TIPS MENJAGA KESEHATAN KULIT BAGI TRAVELER

Sebagai perempuan yang hobi traveling dan banyak melakukan kegiatan outdoor, pastinya terik matahari sudah tidak terelakkan lagi. Lama kelamaan resiko paparan sinar matahari, kotoran, atau debu membuat kesehatan kulit kita terganggu. Termasuk keluar masuk pesawat dengan udara yang dingin, juga bisa menghilangan kelembaban kulit sehatmu.

kesehatan kulit meimoodaema


Nah, untuk menjaga kulit cantikmu tetap sehat, saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah ataupun saat kamu sedang traveling. Tips ini tidak hanya untuk para traveler loh, bisa juga kamu terapin agar kulit kamu tetap cantik dan sehat. Lalu apa tips menjaga kesehatan kulitnya? Yuk, check it out.

1.  Jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat

Tips kesehatan kulit yang ini sih wajib banget buat saya. Buah dan sayuran menjadi makanan wajib harian buat saya, harus ada setiap hari. Ini berpengaruh banget pada kesehatan kulit kamu untuk jangka panjang loh.

Mampirlah beli beberapa buah, saya kadang suka bekal kalau pas lagi traveling ke tempat yang mungkin jarang buah. Buah dan sayur ini membantu kesehatan kulitmu dari dalam, jangan lupa ya makan buah dan sayurnya setiap hari.

2. Minum air mineral yang banyak

Sudah bertahun-tahun saya tidak mengkonsumsi minuman warna selain jus buah atau sayur. Mungkin hanya sekali atau dua kali saja dalam setahun. Perawatan kesehatan kulit dari dalam ini wajib kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu.

Saya perbanya air mineral saja. Sekarang banyak alat untuk mengukur kebutuhan cairan untuk tubuh kamu. Dari salah satu aplikasi yang saya pakai, kebutuhan cairan tubuh saya kurang lebih sekitar 1,8 liter per harinya, tapi biasanya saya minum sampai 2,5 liter per hari. Apalagi saat traveling kena sinar matahari atau banyak beraktivitas di luar ruangan, jumlah minumnya saya tambah.

3. Istirahat cukup

Kebutuhan tidur untuk usia produktif seperti saya membutuhkan sekitar 6-8 jam per harinya. Sebisa mungkin saya penuhi dan so far terpenuhi. Saat bangun pagi badan terasa lebih fresh. Termasuk saat travelingpun sebisa mungkin saya tetap menghitung jumlah istirahat saya.

Tidur akan membantu menjaga kesehatan kulit kamu dari dalam. Dan perlu diketahui juga jam tidur terbaik adalah pada jam 22.00 - 05.00. So, jumlah dan jam tidur kamu sudah sesuai?

4. Olahraga rutin

Nah perawatan kesehatan kulit dari dalam lainnya adalah rutin berolahraga. Kita semua sudah tahu manfaat dari olahraga sangat banyak bagi tubuh kita, termasuk untuk kulit kita.

kesehatan kulit olahraga rutin


Dengan banyak berolahraga kelancaran peredaran darah lebih terjaga, produksi hormon lebih optimal, dan pastinya hormon endorfin atau hormon pembuat bahagianya akan meningkat. Selain itu olahraga juga dapat menghambat sel-sel yang menyebabkan penuaan dini loh. Nah udah tahu manfaatnya, masih malas buat olahraga? 

Nah kalau lagi traveling, coba kamu banyakin jalannya saat mengunjungi beberapa tempat, sekalian olahraga. Kalau naik gunung sih ga diragukan lagi ya, sepanjang jalan itu olahraga hehehe.

5. Hindari alkohol dan rokok

Salah satu faktor kulit sehat akan tetap terjaga adalah tidak mengkonsumsi kedua benda ini. Konsumsi alkohol dan rokok akan membuat kadar kolagen dalam tubuhmu berkurang secara perlahan. Hal ini dapat menyebaban munculnya kerutan halus pada kulit atau mendorong penyeban penuaan dini lainnya. Kulit juga jadi terlihat tidak kencang.

Kalau lagi traveling kan ga bisa kita hindari ya orang merokok, nah kamu bisa gunaan masker, dan saat kamu mengunjungi cafe sama teman-teman traveling kamu, cukup pilih jus atau mineral water saja ya.

6. Konsumsi vitamin

Nah, jika diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kamu, bisa loh mengkonsumsi vitamin kulit. Tapi alangkah lebih baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter apakah diperlukan atau tidak.

