TIPS MERAWAT KULIT WAJAH SAAT TRAVELING

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang langsung terkena sinar matahari. Semakin kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, semakin besar pula terkena paparan sinar matahari. Buat kamu yang hobi jalan-jalan, pastinya tips merawat kulit wajah saat traveling menjadi hal wajib.

tips merawat kulit wajah saat traveling


Nah aku ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kulit wajah kamu tetap sehat dan glowing saat traveling. Yuk, check it out.

1. Tetap gunakan skincare rutin

Meski kamu sedang traveling, jangan abaikan skincare rutin yang biasa kamu pakai. Mulai dari facial wash, toner, serum, pelembab, sleeping mask dan lainnya. Bawa secukupnya dan bawa sesuai kebutuhan kamu. Pastikan semuanya bisa menjaga kulit sehat dan cantikmu.

2. Gunakan pelembab atau moisturizer

Pelembab muka menjadi salah satu barang wajib kamu bawa saat traveling. Skincare ini akan membantu kulit wajah kamu tetap lembab dan terhidrasi dengan baik serta terjaga dari sinar matahari. 

3. Oleskan sunblock atau sunscreen

Salah satu cara merawat wajah saat bepergian adalah mengoleskan sunblock atau sunscreen untuk muka kita. Gunakan sunblock yang sesuai dengan jenis kulit kita. Mulai dari yang ber SPF 15, 30, sampai 50. Produk kecantikan ini akan membantu kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari. 

4. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Kebiasaan menyentuh wajah ini sering kali dilakukan oleh banyak perempuan, tanpa disadari hal ini dapat menyebabkan kesehatan kulit wajah terganggu.

Tangan kita bisa saja menyentuh barang-barang yang mengandung kuman atau bakteri dan tanpa sadar kita memindahannya ke muka kita. Nah mulai sekarang hindari ya menyentuh wajah terlalu sering, apalagi sedang jalan-jalan.

5. Jangan menggunakan make up berlebihan

Kalau kamu sedang traveling, gunakan make up seminimal mungkin. Selain membuat kamu lebih fresh dan membuat tetap cantik alami, kamu juga tidak ribet untuk membersihkannya. 

6. Selalu bawa sheet mask

Pengalamanku, kalau kita sedang jalan-jalan di tempat panas pastinya kulit kadang sering berasa terbakar, atau bahkan berasa kering ketika di daerah dingin. Biasanya aku akan bawa sheet mask dan menggunakannya di malam hari setelah sampai di hotel. Seenggaknya akan membantu menenangkan kulit kamu yang sudah seharian lelah dan terkena paparan sinar matahari dan debu kotoran.

7. Gunakan eye cream atau pelembab mata

Jangan dianggap sepele ya, kesehatan mata juga wajib tetap dijaga. Jadi jangan lupa selalu bawa pelembab mata saat kamu traveling agar kesehatan mata kamu tetap terjaga.

8. Hindari menggunakan sabun hotel

Ini tips kesehatan kulit untuk muka kamu yang juga penting, kalau kamu ketinggalan pencuci muka harian kamu, better kamu gunakan air hangat saja untuk membilas muka kotor kamu dengan menggunakan tisu. Jangan gunakan sabun hotel, karena belum tentu kandungannya cocok untuk kulit muka kamu. Apalagi jika sabun yang disediakan multifungsi untuk badan dan pencuci muka.

9. Selalu bersihkan make up setelah berjalan-jalan

Jangan lupa bersihkan make up sebelum kamu tidur. Ini akan menjaga kesehatan kulit wajah kamu tetap fresh. Apalagi sehabis jalan-jalan di bawah sinar matahari, agar debu dan kotoran yang menempel hilang. Sekaligus membuat kulit wajah kamu bisa bernafas dengan bebas tanpa harus terhalang make up atau debu kotoran yang menempel.

10. Jangan gosok kulit wajahmu

Pas lagi traveling biasanya kulit kita kena sinar matahari cukup lama dan membuat kulit terasa basah dan berminyak. Nah jangan sesekali menggosok kulitmu dengan tangan atau barang kasar lainnya. Karena hal ini hanya akan membuat kulitmu menjadi iritasi atau luka. Bahkan membuat pori kamu menjadi membesar.

