INILAH TIPS MENABUNG UNTUK YANG HOBI TRAVELING

Berawal senang nongkrong dipojokan perpusatakaan waktu zaman SD, saya melahap banyak buku bacaan tentang tempat-tempat indah di dunia. Berujung pada mimpi besar "someday I will be there" kemudian membuat saya berpikir bagaimana caranya saya bisa kesana. Yaps, menabung salah satu caranya. Dan inilah tips menabung ala meimoodaema agar bisa merealisasikan mimpinya.

inilah tips menabung untuk yang hobi traveling


1. Tetapkan tujuan tabunganmu

Untuk dapat menyisihkan uang dengan fokus, pastikan tujuan kamu  menabung untuk apa. Hal itu akan membuat kamu termotivasi untuk terus menabung.

Tetapkan tujuan menabung untuk hal-hal yang kamu impikan terlebih dahulu. Dulu saya awal rajin menabung saya tetapkan tujuan tabungan saya untuk pergi traveling. Saya membayangkan saya mengunjungi tempat-tempat impian saya seperti di buku. Hal ini membuat saya lebih bersemangat.

Kedua, saya ingin melanjutkan sekolah master saya (meskipun kenyataannya pada saat lanjut masih dibantu orang tua) tapi seenggaknya di awal saya termotivasi menabung karena itu mimpi saya. Atau untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan. Atau mimpi lainnya mengantarkan orangtua saya ke tanah suci dengan uang pribadi saya, itu jadi motivasi besar saya juga untuk menabung.

2. Rinci sumber penghasilan dan pengeluaran

Nah ini berlaku buat siapapun termasuk kamu yang belum bekerja. Ketahui sumber pendapatan kamu. Saya biasanya buat daftar pendapatan dan pengeluaran saya untuk apa saja setiap bulannya, saya buat di excel saya tulis setiap hari dengan rinci. Sekarang kita bisa gunakan aplikasi budgeting untuk mengontrol ini.

Sehingga akhir bulan saya tahu pendapatan dan pengeluaran saya. Kalau sudah mempunyai penghasilan sendiri ini lebih mudah mengontrolnya. Mengetahui penghasilan dan pengeluaran akan membuat kamu lebih mudah mengontrol setiap bulannya.

3. Ikut arisan

Salah satu cara yang saya lakukan dalam menabung adalah ikut arisan. Jangan melihat sisi nominalnya ya. Berapapun itu saya ikut dengan catatan, kelompok arisannya bisa dipercaya. Biasanya saya minta menang di akhir atau mendekati akhir arisan. Alasannya? Agar tidak jadi beban, simpel aja seperti itu.

Selain uang, saya juga pernah ikutan arisan barang, berupa emas. Ini juga bisa teman-teman lakukan, sehingga pada saat dibutuhkan, emasnya bisa dijual kembali. Tapi kalau untuk traveling, sepertinya jangan sampai jual tabungan emasnya ya hehehe, kecuali jumlahnya kecil.

4.  Membuat rekening terpisah

Nah inilah salah satu tips menabung ala meimoodaema yang masih orang jarang lakukan. Pisahkan rekening untuk tabungan, dan rekening kebutuhan sehari-hari.

Saat ini saya sedang bekerja di sebuah perusahaan, sekaligus juga saya freelancer. Saya buat satu rekening untuk gaji dan pengeluaran saya sehari-hari termasuk membayar cicilan atau beban lainnya. Rekening kedua, saya buat untuk tabungan dengan sumber dari gaji bulanan.

Nah, pendapatan dari saya menulis atau freelancer selama beberapa tahun ini, saya pisahkan di rekening ketiga dan saya buat sebagai tabungan darurat. Nah buat kamu yang blogger atau content creator lainnya bisa coba cara ini.

5. Saving challenge dan hindari gaya hidup konsumtif

Ini salah satu tips menabung yang cukup ampuh buat saya. Karena saya termasuk orang impuls, suka beli barang tiba-tiba hanya karena lucu atau apa meski ga butuh. Harganya tidak seberapa, tapi saya hitung-hitung bisa sampai jutaan setiap bulannya.