7. Hindari stress

Ternyata stress bsua membuat kulit kamu jadi ga sehat loh. Stress akan mendorong hormon kartisol yang mempunyai peranan penting dalam memproduksi lema pada kulitmu. Nah kalau produksi minyaknya berlebih bahaya loh bisa merusak kulit kamu.

So, hindari stress, pergilah traveling untuk membuat kamu lebih bahagia, kalau bahagia stressnya perlahan berkurang bahkan mendorong kamu lebih bahagia.

8. Selalu mengganti pakaian setelah beraktivitas

Jangan lupa setiap kali kamu selesai bepergian atau saat traveling, ganti pakaian kamu dengan. Tidurlah dengan pakaian yang bersih. Ini akan membuat kulit kamu tetap sehat dan bersih.

9. Gunakan perawatan kulit badan dan wajah yang sesuai

Selain perawatan dari dalam, perawatan dari luar juga sangat penting.  Gunakan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit badan dan wajah dengan produk-produk yang aman dan cocok untuk jenis kulit kita.

10. Cek kesehatan kulitmu ke dokter

Jangan lupa juga sekali-sekali cek kesehatan kulit kamu ke dokter. Untuk memastikan kondisi kulit kamu sehat atau tidaknya. Dulu saya rutin juga melakukan pemeriksaan kulit termasuk kita bisa meminta saran konsumsi makanan yang sehat untu kesehatan kulit kita.

11. Lakukan perawatan tubuh dengan rutin

Selain ke dokter, jangan lupa juga jaga kesehatan kulitmu dengan rajin melakukan perawatan ke salon atau bisa dilakukan di rumah. Membersihkannya secara rutin akan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kamu.

12. Mandi secara teratur

Tips berikutnya adalah perawatan dari luar, yap selalu bersihkan badan secara rutin, terutama saat kamu selesai beraktivitas dari luar termasuk traveling. Mandi akan membantu membersihkan debu, kotoran yang menempel di tubuh kamu.

kesehatan kulit get shower


Jangan lupa juga gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan kotoran yang menempel. Salah satunya adalah dengan menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Charchoal. Sabun ini akan membantu melindungimu dari kuman 10x lipat dan juga membantu melawan masalah kulit kamu seperti gatal dan kemerahan.

Kesimpulan

Intinya menjaga kesehatan kulit itu sangat wajib dimanapun dan kapanpun. Mau sedang traveling atau tidak, harus tetap diperhatikan kesehatan kulitnya ya, baik perawatan dari dalam ataupun perawatan dari luar.

Itu dia tips menjaga kesehatan kulit ala meimoodaema.com agar tetap sehat dan cantik, meskipun kamu rajin berkegiatan di alam bebas. Kalau kamu mempunyai tips lain yuk share di kolom komentar.


42 Comment

  1. wah iya, seoarang traveler harus selalu merawat kulit ya mba
    krn lebih banyak melakukan aktivitas di luar , sering kena paparan sinar matahari

    ReplyDelete
  2. Woho lengkap, Gaes. Kulit itu organ terluar tubuh kita. Kudu benar-benar dijaga biar nggak sensi dia. Biar strong juga mengusir segala kerusuhan yang diundang sama kuman dan bakteri yang beterbangan di udara. Palagi yang hobi travelling.

    ReplyDelete
  3. Penting bgt jaga kulit selama traveling. Apalagi kalah ke tempat yg panas atau dingin bgt. Perubahan cuacanya ekstrim bahaya buat kulit ya kalau ga dirawat

    ReplyDelete
  4. Kadang pas liburan aku suka lupa menjaga pola makan. Wkwkwkwk
    Karena sejatinya aku pecinta kuliner yang sayang kalau melewatkan makanan langka. Hehehe. Btw harus yang halal yaaa :)

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak Mei, kulit harus selalu dijaga agar tetap sehat ya. Kulit sehat kan membuat inner beauty lebih terpancar 💃💃

    ReplyDelete
  6. Selain menjaga dari luar, ternyata harus menjaga dari dalam juga ya. Salah satunya hindari stress. Ini agak susah soalnya sering stress gegara urusan kantor hihi

    ReplyDelete
  7. Aku berenti rokok, itu Krn saking ga maunya kulitku cepet keriput Mei :D. Padahal dulu zaman kuliah sampe sebelum nikah, aku ga bisa lepas dr rokok. Suami sempet nyuruh berenti waktu pacaran , tp yg ada aku diem2 ngerokok di belakang dia. Sampe kemudian aku ngeliat foto cewe yg usianya msh muda, tp kliatan tua banget akibat rokok. Itu yg bikin aku takut dan akhirnya stop :D.

