apa ya rasanya.

      Delete
  9. Baca tulisan Mbak bikin mupeng pengen traveling hehe

    ReplyDelete
  10. Mengenali diri sendiri mebuat kita jadi waspda lebih dini ya.

    Termasuk alergi. Aku juga alergi dingin soalnya hehehe.

    Penasaran hotpack kayak mana ya hehehe kok bisa menghangatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, harus matang persiapannya kalo yang punya aleri dingin :( kalau orang yg tinggal disana, gimana ya kalo punya alergi dingin nih? :)

      Delete
  11. Aku nih suka biduran kalau lagi cuaca dingin, padahal cuma lagi hujan aja, gimana mau ke tempat bersalju hehehe...
    Tapi kalau persiapannya lengkap kaya gini, insyaallah aman lah ya...
    Terima kasih tipsnya, semoga segera ada rejeki dan bisa mengunjungi negara yang ada saljunya...

    ReplyDelete
  12. Huwaaa terima kasih banyak banget buat tips-nya Teh. Baru eungeuh ternyata kalau sedang traveling ke negara empat musim di musim dingin, persiapannya perlu ekstra diperhatikan. Dari bawaan minuman yang bikin hangat, wah berbagai minuman jahe-jahean kita bisa nih dibawa. Terus sepatu anti air juga nggak kalah penting rupanya. Jangan sampai selama perjalanan maunya cari pengalaman senang, eh malah sakit.

    ReplyDelete
  13. Pengen ngasih tips eh tapi aku belum pernah punya pengalaman traveling ke negara musim dingin. Jadi menyimak aja tips-tips keren di artikel ini. kali aja suatu saat kesampaian bisa menikmati musim dingin di luar negeri.

    ReplyDelete
  14. wah iya, travelling ke negara musim dingin pasti seru ya, tapi memang harus banyak yang dipersiapkan
    makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah tinggal di di Hongkong ada musim dinginya duh tiap kali dateng musim dingin gak bisa gerak bebas. Pake pakaian yang berlipat-lipet gitu hehehe tapi seru sih MBa

      Delete
  15. Impian saya pengen ke negara bersalju nih kak .
    Minimal ngerasain salju di turki. Rasanya mupeng. Tapi bakalan tahan gak ya dengan dinginnya.. soalnya aku ada radang amandel. Agak tricky juga sih kalo kena dingin.

    ReplyDelete
  16. Benar juga kak persiapan nya memang perlu. Jangan karena udah punya stok mantel maupun baju penghangat tapi tidak memikirkan kondisi tubuh dan tak melihat bagaimana kondisi cuaca di negara tujuan ya. Noted ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangett. Dlu pernah ngeremehin ahh ini udah cukup taunya yaa masih luput. Termasuk obat2an dan baju ekstra

      Delete
  17. Kalau baca ginian rasanya jadi pingin liburan ke luar negeri nih, mau ngerasain ke tempat negara 4 musim yang keren seperti musim salju. Impian saya banget :)

    ReplyDelete
  18. Bawa hotpack ke mana-mana itu recommended juga yaa Mbak Mei, jd bs menghangatkan telapak tangan, kaki, pipi dan sekitar telinga ya, well noted nih. Makasih ya Mbak tipsnya someday pingin juga traveling ke Korea, misalnya

    ReplyDelete
  19. Duuh... Asli deh ini bermanfaat sekali tulisannya mba... Terus aku makin penasaran juga pingin traveling jadinya.. jehejej

    ReplyDelete
  20. Bener banget mba aku pernah pas jalan ke Eropa seminggu balik balik kulit terutama wajah kering bangettt krn gak bawa pelembab hahah maklum kala itu perdana jd blm pengalaman byk

    ReplyDelete
  21. Sepakat banget sama tips2 di atas mbak, nggak kebayang deh kl liburan ke negera yg sedang turun salju. Orang cuma nginep di Dieng 2 malam dg suhu minus 4 aja berasa nggak kuat saat malam harinya.. Ya karena kurang tepat memilih penginapannya sih, wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Lengkap banget tipsnya. Semoga setelah pandemi bisa berkunjung ke negara yang punya musim dingin.

    ReplyDelete
  23. Aku kangeeen banget main salju di saat winter. Dari 4 musim, cuma winter favoritku Mei. Makanya aku selalu pas winter liburan. Ga tertarik musim lainnya.

    Semakin dingin suhu, makin minus, aku makin cinta :D. Serasa makin hidup dan LBH semangat :). Kebalikan Ama suhu yg panas. Aku lgs ga semangat ngerjain apapun, badan kemas kepala pusing. Kalo anak2ku, PD komentar, aku ratunya salju :p.