Dulu mikirnya, ok lah buat nyenengin diri sendiri. Ternyata itu pemikiran yang salah kaprah. Akhirnya pelan-pelan saya mulai membeli barang sesuai kebutuhan. Saya pelan-pelan menerapkan gaya hidup minimalis terhadap apapun itu. Dan ternyata saving-nya setia bulan lumayan besar. Saya bisa alokasikan untuk tabungan atau traveling deh.

Coba kamu tantang diri kamu untuk bisa menabung setiap bulannya, misalkan 40% atau 50% dari pendapatan kamu. Dan mulai jadwalkan me time atau nongkrong di cafe-nya cukup 1-2 bulan sekali saja.

6. Buat anggaran kebutuhan

Saya buat anggaran kebutuhan saya setiap bulannya untuk apa saja dan tentukan angkanya berapa. Saya isi setiap saya mengeluarkan uang. Saya pastikan tidak mengeluarkan uang di luar anggaran, kecuali masuk kategori darurat dan unpredictable. Cara ini cukup ampuh juga untuk bisa menabung.

7. Menyimpan uang koin kembalian atau tukaran

Sejak 2010 saya selalu mengumpulkan uang koin yang saya miliki entah dari kembalian atau saya sengaja tukar karena saya suka dengan uang Rp. 500 dan Rp 1000 koin itu. Saya kumpulkan dalam kotak cantik, biar semangat juga mengisinya kalau kotaknya cantik hehehe.

inilah tips menabung untuk traveling

Nah, setelah penuh kotaknya saya tukarkan dan ternyata lumayan bisa dapat jutaan rupiah. Lalu saya tukarkan dan masukan ke dalam rekening tabungan.

8. Menabung berdasarkan tanggal

Saya lupa dulu pernah baca dari mana cara menabung ini. Lalu saya terapkan. Jadi saya menabung berdasarkan tanggal. Misalkan tanggal 1 saya menabung Rp. 1000, tanggal 2 saya menabung Rp. 2000, sampai tanggal 30 atau 31 berarti saya harus nabung Rp. 31000 di tanggal itu. Sebulan lumayan loh dapat hampir Rp. 500ribuan. Kalau kelupaan saya akan rapel.

Nah cara ini bisa kamu terapkan juga, setiap hari rutin tidak terasa loh. Lama-lama menjadi bukit. Saya kumpulkan di kotak khusus setelah satu bulan saya masukan ke rekening tabungan saya. Lumayan bisa buat traveling atau membeli kebutuhan apa kan.

Hal ini juga mengajarkan kita bahwa menabung tidak harus selalu dalam jumlah besar, mulai dari angka kecil dahulu tapi konsisten.

9. Investasi dalam properti

Salah satu tips lainnya dalam menabung adalah membeli properti atau tanah misalkan. Meskipun masih sedikit-sedikit saya coba menerapkan prinsip menabung ini. Karena harga tanah atau properti ini akan terus naik, jadi bisa menjadi salah satu alternatif lainnya.

Atau membeli binatang peliharaan bisa juga menjadi salah satu cara menabung efektif. Daripada saya membeli kendaraan yang bakal menyusut setiap tahunnya, saya memilih menyimpannya dalam bentuk properti. Mungkin karena saya juga belum merasa membutuhkan kendaraan pribadi, jadi lebih baik uangnya saya simpan dengan cara lain.

10. Investasi dalam bentuk deposito

Ini juga saya sudah lakukan. Saya buat beberapa deposito artinya uangnya tidak dalam 1 rekening deposito dan buat jangka waktu yang bervariatif. Hal ini saya lakukan untuk menghindari penalty, jika kita membutuhkan dana secara tiba-tiba dalam jumlah besar.

Karena semakin besar dan semakin lama jangka waktu deposito, penalty yang dikenakan semakin besar ketika kita ambil tiba-tiba. Jadi solusinya buat deposito menjadi beberapa rekening.