Yang bisa kamu lakukan adalah membiarkannya terlebih dahulu jika berkeringat. Setelah itu tempelkan tisu biasa atau tisu penyerap minyak secara perlahan, cukup tempelkan bukan digosok ya.

11. Bawa facial spray

Jangan lupa selalu bawa facial spray yang akan membuat kulit kamu tetao segar. Saat kulit wajah sudah mulai terasa kurang segar, semprotkan cairan penyegar ini ke wajah kamu.

12. Bawa Exfoliator

Barang penting ini juga jangan ketinggalan ya, terutama kamu yang jalan-jalannya memakan waktu lama. Karena lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan potensi terkena paparan sinar matahari lebih lama, membuat kesehatan kulit kamu cepat rusakLakukan exfoliator meski kamu sedang dalam liburan ya. Agar kulit cantikmu tetap sehat dan glowing.

Kesimpulan

Merawat kulit badan saat traveling itu sangat penting, tapi menjaga kulit wajah juga tak kalah penting agar kulit kamu tetap sehat. Dan di atas adalah tips merawat kulit wajah saat traveling ala meimoodaema.com agar tetap sehat, bersih, dan cantik, meskipun kamu rajin berkegiatan di alam bebas. Kalau kamu mempunyai tips lain yuk share di kolom komentar.

38 Comment

  1. Makasih banget mbak, infonya sangat bermanfaat, soalnya setiap travelling aku selalu lupa merawat kulit, alhasil pulang dari traveling kulit langsung gosong kadang timbul jerawat juga.

    ReplyDelete
  2. wah bermanfaat sekali infonya mbak soalnya kebiasaan kalo travelling tuh males bawa seabrek tapi sheetmask itu best banget buat rescue ya mbak

    ReplyDelete
  3. Aku lebih rela ketinggalan baju drpd ketinggalan skincare pas traveling Mei :p

    Skincare buatku udah utama banget. Mau sdg traveling, ATO ga, perawatan wajah tetep harus dilakuin. Apalagi aku pake metode 10 layers tiap kali aplikasiin skincare. Ini sih sbnrnya alasana kenapa aku ga bisa pake ransel. Wajib koper. Krn memang bawaanku banyak trutama skincare :D. Aku pernah tuh ketinggalan tas yg isinya skincare. Baru sadar di bandara . Untung aja duty free ya ngejual skincare yg aku pake :D. Lgs beli semuanya di situ :D. Drpd kulitku sengsara selama traveling kaaan :p

    Satu lagi, aku selalu rutin minum vitamin kulit juga sih. Yg aku pake selama ini AG factor, produk singapur. Itu aku rutin minumnya tiap malam. Untuk memperlambat penuaan lah ;)

    ReplyDelete
  4. Tipsnya ok banget nih.
    Ada yang udah saya terapin tapi ada juga yang belum, seperti exfoliator itu. Karena memang gak pernah saya lakukan rutin, hehe...

    Tapi setelah baca ini, bakalan saya ikutin deh tipsnya.

    ReplyDelete
  5. haha iya niihh memang sabun hotel itu kudu kita hindari soalnya bikin kering, apalagi kalau backpackeran dan di hostel atau hotel murah, mana dapat sabun. kalau pun ada kualitasnya ya gitu deh :D

    ReplyDelete
  6. Soal bawa sheet mask setuju banget sih. Ntah napa kalo travelling wajah jadi kering mesti ada sheet mask yang menemani.

