MANFAAT GOOGLE ANALYTICS DAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

Hobi traveling dan melanjutkan studi di bidang tourism, telah mengantarkan saya mengenai dunia blogging. Kecintaan saya terhadap traveling dan menulis, dapat saya curahkan dalam platform digital ini dan membuat saya masuk dalam label Travel Blogger. Blogging juga mengantarkan saya mengenal apa itu Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC).

Google Analytics dan Google Search Console


Google Analytics dan Google Search Console adalah layanan gratis yang diberikan oleh Google kepada para penggunanya. Kedua tools ini tentu saja sangat bermanfaat untuk para blogger seperti saya, untuk mengetahui traffic dan performance blog yang saya miliki.

Kelas Gratis SEO BRT Network

Awalnya saya belum begitu paham kedua tools ini, sekedar baca di internet, terus daftar dan pasang. Cek-cek saja sekilas, tidak begitu detail. Sampai akhirnya saya lolos dalam kelas gratis SEO yang diadakan oleh BRT Network periode Juni 2021 yang digawangi Kak Monica Anggen, Kak Gemaulani dan Mas Punto alias Pewe dan Mas Aldi. Such a fruitful class for me as a newbe on blogging. 

Kelas ini diadakan selama 1 bulan selama bulan Juni 2021 dan diadakan kelas webinar setiap akhir pekan. Dan salah satu sesi kelasnya adalah belajar tentang "Audit Web & Cara Menggunakan Tools Audit" yang dibawakan oleh Mas Priyo Harjiyono

Seorang blogger kece yang ahli urusan SEO. Dulu waktu saya di Jogja beberapa kali ketemu dalam kegiatan Blogger Jogja, dan pastinya banyak saya tanya-tanya juga soal SEO ini. Di kelas ini kita membahas tentang Google Analytics dan Google Search Console.

Apa itu Google Analytics (GA)?

Dulu saya tahunya tool ini hanya untuk mengetahui pageview saja. Istilah ini sangat familiar di kalangan blogger karena saat ada klien yang hendak bekerjasama dengan kita, pageview adalah salah satu data yang diminta. Hal ini juga yang memutuskan saya mendaftarkan blog saya dalam Google Analytics ini. 

Pada umumnya Google Analytics adalah salah satu tool untuk mengetahui data statistik pengunjung atau traffic web kita. Namun dalam Google Analytics ini kita juga dapat menemukan banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengetahui performance blog kita. Dan pastinya kita jadi tahu beberapa hal yang harus kita perbaiki dari isi blog kita.

Lalu fitur apa saja yang ada di Google Analytic yang bermanfaat untuk kita sebagai blogger:

Realtime

Dalam fitur ini kita dapat melihat informasi mengenai jumlah real pengunjung saat itu. Dalam menu ini juga terdapat informasi asal mula pengunjung, lokasi artikel yang dikunjungi, sumber trafik, konten, peristiwa, dan konversi.

Audiens

Dalam menu ini kamu bisa melihat detail pengguna, pengguna baru, sesi, jumlah sesi per pengguna, tayangan halaman, halaman per sesi, durasi sesi rata-rata, serta rasio pantulan. Kesemuanya tentu saja sangat bermanfaat untuk mengetahui kinerja blog kita.

Akuisisi

Menu akuisisi menunjukan informasi tentang sumber pengunjung yang mampir ke blog kita, apakah dari organic (trafik dari hasil pencarian di mesin pencari), direct (mengetik langsung alamat web kita), sosial (seperti IG, Twitter, FB, dan lainnya), referal, atau lainnya.

Dari menu ini kita mengetahui bagaimana pengunjung mengetahui web kita. Insight-nya adalah kita bisa memaksimalkan sumber pengunjung yang kita miliki saat ini atau justru mendorong sumber lainnya yang belum maksimal.

Perilaku

Dalam menu ini kamu bisa mengetahui bagaimana pengunjung kita melakukan interaksi di halaman situs yang kita miliki. Di halaman ini kita bisa mengetahui halaman mana saja yang paling sering dikunjungi atau banyak diminati oleh pembacamu, serta landing page.

Kalau kamu penasaran menu lainnya, yuk segera pasang Google Analytics untuk mengetahui data detail trafik blog kamu setiap saat.

Konversi

Di menu ini membahas mengenai sasaran, e-commerce, dan funnel multi saluran.