    Apalagi aku termasuk yg rutin dan disiplin soal merawat kulit sbenernya. Ga mau aja sia2 capek ngerawat tp ttp rusak gara2 rokok. Foto cewe kliatan tua itu msh aku simpen . Jadi kalo muncul keinginan merokok, aku lgs liat foto itu biar lgs ilang rasa oengennya :p

    True kalo air putih itu ngaruh banget juga. Berasa sih bdn JD ga enak kalo kurang minum. Bibir Trutama JD kering.

    Aku juga konsumsi vitamin kulit. Yg ada kandungan marine Q10 buat anti aging. Aku rutin sih minum sejak msh kerja blm nikah. Dan ngerasa efeknya ada. Setidaknya diumur hampir 40, aku blm ada wrinkles kayak temen2 lain :D.

    ReplyDelete
  8. Poin 8 kadang terlupakan kalau uda capek asal sikat gigi n bersihin muka aja tgerus lanjut tidur #duuh

    ReplyDelete
  9. diriku biasanya pasti bawa skincare sih terutama untuk perlindungan UV dan juga pelembab kulit, soalnya kalau banyak berjemur biasanya suka kering

    ReplyDelete
  10. Tipsnya bagus dan lengkap banget, harus disiplin lebih banyak minum air putih nih aku biar terhidrasi kulitnya kadang lupaa

    ReplyDelete
  11. Makasih kak Mei udha diingatkan selalu, olahraga ama asupan makanan kaya serat n ih aku yang kurang kalau untuk kulit. Mineral alhamdulillah udah membaik nih hehehe

    ReplyDelete
  12. Meski suka jalan-jalan, bukan berarti enggak peduli sama perawatan kulit ya kak. Yang utama tetap pola hidup sehat ya, biar kulitnya ikutan sehat. Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
  13. Apalagi di masa-masa pandemi begini yaa, kak Mei..
    Mandi teratur setiap kali sehabis bertemu dan berada di tempat ramai ini adalah kunci.
    Kak Mei sedang travelling kemana niih?

    ReplyDelete
  14. Setuju banget dengan tipsnya, demi kulit yang sehat aku sudah berusaha melakukan semuanya. Tapi jujur sih yang no. 10 itu paling jarang... Hahahha kebiasaan malas ke dokter akunya.

    ReplyDelete
  15. Traveler harus selalu bersihkan muka sebelum tidur. Supaya sisa skincare, makeup dan debu terhempas dan kulit jd bersih lagi. Siap bobok cantik unt bsk jalan2 lagi hihihi.

    ReplyDelete
  16. Bukan traveler harus tetap jaga kesehatan kulit dengan cara2 ini, ya.
    Btw, zaman gini traveler masih aktif jalan2?

    ReplyDelete
  17. Menghindari alkohol bisa dilakukan, tapi menghindari asap rokok cukup sulit juga nih. Secara lingkungan masyarakat masih banyak yang merokok, sekelas tokoh masyarakat sekalipun.
    Ternyata dampaknya untuk kulit kita besar juga ya...

    ReplyDelete
  18. meski sekarang aktifitas travelinge jadi terbatas tetep jaga kesehatan kulitnya ya mbak mei hihihi

    ReplyDelete
  19. Sebagai sesama traveler, setuju semua lah pokoknya dengan poin-poin untuk menjaga kesehatan kulit di artikel ini. Btwe, sudah lama banget gak traveling karena pandemi, etapi walau ga kemana-mana menjaga kesehatan kulit di rumah juga penting yaa, harus mandi.

    ReplyDelete
  20. Kalau ke mana-mana diusahakan bawa tumbler atau tupperware. Karena suka banget jalan kaki kalau lagi jelajahi lokasi wisata, jangan sampai dehidrasi, biasanya di lokasi wisata ada isi ulang air yg bisa langsung diminum

    ReplyDelete
  21. Kalau lagi traveling sebenernya males banget harus minum air putih banyak. Takut banget sih pipis-pipis terus di tempat umum. Padahal penting banget ya menjaga kadar air dalam tubuh. Tipsnya keren-keren nih buat yang lagi traveling.

    ReplyDelete
  22. gimana ya mbak biar bisa rajin 2.5 liter per hari. kalo tinggal di daerah dingin ky susah minum banyak soalnya jarang haus.. beda kalo di daerah panas..

    ReplyDelete
  23. Minum air mineral kerasa banget ngaruhnya. Aku karena hamil kan disuruh minum air mineral 2lt sehari jadi ngerasa kulit makin lembab ga kering lg.