    ReplyDelete
  7. Thank you infonyaa. Selama ini kalo aku traveling cuma bawa tisu basah aja mbak buat bersihin muka. Kalo udah di hotel langsung wajib cuci muka terus pake toner. Kalo ke pantai, harus berlapis lapis sunscreenya biar nggak gosong hihi

    ReplyDelete
  8. Eye cream nih yang jarang kupake krn gak punya jg hahaha...iyah sabun hotel ga pernah buat wajah akumah tapi buat bdan sisanya dibawa pulang #eeh hahahha

    ReplyDelete
  9. Untuk tangan ku yg gratil suka iseng, ada aja pingin pegang wajah.. emg hrs dihindari, atau cuci tangan sebelum pegang wajah, karena kulit sensitif kalau tangan ga steril bisa² muncul jerawat nakal

    ReplyDelete
  10. Infonya bermanfaat sekali mbak. Dulu pernah kulitku yang biasanya berminyak jadi kering & beruntusan. Skincare yang aku bawa nggak lengkap, ketinggalan. Tersiksaaa banget soalnya datang pas lagi mulus eh pulangnya banyak jerawat lagi. 😭

    ReplyDelete
  11. Sabun hotel itu wangi-wangi yaa.. Jadi bikin kulit kering seketika.
    Baiknya bepergian selalu siap skincare yang travelling size. Jadi tetap terawat meski kondisi sedang safar yang bisa jadi selain stres juga terpapar banyak hal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sering lupa kalau sedang bepergian itu adalah menggunakan sunscreen. Rasanya kalau uda safar tuh...rusing sendiri, hehhee..
      Wajib padahal ini mah yaa...agar kulit tetap sehat dan tidak berubah menjadi gelap.

      Delete
  12. Aku setiap traveling pasti kumat deh kondisi kulit keringnya. Bahkan smpe kadang ngerasa ketarik. Moisturizer emang the most important sih ya kak. Sama sunscreen juga.

    ReplyDelete
  13. Skincare adalah kunci ya, ga boleh ketinggalan banget pokoknya, kalau ketinggalan, alamat deh kulit jadi bermasalah.

    ReplyDelete
  14. aku mengiyakan semuanya karena emang saat traveling kita suka kendor merawat diri, jangan sampai sibuk ngeberesih masalah saat pulang traveling nantinya

    ReplyDelete
  15. Setuju sama tipsnya kecuali eksfoliator 😌. Selain merasa ribet aja membawa itu juga karena kulitku sensitif, baik yang modelan aha bha atau scrub kudu dipakainya sebulan sekali saja. Bayangkan ribetnya jika dibawa traveling tuh.

    ReplyDelete
  16. Waahh... penting banget nih tipsnya. Noted ya buat inspirasi traveling nanti setelah pandemi berakhir tentunya hehehee. Makasih ya

    ReplyDelete
  17. Paa lagi traveling enggak cuma fokus ke destinasi ya kak, tapi kita juga tetap harus tampil segar dan bersemangat. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  18. Mantep nih yang mau traveling wajib baca postingan kak Mei, karena lengkap banget semua diulas
    dan aku jadi pengen nerapin yang belum sempat kuterapin. Makasih Kak Mei

    ReplyDelete
  19. Wuih keren, traveler juga ternyata peduli dengan kulit wajah ya. Pantesan bagus-bagus. Cuma ya karena gak make up berlebihan, jadinya gak kelihatan. Memang ya, biar kulit wajah bagus mah, mau ke mana aja, bahkan di rumah terus pun, ya kudu dipelihara wajahnya ya. Dengan skin care rutin.

    ReplyDelete
  20. Ok banget nih tipsnya, Mbak. Saat traveling pun menjaga kesehatan kulit tubuh dan kulit wajah tidak boleh diabaikan justru harus lebih diperhatikan ya. Thanks for sharingnya. Sangat bermanfaat dan saya jadi ikutan noted nih kalau nginap di hotel sebaiknya gunakan sabun sendiri ya meskipun sudah disedian sabun di sana karena belum tentu cocok dengan kulit wajah kita

    ReplyDelete
  21. Kala traveling atau pergi-pergi menginap aku pasti bawa skincare dasar, sunblock penting banget ga pernah ketinggalan. Seger juga ya kalau bawa sheet mask, tapi kadang aku lupa bawa nih.

    ReplyDelete
  22. Iya nihh, aku juga ngga pernah pake sabun hotel untuk membersihkan muka. Kan wajahku cenderung kering, ntar kalo malah kering dan iritasi bisa berabe hehehe.