Apa itu Google Search Console (GSC)?

Nah materi kedua yang saya pelajari adalah tentang Google Search Console (awal mulanya namanya Google Webmaster Tools). Lalu apa itu GSC? Tool ini merupakan salah satu tool gratis dari google untuk mengetahui bagaimana performance situs kita di ranah organik mbah google.

Dulu pertama kali saya daftar, saya hanya menggunakannya untuk mengetahui apakah artikel saya sudah terindeks atau belum di google. Sebatas itu. Tapi setelah saya baca-baca di internet dan mengikuti kelas bersama Mas Priyo, ternyata banyak banget loh manfaat GSC ini.

Lalu apa saja menu yang ada dalam GSC?

Kinerja

Menu ini berisi tentang Total Klik, Total Tayangan, CTR Rata-rata, dan Posisi Rata-rata dari blog kita. Selain itu dalam menu ini kita juga bisa melihat kueri. Yaitu keyword apa yang paling banyak pengunjung ketikan sampai menuju ke blog kita. Ada juga Halaman untuk mengetahui artikel mana yang paling banyak dikunjungi. Atau Negara, di mana kita bisa melihat asal negara pengunjung blog kita. 

Inspeksi URL

Nah ini menu yang dulu pertama saya tahu, inspeksi URL. Menu ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana blog kita sudah dicrawl dan diindeks oleh google.

Kesimpulan

Nah setelah membaca paparannya, tunggu apa lagi, manfaat kedua tools tersebut sangat banyak seperti yang diungkapkan oleh Mas  Priyo Harjiyono untuk monitoring blog kamu. Yuk, segera daftar untuk Google Analytics dan Google Search Console.

33 Comment

  1. Pengen kak, pengen banget bisa mempelajarinya sepertinya sangat menarik.

    ReplyDelete
  2. Thx sharing ilmunya tentang Google analytic untuk blog. Ini juga bagian dari ilmu SEO juga. Intinya bagaimana blog kita jangan sampai diabaikan mesin pencari google

    ReplyDelete
  3. Wah thx banget sharing ilmu nya kk, seengga nya jadi ada ilmu baru lagi nih soal serba serbi Google analytic untuk blog

    ReplyDelete
  4. Awalnya aku juga nggak ngeh ttg dua alat ini. Tapi setelah belajar, ternyata penting bgt ya biar blog kita dicrawl dan diindex google biar muncul di mesin pencarian.

    ReplyDelete
  5. Senangnya bisa gabung di kelas gratis SEO ya mba dan yg ngajar memang ahli di bidangnya, saya masih bingung nih memahami istilah2 di GSC belum lagi ada fitur barunya yang namanya Page Experience itu

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama BRT ini.. jadi pengen ikutan kelasnya juga. Oengen ikut belajar jugak. Huhu

    ReplyDelete
  7. Wah saya ketinggalan kereta kelas ini nih, padahal daging banget. Meski saya udah lama terjun ke dunia blogging, rasanya masih perlu memperdalam wawasan seputar GA dan GSC. Makasih info kerennya ya Mba...

    ReplyDelete
  8. wahh senangnya bisa ikutan kelas gratis dari BRT
    memang GA dan GSC tu penting ya mbak, bisa jadi referensi untuk optimasi blog juga

    ReplyDelete
  9. aku pun ikutan kelas SEO BRT Network mba, dan baru pasang GSC karena ikutan kelas BRT terus masih belajar-belajar banget tentang GA dan GSC nih

    ReplyDelete
  10. aku juga ikutan kelas ini. bermanfaat banget ya. Jadi lebih tahu tentang GA dan GSC karena detail jelasinnya

    ReplyDelete
  11. Aku sudah punya kedua tools ini, masih terus belajar untuk memaksimalkan penggunaannya demi meningkatkan traffic organik, hehe. Semangat!

    ReplyDelete
  12. Banyak banget informasi tentang perkembangan blog, termasuk konten mana yang disukai oleh pembaca, dapat dilihat dari Google Analytic dan Google Search Console.. Asik banget nih Teteh ikutan kelas gratisnya BRT Network.

    ReplyDelete
  13. Bagi blogger GA dan GSC memang penting. Kedua tools itu membantu banget untuk memperbaiki performa blog kita. Selain itu, bisa menjadi panduan untuk pilihan kontent kita juga.

