Looking for My Article

30 March 2020

Pelabuhan Sunda Kelapa, Tempat Hunting Foto di Jakarta

Sejarah Pelabuhan Sunda Kelapa?


Pelabuhan Sunda Kelapa kini mulai dikenal sebagai public space karena banyak fotografer hilir mudik ke tempat ini dan menjadikannya salah satu tempat hunting foto di Jakarta. Kemudian mulai ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu  tempat wisata di Kota Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa ini merupakan pelabuhan yang memanfaatkan hilir Sungai Ciliwung yang bermuara ke laut Jawa (Teluk Jakarta) sebagai pusat persinggahan pelayaran banyak negara sejak abad ke-5 di bawah kekuasan Kerajaan Tarumanegara. Sejak abad ke-12 jatuh ke tangan Kerajaan Sunda yang beribukotakan Pakuan Pajajaran (sekarang kota Bogor). Kapal-kapal asing yang berasal dari  Arab, Portugis, Inggris, Tiongkok, Jepang, India Selatan,  dan  Timur  Tengah  berlabuh  di  pelabuhan  ini  membawa  barang-barang dagangan seperti porselen, kopi, sutra, kain, wangi-wangian, kuda, anggur, dan zat warna untuk ditukar dengan rempah-rempah yang menjadi komoditas perdagangan saat itu.



Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan situs cikal bakal ditetapkannya sebagai hari jadi Kota Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni 1527. Pada abad ke-16, Fatahillah menaklukan pelabuhan ini dan kemudian di atas wilayah seluas 15 ha ini membangun Jayakarta (1527 -1619). Pelabuhan yang menjadi salah satu  tempat hunting foto di Jakarta ini, hancur karena diserang oleh VOC Belanda yang dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen pada tahun 1619.

Pada abad ke-19 pelabuhan ini mulai sepi, namun sampai saat ini masih disibukkan dengan kedatangan kapal-kapal meskipun tidak seramai zaman dahulu dan hanya melayani kapal-kapal antar pulau di Indonesia yang akhirnya dialihfungsikan menjadi situs sejarah dan kemudian mulai ramai dikunjungi banyak wisatawan sebagai public space dan menjadi destinasi wisata untuk hunting foto di Jakarta.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pelabuhan Sunda Kelapa?


Berkeliling dengan Sampan. 

Nah salah satu yang bisa teman-teman lakukan di Pelabuhan Sunda Kelapa adalah menaiki sampan milik nelayan di pelabuhan ini. Nelayan-nelayan akan menawarkan untuk menaiki sampan dan berkeliling di sekitar pelabuhan ini dengan membayar Rp 5.000,00 – Rp 10.000,00. Murah banget kan?

Melihat kapal Kayu.

Banyak kapal dagang merapat di pelabuhan ini. Salah satunya jenis kapal yang dapat dinikmati di Pelabuhan Sunda Kelapa adalah kapal pinisi dengan campuran gaya dari Madura. Kapal-kapal pinisi itu terbuat dari kayu dan mempunyai aneka warna sehingga mempunya daya tarik tersendiri untuk diambil gambarnya atau hanya sekedar dinikmati dengan mata saja.




Mengambil Foto Prewedding.

Belakangan, banyak yang melakukan foto prewedding di Pelabuhan Sunda Kelapa ini, selain tidak berbayar, tempat ini juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi para fotografer, tentu saja kegiatan ini membuat semakin banyak orang menjadikan pelabuhan ini sebagai tempat hunting foto di Jakarta.

Menikmati Sunset.

Ini pasti yang paling ditunggu-tunggu oleh para fotografer. Yap menyaksikan matahari terbenam. Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam di pinggir Pelabuhan Sunda Kelapa ini, sekaligus menikmati siluet para pekerja dan kapal-kapal yang masih bersandar di pelabuhan.




Menikmati Pemandangan Jakarta melalui Menara Syahbandar. 

Nah salah satu yang menarik juga, kita bisa menaiki mercusuar yang ada di pelabuhan ini. Dari atas mercusuar ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan Jakarta dan sekeliling pelabuhan.

Kegiatan Bongkar Muat Barang.

Salah satu aktivitas yang sangat menarik buat saya, yang bisa kita nikmati di Pelabuhan ini adalah melihat kegiatan bongkar muat barang. Wisatawan dapat menikmati kegiatan bongkar muat secara tradisional yang dilakukan oleh para pekerja pelabuhan tanpa menggunakan alat modern.




Museum Bahari, Museum Wayang dan Museum Fatahillah.

Para pengunjung juga dapat menikmati museum ini dengan membayar Rp 5.000,00. Di dalam museum ini memajang beberapa perahu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, koleksi laut dari berbagai benua, tokoh-tokoh sejarah yang berhasil mengelilingi laut seperti Cheng Ho, Marcopolo, Ibnu Batutah, dan Abel Tasman. Dan beberapa koleksi rempah-rempah asli Indonesia seperti cengkeh, jahe dan pala.

Photography Landscape ataupun Human Interest

Di pelabuhan ini, fotografer atau wisatawan dapat mengambil foto-foto pemandangan, sejarah ataupun human interest dari para pekerja pelabuhan, aktifitas mereka, dan lainnya.