    Ga sabar selesai pndemi, aku udh siapin trip lumayan lama utk ngabisin winter bareng anak2 dan suami :D. Saking kangennya pengen liat salju lagi hahaha.
    .tapi tips di atas ttp aku pake kok selama ini. Kecuali hot pack. Ga ngaruh itu kalo di aku hahahaha. Ga ada anget2nya

    ReplyDelete
  24. Ternyata banyak juga ya Mbak yang perlu disiapkan untuk mendatangi lokasi yang sedang musim dingin. Kan kalau musim dingin itu, kalau nggak kita persiapkan, bakalan gawat eh, kedinginan kita. Bisa sakit.

    Kayaknya kalau ke luar negeri, aku ambil pas musim seminya aja deh biar nyaman.

    ReplyDelete
  25. Wah, menarik nih tipsnya. Sebagai orang yang ke Bali aja belum pernah, boro-boro ke negara yang bermusim dingin, penting banget buat dicatat. Biar nanti kalau punya kesempatan jalan-jalan ke luar negeri, nggak bingung persiapannya, hehe.

    ReplyDelete
  26. Kalau nggak dicari tahu dulu cuaca di negara yang mau dituju malah jadi Zong yaa mbaa, hehehe
    Mantaapp nii tipsnya. Makasih mba utk sharingnya

    ReplyDelete
  27. Thermal Blanket itu yang bahannya kayak aluminium foil bukan sih?
    waktu itu pernah bawa waktu camping ke Semeru dan kebetulan kepake sama teman yang hipotermia di pos 3.

    ReplyDelete
  28. Saya pengen sekali ke negara bersalji, khususnya benua Eropa. Namun, ketika punya sakit sinusitis, saya mulai mengurungkan harapan karena pasti pilek berat kalau kena udara dingin dan rasanya pedes di hidung. Kepala juga pusing.

    ReplyDelete
  29. buat aku yang ga kuat dingin, yang klo lagi kerja di ruangan AC aja kadang suka jaketan emang PR banget yaa kalau mau liburan ke negara musim dingin, harus ekstra perlengkapan penghangat badannya nih

    ReplyDelete
  30. Berguna banget tips ini buat orang yang pengen traveling ke negara yang punya musim dingin. Emang perlu ekstra ya persiapannya, daripada malah kurang persiapan dan travelingnya jadi nggak seru ya kan.

    Jadi membayangkan aku nanti traveling ke negara yang dingin banget. Terkadang dinginnya pas subuh aja berasa dingin banget, apalagi yang sampai bersalju gitu.

    ReplyDelete
  31. bagus banget nih tips nya semoga bisa segera aku terapin saat di kasih rezeki terbaik mengunjungi negara musim dingin. aamiin...

    ReplyDelete
  32. Pengen bangeeet traveling ke luar negeri yang bersalju dingin gitu (setelah pandemi kelar mudah2an terwujud hihi). Kalo aku kayaknya perlu bawa obat khusus, soalnya punya alergi dingin. Biasanya idung meler sama mampet, sama gatel2 juga

    ReplyDelete
  33. Aplikasi traveling milik pemerintah Indonesia itu seperti apa ya?
    Penting banget tuh, apalagi kalo kita perginya ke negera yang rawan konflik atau bencana alam.

    ReplyDelete
  34. Dari banyak pengalaman para traveler saat berkunjung ke negara musim dingin, mereka kebanyakan menyiapkan baju hangat dan minuman/makanan hangat. Terima kasih banyak tipsnya ya, meski saya belum pernah ke luar neger (jangankan ke luar negeri, ke Lombok aja belum pernah), tapi setidaknya artikel keren ini bisa jadi referensi kalau suatu saat nanti ke luar negeri.

    ReplyDelete
  35. Persiapan liburan ke negara musim dingin lebih banyak ya supaya lebih nayaman. Mudah-mudahan segera bisa traveling lagi. Oh ada ya dijual thremal blanket. Aku pernah pakai di rumah sakit waktu habis operasi karena menggigil

    ReplyDelete
  36. Lengkap banget tipsnya mba, pasti bermanfaat sekali nih, auto kebayang mau traveling :)

    ReplyDelete
  37. Liburan di musim dingin butuh banyak persiapan memang.Apalagi Indonesia ndak ada musim dingin sehingga perlu membeli pakaian dan perlengkapan lagi jika akan berkunjung ke negara yang ada musim dinginnya. Jahe-jahean dan segal bentuk rempah tradisional sangat bermanfaat sekali kalo dibawa ke sana

    ReplyDelete
  38. Di Indonesia aja kalau musim maba (bulan Juni-Juli) itu dingin banget, apa kabarku di negara empat musim yak? Tapi asli pengen lihat aurora di Norway. Duh, tipsnya aku simpen dulu ya kak sambil berdoa bisa lihat salju

