TIPS MENJAGA KESEHATAN KULIT BAGI TRAVELER

Sebagai perempuan yang hobi traveling dan banyak melakukan kegiatan outdoor, pastinya terik matahari sudah tidak terelakkan lagi. Lama kelamaan resiko paparan sinar matahari, kotoran, atau debu membuat kesehatan kulit kita terganggu. Termasuk keluar masuk pesawat dengan udara yang dingin, juga bisa menghilangan kelembaban kulit sehatmu.

kesehatan kulit meimoodaema


Nah, untuk menjaga kulit cantikmu tetap sehat, saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah ataupun saat kamu sedang traveling. Tips ini tidak hanya untuk para traveler loh, bisa juga kamu terapin agar kulit kamu tetap cantik dan sehat. Lalu apa tips menjaga kesehatan kulitnya? Yuk, check it out.

1.  Jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat

Tips kesehatan kulit yang ini sih wajib banget buat saya. Buah dan sayuran menjadi makanan wajib harian buat saya, harus ada setiap hari. Ini berpengaruh banget pada kesehatan kulit kamu untuk jangka panjang loh.

Mampirlah beli beberapa buah, saya kadang suka bekal kalau pas lagi traveling ke tempat yang mungkin jarang buah. Buah dan sayur ini membantu kesehatan kulitmu dari dalam, jangan lupa ya makan buah dan sayurnya setiap hari.

2. Minum air mineral yang banyak

Sudah bertahun-tahun saya tidak mengkonsumsi minuman warna selain jus buah atau sayur. Mungkin hanya sekali atau dua kali saja dalam setahun. Perawatan kesehatan kulit dari dalam ini wajib kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu.

Saya perbanya air mineral saja. Sekarang banyak alat untuk mengukur kebutuhan cairan untuk tubuh kamu. Dari salah satu aplikasi yang saya pakai, kebutuhan cairan tubuh saya kurang lebih sekitar 1,8 liter per harinya, tapi biasanya saya minum sampai 2,5 liter per hari. Apalagi saat traveling kena sinar matahari atau banyak beraktivitas di luar ruangan, jumlah minumnya saya tambah.

3. Istirahat cukup

Kebutuhan tidur untuk usia produktif seperti saya membutuhkan sekitar 6-8 jam per harinya. Sebisa mungkin saya penuhi dan so far terpenuhi. Saat bangun pagi badan terasa lebih fresh. Termasuk saat travelingpun sebisa mungkin saya tetap menghitung jumlah istirahat saya.

Tidur akan membantu menjaga kesehatan kulit kamu dari dalam. Dan perlu diketahui juga jam tidur terbaik adalah pada jam 22.00 - 05.00. So, jumlah dan jam tidur kamu sudah sesuai?

4. Olahraga rutin

Nah perawatan kesehatan kulit dari dalam lainnya adalah rutin berolahraga. Kita semua sudah tahu manfaat dari olahraga sangat banyak bagi tubuh kita, termasuk untuk kulit kita.

kesehatan kulit olahraga rutin


Dengan banyak berolahraga kelancaran peredaran darah lebih terjaga, produksi hormon lebih optimal, dan pastinya hormon endorfin atau hormon pembuat bahagianya akan meningkat. Selain itu olahraga juga dapat menghambat sel-sel yang menyebabkan penuaan dini loh. Nah udah tahu manfaatnya, masih malas buat olahraga? 

Nah kalau lagi traveling, coba kamu banyakin jalannya saat mengunjungi beberapa tempat, sekalian olahraga. Kalau naik gunung sih ga diragukan lagi ya, sepanjang jalan itu olahraga hehehe.

5. Hindari alkohol dan rokok

Salah satu faktor kulit sehat akan tetap terjaga adalah tidak mengkonsumsi kedua benda ini. Konsumsi alkohol dan rokok akan membuat kadar kolagen dalam tubuhmu berkurang secara perlahan. Hal ini dapat menyebaban munculnya kerutan halus pada kulit atau mendorong penyeban penuaan dini lainnya. Kulit juga jadi terlihat tidak kencang.

Kalau lagi traveling kan ga bisa kita hindari ya orang merokok, nah kamu bisa gunaan masker, dan saat kamu mengunjungi cafe sama teman-teman traveling kamu, cukup pilih jus atau mineral water saja ya.

6. Konsumsi vitamin

Nah, jika diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kamu, bisa loh mengkonsumsi vitamin kulit. Tapi alangkah lebih baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter apakah diperlukan atau tidak.

7. Hindari stress

Ternyata stress bsua membuat kulit kamu jadi ga sehat loh. Stress akan mendorong hormon kartisol yang mempunyai peranan penting dalam memproduksi lema pada kulitmu. Nah kalau produksi minyaknya berlebih bahaya loh bisa merusak kulit kamu.

So, hindari stress, pergilah traveling untuk membuat kamu lebih bahagia, kalau bahagia stressnya perlahan berkurang bahkan mendorong kamu lebih bahagia.

8. Selalu mengganti pakaian setelah beraktivitas

Jangan lupa setiap kali kamu selesai bepergian atau saat traveling, ganti pakaian kamu dengan. Tidurlah dengan pakaian yang bersih. Ini akan membuat kulit kamu tetap sehat dan bersih.