Menikmati Paket Sunda Kelapa Cruise.

Nah di Pelabuhan Sunda Kelapa ini, kita juga bisa menikmati paket wisata cruise. Pada tahun 2013 saya mengunjungi tempat ini selain menjadikannya tempat hunting foto di Jakarta, kami juga penasaran dengan paket cruisenya. Harga paket cruise ini sekitar Rp. 500.000-, dengan durasi 2 jam 30 menit. Dengan fasilitas sudah termasuk minuman selamat datang dan canape, soup dan salad, 9 menu utama, 6 macam menu penutup, dan hiburan (live music, dance, dan magic show). Sunda Kelapa Cruise ini akan berkeliling menuju Pulau Bidadari, Kelor, Onrust, Untung Jawa, dan Pulau Ayer. Tapi hanya diadakan setiap Minggu 1 dan III saja ya, jadi kalau mau mengikuti cruise ini berkunjunglah di hari tersebut.




Lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa berlokasi di Jalan Inspeksi No. 281 RW 4, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara 14450.

Tiket Masuk Pelabuhan Sunda Kelapa

Tahun 2013 pertama kalinya saya mengunjungi tempat ini masih gratis termasuk parkir masih bebasKarena saat itu pelabuhan ini belum banyak yang mengunjungi dan tidak dikelola sebagai salah satu tempat wisata. 
Sekarang, dikenakan tarif masuk dengan harga Rp. 2.500-, per orang, kendaraan roda dikenakan Rp. 3.000-, dan kendaraan roda 4 biasa dikenakan tarif Rp. 4.000-,.

Jam Buka Pelabuhan Sunda Kelapa

Informasi dari orang-orang sana pelabuhan ini buka selama 24 jam, tapi menurut saya lebih baik berkunjung pada siang hari sampai sore hari agar bisa menikmati matahari tenggelam.


34 comments :

  1. Ini kayaknya wisata murah meriah ya mba masuknya cuma 4k doang udah gitu naik perahu juga ga sampe 20k seru nih pantesan jadi tempat hunting foto

    ReplyDelete
  2. konsep jadul sekarang lagi booming ya mba, makanya pelabuhan ini jadi banyak yang foto2 prewed hehee btw saya suka sama foto bapak2 bersepedanya :)

    ReplyDelete
  3. Tapi dari dulu aku kepikiran, kenapa ya ga bisa ke kepulauan seribu lewat sini hahaha kudu bayar ancol dulu :(

    ReplyDelete
  4. Entah kenapa Sunda Kelapa emang jadi tempat fav aku dan suami kalo buat hunting foto, soalnya disana unik banget banyak kapal2 gitu. Aku pernah kesana cuma 2 jam aja, berasa kurang :) krn banyak yg bisa dieksplor

    ReplyDelete
  5. Serubgt iya dong foto disitu. Estetiknya dapet banget juga dongggg seruuuu ingin liburan huhh

    ReplyDelete
  6. belum pernah kesana wah kayaknya enak ya bisa lihat banyak perahu disana hehehe, tapi aman gak ya mba kalau bawa anak-anak main disana?

    ReplyDelete
  7. Kemarin sebelum PSBB udah berencana mau sepedaan kesini, sekarang mah udah nggak bisa kayaknya, mudah2an nanti setelah PSBB berakhir :)

    ReplyDelete
  8. Iya banget, pelabuhan bersejarah kayak gini pasti jadi objek menarik ya buat difoto. Huhuhu kangen ke Jakarta. Semoga pandemi lekas berakhir. Kangen deh main lagi

    ReplyDelete
  9. aku juga sempat beberapa kali ke sini mba dan menikmati berbbagai aktifitas serta hunting foto bareng suami. Seru memaaang ya

    ReplyDelete
  10. Ya Allah udah lamaaaa aku pengen ke sini mba. Kayaknya ke sini tahun 2004 ya lama banget ya. Hahahhaa. Aku suka suasana disini. Makaish mba udah kasih ide ke aku :)

    ReplyDelete
  11. Wah tempatnya keren juga ya buat foto-foto bisa jadi stok buat di Instagram hehe

    ReplyDelete
  12. ini pelabuhan sudah aku kenal sejak SD. iconic banget dan kental akan sejarah, ya. jujur pengen ke sana sih, mbak :D makasih ya cerita perjalanannyaa..

    ReplyDelete
  13. Aku belum kesampaian ke sana mbak, eh keburu pandemi. Semoga nanti pas udah agak aman bis amain ke pelabuhan Sunda Kelapa. Ini pelabuhan istimewa krn bersejarah sekali ya

    ReplyDelete
  14. Istimewa banget sejarah pelatihan sunda kelapa ini ya kak. Kalai napak tilas ke situs bersejarah selalumya terbersit kagum dan haru.