    ReplyDelete
  39. Saya udah mengalami belasan musim dingin saat bekerja di luar negeri malah mwtasa ga nyaman dan ga mau deh ngwlemi musim dinginnya lagi hehehe
    Ya kalau buat liburan sehari sampai seminggu sih asyik pastinya ya

    ReplyDelete
  40. Semoga bisa merasakan berlibur ke negara empat musim, pengen merasakan salju hihi..tipsnya bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  41. Bawa pakaian hangat wajib! Tapi memang agak bulky sih ya, jadi bisa disiasatin dengan dipakai di pesawat pas berangkat biar ga berat-beratin bagasi hahaha. kali aja bisa jadi tambahan selimut atau bantal.

    ReplyDelete
  42. Sebelum traveling sebaiknya survey lokasi dlu yah mba kalau cuaca dsna dingin memang sebaiknya terapkan tips ini

    ReplyDelete
  43. saya pernah traveling ke yurop waktu musim dingin. Kuper beneran gede karena berisi baju dingin super tebal. duhhh beneran ekstra deh bawaannya. sama kudu bawa antangin dulu hahaha

    ReplyDelete
  44. salju itu sebenarnya ngga enak ya. dingin banget. hidung beler. kuping merah, kulit kering sMpai berdarah. Makanya jangan lupa pelembab juga. Paling kesel kalo transportasi mogok semua. Paling seneng akhirnya semua kegIatan sampai libur seperti sekolah dan kerja hehehe

    ReplyDelete
  45. Pelembab wajib banget asli, dari pelembab tubuh, wajah, dan bibir
    pernah hidup di musim dingin Hongkong selalu make pakaian tebal

    ReplyDelete
  46. Memang kalau sudah musim dingin tiba itu rasanya warbyasaaak yaa..
    Aku sekali-kalinya main pas musim salju, mashaAllah...jadi gak pengen keluar rumah.
    Dan ini bahagia banget dapat tips dari kak Mei. Jadi tau gimana mengatasi travelling saat musim dingin tiba.

    ReplyDelete
  47. Saya izin nambahin kak mei,, persiapin juga mental hihi jangan sampai kaget dengan suhu disana,, pulang2 kena flu terus di klaim kena korona lg sama medis hihi...

    Saya sih belum pernah ke luar negri apalagi tempat yg versalju,, huft jd ngiler ngebayanginnya hihi

    ReplyDelete
  48. Hehehehe... Sama dong kita mbak. Suka ngayal main salju atau liburan ke eroma dan menikmati musim dingin sambil make outer yang tebal.

    Eh gak taunya alergi dingin. Ke dieng aja langsung pilek aku, gimana ke luar negeri ya. Astagfirullah 🙈

    ReplyDelete
  49. Saya jadi penasaran sedingin apa luar negeri itu mba mudah2an kesampaian ya hehehe, tentunya dengan menyiapkan semua perlengkapan yang mba sebutkan di atas :)

    ReplyDelete
  50. tolak angin is a must! mau musim dingin atau panas apapun kalo jalan jauh pasti bawa tolak angin hahaha lengkap bgt sih mbak tipsnya, tinggal diterapkan aja nih, cm blm tau kapan 🤣

    ReplyDelete
  51. Bacaan informatif buat saya. Jangankan negara musim dingin, dinginnya puncak Pangrango saja saya udah keteteran, apalagi ke negara yang benar-benar bersalju. Hahahaha. Jadi ingat papa saya 2 tahun lalu ke Swiss sama adik perempuan saya. Bikin iriiiiii. Pengen ikut, tapi udah ada bontot tiga gak bisa ditinggal. Akhirnya cuma bisa dengar cerita dan mupeng lihatin foto-foto mereka doang.

    ReplyDelete
  52. Tips agar membawa makanan dan minuman penghangat wajib diingat ya Mbak, kl traveling ke negara bermusim dingin, hmm susu jahe misalnya ya Mbak atau bajigur gitu

    ReplyDelete
  53. Aku tuh pengen banget lihat salju, tapi keknya kalau beneran jalan-jalan pas musim dingin, yang ada malah kedinginan ya? Tapi dengan tips yang ada di sini sih, jadi lumayan bisa kasih bekal kalau nanti berkesempatan jalan-jalan ke negara dengan 4 musim.

    ReplyDelete
  54. Wah mbak, saya baru tahu kalau ada aplikasi traveling dari peewrintah & kita bisa daftarin diri. Jadi biasanya manfaat utk apa aja mbak ini? dan mengcover kebutuhan kita apa saja?