    ReplyDelete
  14. Wah asyikk nih bisa belajar sampe ke akar2nya dua komponen paling penting dalam blog. Keren kak. Kalau lupa soal GA dan GSC pasti aku mampir kesini lagi

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat banget ya. Jadi lebih tahu tentang GA dan GSC karena detail banget penjelasannya

    ReplyDelete
  16. Jujur kak meiiii.. aku butuh kelas offline nih. Karena aku rada kacau kalo ikut kelas online. Aku juga jujur kurang memanfaatkan kelas ini. Padahal aku butuh. Tapi karena tidak langsung /online aku jadi susah mencerna.

    ReplyDelete
  17. Ya saya juga tertarik untuk belajar GA dan GSC...apalagi SEO masih buta. Smg ada kelas lagi pengen ikutan...

    ReplyDelete
  18. Manfaat GA dan GSC ini memang banyak banget kalau di kulik lebih jauh. Bisa meningkatkan oage view dan bisa digunakaa juga audit blog. Terpenting ada kemauan untuk mempelajarinya.

    ReplyDelete
  19. Wah senangnya bisa ikut kelasnya BRT. Pasti bermanfaat banget bedah GA dan GSC nya. Apalagi kedua fitur tersebut sering digunakan untuk laporan insight artikel ke klien

    ReplyDelete
  20. lho mas priyo orang jogja toh?

    aku sampai sekarang pun yang paling sering dilihat dari gsc ya progres sama indexing, kalau GA ya cek PV sih. Memang ada banyak hal yang bisa kita ulik, bahkan kita bisa jadi tahu juga selera pembaca kita dari GSC dan GA itu

    ReplyDelete
  21. Kalo menurut aku si GA da GSC itu ibarat tangan kanan dan tangan kirinya blog, sedangnkan blog itu tubuhnya, tak dapat terpisahkan, bukan perkara traffic saja melaikan perlu ntuk analisa blog juga :)

    ReplyDelete
  22. Thanks sharringnya kak, ga Dan gsc ini Hal penting bagi seorang blogger ya

    ReplyDelete
  23. Senangnya bisa ngulik GA dan GSC dimentori sama yang emang kompeten di bidangnya, sayang sekali waktu itu sy ga bisa ikutan ga lolos heheh padahal pengen banget belajar seo di kelas brt

    ReplyDelete
  24. Waah makasih Mbak sudah dituliskan di sini pembelajarannya.

    Untuk GSC saya suka lihat-lihat query apa yang orang gunakan untuk masuk ke blog saya ... dari situ saya tahu lucu-lucu juga ternyata apa2 yang diketikkan orang2 di mesin pencari.

    ReplyDelete
  25. Sebagai blogger pemula sy senang pengen banget belajar google analitik dn console ini tp masih pusing hehe

    ReplyDelete
  26. Memang ya, dua tools di atas mesti dipelajari, apalagi buat blogger. Karena selain kebutuhan klien yang kadang minta data pageview, kita jg butuh mengetahui kesehatan blog dg dua tools di atas, biar performa blog oke ya mbak Mei😍

    ReplyDelete
  27. Paling seru belajara GA dan GSC. Kalau di kulik dengan menyeluruh bisa meningkatkan performa blog, karena bisa dimanfaatkan untuk audit.

    ReplyDelete
  28. Kalau bahasa GSC dan GA ini seperti gada habisnya ya mbak. Saya sendiri suka penasaran sama GSC ini kok banyak artikel saya yg belum keindex google , hiks

    ReplyDelete
  29. Nah ini dua perangkat penting kalau punya blogggg. Harus. Soalnya pasti klien minta, selain itu juga ini manfaat banget untuk bikin postingan lainnya lewat Query GSC

    ReplyDelete
  30. Dengan adanya Google Search Console ini jd bs praktis ya Mba,, mengetahui kinerja blog kita. Trus mau tau berapa jumlah PV bs dengan mengecek Google Analytic ya

    ReplyDelete
  31. Apaka Google Analitic dan Google Search Console dimiliki satu pendiri kak? kalau iya kenapa ga di gabung saja hehehe

    ReplyDelete
  32. huuu membaca ini seperti tertampar, udah pernah ikut kelasnya mas pewe, tapi nggak sampai beres, dan skrg msh belajar2 juga gimana cara pakai GA dan GSC :))))

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.