    Terima kasih kak semoga aku bisa sampai juga ke pelatihan sunda kelapa

    ReplyDelete
  15. Kalau sudah senja, pemandangan di Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi lebih bagus yaa, kak Mei.
    Rasanya eksotis. Pantas banget dijadikan lokasi foto-foto pre-wedding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarahnya Sunda Kelapa dan jasanya di zaman dahulu yaa...
      Sampai sekarang bisa dirasakan dan dimanfaatkan keelokannya.

      Delete
  16. kebayang sih kalau sunrise atau sunset bakal cantik banget ngeliat matahari di garis laut gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kebayang ci, tapi belum jadi2 nih kesana... PSBB pulak, ya mau nggak mau harus sabar menanti yash sampe PSBB kelar dulu

      Delete
  17. Wah emang cakep ya tempatnya buat poto. Saya belum pernah kesana nih

    ReplyDelete
  18. tinggal lama dijakarta aw belum pernah loh mba ke pelabuhan sunda kelapa, menarik dan jd pengen banget nyobain paket cruisenya itu seru deh kayanya, xixixi

    ReplyDelete
  19. Hunting foto eksotis dan tempat bersejarah di Jakarta, emang Pelabuhan Sunda Kelapa belum ada yang menggantikan. Aku tiap ke sini, ketika memandangi kapal-kapal bugis kayu itu, berasa sedang berada di abad-18. Senang banget dengan aura yang dipancarkan tempat itu.

    ReplyDelete
  20. Udah belasan tahun di Jakart tapi belom explore dalam-dalam hHH rugi banget gila! Bener-bener musti diulang next time jadi turis aja wis haha

    Pelabuhan ini memang sering banget didatangi sama teman-teman .. selain wisata, juga beneran bs hunting foto ya. Banyak objeknya.

    Kapan2 must ke sana banget ini

    ReplyDelete
  21. Wuih ternyata banyak yang bisa dilakukan di pelabuhan sunda Kelapa ya. Jadi pengen main juga tapi lagi PSBB.

    ReplyDelete
  22. Aku kepengen nyobain cruise, Asik juga sambil makan enak. Selama ini cuman foto2 di galangan kapal kayunya. Cakep sih buat foto2

    ReplyDelete
  23. Nanti kalau ke Jakarta lagi saya pengen berwisata ke pelabuhan Sunda Kelapa ah..
    Tertarik pengen ikut cruisenya juga. Biar ada pengalaman seru di sana dan bisa dapat foto-foto cantik.

    Maklum aja, kalo ke Jakarta saya lebih banyak nge-mallnya sih. Hihii...

    ReplyDelete
  24. Fotonyaaaa jadul ya Mei, taon berapa nih? Aku malah belum pernah ke Sunda Kelapa, hiks...

    ReplyDelete
  25. Padahal ini ga jauh2 amat dr rumah tp aku malah blm pernah ke pelabuhan ini -_- . Kirain isinya cuma kapal bersandar hahahaha. Ternyata wisatanya ada banyaaaaak . Tx Mei, jd tau banyak ttg Sunda kelapa.

    Aku kok ya tertarik Ama Cruise tripnya :D. Tp mungkin kalo kondisi udh aman lah.

    ReplyDelete
  26. Salah satu tempat yang iconic banget di jakarta kalau ke daerah kota tua sunda kelapa entah kenapa berasa kaya ke jaman dulu mbaa dan kece banget emang kalau buat foto foto:p

    Terakhir kali ke pelabuhan sunda kelapa itu udah lama banget tapi hahaha waktu itu nyewa sepeda dari kota tua ke sunda kelapa kirain deket eeh lumayan jugaaa gempoor

    ReplyDelete
  27. eh ada sewa sampan ya. seruuu, saya maaaauuuu... jd makin pengen ke batavia deh, ke pelabuhan sunda kelapanya. saya suka lihat2 perahu, keren ajah gitu ngeliatnya

    ReplyDelete
  28. menarik banget buat ikutan paket cruise nya, bisa keliling ke beberapa pulau di sekitaran Jakarta aja.
    Coba kalo di Semarang ada, pasti seru tuh. Selama ini suka ikutan suami ke tempatnya kerja (kebetulan di pelabuhan), biar bisa liat kapal2 pesiar yang sandar di sana

    ReplyDelete
  29. Ternyata di Jakarta ada tempat sekeren ini, asyik banget tuh byst hunfot apalagi banyak kapal-kapal kayu yang besar. Kalau dekat mah tiap sore pasti main kesini

    ReplyDelete
  30. aku belom pernah ke sunda kelapa deh kayaknya. eh apa udah pernah ya? waktu itu jalan jalan di kotu pake tour guide dari sana, diajak ke pelabuhan seperti inii

    ReplyDelete
  31. Aku udh lama banget ga ke Sunda Kelapa lagi krn panassssss gile. Dulu bantuin temen untuk prewedding. Keren banget sih kalau foto disana trs diedit gt. Dideket sana ada hotel keren yg bs jd tempat foto jg agak serem sih.

    ReplyDelete
  32. Kak Mei aku belum pernah ke sini, tiketnya murce banget ih. Alhamdulillah ya jadi bisa mengenal pelabuhan dan sejarahnya pelabuhan ini terbangun pasti udah lama sekali

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top