    ReplyDelete
  23. Nggak hanya cewek aja yang perlu merawat kulit wajah, tapi cowok juga perlu, apalagi saat traveling. Mungkin caranya aja yang berbeda.

    Dulu saat ke Aceh, ngerasain kulit muka udah tebel banget sama daki, hahahaha, apalagi cuaca di sana cukup panas, karena dikelilingi pantai.

    Makasih tipsnya Mba.

    ReplyDelete
  24. Skincare yang paling wajib saya bawa terutama saat mendaki gunung yaitu sunblock atau sunscreen. WAJIB banget. Soalnya paparan matahari di gunung 50% lebih kuat dibanding di permukaan laut atau dataran rendah. Pernah beberapa kali lupa eh nggak sampai sehari kulit menjadi gelap bak pantat panci :D

    ReplyDelete
  25. Ternyata perlu bawa sheet mask ya.. selama ini gak kepikiran sih..Padahal emang iya kalo traveling kulit wajah kan panas2an gak kerasa tau2 gosong hehe

    ReplyDelete
  26. Baca postingan ini jadi pengin jalan-jalan lagi. Semoga pandemi segera usai biar bisa traveling entah ke mana lagi. Sama banget dengan istri saya kalau pelesiran outdoor ya makeup sewajarnya, jangan over. Biar gampang juga pas bersihin di hotel. Mengingat kondisinya kan ga kayak di rumah yang lengkap. Nah yang sering kelupaan tuh sunblock. Makasih ya tipsnya, Kak.

    ReplyDelete
  27. Hwaa terimakasih kak mei tipsnya. Saya termasuk kelompok yang suka gosok2 wajah ini huhu. Yg ada kulit malah jadi kering banget yaa. Hiks

    ReplyDelete
  28. Aku kalau travelling nggak pernah bawa sheet mnask sih sebenarnya. Ehh benar juga ya kalau tetap butuh sheet mask walau lagi travelling karena kan pasti terpapar matahari, polusi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  29. aku pernah nggak pakai sunscreen
    u know lahapa yang terjadi. hahaha
    gosong dong kak mei muka ku. kaya kepiting rebus

    ReplyDelete
  30. Ulasannya menarik sekali, Mbak. jadi walau bawaan jadi agak banyak, tapi demi agar kulit wajah dan badan terawat. Apalagi kan selama travelling, kita tidak tahu sikon dan cuacanya.

    ReplyDelete
  31. bagi yg suka traveling, merawat kulit adalah suatu keharusan ya mbak..
    apalagi klo banyak aktivitas outdoor.
    sunscreen nya kudu yg spfnya tinggi

    ReplyDelete
  32. Kalau sunscreen sama pelembab saya gak pernah ketinggalan. Cuma exfoliator aja yang kadang malas bawa-bawa kalau bepergian. Apalagi kalau yg berbau chemical, makin malas bin lupa. Nah, kalau sheet mask nih enak, bisa beli di mini market kan. jadi kalau lupa gak bawa pun tetep bisa beli di tempat tujuan.

    ReplyDelete
  33. wah membantu banget nih tipsnya. kayaknya aku juga harus bawa sheet mask nih kalau lagi nginep jauh.

    ReplyDelete
  34. Wah keren infonya. Makasih ya...Saya sering traveling kadang abai untuk melindungan dan merawat kulit. Tp next insha Allah GK lagi krn ada tips2 nya...thx

    ReplyDelete
  35. wah ngga kepikiran sih kalo travelling harus bawa alat tempur buat wajah. paling minim facial foam sm pelembab. jarang pakai yg ada spf nya. aplagi mask hehe.. sampe penginapan dah terkapar ga sempat merawat wajah hehe

    ReplyDelete
  36. Saya jika ingin merawat kulit wajah jika ingin keluar kota, harus wajib bawa peralatan skincar dan facecare hehe, jangan ada kata malas juga jika ingin glow up

    ReplyDelete
  37. Kalau aku sunblock udah yang paling utama ya karena dia jadi shield dari terpaan matahari. Sisanya harus ada toner spray juga biar wajah tetap lembab. Dan pasti, parfuuum. Hehehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.