Misalnya, jika teman-teman akan deposito Rp 50 juta. Saya akan buat 2 rekening depositonya. Satu dengan angka Rp. 20 juta dengan jangka waktu deposito 3 bulan. Satu lagi saya setor dengan angka 30 juta dengan jangka waktu 6 bulan. Kurang lebih seperti itu ilustrasinya.

11. Automatic debit

Dulu saya pernah juga melakukan cara ini, melakukan transfer otomatis setiap tanggal 5 setiap bulannya dan masuk ke rekening tabungan. Tidak terasa dan kadang saya lupa ternyata saya punya tabungan khusus ini. Lumayan tabungannya bertambah.

12. Cashless

Ini salah satu cara ampuh juga yang saya rasakan. Mengurangi menyimpan uang di dompet. Selain cashless itu banyak diskonnya, juga buat saya mengurangi konsumtif. Apalagi kita yang tinggal di daerah yang internet belum begitu lancar. Ini sangat membantu sekali menyimpan uang simpanan di e-wallet. Jarang terpakai.

13. Membuka usaha

Nah, salah satu cara tips menabung dari saya untuk jangka panjang, dengan membuka usaha dengan saudara atau teman. Percaya deh, dengan membuka usaha seperti ini, membuat kamu lebih bisa mengontrol pengeluaran kamu.

Memperhitungkan untung rugi membuat saya juga jadi lebih bisa mengontrol keuangan. Tapi jangan lupa pilih-pilih dan teliti ya dalam memilih partner usahamu. Pengalaman saya beberapa kali buka usaha, keliru memilih partner, yang ada malah rugi bukan untung.

14. Bijak menggunakan kartu kredit

Nah buat kamu yang kaum millenial atau generasi Y, bijaklah dalam penggunaan kartu kredit ini, karena akan membuat kamu lebih konsumtif. Gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan mendesak atau penting saja.

Kalau kamu kurang bijak, yang ada bukannya hemat malah kamu rugi, uang yang harusnya kamu tabung malah habis untuk membayar kartu kredit.

15. Pilih support system dengan gaya hidup mirip

Nah, pengaruh mereka baik itu pasangan, saudara atau teman juga sangat besar loh dalam cara kamu menabung. Temukan mereka yang mempunyai gaya hidup sama atau seenggaknya mirip. Teman seperti ini akan membantu mengingatkan kamu saat kamu mulai boros atau belanja untuk hal-hal yang tidak penting.

16. Tambah penghasilanmu

Nah, untuk menambah pundi-pundi tabunganmu, selain membuka usaha kamu juga bisa memanfaatkan hobi kamu menjadi uang sebagai passive income.

Salah satunya dengan menjadi freelancer tulisan atau reviewer produk seperti saya, kalau dikumpulkan lumayan juga uangnya bisa buat traveling keliling ke beberapa negara loh. Atau kamu bisa mencari tambahan dengan cara lain, misal mengajar online, bermain saham, atau lainnya.

17. Konsisten dan sedekah

Nah ini ya paling penting, jangan lupa kunci terakhir dari tips menabung adalah konsisten dengan planning awal yaitu "menabung". Selain konsisten jangan lupa ya keluarkan sedekah dari tabunganmu juga ya biar makin berkah dan makin banyak tabunganmu dari jalan yang tidak disangka-sangka.

inilah tips menabung donasi


Tante saya sering bercerita, waktu saya SD itu, selalu minta uang buat nabung, bahkan uang buat jajan saja ditabung, mungkin ini juga yang membuat saya jadi senang nyimpen uang. So, buat mommy bisa membiasakan anak-anaknya menabung sejak dini. Karena hal ini akan tertanam di bawah alam sadar mereka mengenai kesadaran menabung.

Nah inilah tips menabung ala meimoodaema.com yang bisa kamu terapkan. Dan cara-cara di atas cukup berhasil, saya bisa mengunjungi beberapa negara impian saya dan semoga negara-negara lain segera menyusul ya, aamiin. So, apakah kamu punya tips atau pengalaman menabung unik lainnya yang bisa dibagi,  jangan lupa sharing di kolom komentar ya.