    ReplyDelete
  55. Aduh duh, asik sekali bisa traveling ke negara musim dingin, impianku sih Jepang, hihi.. Save dulu deh ya mbak :D

    ReplyDelete
  56. karena kita tinggal di daerah tropis memang harus lebih prepare sih ya kalo ke negara yang ada musim dinginnya, jangan saampe travelling malah berubah jd disaster krn kurang persiapan ya kan?

    ReplyDelete
  57. aaaaa asik banget nih travelling ke negara negara yang punya musim dingin kayanyaaa, pengen banget kapan kapan bisa ngerasain musim dingin dan salju hihihil, terima kasih tipsnya ya mbak Mei :)

    ReplyDelete
  58. aaah aku jadi kangen deh mbaa untuk traveling dan mengunjungi negara - negara di saat musim dingin. Terakhir aku berburu Aurorra or Northern lights ke Tromso, Norway di bulan November 2019. Minusnya 15 sajah hahaha

    ReplyDelete
  59. Hotpack mau coba ah, info bermangaat nih beneran baru tau tentang hotpack ini. Tinggal gosok2kan.

    ReplyDelete
  60. Salah satu keinginan terbesar Molly ialah pengen liat salju. Tapi belom pernah kesampaian. Mana udah keburu pandemi lagi huhuu.. semoga tahun depan bisa jalan2 ke mana gitu, pinginnya sih korea atau jepang atau jerman :)

    ReplyDelete
  61. Tipsnya sangat bermanfaat ini mba, aku baca dan pelajari bener" nih semoga setelah pendemi bisa berkunjung ke negara bersalju.

    ReplyDelete
  62. Hidup di musim dingin atau pas lagi travelling musim dingin emang bikin laper aja kak. Setuju. Tips yang disajikan lengkap banget.

    ReplyDelete
  63. save ah, someday mau cobain pegang salju sendiri soalnya ahahaa antara korea atau jepang :) semoga bisa kesampaian, amiin!

    ReplyDelete
  64. aku pernah nih mba ke negara musim dingin, pas ke turki itu. sedih bangeet ada destinasi yang batal kami kunjungi gara2 cuaca ekstrem. jadi destinasi wisatanya tuh ditutup gitu ama pemerintah.

    ReplyDelete
  65. bookmark! pengen banget liburan ke negara musim dingin mainan salju. semoga suatu saat nanti kesampaian..

    ReplyDelete
  66. Waah makasih tipsnya mbak hehe. Yg kepikiran pertama kali sih pasti bawa jaket tebel yg nyaman ya biar tetep hangat hehe.

    ReplyDelete
  67. Waah thanks for sharing tipsnya Kak jadi ada gambaran nih nanti mau bawa aja kalo kesana duh pasti seru yaa main-main sama salju hihi

    ReplyDelete
  68. Gak punya thermal blanket hehe, soalnya jarang juga dipakai di sini, mungkin pakai sleeping bag ya :D
    Aku blm pernah ke negara yang ada winternya huhu, pengen sekali lihat salju kyk apaan. Moga nanti ada rezekinya. Btw makasih tipsnya yaa

    ReplyDelete
  69. ya allah rindu sekali melihat pemandangan penuh salju begini, liburan musim dingin memang menyenangkan

    ReplyDelete
  70. Kalau musim dingin, persiapan kita jadi harus lebih ekstra lagi ya supaya nyaman selama travelling.

    ReplyDelete
  71. Wah ini tips-tips bermanfaat banget deh Mba. Apalagi buat aku yang belum pernah mengunjungi negara yang berhawa dingin, artikel ini makin bikin impian melambung jauh hehehe.

    ReplyDelete
  72. wah lengkap banget tipsnya mba, pengen banget nih travelling ke negara lain lagi semoga corona bisa menghilang

    ReplyDelete
  73. Hotpack nih aku ga kepikiran. Penting banget ya pas musim dingin? Aku sejujurnya ga pernah ke negara subtropis pas musim dingin hihi

    ReplyDelete
  74. Nah setuju sekali mbak terlebih kita biasa tinggal di negara topis ya kalau berkunjung ke negara 4 musim pasti banyak penyesuaiaan . Paling utama ya cuaca dan iklim sih ya.. jadi biar nyaman juga kitanya setiba di negara tersebut

    ReplyDelete
  75. toss, Mba, saya juga alergi dingin, huhuhu. Padahal sejak lama saya juga punya impian bisa traveling ke negara bersalju. Semoga keinginan saya bisa terwujud, ammiiin. Saya akan ingat dan catat 17 hal di atas :)

    ReplyDelete
  76. Udah lama punya keinginan untuk pergi ke negara yang punya musim dingin nih. Kan udah baca tips2 nya tinggal praktekin dong. Asyik nih sambil bayangin tiba2 dapat endorse dari perusahaan travel. Hehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.