9. Gunakan perawatan kulit badan dan wajah yang sesuai

Selain perawatan dari dalam, perawatan dari luar juga sangat penting.  Gunakan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit badan dan wajah dengan produk-produk yang aman dan cocok untuk jenis kulit kita.

10. Cek kesehatan kulitmu ke dokter

Jangan lupa juga sekali-sekali cek kesehatan kulit kamu ke dokter. Untuk memastikan kondisi kulit kamu sehat atau tidaknya. Dulu saya rutin juga melakukan pemeriksaan kulit termasuk kita bisa meminta saran konsumsi makanan yang sehat untu kesehatan kulit kita.

11. Lakukan perawatan tubuh dengan rutin

Selain ke dokter, jangan lupa juga jaga kesehatan kulitmu dengan rajin melakukan perawatan ke salon atau bisa dilakukan di rumah. Membersihkannya secara rutin akan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kamu.

12. Mandi secara teratur

Tips berikutnya adalah perawatan dari luar, yap selalu bersihkan badan secara rutin, terutama saat kamu selesai beraktivitas dari luar termasuk traveling. Mandi akan membantu membersihkan debu, kotoran yang menempel di tubuh kamu.

kesehatan kulit get shower


Jangan lupa juga gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan kotoran yang menempel. Salah satunya adalah dengan menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Charchoal. Sabun ini akan membantu melindungimu dari kuman 10x lipat dan juga membantu melawan masalah kulit kamu seperti gatal dan kemerahan.

Kesimpulan

Intinya menjaga kesehatan kulit itu sangat wajib dimanapun dan kapanpun. Mau sedang traveling atau tidak, harus tetap diperhatikan kesehatan kulitnya ya, baik perawatan dari dalam ataupun perawatan dari luar.

Itu dia tips menjaga kesehatan kulit ala meimoodaema.com agar tetap sehat dan cantik, meskipun kamu rajin berkegiatan di alam bebas. Kalau kamu mempunyai tips lain yuk share di kolom komentar.


9 Comment

  1. wah iya, seoarang traveler harus selalu merawat kulit ya mba
    krn lebih banyak melakukan aktivitas di luar , sering kena paparan sinar matahari

    ReplyDelete
  2. Woho lengkap, Gaes. Kulit itu organ terluar tubuh kita. Kudu benar-benar dijaga biar nggak sensi dia. Biar strong juga mengusir segala kerusuhan yang diundang sama kuman dan bakteri yang beterbangan di udara. Palagi yang hobi travelling.

    ReplyDelete
  3. Penting bgt jaga kulit selama traveling. Apalagi kalah ke tempat yg panas atau dingin bgt. Perubahan cuacanya ekstrim bahaya buat kulit ya kalau ga dirawat

    ReplyDelete
  4. Kadang pas liburan aku suka lupa menjaga pola makan. Wkwkwkwk
    Karena sejatinya aku pecinta kuliner yang sayang kalau melewatkan makanan langka. Hehehe. Btw harus yang halal yaaa :)

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak Mei, kulit harus selalu dijaga agar tetap sehat ya. Kulit sehat kan membuat inner beauty lebih terpancar 💃💃

    ReplyDelete
  6. Selain menjaga dari luar, ternyata harus menjaga dari dalam juga ya. Salah satunya hindari stress. Ini agak susah soalnya sering stress gegara urusan kantor hihi

    ReplyDelete
  7. Aku berenti rokok, itu Krn saking ga maunya kulitku cepet keriput Mei :D. Padahal dulu zaman kuliah sampe sebelum nikah, aku ga bisa lepas dr rokok. Suami sempet nyuruh berenti waktu pacaran , tp yg ada aku diem2 ngerokok di belakang dia. Sampe kemudian aku ngeliat foto cewe yg usianya msh muda, tp kliatan tua banget akibat rokok. Itu yg bikin aku takut dan akhirnya stop :D.

    Apalagi aku termasuk yg rutin dan disiplin soal merawat kulit sbenernya. Ga mau aja sia2 capek ngerawat tp ttp rusak gara2 rokok. Foto cewe kliatan tua itu msh aku simpen . Jadi kalo muncul keinginan merokok, aku lgs liat foto itu biar lgs ilang rasa oengennya :p

    True kalo air putih itu ngaruh banget juga. Berasa sih bdn JD ga enak kalo kurang minum. Bibir Trutama JD kering.

    Aku juga konsumsi vitamin kulit. Yg ada kandungan marine Q10 buat anti aging. Aku rutin sih minum sejak msh kerja blm nikah. Dan ngerasa efeknya ada. Setidaknya diumur hampir 40, aku blm ada wrinkles kayak temen2 lain :D.

    ReplyDelete
  8. Poin 8 kadang terlupakan kalau uda capek asal sikat gigi n bersihin muka aja tgerus lanjut tidur #duuh

    ReplyDelete
  9. diriku biasanya pasti bawa skincare sih terutama untuk perlindungan UV dan juga pelembab kulit, soalnya kalau banyak berjemur biasanya suka kering

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.