38 Comment

  1. Langkahnya benar ini untuk manajemen finansial untuk yang suka jalan-jalan
    Saya juga berusaha nabung untuk bisa ke Bandung
    Kota impian sejak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. welcome to Bandung mba someday, bisa kasih tahu saya kalau ke Bandung, kalau saya pas di rumah bisa saya temani jalan-jalan

      Delete
  2. Boleh juga nih tips menabung berdasarkan tanggal. Cerdik juga tipsnya, baru denger nih untuk menabung yang sesuai tanggal.

    ReplyDelete
  3. Momentumnya pas banget karena istri lagi pengin jalan-jalan ke Banyuwangi. Kalau rekening terpisah sih udah bikin, cuma masalah selama ini tuh kadang ga disiplin nabung. Kadang uang tersedot untuk beli makanan hehe. Makasih ya, tipsnya sangat bermanfaat terutama pakai transaksi cashless dan perbanyak sedekah. Semoga rencana kami terkabul. :D

    ReplyDelete
  4. Betul daripada beli kendaraan mending uangnya dibelikan sesuatu yang nilainya akan meningkat. Kekuatan impian juga bisa jadi motivasi untuk menabung.

    ReplyDelete
  5. mantab ni ..banyak tips yg belum saya ketahui dan kynya lebih pas karena sudah pernah dipraktekk hehe

    ReplyDelete
  6. saya termasuk yang susah nabung mba, makanya saya ikut TAKA, aka tabungan berjangka, jadi kita di paksa nabung tiap bulan hahaaa

    ReplyDelete
  7. asik banget baca review biar bisa traveling dari menabung, makasi ya kak udah berbagi tips

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya penasaran sih sama yang sering traveling itu gimana cara nabungnya, karenakan sudah pasti lebih sering jalan-jalan dan banyak pengeluarannya juga. Ternyata ada tipsnya juga disini.

    ReplyDelete
  9. wah makasih mbak tipsnya soalnya sering kepo sama yang suka travelling itu gimana cara ngatur duitnya sih kan jadi pengen juga soalnya travelling gitu

    ReplyDelete
  10. Pas kepengen family traveling dan dananya ada, eh si covid datang. Jadi dipending deh, liburannya. Nunggu aman aja, khawatir kenapa kenapa

    ReplyDelete
  11. Wah membuka usaha juga bisa dipakai buat menambah dana traveling ya. Trus arisan juga. Boleh nih dicoba, karena memang ada satu destinasi yang sedang aku incar dan niatku bawa rombongan sekeluarga buat ke sana.

    ReplyDelete
  12. Udah lama diriku nggak ikut arisan kak, sejak pindah ikut suami seru sih i ni ya kalo dapet uang arisan
    merincikan pengeluaran juga masih jadi PR banget diriku kak mei

    ReplyDelete
  13. Membuat rekening terpisah, menurut daku ini butuh ketekunan dan Istiqomah. Soalnya kalau Ama daku yang ada tetep aja di satu pos. Deuh fenni bungsu, kudu berubah nih

    ReplyDelete
  14. Nomer 4 bener banget nih. Pakai rekening terpisah itu efektif banget untuk nabung memang. Hihi

    ReplyDelete
  15. Tahun 2020 yang lalu sebenarnya agenda kami untuk traveling ke beberapa tempat. Pokoknya mumpung anak-anak masih kecil, kami mau puas-puasin jalan-jalan bareng. Qadarullah pandemi, duit tabungannya ganti buat hidup, hehe. Tapi insyaallah tidak patah semangat. tahun ini semangat menabung dan bikin plan lagi meskipun gak terlalu jauh pokoknya harus piknik.