    ReplyDelete
  24. Kalau traveling itu saya jadi kurang minum karena takut sering buang air kecil. Akhirnya kulit jadi kusam dan kering. Padahal penting banget ya jaga kesehatan kulit saat traveling. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    ReplyDelete
  25. minum air putih memang perlu ya mbak
    nggak cuma buat kesehatan tapi juga bagi kecantikan
    aku alhamdulillah juga sudah rajin minum banyak air putih

    ReplyDelete
  26. Setuju mba menjaga kesehatan kulit tetap penting,walau sering aktivitas di indoor. Apalagi yang di outdoor, wajib banget karena kalau kulit bermasalah harus perawatan ini itu yang akan membuang waktu dan biaya

    ReplyDelete
  27. kesehatan kulit memang penting banget, sama penting dengan kesehatan mental kita, sama-sama harus dijaga ya Kak.
    saya nih kadang masih skip buah huhuhuh, ama olahraga juga, dududuhh.

    ReplyDelete
  28. Kadang ku kalau traveling niih malah suka makan jajanan gitu sepuasnya, bisa ngaruh juga padahal ke kesehatan kulit. Selalu bawa lotion dan rajin pakai juga nggak cukup, perlu usaha dari dalam juga hihi melalui asupan makanan dan juga olahraga yaa :)

    ReplyDelete
  29. Heheh jadi kesindir banget nih aku termasuk yang mandinya ga teratur kkwkwk. Kadang mandi sehari sekali kadang juga dua kali. tergantung cuaca di Malang yg sekarang lagi dingin2nya banget hihi

    ReplyDelete
  30. Sebagai traveler memang harus memperhatikan kondisi kulit dengan seksama.
    Maklum, kita banyak terpapar matahari

    ReplyDelete
  31. Jadi traveler itu memang sesuatu banget ya urusan kesehatan kulit
    Namanya juga jalan terus, memang kudu ekstra jaga kesehatannya
    Apalagi kalau mainnya ke pantai atau daerah-daerah dengan kondisi ekstrim

    ReplyDelete
  32. Betul juga ya, karna aktivitas lebih banyak diluar lebih mudah terpapar polusi kulit jadi mesti lebih ekstra dijaga kesehatan dan kebersihannya.

    ReplyDelete
  33. Teh, buah jenis apa sih yang biasanya Teteh ajak traveling ke tempat yang sulit dapat produk buah buahan?


    Nah iya, kalau sampai penginapan sebaiknya mandi dan berganti pakaian dulu sebelum istirahat. Kalau begini, enaknya bawa seri pakaian khusus buat tidur kah kalau misal travelingnya lebih dari beberapa hari gitu, Teh? Apa mending bawa 1 stel aja karena buat tidur doang di penginapan?

    ReplyDelete
  34. setuju banget, menjaga kesehatan kulit itu penting baik pada waktu travelling atau tidak. Mentang mentang kulit enggak rewel jadi malas merawat, akhirnya kena batunya deh...

    ReplyDelete
  35. Hal yang simpel diterapkan itu minum air putih sama olahraga, tetapi manfaat nya sangat banyak ya mbak mei. Masalah kulit biasanya masalah paling serius dihadapi ketika jadi seorang traveler, dan memang sangat pentinh untuk melakukan kegiatan untuk tetpa menjaga kulit tetap sehat, dan pastinya terawat.

    ReplyDelete
  36. lengkap banget nih, ntar aku kudu praktekin juga supaya kalau travelingpun kulit tetep terawat. Aku juga biasanya bawa face care dan bodycare andalan sih

    ReplyDelete
  37. Wah betul banget niiih, yang terpenting adalah ga boleh males mandi yaaaaa. Jaga kebersihan dengan rajin ganti baju kalo basah keringet juga penting ya kak

    ReplyDelete
  38. pentingnya minum air putih agar kulit tetap sehat

    ReplyDelete
  39. Hayo hayo olahraga *nyemangatin diri sendiri* ternyata itu ngefek juga ya ke kesehatan kulit. Kirain cukup pakai skincare dan body care aja.

    ReplyDelete
  40. Sedii amat sekarang yak. Ga bs leluasa traveling2 lagi. Mesti ganti hobi atau ganti negara ikii.

    ReplyDelete
  41. Intinya, siapa aja ayang pengen punya kulit sehat harus rajin olahraga dan jaga pola makan ya kak. Gak minum alkohol dan merokok. Eh, gak hobi begadang juga 😀

    ReplyDelete
  42. rata-rata para traveller mengalami kulit kering dan kusam akibat sinar matahari, sering- sering rajin perawatan biar tetap sehat dan segar > penyebab bintik di penis

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.