    ReplyDelete
  16. jadi inget dulu kalau mau traveling, nyiapin semuanya setahun sebelumnya. Termasuk beli tiket pesawat dan sewa hostel. Perjuangan banget deh

    ReplyDelete
  17. wah aku harus menerapkan metode ini, apabila ingin traveling aku yakin aku bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari"

    ReplyDelete
  18. Harus mengencangkan ikat pinggang kalau tabungannya mau cepat terukumpul untuk traveling ya & gak belanja secara konsumtif. Betul banget semuanya harus dilakukan secara konsisten

    ReplyDelete
  19. Anda hebat sekali sih, dari usia SD aja udah nongkrong di pojokan perpus, lah saya sewaktu masih SD malah nongkrong di kantin, wkwwkwkwkwk... Wuih trik menabung berdasar tanggal ini oke juga ya. Patut dicoba nih. Tapi yang paling penting adalah konsisten ya. Sama uangnya harus ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya bener banget nih. Yang utama memang harus konsisten dan pastinya uang harus ada kalau gak, apa yang mau ditabung :D

      Delete
  20. Daripada nabung mending investasi aja menurutku. Beliiin tanah atau rumah ntar disewain buat masa depan nanti kalo ada apa2 bisa dapet passive income

    ReplyDelete
  21. Mantap banget tips menabungnya...
    Dari ngumpulin koin aja bisa dapat jutaan rupiah ya...

    ReplyDelete
  22. Kalo aku lagi suka nyatet keuangan. Jadi bisa lebih mudah alokasinya. Kebutuhan kayak gini udah ada posnya sendiri.

    ReplyDelete
  23. Tipsnya bermanfaat banget nih Mbak. Pengen juga deh bisa traveling gitu tapi dengan kondisi punya dua bocil ditambah lagi masih masa pandemi kayak gini jadi belum memungkinkan buat bepergian. tapi yah ini juga bisa jadi moment yang tepat buat mulai menabung atau tambah tabungan buat traveling.

    ReplyDelete
  24. Emang harus kuat tekad ya Mei jika sudah berniat menabung. Dulu waktu aku masih kecil, sejak SD telaten banget nyisihin receh2 sampai kemudian manfaatnya kurasakan ketika sudah kuliah. Jika anggota mapala yang lain bingung nambah uang saku untuk berpetualang, aku udah ga perlu minta uang tambahan ke ortuku karena sudah punya cadangan dana yang kutabung sejak kecil heheheheee...

    ReplyDelete
  25. Banyak cara untuk menabung. Dan semoga kita bisa konsisten menabung. Aku kurang telaten untuk nyimpan uang koin :(

    ReplyDelete
  26. Banyak banget tips2nya dan pastinya bermanfaat semua heheh. Kalo pedomanku adl ttp safe first spend later. Kalo ga gitu bisa tekor mulu donk tiap bulan 😝

    ReplyDelete
  27. Menurutku yang bisa diambil positifnya dari pandemi ini jadi bisa nabung banyak buat traveling atau buat tujuan finansial lainnya. Aku juga setahu belakangan nerapin gaya hidup minimalis buat bisa kontrol beli yang nggak perlu dan nggak butuh, kalau rusak atau habis baru deh beli. Hehe.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih banyak tipsnya Kak. Duh jadi kangen travelling, kapan pandemi selesai yaa..

    ReplyDelete
  29. Kadang ada rasa nyesel kok pas zaman muda gak terlalu banyak traveling. Soalnya skrng nabungnya buat empat org haha
    Semoga ada jalannya hehe
    Mumpung msh pandemi nabung dulu, saat dunia aman bisa cus ke destinasi impian ya mbak
    Btw makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  30. ini bagus banget tips menabungnya. patut dijadiin referensi menabung

    ReplyDelete
  31. Ikut arisan aku mba bener banget efektiv buat budget liburan

    ReplyDelete
  32. Konsisten bersedekah ini yang patut terus kita jaga, biar hidup makin berkah hehe

    ReplyDelete
  33. terima kasih untuk sarannya, mbak. Aku juga sebelum pandemi selalu membuat tabungan terpisah untuk staycation bersama keluarga. Tapi sejak pandemi tabungan itu terpakai, hihihi

    ReplyDelete
  34. keknya ini tips bisa aku coba deh, biar bisa hemat buat foya-foya eh buat traveling, hehe..

    ReplyDelete
  35. Travelling tu memang perlu untuk dipersiapkan. Bisa saja sih dadakan. Dengan catatan hanya lokasi yang dekat. Padahal kita kan kalau travelling inginnya mengunjungi tempat baru. Sekalian eksplorasi. Jadi menabung memang solusinya.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.